Home » Cara Kerja » Cara Kerja Gearbox

Cara Kerja Gearbox

Bagaimana cara kerja Gearbox? Untuk beberapa unit mesin biasanya mempunyai sistem yang dapat memindahkan tenaga, bernama gearbox.

Jadi, gearbox berguna untuk menyalurkan daya atau tenaga mesin menuju salah satu komponen mesin lainnya, jadi unit tersebut bisa bergerak menghasilkan pergerakan, seperti pergeseran atau perputaran.

Gearbox adalah sebuahalat khusus untuk menyesuaikan torsi atau daya dari mesin motor yang bergerak/berputar. Selain itu, gearbox juga merupakan alat pengubah tenaga/daya dari perputaran motor menjadi daya yang semakin besar. Gearbox juga sering disebut sebagai transmisi pada kendaraan.

Apa Fungsi Transmisi/Gearbox?

Gearbox sebagai pengubah torsi dan kecepatan kendaraan biasanya menyesuaikan berbagai macam beban dan kondisi jalan, dimana fungsi utama dari gearbox ini diantaranya sebagai berikut :

  • Dapat memberikan torsi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil/motor di berbagai medan jalan maupun beban, hal tersebut dilakukan dengan cara mengubah rasio antara roda penggerak kendaraan dengan poros engkol mesin pada roda gigi.
  • Dapat mengubah gerak mobil/motor jika dibutuhkan pergerakan mundur.
  • Komponen yang berguna untuk mengeluarkan putaran mesin tanpa slip.
  • Komponen yang berguna mengubah momen punter dan akan diteruskan pada spindel mesin mobil/motormu.

Suatu gearbox atau transmisi sedikitnya dibutuhkan 2 atau lebih dari komponen yang bekerja sesuai dengan fungsinya, di bawah ini :

  1. Counter shaft, ialah poros yang berfungsi untuk menghubungkan poros kopling langsung, biasanya berisi gigi untuk menghubungkan ke poros utama atau main shaft dan bisa dijalankan dengan kecepatan pada mesin atau bisa dikatakan  lebih rendah menyesuaikan rasio roda gigi itu sendiri.
  2. Main shaft atau poros utama, ialah poros yang bekerja/berjalan ketika kendaraan dalam kecepatan tertentu, biasanya membawa kekuatan pada poros counter memakai rasio roda gigi yang tepat. Biasanya berjalan dengan torsi dan kecepatan berbeda dibandingkan poros counter, dan salah satu dari poros tersebut terhubung pada poros universal.
  3. Gears, yaitu dipakai untuk mengirimkan tenaga atau daya dari poros yang satu ke poros lainnya. Gears atau roda gigi tersebut adalah komponen gearbox paling penting sebab variasinya ialah torsi pada main shaft dan counter shaft tergantung dari rasio roda giginya. Adapun rasio ini ialah rasio yang digerakkan dalam gigi-gigi penggerak, apabila rasio pada roda giginya di atas satu, maka poros utama yang berputar lebih rendah dibandingkan counter shaft serta torsi poros utama pun lebih tinggi. Apabila rasionya tidak sampai satu,  maka poros utama yang berputar keceptannya lebih tinggi dibandingkan counter shaft dengan poros utama yang lebih rendah dibandingkan counter shaft.
  4. Bantalan, dalam suatu gearbox atau transmisi, poros yang mengalami perputaran memakai bantalan untuk mengurangi dan mendukung terjadinya gesekan. Selain itu, suaranya pun menjadi lebih halus.
  5. Clucth housing, ialah rumah cluctch kopling, dengan keguntaan untuk melindungi clutch kopling. Selain itu, komponen ini juga berguna sebagai dudukan pada input shaft dan oil pump.
  6. Bearing, berguna untuk mempertahankan atau menjaga kerenggangan pada poros (shaft). Hal ini tujuannya agar ketika unit bekerja maka komponen di dalam gearbox tidak mengalami kejutan. Oleh karenanya transmisi pun dapat bekerja dengan halus.
  7. Planetary gear section, ialah penguba RPM pada suatu range dimana RPM bisa diubah menyesuaikan kebutuhan pengerjaan serta dapat mengubah arah pada putaran spindel.
  8. Oil pump assy, berguna untuk memindahkan dan memompakan oli pada transmisi case ke sistem agar dilakukan pelumasan pada komponen-komponen transmisi dengan cara menyeluruh.

Secara luas, pemakaian gearbox sendiri dipakai para pembuatan mesin-mesin lainnya di bidang perteknikan, seperti mesin penggiling, mesin bubut, dengan gearbox dari berbagai ukuran serta rasio yang sudah diproduksi untuk kebutuhan lainnya.

Cara Kerja Gearbox Kendaraan

Cara Kerja Gearbox

Cara Kerja Gearbox | Freepik.com

Agar lebih mudah mengerti dan memahami tentang cara kerja gearbox kendaraan, Kami akan membagikan sedikit informasi tentang hal tersebut. Sebab tanpa disadari, kita sangat memerlukan produk ini. Berikut ulasan cara kerjanya :

1. Pada Kondisi Netral

Saat gearbox dalam kondisi netral, mesin pun tidak akan bisa disalurkan ke poros output, alhasil rantai mesin pun tidak akan bergerak.

Pada kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat dengan sistem transmisi manual, biasanya terdapat kondisi  netral.

Distributor yang menawarkan gearbox kendaraa sendiri sangat memperhatikan situasi tersebut semaksimal mungkin. Bisa dibilang jika kondisi netral ini ialah saat kendaraan tidak bergerak walaupun mesin kendaraan dinyalakan.

Lalu kenapa bisa terjadi? Semuanya ini dikarenakan adanya syncromexh pada gearbox yang kondisinya masih bebas.

Adapun posisi syncromesh yang bebas tersebut terjadi ketika tidak terhubung pada roda gigi tingkat, jadi kurang lebih seperti inilah prinsip kerja gearbox ketika kondisi kendaraan sedang netral.

Akurasi posisi netral pada gearbox biasanya ikut berpengaruh pada harga cycloid gear, sebagai komponen penting yang juga terdapat pada gearbox.

2. Gerak ke Kanan dan Kiri

Adapun gerakan gearbox sendiri ialah ke kanan juga ke kiri. Apabila kita berbicara cara kerja gearbox, maka hal tersebut akan terjadi ketika garpu pemilih gigi terhubung pada gigi geser atau slidding gear yang mengikuti pergerakan pada garpu pemilih gigi.

Dimana tiap gerakan pada sliding gear mengunci kecepatan pada gigi tertentu sesuai sektor poros yang menjadi lokasi gear.

3. Shift Drum

Pada garpu pemilih gigi, ada pin yang berguna untuk melakukan penguncian. Dimana penguncian tersebut terdapat dalam ulir garpu pemilih.

Keadaan ini berhubungan ketika tiba-tiba terjadi perubahan pada percepatan gearbox atau berhenti secara mendadak.

Untuk masalah shift drum pada gearbox sendiri, sebenarnya memiliki cara kerja khusus. Hal tersebut tak terlepas dari posisi shift drum pada garpu.

4. Saat Transmisi Ditekan

Saat kondisinya sudah netral, posisi gearbox selanjutnya ialah ketika tuas sedang ditekan. Dengan adanya tuas inilah, terjadi perputaran pemindah gigi pada gearbox dengan otomatis.

Pemindah gigi tersebut berputar secara bersamaan dengan shift drum, yang mana shift drum tersebut akan terdorong hingga akhirnya berputar akibat saling terhubung dengan komponen pemindah gigi.

Itulah ulasan cara kerja gearbox kendaraan yang wajib Kamu ketahui, sama halnya dengan cara kerja gardan mobil sebagai komponen terpenting pada kendaraan!