Home » WhatsApp » Cara Optimalisasi Memori Internal dengan Hapus File msgstore.db.crypt12 Whatsapp

Cara Optimalisasi Memori Internal dengan Hapus File msgstore.db.crypt12 Whatsapp

Pagi ini, kami dikejutkan dengan memori internal di smartphone android yang tiba-tiba penuh. Setelah kami cek, ternyata ada file dengan nama msgstore.db.crypt12 yang cukup menguras keberadaan memori internal.

Msgstore.db.crypt12 adalah sebuah file yang menjadi database penyimpanan semua aktivitas Whatsapp, mulai dari riwayat chat, foto, video, voice note, dan dokumen penting yang pernah kita gunakan saat saling berkirim file.

Bagi yang ingin mengembalikan chat Whatsapp, kamu juga bisa pakai file msgstore.db.crypt12 ini. Untuk panduannya sendiri sudah kami bahas di artikel sebelumnya oleh penulis lain di web pindahlubang.com ini.

Dan pada kesempatan kali ini, yang akan menjadi bahasan kami adalah bagaimana mengoptimalkan memori internal android dengan menghapus msgstore Whatsapp.

Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya yakni bahaya tidak menghapus file msgstore database WhatsApp? Tentu saja tidak. Kenapa tidak? Penjelasannya begini.

File msgstore.db.crypt12 Whatsapp merupakan file database yang digunakan untuk backup data Whatsapp di ponsel android kita. Jadi, bagi yang merasa tidak membutuhkan database WA lagi bisa langsung hapus saja file tersebut agar memori internal ponsel android kamu dapat optimal.

Cara Optimalisasi Memori Internal dengan Menghapus File Msgstore Whatsapp

Adapun cara mudah mengoptimalkan internal memori di ponsel android adalah dengan menghapus file msgstore.db.cript12 menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Cek Riwayat/History Chat Whatsapp

Langkah pertama, sebelum kamu menghapus database WA tentunya harus cek dulu history percakapan WA yang dianggap penting dan ingin dibackup. Untuk membackupnya, kamu bisa baca dulu cara backup chat Whatsapp yang sudah diulas sebelumnya.

2. Buka File Manager – Penyimpanan Internal – Whatsapp

Lanjut, bukalah aplikasi File Manager diponselmu. Masuk ke folder Penyimpanan Internal, pilih folder Whatsapp.

3. Masuk Folder Database

Kemudian masuklah ke folder Database, maka kamu akan menjumpai beberapa file dengan nama msgstore.db.crypt12 yang bervasiasi macamnya.

4. Hapus File msgstore.db.crypt12

Pilih satu atau beberapa file msgstore yang sekiranya sudah tidak diperlukan. Tekan lama di beberapa file untuk blok/menandainya. Lanjut, pilih saja opsi Hapus atau Delete.

Setelah file msgstore berhasil dihapus, kamu bisa cek lagi riwayat pesan Whatsapp kamu. Apakah ada yang hilang?

Jika kamu mempraktekkan langkah-langkah diatas dengan benar, maka tidak ada satupun riwayat chat atau status yang hilang.

Perlu diketahui, bahwa menghapus file database msgstore Whatsapp bisa menjadi alternatif optimalisasi kinerja android dengan jangka waktu yang relatif singkat. Hal ini dikarenakan, file msgstore.db.crypt12 Whatsapp akan selalu muncul kembali sebagai file backup WA kamu.

Pada akhirnya, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sajikan mengenai cara mengoptimalkan memori internal android dengan menghapus file msgstore.db.crypt12 yang cukup mudah. Selanjutnya, akan ada banyak artikel menarik yang tentunya belum kamu ketahui sebelumnya.