Home » Cara Kerja » Cara Kerja Freelance

Cara Kerja Freelance

Freelance atau pekerja lepas merupakan sebuah profesi yang saat ini sudah banyak dijalankan oleh orang-orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu. Sebenarnya, apa itu dan bagaimana cara kerja freelance itu sendiri? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Freelance?

Arti freelance sendiri ialah pekerjaan yang biasa dilakukan seseorang denga cara mandiri, tak terikat perjanjian atau kontrak kerja waktu tertentu dengan orang atau perusahaan yang mempekerjakannya.

Freelance juga berarti pekerja lepas yang biasanya dilakukan seseorang tanpa adanya ikatan kontrak dengan perusahaan tertentu, dan pekerjaan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dari  freelancer itu sendiri.

Freelancer sendiri merupakan sebutan bagi pekerja lepas. Menjadi freelancer bisa dilakukan dengan cara part time atau full time, biasanya tergantung waktu luang yang dimiliki para pelakunya.

Biasanya sebagian freelancer melakukan profesi tersebut di luar pekerjaan yang utama. Tapi, sebagian besar justru melakoni profesi ini justru sebagai pekerjaan pokok/utamanya.

Persyaratan Menjadi Freelancer

Berprofesi sebagai freelancer, tentu tak selalu menyenangkan dan mudah. Seseorang wajib mempunyai keterampilan khusus serta pengalaman dalam suatu bidang. Ada beberapa persyaratan untuk menjadi seorang freelancer, diantaranya :

  • Mempunyai Keahlian Tertentu

Menjadi seorang freelancer harus mempunyai keahlian atau skill tertentu yang dijual atau ditawarkan ke orang lain, dengan begitu ada orang yang tertarik memakai jasanya.

Di samping itu, seorang freelancer juga wajib mempunyai portofolio hasil kerja serta pengalaman cukup baik supaya bisa sukses melakukan profesinya sebagai pekerja lepas.

  • Memahami Dunia Internet

Seseorang atau perusahaan yang memerlukan jasa freelancer biasanya akan mencarinya lewat internet. Inilah sebabnya, kebanyakan freelancer harus menguasai atau setidaknya familiar dengan inernet.

Dalam mempromosikan dan menawarkan jasa dan keahliannya ke orang lain, biasanya para freelancer mendaftarkan diri terlebih dahulu kemudian mempublish portofolio hasil pekerjaannya di situs-situs marketplace freelance ternama.

Ada beberapa situs yang mewadahi para freelancer dengan mempertemukan mereka dengan kliennya, seperti Sribulancer.com, Projects.co.id, Freelancer.co.id, Sribu.com, Fastwork.id, Crowdsource.com, Upwork.com, 99designs.com

  • Mudah Beradaptasi dan Bersifat Fleksibel

Freelancer bisa mengerjakan tugasnya dengan bebas, kapanpun dan dimanapun. Hal ini tentu bisa memberikan tantangan dan  keuntungan tersendiri bagi yang berprofesi sebagai freelancer.

Dimana kebebasan tersebut tentu saja harus didukung oleh rasa tanggung jawab tinggi, sebab satu klien yang kecewa bisa berdampak besar dalam kariernya.

Selain itu, seorang  freelancer juga harus mudah beradaptasi dan harus fleksibel dengan situasi dan kondisi yang sedang dihadapinya saat bekerja.

  • Bisa Mengatur Waktu

Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, dimana seorang freelancer harus mempunyai komitmen dan aturan untuk menjalankan profesinya.

Selain itu, kesepakatan antara pemberi kerja/klien freelancer harus benar-benar ditepati. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan waktu pengerjaan dan penyelesaian tugas yang diberikan oleh pemberi kerja.

Nah, jika Kamu tertarik menjadi freelancer, maka Kamu harus memiliki keempat poin di atas dalam menjalankan profesi sebagai pekerja lepas. Lalu, bagaimana cara kerja freelance itu sendiri?

Cara Kerja Freelance

Cara Kerja Freelance

Cara Kerja Freelance

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai freelancer sendiri, ada cara kerja freelance yang harus benar-benar dipahami. Berikut ulasan cara kerjanya :

  1. Pertama-tama, freelancer harus membuat profil lengkap dan menarik di web resmi marketplace khusus freelance. Pada profil tersebut, Kamu harus menjelaskan skill dan menyertakan portofolio hasil pekerjaan yang sudah pernah dibuat.
  2. Pemilik usaha atau para pemberi kerja akan mencari freelancer di platform marketpace khusus freelance sesuai kategori yang dibutuhkan. Kemudian mereka memilih freelancer tertentu yang sesuai kriteria dan kualifikasi yang dibutuhkan. Akan tetapi, seringkali orang yang menggunakan jasa freelancer ini membuat thread lewat situs marketplace tersebut tentang pekerjaan yang dibutuhkannya, lalu kemudian pekerja lepas pun menawarkan jasanya.
  3. Sesudah pemberi kerja tadi memilih freelancer, berikutnya freelancer melakukan tugasnya berdasarkan kesepakatan. Kesepakatan tersebut biasanya menyakut waktu pekerjaan serta biaya atas pekerjaa yang sudah dilakukan.
  4. Freelancer harus menyelesaikan tugas yang diberikan pemberi kerja sesuai waktu yang telah disepakati. Sementara pemberi kerja harus memberikan penjelasan mengenai spesifikasi yang diperlukannya sedetail mungkin dan memberikan sejumlah nilai deposit pembayaran ke marketplace penyedia jasa freelancer.
  5. Jika pekerja telah selesai, maka freelancer akan mengirimkan hasil dari pekerjaannya ke pihak pemberi kerja. Apabila pemberi kerja sudah setuju, tugas tersebut pun dianggap selesai, tapi ada kemungkinan jika hasil pekerjaannya direvisi jika kurang sesuai menurut pemberi kerja.
  6. Freelancer akan menerima pembayaran di akunnya sesudah pekerjaan selesai dilakukan.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari Freelancer?

Menjadi freelancer menawarkan kelebihan tersendiri jika dibandingkan pekerjaan kantoran pada umumnya yang bersifat tetap.

Hal ini berkaitan dengan arti freelance itu sendiri yang artinya pekerja paruh waktu atau pekerja lepas, sehingga lebih leluasa mengerjakan proyek sesuai kesepakatan bersama pemberi kerja.

Untuk lebih jelasnya, ini dia kelebihan dan kelemahan menjadi seorang freelancer, berikut ini :

Kelebihan Bekerja Freelance

  • Pekerjaan yang dijalankan freelancer biasanya adalah sesuatu yang diminati atau disukainya. Ini artinya, seorang freelance akan dibayar setelah mereke mengerjakan sesuatu yang mereka sukai.
  • Seorang freelancer bisa mengatur waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya, entah itu pada pagi hari, siang maupun malam hari.
  • Seorang freelancer juga bisa mengerjakan tugasnya kapan saja dan dimana saja tanpa perlu pergi ke kantor.
  • Freelancer bisa menghasilkan uang lebih besar, tergantung dari tingkat kesulitan serta jumlah tugas atau pekerjaan yang mereka selesaikan.

Kekurangan Bekerja Freelance

  • Di awal menjalani pekerjaan sebagai freelancer akan terasa cukup sulit memperoleh klien atau pemberi kerja, Kamu biasanya memerlukan waktu yang lama menemukan klien atau pemberi kerja yang menawarkan proyek/pekerjaan tertentu secara konsisten.
  • Bekerja menjadi pekerja lepas tak selalu konsisten. Di waktu tertentu, seorang pekerja lepas akan menerima banyak pekerjaan, namun belum tentu di bulan berikutnya, atau bahkan tidak memperoleh job sama sekali.
  • Profesi freelancer ini cocok bagi mereka yang gemar bekerja sendiri, jadi Kamu yang gemar bekerja dalam sebuah tim tentu akan kesulitan jika harus menjadi freelancer.

Apa Saja Contoh Pekerjaan Freelancer?

Sebenarnya ada banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakoni seorang freelancer. Berikut beberapa jenis proyek atau pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh pekerja lepas, diantaranya sebagai berikut :

  1. Penulis konten, biasanya membuat artikel yang ditujukan untuk blospot, berita, copywritingreview produk, dan lainnya.
  2. Analis dan konsultan bisnis, mengumpulkan data dan menganalisa data tersebut untuk mengatasi permasalahan bisnis.
  3. Tour Guide, atau pemandu wisata ialah memandu para wisatawan atau turis yang sedang pergi berwisata, entah itu lewat travel agent maupun di tempat-tempat wisata tertentu.
  4. Desainer grafis, tugasnya membuat desain grafis, berbentuk ilustrasi, logo, brosur, maupun yang lainnya.
  5. Web designer, mendesain website agar terlihat lebih unik, efektif, menarik, dan sesuai peruntukannya.
  6. Digital marketer, membantu perusahaan pelanggan atau klien untuk memasarkan produknya dengan cara online, entah itu lewat email marketing, Search engine optimizationpay per click, sosial media, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak sekali contoh pekerjaaan freelancer yang bisa Kamu coba sesuai keahlian yang Kamu miliki. Namun pastikan Kamu memahamai cara kerja freelance terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia freelance ini!