Cara Mengganti Alamat Email Gmail

  • Whatsapp

Apakah ada cara mengganti alamat email Gmail? Jika ada, bagaimana caranya? Memiliki akun Gmail atau Google mail adalah hal yang sangat penting. Terlebih bagi pengguna smartphone android ataupun iOS.

Sebab, dengan 1 akun gmail, kita bisa mengaksess semua aplikasi Google, ataupun untuk melakukan login pada smartphone Android. Jika pengguna Android tidak memasukkan Akun Google seperti Gmail, maka otomatis mereka tidak dapat melakukan Download Aplikasi di Play Store, ataupun menggunakan fitur dari Google Play Services.

Read More

Itulah kenapa, ketika kalian baru saja membeli smartphone baru, akan muncul tampilan untuk memasukkan Email, ataupun melakukan pendaftaran Email sebelum lanjut untuk menggunakan Smartphone seperti umumnya.

Namun kadang kala, kita pernah melakukan kesalahan saat mendaftarkan alamat email. Yakni adanya typo pada saat membuat alamat email, misalkan kalian ingin membuat email dengan alamat email [email protected], namun yang tertulis justru [email protected].

Alhasil, pastinya kita sebagai pemilik email akan merasa sedikit ‘gemas’ akan kesalahan dan ketidaktelitian kita ketika membuat nama emai. Dan inilah yang kadang banyak orang bertanya – tanya, apakah kita bisa menggantinya?

Oke, secara teknis yang berlaku, Google sendiri sudah membuat sebuah artikel penting dimana kita tidak bisa mengganti alamat email, namun kita masih bisa jika sekedar mengganti nama pada akun Gmail yang typo tersebut. Terlebih, jika email yang typo tadi sudah memiliki banyak email masuk dan ada beberapa yang penting.

Kalau kita ibaratkan, misalnya pada smartphone. Tiap – tiap smartphone pasti memiliki imei yang berbeda, ketika kita ingin mengganti imei nya, tentunya kita harus membeli smartphone baru bukan?

Tapi jangan dulu sedih sob, walaupun kita tidak bisa mengganti alamat email di gmail, tapi kita masih bisa kok mengakali hal ini dengan cara mengganti Alamat Email Gmail dengan cara berikut, yakni dengan

Terkait:  Cara Ganti Password Instagram

Daftar Isi

Cara Mengganti Alamat Email Gmail

Cara Mengganti Alamat Email Gmail
Mengganti Alamat Email Gmail | IMG: Freepik.com

Membuat Akun Gmail Baru

Cara terbaik dari masalah ini sebenarnya adalah membuat akun baru. Ya memang sih, hal ini terdengar sangat biasa dan juga sangat lumrah, terlebih lagi jika kita membuat email baru, tentu saja kita akan mendapatkan inbox atau kotak masuk yang masih kosong. Duh, pasti kesel kan?

Namun cara ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, saya menulis poin pertama ini bukan tanpa alasan dan tujuan. Maka dari itu kita langsung saja membuat alamat email baru sesuai yang kita inginkan. Dengan cara

  1. Buka Gmail.com
  2. Pilih Sign Up / Daftar
  3. Isikan Data yang dibutuhkan, seperti Nama Depan, Nama Belakang, Tahun Lahir, Jenis Kelamin, Nomor telfon dan alamat Email
  4. Setelah berhasil mendaftar, pastikan kamu mengingat password dan email yang sudah dibuat tadi.

Nah, disini kita akan poinkan terlebih dulu

Ingat baik baik ya sob. Kalau sudah, kita langsung masuk ke cara selanjutnya.

Melakukan Forwarding yang Salah, ke Email Baru

Coba perhatikan paragraph sebelumnya tadi. Saya sempat mengatakan bahwa ada banyak email di Inbox / Kotak masuk yang mungkin penting pada email yang salah. Dan jika kita membuat email baru, pastinya kita hanya akan melihat tampilan kotak masuk yang masih kosong, atau hanya berisi kiriman email dari pihak Google.

Maka dari itu, kita perlu melakukan sistem forwarding atau penerusan email dari email yang salah tadi ke email yang baru saja kita buat. Fitur ini bisa sangat berguna agar tiap email yang sudah ada di email lama, akan otomatis terpindah ke email baru tadi.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Mode Aman

Nah, disinilah kita akan melakukan forwarding atau pemindahan Kotak masuk di email yang salah, ke Email yang benar. Wah, emang bisa ya? Bisa kok. Begini caranya

  • Login terlebih dulu ke gmail.com dengan email yang salah tadi ([email protected]) – disarankan menggunakan komputer, agar lebih mudah.
  • Setelah login, klik tombol Gear / Setelan
  • Akan muncul Pop Up dibawah Gear, pilih pada See all Settings / Lihat semua Setelan
  • Selanjutnya, klik pada menu Forwarding and POP/IMAP / Penerusan dan POP/IMAP
  • Lalu, klik pada Tambahkan Alamat Penelusuran / Add a forwaring Address
  • Akan muncul pop up dan juga kolom input, silahkan masukkan Alamat Email Baru yang sudah dibuat tadi ([email protected]) dan pilih Next / Selanjutnya
  • Setelah itu, Google akan mengirimkan kode Konfirmasi ke Email yang baru saja kamu buat tadi ([email protected])
  • Selanjutnya, buka mode penyamaran pada browser yang kalian gunakan, dan silahkan Login ke alamat email baru tadi ([email protected]) untuk melihat kode verifikasi yang dikirimkan Google
  • Lalu masukkan kode tersebut, dan pilih Verifikasi / Verify
  • Selanjutnya, ganti Option Box dari Disable Forwarding / Nonaktifkan, menjadi Teruskan salinan surat masuk kepada / Forward a copy of incoming mail to
  • Setelah itu, kalian tinggal mengklik Simpan Perubahan / Save Changes

Selesai! Kamu sudah berhasil untuk memindahkan semua data dari email yang salah ke email yang benar. Meskipun begitu, kamu masih harus menunggu prosess validasi yang cukup lama yakni sekitar 7 hari. Maka kamu harus bersabar lagi.

Yang harus diperhatikan adalah, cara ini hanya berguna untuk memindahkan inbox atau kotak masuk yang ada dari email yang salah ke email yang benar dan hanya dikhususkan untuk pengguna Gmail. Untuk pengguna Email Custom dari Domain, bisa langsung masuk ke fitur IMAP/POP (tanpa redirect).

Terkait:  Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Maka dari itu, pastikan kalian login ke alamat email yang salah, dan memindahkannya ke alamat email yang benar.

Tunggu Prosess Validasi

Setelah prosess Validasi selesai (7 hari) silahkan kalian ganti semua social media atau contact yang masih menggunakan email yang lama. Ini bertujuan agar pengguna lain bisa mengontact mu dengan mudah.

Tapi sebagian orang mengatakan, bahwa ketika orang lain mengirim ke emailmu yang salah, email tersebut akan muncul atau masuk ke email baru yang sudah di forward tadi. Jadi, silahkan saja diatur bagaimana kalian.

Kesimpulan

Seperti yang ditulis pada peraturan Google tentang Gmail, tiap – tiap pengguna tidak bisa mengganti Alamat Email Gmail, sebab ketika pengguna menggunakan alamat email dengan akhiran @gmail.com untuk perseorangan, maka data tersebut akan otomatis dikelola kedalam database Google.

Beda hal nya jika kalian memiliki email atau Akun Google dari perusahaan, sekolah, ataupun organisasi lain, kalian bisa menghubungi Super Admin yang mengelola database tersebut. Sebab, Alamat email yang  tersimpan di Database super Admin, masih bisa di edit kembali.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengganti alamat email gmail. Pastikan kalian mengikuti tiap step / tutorial yang sudah tertulis diatas, agar tidak terjadi kesalahan ataupun error saat meneruskan semua Email dari alamat email yang salah, ke alamat email yang benar. Semoga bermanfaat.

Related posts