Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil
Cara Oper Gigi Mobil | IMG: Freepik.com

Untuk sebagian pengendara, cara oper gigi mobil adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. Sama seperti cara oper gigi mobil matic ataupun cara oper gigi mobil manual, ada hal hal penting yang tak boleh dilupakan pengendara.

Sebagaimana kita tau, mobil adalah kendaraan roda empat yang saat ini cukup mendominasi di jalan raya.

Selain memberikan kenyamanan, mobil juga kerap digunakan untuk keluarga yang memiliki anak lebih dari 3.

Baik untuk mengatar sekolah, pergi bekerja, ataupun sekedar menikmati liburan diluar kota. Berbeda dengan mengedarai motor, kalian tidak perlu jas hujan ketika hujan tiba, dan tak merasa kepanasan ketika cuaca terik.

Selain itu, adanya pembangunan fasilitas seperti jalan tol, membuat para pengendara mobil lebih mudah untuk sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

Tapi tetap saja, yang namanya macet pasti berlaku untuk semua pengendara. Itulah mengapa saat ini ada banyak sekali orang orang yang ingin sekali belajar mobil.

Apalagi, sekarang ini sudah banyak kaum hawa yang sudah mahir atau lihai dalam mengendarai mobil, baik itu mobil matic ataupun mobil manual.

Biasanya, ketika belajar mobil pertama kali, instruktur atau pendamping akan mengajarimu untuk mengetahui fungsi persneling pada mobil, dan perpindahan gigi.

Gak cuma itu aja. Posisi kaki pada saat mengendarai mobil juga jadi poin plus untuk para pengemudi. Sebab, kendali gas, rem, atau kopling dikendalikan melalui pedal.

Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil
Cara Oper Gigi Mobil | IMG: Freepik.com

Oleh karena itu, ada banyak sekali pengendara yang kebingungan dan tidak tau cara oper gigi mobil. Padahal, caranya gampang banget kok. Yaitu:

Cara Oper Gigi Mobil Manual

Untuk pengguna mobil manual, ada hal penting yang perlu diperhatikan. Yakni pemahaman kode atau posisi gigi pada persneling, dan juga pedal kopling yang menjadi kontrol utamanya.

Terkait:  Penyebab Temperatur Mobil Naik

Adapun cara yang bisa kalian lakukan untuk oper gigi pada mobil manual yakni

  • Posisikan persneling pada posisi Netral terlebih dulu
  • Turunkan Rem tangan sembari menginjak pedal rem kaki agar mobil bisa bergerak maju ataupun mundur ketika di gas
  • Setelah menurunkan tuas rem tangan dan tetap menginjak pedal rem kaki, injak pedal kopling yang ada disebelah kiri secara perlahan
  • Pindahkan posisi persneling dari N ke arah R (reverse)

Gunanya adalah agar transmisi gear mobil berpindah ke posisi gear mundur. Ini sangat diperlukan ketika pengendara ingin keluar secara mundur ketika dirumah, ataupun parikiran mall.

  • Setelah masuk ke mode R, lepaskan pedal rem secara perlahan sembari menginjak pedal gas perlahan Agar mobil bisa mundur, namun ritme gas masih terkontrol
  • Jika sudah berhasil mundur, injak kembali kopling dan juga pedal rem, lalu pindahkan persneling ke posisi Gigi 1 (one)
  • Lepaskan pedal kopling dan juga rem secara perlahan. Tidak perlu langsung menginjak pedal gas. Karena pada konsepnya, ketika mobil manual sudah masuk gigi, maka otomatis akan berjalan.
  • Terakhir, tinggal kamu mengontrol ritme gas pada mobil, dan juga rem agar kecepatan mobil tetap terkendali.

Kunci utama dari oper gigi mobil manual adalah

  • Sebelum berpindah gigi, injak pedal rem
  • Setelah pedal rem diinjak, injak pedal kopling
  • Setelah pedal kopling diinjak, pindahkan persneling ke posisi gigi yang diinginkan
  • Setelah masuk gigi, lepaskan kopling secara perlahan

Setelah memahami hal penting diatas, tentunya kamu bisa mulai latihan secara perlahan, dan membiasakan dirimu dalam mengontrol pedal gas, rem, kopling, serta posisi persneling saat oper gigi.

Tak usah terburu buru, usahakan selalu gunakan kedua tanganmu ketika mengendalikan stir mobil. Tujuannya adalah agar kendali tetap stabil dan terkendali.

Terkait:  Cara Gambar Mobil Truk

Jika sudah paham cara oper gigi mobil manual diatas, rasanya gak lengkap ya jika kita gak ikutan membahas tentang cara oper gigi mobil matic.

Loh, emang nya mobil matic menggunakan transmisi gear (gigi)?

Tenang dulu. Memang mobil matic tidak menggunakan transmisi gear seperti mobil manual. Tetapi, mobil matic menggunakan transmisi automatic dengan sistem CVT atau Continuous Variable Transmission.

Cara Oper Gigi Mobil Matic

Nah, sistem inilah yang mengatur rasio mesin sama seperti mobil manual pada umumnya. Itulah mengapa, mobil matic tidak memiliki pedal kopling pada bagian bawah.

Selain itu, kode pada persneling mobil matic pun berbeda, ada beberapa mode yang harus kalian ketahui terlebih dulu. Diantaranya

  • P (Parking) – Mode yang akan otomatis mengubah transmisi mesin untuk tidak berjalan maju ataupun mundur ketika sedang parkir
  • R (Reverse) – Sama seperti pada persneling mobil manual, yakni berguna untuk mengubah transmisi mesin berjalan mundur
  • D (Drive) – Mode yang umumnya digunakan pengendara mobil matic ketika berada di kondisi jalan normal (mode berkendara)
  • O/D (Over Drive) – Mode yang mengatur transmisi rasio pada mesin seperti menggunakan gigi 4 pada mobil matic. Biasanya, mode ini akan secara default berada pada posisi OFF. Adapaun mode ini digunakan ketika pengendara berada di jalan yang sepi dan lenggang
  • D2 / S (Second) – Hampir mirip dengan mode O/D diatas. Hanya saja, D2 ini membatasi rasio transmisi pada posisi gigi 2 saja.
  • D1 / F (First) – Kalau mode ini, mirip dengan D2, tetapi pembatasan rasio transmisi mesin akan diposisikan pada gigi 1 saja.

Setelah memahami fungsi fungsi dari mode yang ada pada persneling mobil matic, mari kita lanjut untuk membahas cara oper gigi mobil matic. Adapun dalam hal ini, cara yang perlu diperhatikan cukup sederhana. Yaitu

  • Pastikan Persneling dalam mode P (Parking) – Baik ketika akan menyalakan mobil, ataupun saat mematikan mobil. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada mesin, ataupun kunci kontak mobil kalian.
  • Injak Rem Sebelum Pidah Gigi / Posisi Persneling – Sudah dijelaskan sebelumnya, mobil matic tidak memiliki pedal kopling. Maka dari itu, kamu perlu menginjak kopling sebelum mengganti mode pada mobil matic.
  • Apakah perlu menginjak rem terlalu dalam? Tidak! Adapun menginjak rem sebelum memindah rasio transmisi mobil matic, kamu hanya perlu menginjak rem secara perlahan sampai terdengar bunyi, dan kemudian melepaskan rem secara perlahan.
  • Atur Ritme Gas dan juga Rem – Sama seperti mobil manual, mengatur ritme gas dan juga rem sangat dibutuhkan. Sebab, mobil matic akan otomatis berjalan atau seperti menginjak gas ketika dinyalakan. Namun tidak terlalu kencang.
Terkait:  Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Poin penting saat akan oper gigi mobil matic adalah

  • Mengatur Ritme Gas dan Rem
  • Menggunakan Mode yang Tepat saat berkendara sesuai kondisi jalan
  • Tidak terburu buru dalam menginjak gas

Setelah melewat ilangkah yang cukup rumit tadi, sisanya kamu tinggal melakukan laithan secara berkala, agar semakin lancar dan terbiasa dengan deck ataupun posisi kode pada persneling.

Sebab, ada juga beberapa mobil matic yang menggunakan mode transmisi manual, yang mana pengendara bisa seakan menggunakan mobil manual didalam mobil matic.

Kesimpulan

Dari beberapa poin diatas, tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan kendaraan yang kamu miliki. Apakah itu jenis manual, atau matic. Perhatikan juga tiap poin penting yang ada pada 2 jenis mobil tersebut, agar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan.

Itulah pembahasan seputar cara oper gigi mobil, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply