Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Di era digital saat ini, cara ngelamar kerja lewat email sudah menjadi alternatif untuk mempermudah calon pekerja dalam mengirim cv dan lamaran mereka.

Tentunya, cara ini pun akan menghemat waktu, dan juga tenaga ketika akan melamar di sebuah perusahaan.

Selain itu, mengirim lamaran kerja lewat email juga bisa menjadi pertimbangan pihak HRD sebelum akhirnya memanggilmu untuk interview.

Gak cuma itu aja sob, perusahaan yang meminta calon pekerja nya mengirim lamaran kerja lewat email pun bisa lebih mudah untuk membagikan lowongan mereka di media sosial.

Itulah kenapa, saat ini kamu bisa menemukan banyak sekali lowongan di beberapa media sosial seperti facebook, kaskus, atau bahkan linkedin.

Oleh karena itu, para calon pekerja wajib memiliki skill dan juga keahlian yang dicantumkan didalam CV ataupun Lamaran mereka.

Ini bertujuan agar pihak HRD dan perusahaan mempertimbangkan kalian sebagai kandidat yang layak, untuk menempatkan posisi yang tersedia.

Tapi sayangnya, masih aja banyak dari mereka yang belum paham cara ngelamar kerja lewat email. Padahal, cara ini terbilang cukup mudah kok.

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email
Ngelamar Kerja Lewat Email | IMG Freepik.com

Gunakan Email Personal

Mungkin kalian pernah mengalami masa masa alay bukan? Ah, hal tersebut sudah sangat wajar dialami tiap manusia.

Kadang kala kita senang memberi nama pada akun akun sosmed kita termasuk email, dengan nama yang cukup alay.

Tetapi, jika kamu ingin mengirim lamaran lewat email, kamu harus menggunakan Email Personal, dengan nama yang benar dan tidak alay.

Pasalnya, jika nama ataupun email yang kamu gunakan tidak personal, maka otomatis HRD akan menilai buruk tentang kalian.

Terkait:  Cara Mengganti JPG ke PDF

Ini juga menjadi sebuah cara agar kalian terlihat professional dan memiliki kredibilitas yang baik. Jangan lupa untuk mengganti foto profil akun google jika kalian menggunakan gmail.

Kalian bisa menggunakan foto yang formal dengan latar belakang berwarna merah, ataupun biru. Atau jika tidak sempat, kamu bisa menggunakan foto sendiri yang sekiranya masih terlihat sopan dan formal.

Hindari menggunakan foto foto seperti misalnya gambar kartun, anime, atau sekedar gambar pemandangan.

Sertakan Attachment

Hal yang gak boleh terlupa saat mengirim lamaran kerja lewat email adalah menyertakan attachment. Adapun attachment yang dimaksud disini adalah cv dan juga lamaran (opsional)

Nah, adapun hal hal penting yang harus ada didalam CV atau Curriculum Vitae kalian adalah

  • Data Pribadi Lengkap
  • Pendidikan terakhir
  • Pengalaman Kerja terakhir
  • Skills
  • Pas foto
  • Sertifikat (jika ada)
  • Data pendukung lain

Untuk beberapa kaskus pada informasi pendidikan didalam CV, kamu bisa memberikan keterangan lebih, seperti misalnya pendidikan formal, dan juga informal.

Selain itu, jika kamu mendapatkan lowongan dengan kualifikasi S1 namun ternyata kamu adalah mahasiswa smester akhir, maka kamu bisa mencantumkan informasi seperti saya adalah mahasiswa smester akhir di universitas …

Dengan menyertakan attachment yang lengkap, tentunya HRD akan lebih aware dan mempertimbangkan kamu baik baik.

Apalagi, didalam CV yang kamu sertakan, terdapat pengalaman kerja dan juga skills yang memang dibutuhkan perusahaan.

Itulah kenapa, kelengkapan CV bisa menjadi salah satu cara terbaik saat melamar kerja lewat email.

Menyertakan Portofolio

Jika kamu sebelumnya bekerja di perusahaan yang mana membuat suatu brand atau desain, kamu bisa menyertakan portofolio hasil kerjaanmu.

Biasanya, bentuk umum dari portofolio berupa desain, web, atau bahkan project yang sudah kamu kerjakan.

Terkait:  Cara Melihat Foto Profil Instagram Tanpa Aplikasi

Kamu bisa menyematakan portofoliomu dalam bentuk link, format jpg, pdf, atau bahkan menaruhnya didalam web pribadimu.

Kemudian, kamu bisa membagikan link tersebut agar pihak HRD bisa melihat portofolio atau hasil kerjamu.

Sebenarnya, portofolio ini sifatnya opsional. Jika memang ada, kamu bisa menyertakannya, namun jika belum, kamu tidak perlu menyertakannya dengan ketentuan, pihak HRD tidak mengharuskan kamu untuk menyertakan portofolio.

Gunakan Subject dan Isi Email

Setelah menyertakan attachment dan juga menggunakan email personal, kamu bisa menggunakan subject dan juga isi email yang sesuai.

Misalnya, kamu akan melamar kerja sebagai SEO Specialist, maka kamu bisa menggunakan Subject berupa CV Sebagai SEO Specialist – Nama.

Sesuaikan subject email dengan posisi yang akan kamu lamar nantinya. Selain itu juga, sertakan isi email dengan kata sambutan. Misalnya

Selamat pagi, perkenalkan saya nama

Saya melihat informasi lowongan kerja bapak / ibu dari forum / social media sebagai seorang SEO Specialitas. Berikut ini saya lampirkan CV dan Lamaran saya untuk menempati posisi tersebut. Sekiranya bisa menjadi pertimbangan yang baik.

Terima kasih

Atau, kamu juga bisa menggunakan isi email yang sesuai dan juga menggunakan kalimat yang sopan. Sehingga, isi email tersebut tidak sekedar kosong dan hanya CV atau lamaran saja.

Selain itu, mengguankan isi email juga bisa membuat email kamu tidak terdeteksi sebagai spam, akibat hanya mencantumkan attachment berupa cv dan lamaran saja.

Gak mau kan, niatmu melamar kerja lewat email yang harus nya masuk ke Inbox tapi malah masuk ke kategori Spam?

Tips Untuk Mencari Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Di era digital saat ini, kamu sudah bisa menemukan banyak sekali lowongan kerja yang sesuai dengan passion atau kemampuanmu.

Terkait:  Cara Mengetahui Orang yang Stalking Instagram Kita Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan situs tempat dimana berkumpulnya para HR dan juga pencari kerja seperti LinkedIn.

LinkedIn memang dikenal sebagai Social Media yang dimana kerap digunakan perusahaan besar untuk menaruh lowongan kerja disana, seperti misalnya LINE, JakMall, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa mencari wawasan baru di LinkedIn dengan melihat postingan dan juga informasi yang dibagikan pengguna LinkedIn lain.

Lakukan pendaftaran di LinkedIn dan lengkapi profil mu selengkap lengkapnya. Gunakan nama yang sesungguhnya, dan pakailah foto profil yang cukup formal.

Isi tiap data yang dibutuhkan seperti Skills, Pendidikan, dan jangan lupa untuk mengikuti Test Skill sesuai kemampuang yang kamu kuasai.

Setelah melengkapi profil, kamu bisa langsung membuka tab jobs pada Aplikasi LinkedIn di Android ataupun Website, dan mulai melakukan Apply pada Pekerjaan yang sesuai dengan minatmu.

Tak lupa juga kamu bisa menambahkan beberapa network ataupun koneksi di LinkedIn agar memudahkan pihak HR menginvite kamu jika ada lowongan yang sesuai dengan skill mu.

Bagikan portofolio hasil pekerjaan atau projek mu di laman LinkedIn, ataupun beberapa situs lain, seperti Dribble, Behance, Adobe Portofolio, dan yang lain-lain.

Semain lengkap data dan juga portofoliomu, maka kemungkinan untuk pihak perusahaan bisa melakukan offer ataupun penawaran untuk kamu bekerja di perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Ketika melamar kerja lewat email, usahakan poin poin diatas sudah kamu terapkan. Selain itu, kelengkapan data pada CV dan juga lamaran, bisa menjadi poin plus untuk para HRD.

Kamu bisa mendesain CV mu dengan desain yang bagus dan simple, agar menarik perhatian pihak HRD dan perusahaan.

Semoga pembahasan tentang Cara Ngelamar Kerja Lewat Email diatas bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts