Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp

Cara Mengganti Nada Dering WA

Untuk pengguna whatsapp, cara mengganti nada dering WA adalah langkah yang banyak dilakukan untuk mengubah suara notifikasi ketika ada notifikasi pesan masuk.

Gak cuma suara notifikasi chat saja, melainkan juga ketika ada panggilan masuk, ataupun video call pada Whatsapp.

Sebagaimana kita tau, Whatsapp adalah aplikasi chat yang cukup populer dan banyak digunakan hampir seluruh pengguna smartphone.

Dengan menggunakan Whatsapp, para pengguna bisa saling berinteraksi melalui pesan text, mengirim audio atau voice note, mengirim file, photo, ataupun video.

Kemudahan yang dihadirkan pihak Whatsapp memang sangat berguna untuk para penggunanya. Terlebih, akses pengiriman pesan dan file hanya sekedar menggunakan kuota internet, bukan pulsa.

Terlebih ketika ingin menambahkan pengguna Whatsapp baru sebagai teman didalam kontak. Kalian hanya perlu menyimpan nomor yang terdaftar di Whatsapp, dan kemudian bisa melakukan chatting.

Selain itu, kini Whatsapp juga sudah dilengkapi dengan fitur Status, yang mana mirip dengan Insta Stories pada Instagram.

Dengan fitur ini, para pengguna bisa membagikan update seperti foto, video dengan durasi 30 detik, atau sekedar teks dengan warna latar belakang yang solid.

Ditambah dengan adanya fitur Group, yang mana memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain dalam satu room.

Mereka juga bisa melakukan Group Call ataupun group video call hingga 8 orang. Sehingga, mereka bisa berinteraksi lebih dekat, selain menggunakan pesan teks.

Itulah mengapa sampai saat ini para pengguna masih setia menggunakan Whatsapp. Walaupun memang fitur yang disajikan masih kurang lengkap dibanding telegram.

Tapi ternyata, sebagian besar pengguna Whatsapp masih belum mengetahui cara mengganti nada dering WA. Baik untuk notifikasi Chat, ataupun Notifikasi panggilan suara dan video call.

Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp

Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp
Mengganti Nada Dering Whatsapp

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar cara mengganti nada dering Whatsapp, yang bisa kamu lakukan pada perangkat Android ataupun iOS. Yaitu dengan:

Terkait:  Cara Buat Stiker WA di iPhone dan Android, Cepat dan Mudah

Melalui Pengaturan Suara Notifikasi Default

Pada dasarnya, nada dering yang digunakan untuk aplikasi Whatsapp adalah Notification Sound atau Suara Notifikasi.

Biasanya, nada dering yang digunakan pada default akan berpengaruh pada beberapa aplikasi lain, seperti Pesan, Email, Notif Login dari Google, atau yang lainnya.

Hampir semua aplikasi pada Android sebenarnya menggunakan Suara Notifikasi default. Oleh karena itu, kalian bisa mengubah nada dering whatsapp dengan cara berikut ini.

  1. Buka menu Pengaturan / Setelan pada Android mu.
  2. Pilih tab menu Sounds
  3. Klik pada Default Notification Sounds / Suara notifikasi default
  4. Akan muncul pop up yang akan menanyakan sumber atau source dari Nada dering mana yang akan kamu gunakan.
  5. Pilih pada File Manager (misalnya)
  6. Lalu cari nada dering yang akan kamu gunakan untuk suara notifikasi Whatsapp
  7. Terakhir, pilih OK atau DONE.

Untuk beberapa kasus yang terjadi, tiap tipe smartphone akan memiliki tampilan yang berbeda pada saat menanyakan source nada dering.

Maka dari itu, kamu tinggal menyesuaikannya saja sesuai keinginanmu. Cara ini juga tak hanya mengganti nada dering notifikasi Whatsapp saja, melainkan juga semua notifikasi aplikasi yang masuk.

Lewat Pengaturan Whatsapp

Selanjutnya kita akan melakukan pengaturan melalui aplikasi Whatsapp itu sendiri. Cara ini terbilang sangat mudah kok, kamu hanya perlu

  1. Buka Aplikasi Whatsapp yang ada di Smartphonemu
  2. Klik pada titik 3 yang ada di pojok kanan atas
  3. Lalu pilih Settings / Pengaturan
  4. Setelah itu, klik pada bagian Notifications / Notifikasi
  5. Terakhir, klik pada Notifications tone dan sesuaikan dengan resource atau sumber directory dari nada dering yang akan digunakan.

Penting untuk diperhatikan. Saat kamu masuk kedalam pengaturan ini, kamu harus mengetahui kategori yang ada didalamnya. Seperti

  • Messages – Berguna untuk mengganti nada dering pada tiap chat yang masuk di Whatsapp
  • Groups – Bisa dipakai untuk membedakan notifikasi pesan masuk secara personal, dan pesan masuk yang ada di Grup
  • Calls – Berfungsi untuk mengganti nada dering ketika ada panggilan suara atau video call pada Whatsapp.
Terkait:  Cara Ganti Bahasa di iPhone Lewat Pengaturan (Sangat Mudah)🤩

Silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Pada kategori manakah Nada Dering Whatsapp yang akan kamu ubah?

Custom Notifikasi untuk Perorang

Berikutnya adalah dengan mengatur nada dering yang berbeda untuk pengguna Whatsapp. Kadang kala ada saja pengguna yang membedakan nada dering untuk tiap orang yang mengirim pesan Whatsapp.

Biasanya, cara ini digunakan untuk memebedakan suara notifikasi antara orang yang sekira penting, dan sekedar teman atau yang lainnya saja.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengganti nada dering perorang adalah

  1. Buka Aplikasi Whatsapp di Smartphone mu
  2. Pilih pesan atau chat yang ingin di khususkan nada dering nya ketika pesan masuk
  3. Klik pada profil orang tersebut
  4. Pilih scroll hingga menemukan Custom Notification atau Notifikasi Kostum
  5. Aktifkan ceklis pada Use Custom notification / gunakan notifikasi kostum
  6. Lalu pada Messages Notification / Pesan Notifikasi ganti Notification tone dengan nada dering yang diinginkan
  7. Selesai

Selain untuk mengubah nada dering ketika ada notifikasi pesan masuk saja, melainkan juga ketika ada panggilan suara ataupun video call.

Menggunakan Aplikasi Zedge

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengganti nada dering WA adalah dengan menggunakan Zedge.

Buat yang belum tau, Zedge adalah aplikasi di Android dan juga iOS yang didalamnya terdapat banyak sekali Wallpaper, Ringtone, Notification Sounds, dan lain-lain.

Nah, dengan Zedge ini kamu bisa mencari banyak sekali nada dering atau ringtone yang bisa kamu gunakan untuk nada dering Whatsapp. Caranya juga gampang kok.

  1. Download Aplikasi Zedge di Play Store
  2. Lakukan pendaftaran pada Aplikasi Zedge
  3. Cari ringtone atau nada dering dan notifikasi yang ingin kamu gunakan
  4. Setelah itu, klik pada icon seperti Download
  5. Lalu pilih set as > default notification
Terkait:  Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Dengan cara ini, otomatis suara notifikasi default kamu seperti Whatsapp, Email, Pesan SMS, dan yang lain, akan ikut berubah dengan nada dering yang sudah kamu terapkan lewat zedge tadi.

Atau jika kamu ingin menyimpan nada dering tersebut, kamu bisa mendownloadnya ke File manager kamu, dan bisa digunakan untuk nada dering lain selain Whatsapp.

Namun untuk pengguna iOS tentu tidak dapat menyimpan file nada dering dari Zedge ke ponsel mereka, sebab iOS tidak memiliki penyimpanan seperti pada Android, namun masih bisa menggunakan cara set as default notification saja.

Kesimpulan

Adapun untuk beberapa cara diatas, bisa kamu terapkan untuk pengguna Whatsapp Official dari Play Store ataupun yang sudah menggunakan GBWhatsapp atau Whatsapp Mod lain.

Sisanya tinggal disesuaikan saja dengan nada dering apa yang akan kalian gunakan untuk mengganti nada dering bawaan dari Whatsapp.

Dan itulah pembahasan tentang cara mengganti nada dering WA, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Untukmu:

Similar Posts