Home » Cara Kerja » Cara Kerja Google Search

Cara Kerja Google Search

Bagaimana cara kerja Google Search? Sebagian besar orang tentu sudah familiar dengan mesin pencari, yang biasa disebut juga sebagai search engine.

Mesin pencari termasuk situs yang banyak dipakai para pengguna internet untuk mencari informasi terbaru atau informasi yang dibutuhkan dimana saja dan kapan saja.

Akan tetapi, tahukah Kamu bagaimana sebenarnya cara kerja Google Search sebagai mesin pencari raksasa?

Sebenarnya mengingat fugsi mesin pencari pada kehidupan manusia yang sudah sangat dibutuhkan bahkan melekat bagi setiap orang.

Entah itu dipakai untuk update berita terbaru, menunjang pekerjaan dan bisnis, informasi pendidikan, untuk mencari trend fashion hingga untuk update berita selebriti. Seiring perkembangannya, mesin pencari kini terus diperbaharui supaya lebih nyaman digunakan.

Bahkan saat ini pun, bisa kita jumpai ada banyak mesin pencari lain selain Google. Diantaranya seperti Yahoo!, Search Encrypt, Bing, Yandex, Baidu, dan lain sebagainya. Dimana tiap platform mesin pencari memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Google Search?

Cara Kerja Google Search

Cara Kerja Google Search

Cara Kerja Google Search

1. Crawling (Penelusuran)

Cara kerja Google search sebagai mesin pencari yang pertama ialah melakukan penjelajahana tau penelusuran yang istilahnya bernama crawling.

Sebagaimana kita tahu jika ada triliun hingga lebih banyak dokumen atau halaman yang ada di internet. Lalu, bagaimaan cara search engine tersebut memilih banyaknya halaman yang ada?

Biasanya mesin pencari melakukan crawl atau penelusuran ke website atau situs yang dianggap mempunyai kriteria bisa dipercaya dan berkualitas.

Diantara website yang bisa dipercaya tersebut nantinya bisa ditemukan pula web atau blog lainnya yang ada sesuai link yang mengarah pada website tertentu.

Penjelajahan crawl dari mesin pencari Google terus dilakukan dan berlanjut hingga link link pada website sudah berakhir.

2. Indexing (Pengindeksan)

Biasanya hal ini seringkali dijadikan sebagai bahan perbincangan para blogger sekarang ini, mungkin dikarenakan blog atau web mereka susah terindeks di mesin pencari.

Namun, tahukah Kamu apa yang dimaksud dengan indeks? Ya, indeks ialah daftar raksasa pada semua halaman di web maupun konten yang sudah ditemukan melalui crawl.Lalu selanjutnya disimpan di dalam list database pada Google sebagai mesin pencari.

Kemudian list atau daftar tersebut akan dipakai ketika mesin pencari dipakai serta ditampilkan sebagai sebuah informasi yang telah dicari pembaca atau pengguna yang bersifat relevan. Mungkin Kamu bertanya-tanya kenapa website atau blogmu belum tampil di mesin pencarian? Artinya Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu jawaban kenapa websitemu tidak terindeks di Google?

Umumnya, sejauh ini pihak search engine sendiri hanya akan menampilkan data dokumen atau informasi dari suatu website atau blog yang telah diindeks sebelumnya. Apabila halaman web Kamu tidak terindeks, sudah pasti tak akan masuk ke mesin pencarian Google.

3. Peringkat atau Ranking

Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya yang perlu dipelajari pada cara kerja Google sebagai mesin pencari ialah peringkat dan rangking yang biasanya ramai diperbincangkan para blogger maupun penulis online.

Siapa sih yang tak menginginkan blog atau websitenya mendapatkan ranking satu atau masuk peringkat baik di mesin pencari? Setiap blogger tentu saja menginginkan hal ini.

Lalu, menurutmu bagaimana sebenarnya cara kerja Google dalam memilih website/blog untuk menduduki peringkat teratas atau masuk page one di beranda pencarian?

Tentu ada rahasia dan trik yang dilakukan Google untuk menentukan peringkat atau rangking tersebut. Kenapa rahasia?karena memang kita tidak tahu pasti bagaimana pihak Google melakukan ranking.

Namun tak perlu khawatir, karena beberapa teori menyebutkan jika ada banyak hingga ratusan cara atau tips mesin pencari menentukan ranking atau peringkat di halaman search engine itu sendiri. Dimana beberapa diantaranya ialah jumlah web web lain yang sebagai perantara dalam menghubungkan ke sebuah website sekaligus lewat konten baru.

Pada proses tersebut, Google akan memberikan nilai dan peringkat kepada banyak hingga jutaan situs web yang mereka anggap relevan dan berkualitas. Guna mencapai hal ini, Kamu harus memperhatikan trik dan tips membuat konten berkualitas. Misalnya wajib menggunakan keyword atau kata kucni relevan sesuai dengan url sehingga bisa menjelaskan konten atau isi artikel.

Cara Agar Blogmu Masuk Halaman Pertama Google

Nah, sebagai tips tambahan nih buat Kamu yang ingin blognya masuk ke halaman pertama mesin pencari, Kami akan bagikan ulasannya. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

  • Dapatkan Backlink Berkualitas

Di dunia SEO, backlink sebenarnya merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam mendongkrak website supaya bisa masuk halaman pertama Google dengan cepat. Bahkan diluar sana, elemen ini termasuk faktor utama dalam peringkat website.

Namun hal yang perlu Kamu garis bawahi ialah keberhasilan SEO dalam hal ini sangat berkaitan.

Backlink sendiri adalah tautan balik yang berasal dari web orang ke website Kamu. Adapun yang disebut sebagai backlink berkualitas ialah saat situs A menerima tautan dari situs B yang terpercaya dan kredible.

  • Social Signal

Apa itu social signal? Ya, social signal ialah sinyal yang ditampilkan media sosial menuju website yang telah dioptimasi.

Misalnya, web atau situs A di share lewat media sosial menggunakan akun si X yang memiliki banyak follower. 

Mengingat konten di situs A itu sangat menarik kemudian menerima tanggapan seperti share, like, dan comment dari teman-teman X dan para pengguna sosmed lainnya.

Lalu, kenapa platform medsos ini ikut andil dalam menentukan peringkat/rangking di Google? Ya, karena Google menganggap jika media sosial merupakan tempat orang-orang yang aktif,tepat banyak orang berkumpul, serta berinteraksi dengan cara cepat.

  • Kecepatan Website

Kecepatan website sebenarnya tidak hanya dilihat berdasarkan akses via smartphone atau dekstop saja, melainkan juga bagaimana tingkat kecepatan akses dari robot Google untuk memvalidasi data situs web itu sendiri.

Jadi ada kemungkinan bahwa indikasi kecepatan akses pada robot Google ini tergantung dari kecepatan bandwidth.

Adapun alasan kecepatan websiteini penting, karena tingkat kecepatan web bisa mempengaruhi suasana pembaca.

Jadi, Google enggan menampilkan web atau situs yang justru bisa merusak sumber mata pencahariannya, setidaknya seperti itu analoginya!

  • Konten SEO Friendly

Konten adalah raja, dan raja merupakan pengatur kemana arah yang Kamu tuju. Apakah Kamu ingin keyword hosting yang terbaik atau keyword untuk belajar SEO?

Inilah fungsi konten. Kekuatan dari keseluruhan isi konten agar lolos di halaman pertama itu kecil, jika tanpa upaya mengoptimasi kata kunci yang Kamu bidik.

Untuk memperoleh konten SEO yang ramah,ada hal-hal yang wajib Kamu perhatikan, diantaranya :

♥ Pahami kata kunci dan cari tahu siapa saja yang akan membacanya
♥ Pahami bagaimana cara SEO Google bermain
♥ Gunakan bahasa sesuai target pembaca
♥ Interaktif dengan para pembaca atau setidaknya berikan konten artikel yang bisa membuat hati para pembaca senang.

Ya, sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas untuk menaikkan rangking atau peringkat website di Google. Tapi, setidaknya Kamu sudah paham bagaimana cara kerja Google  dan cara mereka membidik website tertentu untuk masuk ke halaman pertama. Semoga bermanfaat!