Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja
Mengatasi Ngantuk Saat Kerja | IMG: Freepik.com

Pernahkah kamu mencari informasi seputar cara mengatasi ngantuk saat kerja? Atau mungkin, melakukan aktivitas lain ketika rasa kantuk saat bekerja datang?

Rasa kantuk saat bekerja kerap kali dialami oleh para karyawan, terlebih setelah jam makan siang. Ntah kenapa rasanya tidur siang sangat menjadi hal yang sangat dibutuhkan pada saat bekerja.

Read More

Bahkan tak sedikit para karyawan mencuri-curi kesempatan untuk bisa memejamkan mata mereka barang sepuluh sampai 15 menit. Wah, ada-ada saja ya.

Meskipun begitu, rasa kantuk pada saat bekerja bisa menjadi masalah buruk bagi mereka. Terlebih jika tertangkap basah sedang tidur diatas meja kerja. Wah, bisa bisa mereka mendapatkan teguran dari manager atau atasan mereka.

Selain itu, tertidur diatas meja karena mengatuk juga bisa membuat kredibilitas atau penilaian kamu menjadi buruk, sebab sifat tersebut menggambarkan bahwa kamu kurang professional ketika menjalankan tanggung jawab disaat bekerja.

Maka dari itu, untuk menghindari rasa kantuk ketika bekerja, kamu bisa mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik, dan juga menjaga stamina tubuh agar tetap fit, dengan cara yang sudah kami rangkum dalam Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja berikut ini:

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja
Mengatasi Ngantuk Saat Kerja | IMG: Freepik.com

Istirahat yang Cukup

Tahukah kamu? Terkadang rasa kantuk ketika bekerja kerap kali terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga, ketika bangun dipagi hari badan terasa tidak memenuhi kebutuhan istirahat, dan alhasil masih ada saja rasa lemas dan kantuk yang dirasakan.

Maka dari itu, cobalah untuk mengatur jam tidurmu, dan mulai memanage semua pekerjaanmu agar kamu bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit, dan tidak mudah ngantuk saat bekerja. Gak mau kan, kalau sampai akhirnya kamu harus tertidur diatas meja kantor akibat terlalu ngantuk?

Mandi Air Hangat sebelum Tidur

Mungkin kita semua sudah tau, bahwa air hangat memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Yaps, dari segi kesehatan pun, orang orang yang mandi air hangat sebelum tidur dikatakan mampu membuat tubuh lebih rileks, dan juga memberikan efek santai pada otak.

Terkait:  Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di HP Oppo, Cek Penyebabnya!

Sehingga, ketika kamu mandi air hangat sebelum tidur, ini bisa membantu kamu melepaskan otot-otot yang tegang selepas bekerja, dan membuat kualitas tidurmu menjadi lebih baik lagi. Sebab, ada banyak orang yang mengatakan jika mandi air hangat sebelum tidur sama khasiatnya seperti melakukan massage atau pijat.

Konsumsi Air Putih Sebelum Sarapan

Mungkin masih banyak yang menyepelekan Khasiat dan Manfaat dari Air putih. Padahal, Air putih ini sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi, dan memperlancar Buang Air Besar.

Selain itu, dari segi kesehatan juga dikatakan bahwa air putih mampu membuang semua racun yang ada didalam tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi air putih sebelum sarapan dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi, membuang racun didalam tubuh, dan memperlancar peredaran darah.

Tak hanya itu saja, penyebab rasa kantuk sendiri biasanya diawali dengan menguap. Dan apakah kalian tau, bahwa gejala menguap ini disebabkan akibat manusia kekurangan asupan oksigen di otak mereka?

Nah, disinilah peran air putih yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga membuat asupan oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

Lakukan Olahraga Kecil Sebelum Mandi

Setelah selesai sarapan, mungkin kamu akan berfikiran untuk mandi dan bersiap ke kantor bukan? Sebenarnya hal ini sangatlah wajar dan lumrah terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Namun, jika dirasa waktu masih panjang untuk masuk kantor, kamu bisa lekaukan olahraga kecil nan ringan sebelum mandi.

Misalnya seperti melakukan lari santai sekitar 5 – 10 menit disekitar pekarangan rumah, atau melakukan scout jump dan juga push up ringan sekitar 10 – 20 kali. Hal ini bisa membantu semua organ tubuh agar kembali lentur dan juga bekerja pada fungsi nya masing – masing.

Gak cuma itu aja, olahraga kecil sebelum mandi dipercaya mampu merangsang sistem imun tubuh dan otak untuk menciptakan antibodi baru sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat.

Selain itu, keringat yang keluar saat berolahraga merupakan salah satu cara detoks alami untuk mengeluarkan racun. Nah, coba bayangkan deh kalau kamu hanya terlalu sibuk bekerja dan gak ingat olahraga sama sekali. Pastinya kesehatanmu akan terganggu, dan tubuhmu akan sering lemas dan sering ngantuk ketika bekerja. Gak mau kan hal ini terjadi?

Terkait:  Cara Kembali di iPhone (Back Tap) yang Mudah

Konsumsi Segelas Kopi saat Sampai di Kantor

Mungkin tidak semua kantor atau perusahaan menyediakan kopi di pantry nya. Namun, ketika dirasa kamu sudah sampai kantor lebih awal, rasanya gak salah kan berjalan sebentar untuk membeli kopi hitam di coffee shop dekat kantor ataupun di mall terdekat?

Apalagi sekarang sudah modern, kalau mau pesan apa – apa bisa menggunakan jasa ojek online agar lebih mudah lagi.

Nah, mengkonsumsi segelas kopi saat pagi hari dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi lebih baik, dan juga membuat daya tahan tubuh tetap stabil.

Adapun kopi yang bisa kamu konsumsi adalah kopi hitam. Baik dengan gula, ataupun tanpa gula. Kedua nya sama – sama baik kok untuk membuat kamu tetap melek dan terjaga ketika bekerja.

Dan dari segi kesehatan, kopi sendiri dipercaya dapat meningkatkan kandungan dopamin didalam otak, yang mana dikatakan mampu mendopping tubuh untuk tetap terjaga lebih lama.

Meskipun begitu, kamu harus tetap memperhatikan jumlah mengkonsumsi kopi hitam ya. Sebab, yang disarankan adalah 1 gelas dipagi hari, dan 1 gelas di malam hari (jika dibutuhkan). Namun rata-rata yang baik adalah sehari 1 gelas.

Kurangi Porsi Makan Siang

Hal yang selanjutnya harus kamu hindari agar tidak mengatuk saat bekerja adalah mengurangi porsi makan siang. Kenapa sih hal ini harus banget diperhatikan?

Oke, kita ambil contoh kecilnya saja ya. Didalam kehidupan sehari – hari, rasa kantuk yang terjadi ketika bekerja biasanya dialami ketika selesai makan siang.

Kenapa hal ini terjadi? Sebab ketika manusia sudah merasakan kenyang, maka otomatis rasa kantuk tersebut akan datang. Ini dikarenakan otak mengirimkan sinyal untuk ‘makan’ ketika perut terasa lapar, dan ketika kondisi lapar, manusia tidak akan merasakan kantuk, sebab terkadang perut akan terasa sakit ataupun keram ketika belum makan.

Sedangkan, ketika manusia sudah merasa kenyang, maka otak akan mengirimkan sinyal ke anggota tubuh lain untuk ‘istirahat’. Sebab perut sudah terisi dengan asupan makan siang.

Terkait:  Penyebab RPM Mobil Tinggi

Maka dari itu, untuk mengatasi rasa kantuk selepas makan siang, usahakan kamu tidak terlalu kenyang dan juga mengatur porsi makan mu, yakni dengan mengurangi porsi makan siang, dan lebih rutin mengkonsumsi air putih agar konsentrasimu tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk.

Dengarkan Musik yang Menaikkan Mood saat di Kantor

Tidak hanya menjadi teman disaat patah hati saja, mendengarkan musik pada saat bekerja bisa menjadi salah satu dopping eksternal untuk para pekerja.

Dengan catatan, musik yang didengarkan adalah musik yang memang menaikkan mood, ataupun menimbulkan rasa senang dan bahagia.

Dengan mendegarkan musik ketika bekerja, otak akan mendapatkan rasa rileks dan santai ketika bekerja. Terlebih lagi, jika musik yang di play bisa kamu nyanyikan bersama teman – teman, tentu saja ini akan menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

Selesaikan Pekerjaan dengan Baik

Kadang kala ada saja pekerja yang harus menyelesaikan pekerjaan mereka bahkan selepas pulang kantor. Duh, kalau begini terus, pastinya jam tidur akan terganggu banget. Sebab, waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat justru digunakan untuk menyelesaikan deadline pekerjaan yang belum selesai.

Maka dari itu, ketika kamu memang memiliki tanggung jawab pekerjaan mu, maka selesaikan lah dengan baik. Usahakan sebelum kamu pulang sudah tidak ada lagi pikiran pekerjaan yang membebanimu, dan menggangu waktu istirahatmu.

Jikapun harus ada lembur, maka usahakan fikiranmu untuk tetap tenang, dan mintalah bantuan kepada rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaanmu bersama-sama agar lebih cepat.

Hindari Mengkonsumsi Kopi Sebelum Tidur

Setelah sampai rumah selepas kerja, rasanya mengkonsumsi segelas kopi adalah cara yang paling tepat untuk bersantai selepas berkutat dengan pekerjaan.

Namun siapa sangka, mengkonsumsi kopi sebelum tidur adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Seperti pada poin sebelumnya, dari segi kesehatan sendiri kopi dapat membuat kalian lebih terjaga dan lebih konsen lagi.

Tetapi jika mengkonsumsi sebelum tidur, tentunya ini akan mengganggu jam tidur mu dan juga membuat kalian mengalami susah tidur akibat efek kopi yang masih ada. Wah, niat mau tidur lebih awal, akhirnya tidak terlaksana.

Kalaupun kamu ingin menikmati minuman sebelum tidur, kamu bisa mengganti kopi dengan air putih, ataupun seleglas teh hangat atau coklat panas.

Dengan begitu, otak akan lebih rileks dan mempermudah kamu untuk tidur lebih awal.

Setelah membaca beberapa cara mengatasi ngantuk saat kerja diatas, tentunya kamu tidak hanya meningkatkan kualitas tidur dan kerjamu saja, melainkan juga membuat tubuh untuk tetap sehat dan juga bugar. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply