Home » Otomotif » Cara Oper Gigi Mobil Matic

Cara Oper Gigi Mobil Matic

Bagi para pemula, cara oper gigi mobil matic akan terasa sangat sulit. Padahal dalam konsepnya sendiri mengendarai mobil matic tak jauh beda seperti mengendarai mobil manual.

Adapun perbedaan yang ada ialah pada pijakan kopling. Yang mana pada mobil matic, kita tak perlu memindahkan posisi gear / gigi karena akan berpindah secara otomatis.

Hadirnya mobil dengan Transmisi Automatic, adalah hal yang sangat membantu mereka yang mungkin tinggal di daerah perkotaan besar, seperti jakarta, Bandung, dan Surabaya. Terlebih, dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Tapi tak cuma pada kondisi jalanan yang macet saja, tujuan lain orang orang membeli mobil matic adalah untuk memanjakan kaki pada saat berkendara supaya tidak terlalu sibuk untuk

  • Menginjak Kopling
  • Setengah Kopling
  • Menyelaraskan Kopling dengan Gas
  • Dan sebagainya.

Sama seperti cara mengemudi mobil matic, umumnya kita akan menemukan transmisi persneling dengan kode yang perlu kita pahami terlebih dulu. Seperti:

P (Parking)

Mode dimana transmisi dikunci sehingga mobil tidak bisa bergerak maju ataupun mundur. Pada saat parkir tetap disarankan untuk menarik rem tangan. (roda terkunci, tidak bisa di dorong – dorong)

R (Reverse)

Mode dimana rasio atau posisi gigi pada mobil matic digunakan untuk mundur

D (Drive)

Mode atau posisi rasio gigi yang akan digunakan ketika siap untuk menjalankan mobil. Biasanya, mesin akan otomatis menentukan posisi rasio gigi paling cocok dengan kondisi jalan.

Pada umumnya, rasio gear / gigi terdiri dari gigi 1, 2, 3, dan 4. (di tuas drive ini akan membuat mobil tetap jalan walaupun tidak di injak gas, disarankan sebelum memindahkan persneling ke mode D, untuk menginjak rem terlebih dahulu)

O/D (Over Drive)

Mode ini diguankan untuk memberikan batasan pada mesin agar tidak mengatur rasio gigi sampai gigi 4. Sebagaimana kita tau, posisi O/D ini defaultnya berada pada posisi OFF.

Dan jika mode O/D ini dihidupkan, maka mobil akan dibatasi untuk mencapai rasio gear maksimal (gigi 4) agar kecepatan tetap stabil di 70 – 90km / jam.

D2 / S (Second)

Mirip dengan mode O/D yang memberikan batasan rasio gear hanya sampai gigi 3 saja, D2 akan mengatur mesin agar maksimum menggunakan gigi 2 saja.

D1 / F (First)

Mode ini sama dengan D2 / S. Hanya saja, ketika mode ini dihidupkan maka otomatis mesin akan mengatur rasio gigi hanya berada di posisi rasio gear 1 atau 2 saja.

Oleh karenanya, mode ini sangat cocok digunakan ketika berada di medan turunan, ataupun menarik beban yang berat. Sebab, transmisi inilah yang akan menimbulkan engine brake ataupun membantu rem untuk mencegah mobil lepas kendali.

1 / L (Low)

Banyak yang mengatakan bahwa mobil Matic tak sanggup untuk menempuh medan yang menanjak. Padahal mode 1 / L ini merupakan mode yang mana mengatur mesin agar lebih maksimal ketika menghadapi medan yang menanjak.

Adapun dalam Mengendarai Mobil Matic, kecepatan putaran rasio gear akan disesuaikan dengan mesin. Maka dari itu, pastikan kamu sudah memahami fungsi atau mode dari persneling mobil matic yang ada.

Karena mungkin saja tiap tiap jenis mobil matic akan memiliki mode yang berbeda, seperti pada artikel cara mengendarai matic Xpander yang memiliki mode transmisi Manual, yang mana bisa mengubah mode dari transimisi automatic, menjadi seperti mobil manual.

Cara Oper Gigi Mobil Matic

Cara Oper Gigi Mobil Matic

Oper Gigi Mobil Matic | IMG: Freepik.com

Jika sudah berhasil memahami dan mengetahui tiap tiap fungsi pada persneling mobil matic, kali ini kita akan lanjut untuk membahas cara oper gigi mobil matic, yang harus kalian simak sampai habis. Seperti

Posisikan Persneling pada Mode P

Untuk sebagian pengguna mobil matic, kadang kala mereka lupa untuk memindahkan persneling pada kondisi P, padahal jika posisi persneling masih berada pada mode D, atau L misalnya, hal ini sangat berbahaya.

Sebab, ketika ketika kamu mematikan kendaraanmu, maka kunci mobil tidak akan bisa dicabut. Kenapa hal ini terjadi?

Sebab sebagian besar mobil matic sudah di desain ketika persneling tidak pada kondisi yang sharusnya pada saat mesin mati, maka kunci tak akan bisa dicabut.

Maka dari itu, sebelum mengoper gigi pada mobil matic, maka pastikan kamu sudah dalam mode P.

Selain membuat kunci mobil tidak bisa dicabut pada saat kondisi mati namun persneling belum berada di mode P, cara ini juga berfungsi agar mobil tidak otomatis jalan ketika dinyalakan, saat persneling masih berada di mode selain P.

Injak Rem Sebelum Mengoper Gigi

Inilah hal yang paling penting saat ingin mengoper gigi pada mobil matic. Pada dasarnya, mobil matic akan otomatis menginjak gas dengan sendirinya.

Sehingga, kita tak perlu lagi menginjak gas ketika mulai mengendarai mobil. Jika pada mobil manual kita bisa menggunakan kopling agar gas seakan gak berfungsi, maka pada mobil matic kita gunakan rem.

Misalnya seperti ini. Ketika kamu berada di area parkir dan ingin memundurkan kendaraan, maka kamu bisa memposisikan persneling ke mode P terlebih dulu sebelum menyalakan mesin.

Setelah itu, ketika dirasa sudah siap untuk berkendara, kamu bisa menginjak rem sampai berbunyi, lalu memindahkan persneling ke mode yang tepat, misalnya D atau L. Silahkan di sesuaikan saja.

Nah untuk yang mungkin sedang berada dijalan macet atau pun lenggang di jalan raya, kamu bisa menginjak rem dengan memainkan feeling atau persaaan.

Kamu tak perlu menginjak rem terlalu dalam. Cukup diperkirakan saja sampai sekiranya terdengar bunyi ‘tek’ dan persneling bisa berpindah mode dari D2 ke D3 atau yang lainnya.

Setelah memindahkan persneling, kamu bisa melepas pijakan kaki di rem secara perlahan saja.

Pada saat pemindahan persneling atau mode, kalian hanya perlu pintar memainkan pijakan rem. Tak perlu menekan pijakan rem terlalu dalam. Cukup sampai terdengar bunyi, lalu angkat kaki dari pijakan rem secara perlahan.

Karena mobil matic akan melakukan gas dengan sendiri nya secara perlahan, tak usah khawatir dan panik, karena pada dasarnya mengendarai mobil jenis apapun selalu membutuhkan konsentrasi.

Nah, silahkan coba cara diatas untuk mengoper gigi pada mobil matic, dengan melakukan latihan di lapangan yang luas, atau memang dikhususkan untuk latihan mobil.

Semakin terbiasa kamu dengan ritme pengereman dan juga gas pada mobil matic, maka semakin mudah kaamu dalam mengendarai mobil matic.

Kesimpulan

Itulah pembahasan singkat mengenai cara oper gigi mobil matic. Kunci dari cara diatas adalah kamu harus terlebih dulu memahami fungsi fungsi pada persneling mobil matic, dan juga mengontrol konsentrasi dan fokusmu pada saat berkendara.

Sisanya kalian tinggal melakukan latihan secara berkala agar memperlancar kemampuan kalian dalam mengendarai mobil matic. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.