Home » Cara Kerja » Cara Kerja Forklift

Cara Kerja Forklift

Bagaimana cara kerja forklift? Forklift ialah transportasi alat berat, dengan bagian utamanya terdapat 2 garpu berfungsi untuk mengangkat pallet.

Umumnya garpu yang terdapat pada forklift sendiri sudah kompatible terhadap berbagai macam pallet yang beredar di pasaran.

Forklift bisa dikatakan sebagai alat bantu kendaraan, biasanya sering dipakai untuk berbagai kebutuhan terutama bagi yang berkecimpung di dunia logistik.

Adapun fungsi utamanya sendiri sebagai moda transportasi untuk pengangkatan alat-alat berat.

Bagian-Bagian Pada Forklift dan Fungsinya

Sesudah mengenal pengertian forklift di atas, Kamu juga harus mengenal komponen-komponen yang ada di dalam forklift itu sendiri. Ini penting sekali, baik bagi seorang mekanik maupun pencari forklift.

Tujuan mengenali bagian-bagian pada forklift itu sendiri ialah untuk melakukan perawatan pada forklift, agar Kamu mengetahui mana saja bagian-bagian pada forklift yang harus diganti dan rusak. Di samping itu, kamu juga dapat mengetahui fungsi pada bagian-bagian tersebut. Adapun bagian-bagian tersebut, diantaranya :

1. Fork

Fork sendiri arinya garpu, dimana fork ini adalah bagian terpenting dan paling utama pada forklift. Mengingat fungsi fork itu sendiri ialah untuk menopang, mengangkat, memindahkan dan membawa beban atau barang tertentu.
Dimana fork tersebut terbuat dari bahan besi yang lurus dan panjang, agar dapat mengangkut beban atau barang apa saja. Ukuran standar dari fork ini panjangnya sekitar 1070 mm, jika Kamu ingin yang lebih panjang lagi dapat menambahkan fork extension.

Saat menaruh beban pada bagian atas fork, Kamu harus memperhatikan kapasitas dan dimensi tersebut.

2. Mast

Bagian yang satu ini penting sekali dalam forklift, sebab dengan mast tersebut, fork bisa berjalan sesuai fungsinya.

Dimana bagian tersebut terbuat dari 2 buah besi tebal, dimana diantara keduanya tersebut ada komponen hidrolik dengan kegunaan untuk menurunkan atau mengangkat fork itu sendiri.

Jadi, mast ini berguna untuk tilting dan lifting.

3. Carriage

Sesudah Mast dan Fork, ada juga Carriage. Dimana Carriage tersebut merupakan bagian terpenting dalam forklift. Fungsi Carriage itu sendiri iala sebagai penghubung Mast dan Fork. 

Dengan Carriage tersebut, forklift bisa membawa barang-barang secara mudah dan aman, sebab Carriage tersebut menjadi sandaran dan pengaman bagi barang-barang bawaan.

4. Overhead Guard

Overhead Guard berguna sebagai pelindung operator ketikan melakukan kegiatan pengangkatan dan pemindahan barang.

Overhead Guard ada supaya jika ada barang angkutan yang jatuh tak mengenai operator langsung.
Di samping itu, Overhead Guard juga biasanya dimodifikasi sebagai pelindung dari hujan dan terik matahari.

5. Counterweight

Bagian ini juga tak kalah pentingnya. Keberadaan counterweight sendiri dapat digunakan dengan lancar dan baik.

Hal tersebut dikarenakan kegunaan dari counterweight tersebut ialah sebagai penyeimbang beban atau barang yang diangkat menggunakan forklift.

Adapun posisi dari counterweight sendiri ada di bagian belakangan, berlawanan arah dengan fork, agar keseimbangan forklift terjaga.

Cara Kerja Forklift

Cara Kerja Forklift

Forklift

Cara kerja forklift dan penggunaannya sendiri, pertama-tama beban atau barang yang dipindahkan diletakkan di bagian atas pallet lebih dahulu, kemudian diangkat dan dipindahkan.

Sistem pengoperasian forklift itu sendiri tidak terlepas dari penggunaan bahan bakar. Biasanya bahan bakar sebagai sumber energi yang digunakan ialah berupa gasolinebattery, gas, dan solar.

Pemakaian bahan bakar itu sendiri berpengaruh terhadap cara kerja serta tempat pengoperasiannya. Biasanya forklift yang memakai gas dan solar lebih sering dijalankan atau dioperasikan secara outdoor atau di luar ruangan. Sementara forklift dari bahan bakar gasoline serta tenaga baterai sendiri banyak diaplikasikan di dalam ruangan atau indoor.

Hal tersebut karena baterai dan gasoline hampir tak menyebabkan polusi, jadi aman dipakai di ruangan tertutup. Ini artinya dari segi kesehatan sendiri masih tetap terjamin.

Berbeda halnya dengan gas dan solar, dimana kedua bahan bakar tersebut lebih rentan terhadap polusi sebab asap atau gas emisi yang dihasilkan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti sesak nafas dan batuk.

Menurut cara pengoperasiannya, penggerak forklift dibagi ke dalam 2 jenis yakni automatic transmission forklift dan manual transmision forklift.

Tidak hanya dilihat dari sisi transmisinya saja, harga sewa alat ini juga biasanya ditentukan berdasarkan daya angkat dan kapasitasnya.

Forklift tak dapat dioperasikan sembarang orang. Ini artinya untuk mengoperasikannya memerlukan orang yang terlatih dan profesional. Itupun harus ditunjang oleh peralatan pengaman lainnya, seperti helm, sepatu, masker dan kacamata.

Jenis-Jenis dari Forklift

Di bawah ini ada beberapa jenis alat pengangkut forfklift yang ada di pasaran, diantaranya :

  • Forklift Electric

Jenis forklift ini dipakai sebagai alat pengangkut untuk memindahkan barang yang berkapasitas besar, entha itu untuk outdoor maupun indoor.

Tak terkecuali untuk aktivitas bongkar muat angkutan barang yang ada di pelabuhan, gudang, pabrik, ekspedisi dan lainnya. Jenis forklift ini berkapasitas sampai 5 ton dan memiliki tinggi angkat sampai 6 meter.

  • Forklift Reach Truck

Forklift jenis ini berguna untuk memindahkan barang berkapasitas besar dan dapat diangkat lewat proses penataan di bagian atas rak-rak yang tinggi. Mempunyai kapasitas mencapai 2 ton dan tinggi angkatnya sampai 8,5 meter.

  • Forklift Diesel

Forklift adalah kendaraan modern dengan kelengkapan sistem canggih berkualitas baik. Memiliki kegunaan sebagai alat pengangkut bongkar muat maupun pemindahan beban, dan biasanya sangat baik diaplikasikan untuk outdoor.

Mempunyai kapasitas mencapai 10 ton yang tinggi angkatya sampai 6 meter.

  • Forklift Gasoline

Kendaraan yang berguna untuk memindahkan barang atau bongkar muat dari satu tempat ke tempat lainnya bahkan bisa pula dipakai untuk memudahkan proses penataan di rak-rak yang tinggi.

Mempunyai kapasitas mencapai 2 ton dan tinggi angkatnya sampai 2 meter.

Nah, itulah beberapa jenis, bagian, dan prinsip kerja forklift yang harus Kamu ketahui berikut kegunaannya sebagai alat angkut barang-barang berat. Semoga bermanfaat!