Cara Menghilangkan Baret Mobil

Untuk sebagian besar pemilik mobil, cara menghilangkan baret mobil adalah cara yang banyak dicari saat bodi mengalami lecet akibat suatu hal.

Tentu hal ini akan mengurangi keindahan dan penampilan mobil itu sendiri. Gak cuma itu aja sob, kadang baret pada mobil juga jadi faktor menurunnya harga mobil ketika akan dijual.

Misalnya, seseorang membeli mobil dengan harga 250 juta, nah karena terdapat baret pada mobil, harga jual nya akan turun menjadi 230 juta.

Inilah mengapa, gores atau baret sekecil apapun harus diperhatikan. Terlebih, jika pemilik mobil berniat menjual kembali mobilnya.

Bayangkan, kalau semisal pemilik mobil harus membeli body baru, tentu saja ada harga yang cukup besar untuk dikeluarkan pemilik.

Oleh karena itu, gak sedikit juga pemilik mobil yang sangat berhati hati ketika membawa kendaraan mereka. Tentu untuk menghindari terjadinya goresan pada mobil, dan juga untuk alasan keselamatan.

Lalu, bagaimana Cara Menghilangkan Baret Mobil jika sudah Terjadi?

Jangan dulu bingung sob. Jika mobilmu sudah terlanjur mengalami baret, kalian bisa ikuti cara menghilangkan baret mobil berikut ini.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Cara Menghilangkan Baret Mobil
Menghilangkan Baret Mobil

Memastikan Baret pada Mobil Benar benar Goresan

Kadang kala, mungkin kita sering panik ketika melihat adanya goresan pada mobil kita. Padahal, bisa saja goresan tersebut bukanlah benar benar goresan.

Bisa saja justru berupa tonjolan, debu tebal, garis tipis karena pensil, atau bahkan yang lainnya. Oleh karena itu, kamu bisa memastikannya dengan cara menggunakan kanebo basah dan mengelap bagian yang menyerupai goresan.

Tapi, jika kondisi baret terlalu parah, kamu bisa melakukan konsultasi ke bengkel body mobil langganan, untuk mendapatkan pemecahan masalah dari baret tersebut.

Melihat Kedalaman Baretan

Apabila ternyata baret yang ada di mobil benar benar goresan akibat benda tumpul atau tajam, pastikan dulu kamu sudah mengetahui seberapa parah baret tersebut. Sebab, ada 3 jenis goresan pada mobil. Yakni

  • Baret Ringan

Merupakan baretan yang terjadi akibat goresan yang sebenarnya tidak merusak cat body mobil. Baret seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti tergores kuku, ataupun terkena ujung tas.

Untuk cara menghilangkan baret ringan sendiri masih terbilang mudah. Kalian bisa menggunakan compound, wax, swril remover, ataupun stract remover.

Gunakan kain lap kering seperti microfiber, lalu bersihkan lapisan body yang terkena baret secara perlahan, hingga baret ringan hilang.

  • Baret Sedang

Adalah baret yang muncul akibat kelakukan orang tak bertanggung jawab yang sengaja membuat baret pada mobilmu.

Baret seperti ini biasanya disebabkan oleh goresan benda tajam, seperti ujung paku, ujung botol minuman kaleng, pisau, ataupun gunting. Tentu saja, baret seperti ini akan merusak lapisan cat dasar mobil.

Maka dari itu, cara terbaik untuk mengatasi baret sedang adalah dengan Cara Mengecat Mobil dari awal, dengan warna yang sama sebelumnya.

  • Baret Besar

Sebenarnya mirip dengan baret sedang. Hanya saja, jika mobil sudah mengalami goresan seperti ini, makan Look atau penampilan mobil akan sangat buruk.

Selain itu, baret besa juga merupakan goresan yang mana menembus sampai lapisan dasar mobil hingga cukup parah. Bahkan, jika kamu membawa mobil dengan baret besar dijalan, orang orang dapat melihatnya dengan sangat jelas.

Adapun untuk cara mengatasinya, kalian bisa mengamplas bagian body mobil yang terkena baret parah, lalu menggunakan dempul, sebelum akhirnya di cat ulang secara keseluruhan.

Menggunakan Compound

Selain berguna untuk membersihkan kotoran yang membandel, compound juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil.

Adapun jenis baret yang bisa dihilangkan dengan compound adalah baret ringan. Caranya pun cukup mudah kok.

Kamu hanya perlu mengoleskan kompon secara merata ke bagian mobil yang baret, setelah itu gunakan alat khusus seperti bor, dengan ujung yang menyerupai spons untuk melakukan poles body.

Pastikan kamu terus mengelap body mobil yang baret dengan kompon, sampai benar benar hilang. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan air dan sabun.

Menggunakan Minyak Rem

Selain untuk melumasi bagian pengereman, ternyata Minyak Rem juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret mobil. Caranya juga sederhana kok.

  1. Tuangkan minyak rem secukup nya pada kanebo kering
  2. Oleskan minyak rem pada bagian body mobi yang baret
  3. Lalu bersihkan dengan menggunakan air

Cara ini tak jauh beda dengan menggunakan compound. Yakni kalian harus mengoleskan minyak rem dan mengelapnya terus menerus sampai baret benar benar hilang.

Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata, kita bisa memanfaatkan benda benda disekitar untuk menghilangkan baret mobil loh.

Adapun benda yang dimaksud adalah pasta gigi atau kerap disapa dengan odol. Adapun cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret dengan odol tak jauh beda dengan menggunakan minyak rem. Yakni

  1. Oleskan Odol secara merata ke bagian yang mengalami baret
  2. Gunakan kain bertekstur lembut dan bersih seperti microfiber atau yang lainnya
  3. Basahkan kain tersebut dan gosokkan odol yang ada pada body secara perlahan dan melingkar

Ulangi cara tersebut sampai benar benar baret ringan pada mobil hilang. Setelah berhasil menghilangkan baret, kalian bisa membilas body yang baret tadi dan melakukan waxing agar terlihat seperti baru.

Menggunakan Amplas Halus

Jika baret mobil yang dialami masuk dalam kategori baret halus atau sedang, kamu bisa mengatasinya dengan mengguakan amplas halus.

Adapun untuk amplas halus yang dimaksud, memiliki ukuran 1000. Yang mana, amplas jenis ini mungkin akan sedikit memakan lapisan pernis cat mobil mu.

Oleh karena itu, ketika dirasa baret masih bisa dihilangkan dengan amplas, lakukanlah dengan sangat hati hati.

Dan setelah berhasil menghilangkan baret dengan amplas, kamu bisa menggunakan compound ataupun melakukan poles body.

Tujuannya adalah agar menutupi bagian yang terkena amplas, dan membuat body mobil tetap mengkilap selayaknya mobil baru.

Melakukan Pengecatan Ulang

Terakhir, jika memang body mobil sudah mengalami baret yang cukup parah, kamu bisa langsung membawa mobilmu ke ahli repaint body mobil.

Walaupun mengharuskanmu mengeluarkan sejumlah uang yang cukup banyak, namun hasilnya tak akan mengecewakan.

Sebab, baret yang parah kemungkinan besar akan sulit untuk diatasi dengan cara diatas. Jikapun melakukan pengecetan ulang, kalian harus melalui prosess pengamplasan, penambahan dempul, dan pengeringan.

Tapi sebelum melakukan pengecatan ulang, pastikan kamu menentukan warna yang sesuai dengan warna asli dari mobilmu.

Ini bertujuan agar tidak ada kekeliruan warna pada STNK, dan juga menjaga harga mobil agar tidak turun drastis ketika akan dijual kembali.

Kesimpulan

Selain menerapkan beberapa cara diatas untuk mengatasi masalah mobil yang baret, kehati hatian saat berkendara agar tidak terjadi lecet juga menjadi salah satu faktor utama dalam menjaga mobil tetap bagus.

Gunakan cover penutup khusus mobil, yang bisa melindungi body ketika hujan, atapun dari tangan tangan jahil yang membuat baret pada mobilmu.

Sekian untuk cara menghilangkan baret mobil, semoga bisa menjadi referensi yang baik, dan semoga bermanfaat.

Faiz Caster
fakboi sejak dini