Cara Cek Listrik Gratis

Cara Cek Listrik Gratis
Cek Listrik Gratis

Bagaimana cara cek listrik gratis? Seperti apa cara mendapatkan listrik gratis? Siapa saja yang berhak mendapatkan listrik gratis?

Merabahnya pandemi yang masih ramai dibicarakan dan terus memakan korban tentu menjadi salah satu masalah untuk para masyarakat terutama di Indonesia. Bagaimana tidak, bayangkan saja. Pandemi yang tak kunjung henti ini membuat banyak warga Indonesia kehilangan pekerjaan mereka. Mulai dari mengalami pemutusan kontrak, dirumahkan, atau bahkan pengurangan karyawan.

Read More

Tentunya hal ini sangat mempengaruhi perekonomian warga Indonesia itu sendiri. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan, bahkan juga untuk makan sehari-hari. Bahkan tak jarang saat ini kita temukan banyak para pekerja yang juga harus menjalankan program Work from home, untuk tetap terus berpenghasilan.

Sebab tak hanya ekonomi rumah tangga saja. Semua aktivitas seperti belajar mengajar pun sudah harus dilakukan secara online. Tentunya hal ini mengharuskan kita tetap menyalakan benda elektronik seperti komputer, mengecas laptop, atau bahkan mengecas HP untuk belajar online.

Mulai dari sinilah sejak Maret 2020, pemerintah menjalankan program Pemberikan Listrik gratis dari pemerintah untuk masyarakat yang kurang mampu atau tidak memiliki keuangan yang stabil. Tujuan dari adanya program ini ialah untuk membantu sektor ekomoni dalam rumah tangga yang terkena dampak dari pandemi.

Adapun pemberian Listrik Gratis ini ditujukan untuk pengguna Listrik Token yang mana bisa digunakan dalam bentuk diskon mulai dari 50% sampai 100%. Tapi perlu diingat, ada beberapa syarat ataupun cara untuk mengetahui, apakah saya layak menerima bantuan Listrik Gratis?

Untuk itu, kita bisa melakukan pengecekan terlebih dulu, dengan cara.

  1. Melihat atau memeriksa struk pembayaran listri bulan sebelumnya
  2. Kemudian, periksa bagian kolom Tarif / Daya
  3. Jika tertulis kode R1 (untuk rumah tangga) maka kalian berhak untuk mendapatkan subsidi bantuan Listrik gratis.
  4. Namun apabila pada kolom Tarif / Daya tertulis R1M/900¸ maka kalian tidak berhak mendapatkan subsidi bantuan listrik gratis.
Terkait:  Nomor Referensi Token Listrik

Selain itu, untuk para pelanggan UMKM/Industri Kecil dengan kode B1/450 atau I1/450, maka kalian juga berhak untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik Gratis dari pemerintah.

Bebrapa poin diatas sebenarnya hanyalah patokan umum yang sekiranya menjadi cara, apakah bisa kita mendapatkan listrik gratis atau tidak. Apabila memang kita berhak mendapatkan listrik gratis, maka kita bisa melakukan follow up lebih lanjut.

Cara Cek Listrik Gratis

Cara Cek Listrik Gratis
Cek Listrik Gratis

Nah, disinilah kalian bisa mengetahui Cara cek Listrik Gratis untuk mendapatkan kode token / kode listrik yang nantinya tinggal dimasukkan ke meteran yang ada dirumah kalian. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara Cek Lstrik Gratis lewat Situs PT PLN

Cara pertama adalah melalui situs Resmi dari PT PLN. Cara ini bisa kamu aksess dimana saja dan kapan saja. Baik itu di perangakat smartphone, komputer, atau bahkan laptop. Yang paling penting adalah kalian terhubung dengan internet. Caranya

  1. Buka browser kesayangan kalian
  2. Ketikkan situs pln.co.id
  3. Setelah itu, masuk atau pilih menu Stimulus (Token Gratis / Diskon)
  4. Periksa meteran kalian, dan catat ID Pelanggan / Nomor Token meteran kalian
  5. Lalu, masukkan ID Pelanggan / Nomor Meteran kalian ke kolom yang tersedia
  6. Tunggu beberapa saat, dan Nomor Token akan tampil dilayar
  7. Simpan nomor token tersebut dan input ke Meteran Listrik yang kalian miliki.

Jangan sampai salah memasukkan nomor Meteran. Kalian bisa mengecek perangkat MCB / Meteran Listrik Token kalian, dan menyimpan ID Pelanggan / Nomor meteran untuk mengetahui apakah kalian layak mendapatkan listrik gratis, atau tidak.

Terkait:  Cara Hubungi PLN

Cara Cek Listrik Gratis lewat Whatsapp

Yang kedua adalah dengan melakukan chatting kepada pihak PT PLN. Cara ini juga sangat sederhana. Kalian cukup menggunakan Aplikasi Whatsapp, dan memasukkan nomor Meter yang tersedia.

  1. Buka Aplikasi Telpon kalian
  2. Ketikkan nomor berikut 08122-123-123 kemudian simpan di kontak kalian dan beri nama sesuai keinginan kalian
  3. Buka Aplikasi Whatsapp dan Chat nomor yang sudah tersimpan tadi
  4. Silahkan ikuti semua instruksi yang diberikan pada saat melakukan chatting, biasanya adalah kalian akan diminta untuk memasukkan ID Pelanggan
  5. Setelah itu, masukkan ID Pelanggan kalian dan tekan kirim
  6. Tunggu balasan dari pesan whatsapp tadi, jika kalian berhak mendapatkan Listrik Gratis, maka akan muncul kode token yang tinggal kalian masukkan ke Meteran Listrik Token kalian

Apabila ID pelanggan kalian tidak berhak mendapatkan subsidi listrik gratis, biasanya akan ada balasan yang menginfokan bahwa kalian tidak mendapatkan bantuan subsidi listrik gratis. Jadi, harap lebih cermat dan teliti, ya.

Cara Cek Listrik Gratis lewat Perangkat Keluarahan atau Desa

Untuk warga yang mungkin sulit terjangkau dengan Internet ataupun tidak memiliki smartphone, kalian bisa melakukan pelaporan ke perangkat kelurahan atau desa, untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna yang bisa mendapatkan subsidi listrik gratis.

Tapi perlu diperhatikan lagi ya, poin diatas tadi juga sangat mempengaruhi hal ini. Sebab, perangkat kelurahan atau desa tentunya akan melihat data kalian terlebih dahulu.

Jika memang rumah kalian layak mendapatkan bantuan subsidi, maka pihak kelurahan atau desa akan melakukan report ke pihak PT PLN, untuk memberikan token listrik secara gratis kepada kepala keluarga atau rumah warga. Namun apabila ternyata setelah pengecekan dan data kalian ternyata tidak sesuai, maka bisa saja kalian tidak mendapatkan bantuan subsidi listrik gratis.

Terkait:  Cara Beli Token Listrik

Oleh sebab itu, jangan sembarangan mengaku ngaku pada saat pengisian data. Isilah data yang dibutuhkan dengan jujur dan sebenar-benarnya, sebab seklipun kalian memanipulasi data, PT PLN masih memiliki data asli untuk melakukan validasi terlebih dahulu.

Hindari juga menggunakan perantara calo. Sebab, tidak semua oknum calo ini berlaku jujur. Kadang, ada saja para calo yang meminta sejumlah bayaran, agar kalian bisa mendapatkan listrik gratis dengan alasan data kalian tidak mendapatkan listrik gratis, padahal bisa saja data yang ada di PT PLN ternyata adalah kalian penerima bantuan tersebut. Pasti gak enak kan?

Kesimpulan

Pintar dalam menggunakan listrik adalah sebuah cara yang sangat berguna untuk mencegah membengkaknya tagihan listrik perbulan. Gunakan listrik secukupnya dan apabila tidak diperlukan, maka kalian bisa mencabut tiap benda elektronik yang sudah dirasa tak lagi digunakan.

Hindari menyalakan lampu pada saat siang hari karena masih ada cahaya alami dari matahari. Pastikan juga ketika akan tidur, kalian mematikan semua lampu yang tak digunakan. Untuk kalian yang memiliki AC didalam rumah, cobalah untuk mengontrol penggunaan AC. Apabila sekiranya sedang ingin keluar, maka matikan AC tersebut.

Dan jika ingin tidur, kalian bisa menyalakan timer pada AC untuk beberapa jam, agar AC otomatis mati dan tidak memakan daya listrik yang terlalu besar tentunya.

Demikianlah informasi tentang Cara Cek Listrik Gratis, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply