Cara Mengganti Email Google

Bagaimana cara mengganti email Google? Apakah kita bisa mengubah Email Google yang kita gunakan saat ini?

Untuk sebagian besar orang, memiliki email adalah hal yang sangat penting. Biasanya, mereka menggunakan email untuk sekedar mengirimkan file, attachment, dokumen, pesan, atau bahkan menerima pekerjaan melalui email.

Read More

Pada zaman dulu, kita mengenal istilah surat – menyurat atau saling berkirim surat. Namun di era modern saat ini, hal itu sudah digantikan dengan email, yang mana kita bisa tetap berkirim surat hanya saja tidak melalui pak pos. Melainkan melalui layanan Google Mail.

Sebagaimana kita tau, saat ini para pengguna smartphone Android sudah harus melakukan login untuk pertama kalinya ketika membeli ponsel, dengan menggunakan Akun Google. Terlebih Android adalah produk dari Google.

Maka dari itu, ketika kita membuat email, pastikan kita mengingat semua data login yang ada, seperti misalnya menggunakan email kombinasi yang lebih aman, ataupun menyimpan data login di sebuah catatan khusus.

Nah dari sinilah Google memberikan kemudahan pengguannya untuk membuat email baru. Selain untuk kebutuhan pekerjaan dan pendidikan, Email juga merupakan satu bagian dari Akun Google yang mana bisa digunakan untuk mengaksess Play Store, Google Play Games, Google Maps, ataupun Youtube.

Namun masih saja ada pengguna yang mengalami kesalahan berupa typo ketika akan membuat email baru di Google. Nah, jika hal ini terjadi, apakah kita bisa mengganti alamat email tersebut?

Jawabannya adalah : TIDAK!

Google sendiri memang sudah membuat peraturan dimana ketika pengguna membuat email dengan ekstension @gmail.com, maka otomatis mereka tidak bisa melakukan perubahan lagi. Kecuali, email yang dibuat memang berasal dari sebuah perusahaan, kantor atau bahkan kebutuhan pendidikan.

Terkait:  Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Tapi jangan dulu putus asa sob. Belum baca artikel ini sampai habis kan?

Cara Mengganti Email Google

Cara Mengganti Email Google
Mengganti Email Google | IMG: Freepik.com

Sebenarnya ada kok Cara Mengganti Email Google yang bisa kamu gunakan ketika terjadi kesalahan atau typo dalam membuat alamat email. Seperti:

Membuat Email Google Baru

Adapun cara yang sangat efektif dalam hal ini adalah mmbuat email google baru. Walaupun terdengar sangat menyebalkan, tapi kalau kamu baca artikel ini sampai habis, maka kamu pasti akan paham maksud dari poin ini.

Jika mungkin kamu sudah menggunakan email yang typo dalam kurun waktu yang cukup lama dan sudah memiliki banyak Email masuk, tentu saja mau tidak mau kamu tetap menggunakannya.

Namun disuatu waktu, tiba-tiba pihak lain (misalnya perusahaan) meminta kamu untuk menggunakan email dengan alamat yang benar. Misalnya, email yang typo adalah [email protected], lalu atasanmu meminta untuk menggantinya menjadi [email protected].

Maka dari itu, kamu bisa membuat email google baru dengan cara yang sangat mudah.

  1. Buka halaman Gmail.com
  2. Klik pada menu Registrasi / Daftar / Sign Up
  3. Isikan nama depan, nama belakang, nomor telfon, dan juga jenis kelamin
  4. Masukkan nama email baru yang akan digunakan, yakni [email protected]
  5. Selanjutnya pilih pada Daftar dan ikuti instruksi nya hingga selesai.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk membuat email baru yang sesuai dengan atasan mu. Tentu saja kamu masih memiliki kotak pesan masuk yang masih kosong dan sedikit.

Jangan dulu stop, kita akan lanjut ke cara berikutnya. Yakni

Melakukan Penerusan Kotak Masuk

Seperti pada poin sebelumnya, jika kalian membuat email baru, tentunya kalian tidak akan bisa melihat email masuk pada email yang typo tadi. Kecuali, kalian masih login atau mengaksess email yang typo tersebut.

Terkait:  Cara Keluar dari Akun Google di Laptop

Maka dari itu, kita akan menggunakan fitur penerusan kotak masuk atau forwarding yang akan membantu kamu untuk tetap bisa melihat kotak masuk dari email yang typo tadi.

Penerusan Kotak masuk atau Forwarding adalah cara untuk memindahkan kotak masuk dari email yang typo ke alamat email yang benar. Tentunya, cara ini bisa kamu pakai untuk tetap bisa memantau pesan masuk dari email yang salah. Baru tau kan?

Caranya juga gampang kok. Cukup dengan

  1. Jalankan 2 Browser yang berbeda, yakni Google Chrome dan Mozilla Firefox
  2. Login email yang Typo di Browser Google Chrome
  3. Lalu, lakukan login ke email yang baru tadi di Mozilla Firefox
  4. Selanjutnya, pindah ke browser google Chrome, dan login ke halaman Gmail dengan akun [email protected]
  5. Klik pada icon gear / setelah yang ada pada Gmail (disebelah gambar profile)
  6. Pilih pada Lihat semua Setelan
  7. Pilih pada penerusan POP3 / IMAP
  8. Klik pada tombol tambahkan alamat penerima, lalu masukkan email baru yang sudah dibuat tadi yakni [email protected]
  9. Lalu klik pada tombol Next
  10. Tunggu beberapa saat, dan periksa email masuk di [email protected] yang sudah di login di Mozilla Firefox tadi
  11. Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim ke email [email protected] tadi, ke halaman pengaturan [email protected]
  12. Setelah akun berhasil di verifikasi, ganti opsi nonaktif pada penerusan email menjadi teruskan ke email [email protected] di kotak masuk gmail
  13. Kemudian pilih pada Simpan Pengaturan.

Logika yang digunakan disini adalah Semua email masuk dari [email protected] akan dipindahkan ke [email protected]

Dan setelah melakukan simpan pengaturan, kalian harus menunggu prosess validasi paling lama 7 hari, sebelum akhirnya email tersebut akan otomatis masuk kedalam email baru yang sudah kalian masukkan tadi.

Terkait:  Cara Mengganti Icon Aplikasi Android

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah setelah melakukan forwarding setiap email yang masuk ke alamat email [email protected] akan masuk ke [email protected]?

Sampai saat ini, sebagian orang yang menggunakan cara ini mengatakan berhasil, dan ada juga yang mengalami delay atau keterlambatan email masuk. Sisanya, mereka berhasil menggunakan cara ini sebagai forwarding email yang baik.

Menghubungi Super Admin

Seperti yang sudah disinggung pada paragaraph sebelumnya, jika kamu menggunakan email dengan ekstensi @gmail.com dari perusahaan, maka otomatis database tersebut tidak hanya dipegang oleh pihak Google saja, melainkan juga super admin dari perusahaan tersebut.

Nah disinilah kalian bisa meminta bantuan untuk menghubungi super admin, dan melakukan perbaikan email. Misalnya, kalian ingin mengganti email [email protected] menjadi [email protected].

Kamu bisa mengirimkan email ke super admin untuk melakukan perubahan data, dengan menyertakan alasan yang jelas. Misalnya karena kurangnya huruf S pada nama, atau memang perintah dari atasan untuk mengganti email yang digunakan.

Dengan begitu, super admin tinggal melakukan perubahan data, dan kamu bisa mengupdate semua kontak yang berkaitan dengan email lama tadi, sehingga mempermudah orang lain ketika harus mengirimi kalian email.

Kesimpulan

Beberapa cara diatas merupakan satu cara yang sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, jika kamu mencari cara mengganti email google, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis dan kemudian mempraktekkannya pada email yang sekiranya salah.

Sekian, dan semoga bermanfaat.

Rate this post

Related posts