Home » Menggunakan » Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic

Untuk sebagian pemula, cara mengemudi mobil matic adalah hal yang sedikit menyulitkan. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali belajar naik mobil, ataupun seseorang yang biasa mengendarai mobil manual, ke mobil matic.

Walaupun matic, namun tetap saja caranya tidak semudah mengendarai motor matic ataupun motor kopling. Terlebih lagi, banyak orang yang mengatakan bahwa mengendarai mobil matic akan lebih sulit dan melelah kan ketimbang menggunakan mobil manual.

Memang pada dasarnya, mobil matic diciptakan untuk orang – orang yang sedang belajar mobil, ataupun mereka yang tak ingin dipersulit dengan mobil manual. Sebab, didalam mobil matic tidak akan ditemukan kopling. Namun masih memiliki persneling dan juga gas serta rem.

Tapi sampai saat ini masih saja ada banyak peminat akan mobil matic. Selain karena kemudahan yang ditawarkan, harga mobil matic juga dikatakan lebih terjangkau daripada mobil manual.

Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic

Mengemudi Mobil Matic | IMG: Freepik.com

Nah, untuk kamu yang sedang mencari informasi tentang cara mengemudi mobil matic, kalian bisa menyimak artikel ini sampai habis agar mengetahui apa saja persiapan untuk memulainya. Seperti:

Kenali Kendali Mobil Matic

Ketika berada di kursi kendali mobil matic, kalian harus mengetahui ragam kendali yang ada didalamnya. Seperti misalnya pijakan rem, gas, dan lain – lain. Selain itu, mobil matic sendiri memiliki cara kerja yang berbeda dengan mobil manual.

Perbedaan ini bisa kalian lihat pada persneling yang ada pada mobil matic. Umumnya, mobil matic menggunakan persneling dengan petunjuk berupa P-R-N-D-2-L.

Maka dari itu kalian harus menghafal tiap – tiap fungsi pada persneling mobil matic. Seperti misalnya

  • P : Digunakan ketika kondisi akan parkir, yang mana kontrol gas bisa kamu lakukan lewat pijakan gas itu sendiri
  • R : Berguna ketika pengendara harus melakukan parkir secara mundur
  • N : Berfungsi untuk menetralkan fungsi Gas, agar tidak otomatis melaju ketika berada pada kondisi macet, ataupun ketika berada di lampu merah
  • D : Digunakan saat pengemudi berada pada kondisi jalan yang tidak macet (normal)
  • 2 dan L : Memiliki fungsi ketika pengemudi berada dalam kondisi jalan yang menanjak

Jika saat menggunakan mobil manual kita harus menginjak kopling untuk berpindah gigi, maka sama seperti mobil matic, kita juga harus menginjak tuas rem ketika akan berpindah persneling (misal dari D ke N, atau sebaliknya).

Dengan memahami dan menghafal fungsi – fungsi yang ada pada persneling mobil matic, tentunya kalian tinggal mencoba latihan secara berkala, agar lebih lihai dalam mengendarai mobil matic.

Mengetahui Jenis Jenis Mobil Matic

Didalam pasar jual beli mobil di Indonesia, terkadang kita kurang memperhatikan jenis – jenis mobil matic yang dijual di pasaran. Padahal, tiap – tiap jenisnya pun memiliki perbedaan dan juga fungsi daripada persneling yang digunakan. Maka dari itu, kita perlu tau dulu beberapa jenis mobil matic yang bisa kalian beli.

  • Hydraulic Automatic Transmission – Merupakan Jenis mobil matic yang menggunakan torque converter yang melakukan perubahan dari tenaga mekanis menjadi kinetis dengan menggunakan driveshift. Adapaun jenis mobil matic ini bisa kalian temukan di mobil Toyota Avanza.
  • Continuous Variable Transmission (CVT) – Adalah sejenis transmisi sistem otomatis yang mana lebih mulus dan memberika nkenyamanan untuk pengendara. Adapun jenis mobil yang menggunakan CVT adalah Datsun.
  • Dual Clutch Transmission (DCT) – Sejenis sistem kerja dalam mobil matic yang menggunakan dua set kopling (kopling ganda) yang bertugas untuk menggerakkan gigi 1-3-5 pada kopling atas, dan 4-5-6 pada kopling bawah. Adapun mobil matic yang menggunakan DCT adalah KIA Seltos.
  • Automated Manual Transmission (AMT) – Ialah teknologi yang ada pada mobil matic, yang memungkinkan pengendara melakukan perpindahan mode dari matic ke manual, dengan transisi otomatis. Jenis mobil yang menggunakan sistem ini adalah Wuling, Proton, Suzuki, Smart, dan Fiat.

Memperhatikan Fungsi Knob / Persneling pada Mobil Matic

Sama seperti poin sebelumnya, jika yang tertulis adalah P-R-N-D-2-L, mungkin saja ada jenis mobil matic yang memiliki petunjuk persneling yang berbeda. Misalnya ada petunjuk M pada tuas persneling.

Fungsi M ini adalah fungsi dimana kalian bisa memindahkan opsi kendaraan dari mode matic menjadi manual. Biasanya, jika mobil matic memiliki fungsi M pada persneling, maka akan ada petunjuk berupa tanda (-) dan juga (+).

Tentunya ini bukan tanpa alasan. Karena ketika kalian mengubah mode matic ke manual, maka kalian bisa mengatur kecepatan gas sesuai keinginan. Sehingga kalian mampu mengatur kecepatan saat mengendarai mobil matic.

Tapi tidak semudah yang kalian fikir, karena setelah itu ada hal yang harus kalian pahami tentang mode ini, penjelasannya ada dibawah ini.

Mempelajari Mode Operasi Manual

Seperti pada poin sebelumnya, pemindahan mode matic ke manual bukanlah hal yang mudah. Jika memang mobil matic kalian memiliki fungsi ini dan terdapat petunjuk tanda (-) dan juga (+), maka kalian harus tau dulu bagaimana cara mengoperasikannya.

Karena mobil matic tidak memiliki persneling dengan urutan gear (gigi), maka tanda min dan plus inilah yang menjadi acuan kita ketika mengubah mode matic ke manual.

Dalam penerapannya, ketika kalian ingin mengendarai mobil matic dengan kecepatan yang stabil ataupun menambahkan kecepatan, kalian bisa memindahakan tuas dari (-) ke (+), namun dengan catatan kalian harus menginjak tuas rem sekitar 5 detik, baru kemudian memindahkan tuas tersebut.

Dan ketika ingin berhenti karena ada lampu merah, kalian bisa memindahkan tuas (+) menjadi (-) sembari menekan gas. Dan setelah berhenti, jangan lupa untuk terus menginjak tuas rem agar mobil tidak jalan dengan sendirinya.

Memahami Fitur pada Mobil Matic

Selain memahami fungsi pada persneling mobil matic, kalian juga harus tau beberapa fungsi dan juga fitur lain yang ada di dashboard mobil matic. Misalnya dengan mengetahui bagaimana cara mengaktifkan wiper, bagaimana cara menghidupkan lampu interior, bagaimana cara mematikan ac, radio, dan yang lainnya.

Hal ini bertujuan agar pengendara lebih mengenali fungsi dan juga fitur yang ada didalam mobil, sekaligus penggunannya.

Fokus Saat Berkendara

Setelah memahami poin diatas tentang cara mengendarai mobil matic diatas, kalian sudah siap untuk coba mengendarai mobil matic untuk pertama kalinya. Namun dengan catatan, kalian harus tetap fokus dan juga mengamati kondisi sektiar jalan.

Jangan terlalu tegang dan mudah terdistraksi dengan sekitar, sebab hal ini bisa saja membuat pengemudi merasa panik dan kaget. Alhasil, bisa saja pengendara mengalami lepas kontrol saat mengendarai mobil.

Maka dari itu selain harus fokus, ketika sedang latihan mengendarai mobil matic, usahakan kalian diawasi atau ditemani dengan orang yang memang sudah ahli dalam mengendarai mobil. Atau, kamu juga bisa latihan terlebih dulu di lapangan yang memiliki luas cukup besar sebagai permulaan untuk membiasakan diri.

Itulah beberapa kiat dan juga cara mengemudi mobil matic, semoga dengan poin – poin diatas, kalian bisa dengan mudah menguasai cara pengendaraan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.