Cara Kerja Fingerprint

Bagaimana cara kerja fingerprint? Fingerprint adalah fitur keamanan canggih yang kini sudah familiar bagi para pengguna smartphone khususnya.

Sebab banyak sekali perangkat android dengan fitur keamanan fingerprint seperti saat menyalakan Hp atau yang lainnya. Di samping itu, fingerprint kini sudah banyak diaplikasikan khususnya di lingkungan perkantoran sebagai alat absensi untuk karyawan.

Tak aneh rasanya jika lingkungan kantor sudah memanfaatkan sistem keamanan fingerprint sebab teknologi ini tidak dapat dipalsukan.

Jadi banyak perkantoran memanfaatkan fingerprint dalam sistem absensi karyawan. Hal ini dikarenakan sensor fingerprint sendiri memakai sidik jari dalam pengenalannya, dimana setiap orang mempunyai sidik jari berbeda sehingga akan sulit dipalsukan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pengertian dan cara kerja fingerprint itu sendiri di bawah ini!

Pengertian Fingerprint

Definisi fingerprint sendiri ialah sebuah alat elektronik yang memanfaatkan sensor scanning dalam pengenalan sidik jari seseorang guna kebutuhan verifikasi identitas pada orang tersebut.

Saat ini  banyak yang sudah memanfaatkan sensor fingerprint dalam peralatan elektronik, mulai dari pintu masuk, absensi karyawan, smartphone, dan berbagai macam peralatan elektronik lainnya.

Sebelum adanya sensor fingerprint ini, seluruh data diamankan memakai sistem keamanan ID atau password, ada pula yang memakai pola tertentu untuk mengamankan suatu data.

Akan tetapi, sejak kehadiran fingerprint ini sistem keamanan seperti password dan pola pun mulai ditinggalkan. Kini orang-orang sudah mulai beralih memakai teknologi fingerprint yang digunakan untuk menjaga data-data penting.

Awalnya fingerprint hanya dapat diaplikasikan dalam peralatan elektronik saja, tapi dewasa ini sensor fingerprint sudah dapat dipakai untuk mengamankan sebuah data yang terdapat dalam setiap smartphone.

Sementara, penerapan sensor fingerprint untuk alat absensi sendiri dipakai untuk mencegah tindak kecurangan karyawan kantor atau perusahaan yang dapat merugikan perusahaan itu sendiri. Dengan sensor fingerprint tersebut, setiap karyawan harus mempertanggungjawabkan kehadiran mereka saat di tempat kerja.

Terkait:  Cara Kerja Deposito

Di samping itu, pemanfaatan fingerprint di pintu masuk, berupa brankas juga berguna sekali untuk meminimalisir terjadinya akses yang berasal dari orang tak dikenal.

Melalui pemanfaatan fingerprint tersebut hanya pemiliknya sajalah yang mempunyai akses ke pintu brankas tadi dan hanya dapat dibuka orang-orang tertentu yang sudah mempunyai izin.

Cara Kerja Fingerprint

Cara Kerja Fingerprint
Cara Kerja Fingerprint | Img: Freepik.com

Cara kerja fingerprint sederhananya ialah berasal dari sensori fingerprint, yaitu dengan cara merekam data lewat sidik jari seseorang yang nantinya dijadikan sebagai acuan. Kemudian data yang berasal dari sidik jari ini akan disimpan pada database untuk dijadikan acuan.

Saat ada orang lain yang hendak mengakses alat tertentu yang telah dipasangi fingerprint, maka dilakukan scanning kembali terhadap status sidik jari dari orang tersebut kemudian dicocokkan dengan data sidik jari di dalam database yang sudah disimpan sebelumnya.

Jadi, sistem akan langsung mencocokkan apakah sensor sidik jari tersebut sama dengan sidik jari dari orang yang telah mengakses perangkat atau alat tersebut sebelumnya atukah tidak sesuai dengan database.

Apabila sidik jari tadi sama seperti yang terdapat dalam database, maka alat tersebut bisa diakses. Akan tetapi, jika sesudah di scan ternyata sidik jarinya berbeda dengan yang ada pada database, akses pun akan langsung ditolak dan sulit dibuka.

Kelebihan Fingerprint

Apa Saja Keunggulan dari Teknologi Fingerprint?

Sesudah membahas cara kerja fingerprint, ada beberapa keunggulan menggunakan teknologi fingerprint, diantaranya sebagai berikut :

  • Memiliki Tampilan Lebih Unggul 

Ponsel atau Hp yang telah dilengkapi fitur fingerprint mempunyai tampilan yang terkesan mewah. Sebab banyak ponsel lain yang masih belum memanfaatkan fitur tersebut.

Di samping itu, untuk si pemiliknya tentu saja akan tampak lebih mencolok sebab Hpnya sudah mempunyai fitur fingerprint yang mana tak semua perangkat ponsel memilikinya.

  • Lebih Mudah Mengingatnya
Terkait:  Cara Kerja Cooker Hood

Jika Kamu ingin memakai password atau pola saat membuka ponsel, maka Kamu secara otomatis harus mengingat pola dan password tersebut.

Lalu, jika Kamu lupa dengan pola atau password yang sudah dibuat, maka Kamu pun akan kesulitan karena tidak bisa mengaksesnya.

Akan tetapi, bagaimana dengan menggunakan sensor fingerprint? Kamu tak perlu lagi repot-repot untuk mengingatnya sebab cukup menempelkan sidik jarimu ke HP saja maka otomatis HP akan langsung terbuka.

  • Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Semua orang di dunia ini tentu saja tidak mempunyai pola yang sama pada sidik jari mereka.

Jika Kamu memakai sistem keamanan fingerprint, maka dapat dipastikan sistem keamanan tetap terjaga, sebab hanya Kamu saja yang dapat mengaksesnya.

  • Privasi Data Menjadi lebih Aman

Fingerprint dapat diterapkan ketika Kamu ingin mengakses data atau berkas yang tersimpan di ponselmu.

Ada ponsel yang memasang fitur fingerprint jadi jika Kamu ingin mengakses data tersebut, Kamu pun harus memasang sidik jari terlebih dulu, jadi dapat dipastikan data-data yang Kamu miliki akan tersimpan dengan aman karena sudah terkunci.

  • Dapat Mematikan Alarm Dengan Mudah

Sensor fingerprint juga dapat diterapkan pada alarm. Misalnya, saat Kamu masih mengantuk tapi alarm di ponsel telah berbunyi, untuk mematikannya tentu harus mematikan alarm di ponsel dengan mencari tombol terlebih dahulu tapi melalui fingerprint ini Kamu hanya tinggal menempelkan jarimu saja ke sensor fingerprint, sehingga alarm pun akan mati secara otomatis.

  • Kemudahan Dalam Notifikasi

Notifikasi di ponsel sering bermunculan, sehingga kerap membuat layar akan terasa penuh. Hal inilah yang membuatmu malas membuka ponsel.

Untuk membukanya, jika Kamu tidak menerapkan fingerperint tentu saja harus scroll layar ke bawah guna melihatnya.

Terkait:  Cara Bagi Pulsa Indosat

Namun jika Kamu menerapkan sensor fingerprint maka Kamu cukup scroll jari saja ke bawah dan hapus pemberitahuan dengan hanya mengetuknya sebanyak 2 kali saja.

  • Lebih Mudah Saat Selfie

Bagi Kamu penggemar selfie, tentu pernah kesulitan saat foto sudah pas tapi ternyata kesulitan ketika harus menekan kamera supaya foto dapat diambil.

Melalui fitur fingerprint ini, Kamu hanya tinggal meletakkan jari saja ke sensor kamera, kemudian secara otomatis Kamu pun bisa langsung  berfoto selfie. Mudah kan?

Kekurangan Fingerprint

Lalu, Apa Saja Kekurangan Memakai Fingerprint?

  • Memungkinkan Adanya Duplikasi Sidik Jari

Permainan Play-Doh untuk anak yang dapat dibentuk adalah alat yang dapat menduplikasi sidik jari. sebab dulu ada yang sudah pernah membuktikannya.

Selain itu, ada pula cara yang dapat digunakan lainnya untuk melakukan duplikasi sidik jari dengan memfoto pola sidik jari orang lain kemudian diprint dengan resolusi tinggi.

  • Bersifat Permanen

Pola sidik jari di Hp yang Kamu gunakan secara otomatis langsung tersimpan, sehingga tidak dapat diubah dan bersifat permanen.

Jadi secara otomatis apabila sidik jarimu berhasil dicuri orang lain yang tak bertanggung jawab, ia pun akan bebas mengakses semua data di ponselmu.

Apabila sudah terjadi, Kamu bisa saja kebobolan data tersebut. Sebenarnya jika hal tersebut terjadi, pemakaian pola dan sandi lebih dianjurkan sebab meskipun agak lama saat mengakses Hp dengan kata sandi dan pola, tapi pola dan sandi dapat diubah jadi sistem keamanannya lebih terjaga.

Nah, itulah cara kerja figerprint, kelebihan dan kekurangan memakai sensor fingerprint yang harus Kamu ketahui. Selanjutnya tinggal Kamu yang bisa memilih mana sistem keamanan yang tepat untuk perangkat kesayanganmu!

Ulasan baru:

Related posts