Home » Biaya » Biaya Bangun Rumah Sederhana

Biaya Bangun Rumah Sederhana

Siapa saja pasti ingin mempunyai rumah sendiri, bukan? Apabila kamu sedang berencana membangun hunian pribadi dengan budget minim, maka informasi seputar biaya bangun rumah sederhana kali ini bisa diikuti sampai akhir.

Hal ini dikarenakan banyak orang selalu gagal merancang sampai membangun rumah pribadi akibat modal yang dimiliki tidak seimbang dengan ekspektasi. Kendati demikian, kalian bisa punya rumah sederhana tanpa harus menghabiskan uang.

Biasanya orang-orang yang hanya punya modal sebesar puluhan juta rupiah, tepatnya di bawah Rp.50 juta sebenarnya bisa membangun rumah pribadi. Namun, pastikan desain dan tanah yang digunakan seimbang dan tidak mengakibatkan kalian kebobolan dengan mengeluarkan dana tambahan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu dalam membuat dan menyusun anggaran biaya pembangunan rumah sederhana yang pasti dikeluarkan sejak awal. Secara umum calon pemilik rumah sederhana tidak pernah berpikir panjang dalam menyusun sistematika anggaran biaya pembangunannya.

Pasalnya, rinciannya didasari keinginan pribadi tanpa paksaan atau mengikuti rancangan hunian orang lain. Kondisi ini sebenarnya tidak selalu benar lantaran ekspektasi masyarakat pada era digital terlalu tinggi. Padahal, rumah sederhana bisa didapatkan dan dihuni hanya dengan menghabiskan modal puluhan juta rupiah saja.

Biaya Bangun Rumah Sederhana

Biaya Bangun Rumah Sederhana

Biaya Bangun Rumah Sederhana

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang harus menunda impian mereka yang sudah berlangsung setengah jalan. Hal ini disebabkan modalnya berbanding terbalik dengan rencana anggaran yang sudah disusun sebelumnya.

Meski begitu, kamu bisa mencoba membuat rencana biaya pembangunan rumah sederhana terlebih dahulu. Kami pastikan prospeknya memuaskan tanpa membutuhkan dana mencapai ratusan juta rupiah seperti rumah mewah.

Bagaimana tidak, sebagian besar masyarakat yang mempunyai rumah sederhana mengklaim modal yang dibutuhkan hanya puluhan juta rupiah saja, sedangkan dibulatkan mencapai Rp.100 juta.

Di samping itu kamu juga bisa turun langsung ke lapangan untuk melihat dan mengetahui lingkungan kerja dari tenaga bangunan yang dipercaya. Tak mustahil bila kamu ikut serta dalam proses pengerjaan bangunan, maka anggaran bisa semakin rendah agar dapat menghemat pengeluaran.

Biaya Bangun Rumah Sederhana Terbaru dan Terlengkap

Semua orang bisa membangun rumah sederhana sesuai desain dan modal yang dimiliki masing-masing. Kamu harus memastikan jumlah budget yang disediakan mampu membeli bahan baku dan membayar upah tenaga kerja dengan bernegosiasi terlebih dahulu. Apabila kamu ingin memperoleh hasil bangunan berharga miring, tidak salah ikut serta ke dalam proses pengerjaan sesuai batas kemampuanmu. Beberapa langkah efektifnya antara lain :

Siapkan Bidang Tanah yang Tepat

Langkah awal sebelum mengetahui rincian biaya membangun rumah sederhana adalah siapkan bidang tanah yang ideal terlebih dahulu. Tanah sudah menjadi faktor utama yang menentukan murah atau mahalnya sebuah rumah.

Pastikan luas tanah seimbang dengan jumlah budget yang kalian miliki. Apabila kamu hanya mempunyai modal sebesar Rp.30 juta, maka kalian bisa membangun rumah sederhana bertipe 21 dengan ukuran tanah sekitar 6×10 meter.

Bangun Rumah Sederhana yang Minimalis

Walaupun budget yang kamu miliki berkisar Rp.50 juta, namun impian mempunyai rumah pribadi bukanlah angin lewat semata. Bagaimana tidak, rumah sederhana tidak selalu identik dengan tampilan polos tanpa sentuhan elegan dan menarik.

Kamu bisa membangun rumah sederhana nan minimalis yang terlihat estetik. Konsepnya pasti menawan dan meninggalkan kesan modern meski anggarannya minim. Rumah minimalis belakangan ini pun mulai dilirik seluruh kalangan masyarakat.

Rumah minimalis juga sangat minim sekat. Hal ini dikarenakan tampilannya mungil sehingga tidak dapat dibatasi dengan apapun untuk menghilangkan kesan sempit. Jangan pernah memberi tembok pembatas terlalu banyak di dalam ruangan.

Pasalnya, calon pemilik rumah sederhana ini bisa menggunakan alternatif lain dengan memberi sekat pada ruang tertentu saja. Kamu cukup menambah sekat pada kamar pribadi untuk memisahkan kamar mandi dan kamar tidur utama.

Bangun Rumah Sederhana Secara Rinci

Untuk membangun rumah sederhana bukan hanya membutuhkan desain yang benar, namun juga volume dan material yang tepat. Kamu bisa membuat rincian mengenai anggaran untuk bahan baku dan objek lain secara jelas dan lengkap.

Tujuan pembuatan rinciannya agar kamu dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan dengan perhitungan secara tepat. Selain itu, rencana keseluruhan yang detail bakal menolongmu dalam mengakumuulasi dana pembangunan dengan benar.

Pilih Material yang Benar untuk Bangun Rumah Sederhana

Kalian harus cerdas dan cermat dalam mencari bahan baku untuk membangun rumah sederhana. Jangan pernah mendengar omongan siapapun yang belum berpengalaman pada bidang ini. Kamu bisa melakukan survei atau konsultasi kepada jasa bangunan terbaik untuk memperoleh bahan baku dengan harga stabil.

Apabila kalian ingin menghemat biaya, gunakan bahan material bekas yang layak pakai maupun setengah jadi untuk diterapkan ke rancangan bangunan rumahmu.

Libatkan Tukang Bangunan Berpengalaman

Kamu bisa mengandalkan tukang bangunan berpengalaman untuk membangun rumah sederhana nan minimalis yang diinginkan. Jangan pernah meminta bantuan kontraktor lantaran harganya lebih mahal dibandingkan jasa tukang bangunan.

Kamu juga dapat turun langsung ke lapangan untuk membantu proses pengerjaan rancangan bangunan pada momen tertentu. Tak mustahil calon pemilik rumah yang dilibatkan dalam pembangunan bisa memangkas anggaran yang sebenarnya harus dikeluarkan.

Gambaran Anggaran Biaya Bangun Rumah Sederhana

Kami akan memberi sebuah gambaran untuk kalian yang sedang berencana membangun rumah sederhana. Apabila kamu berniat mempunyai rumah minimalis tipe 21 dalam kurun waktu sebulan, sedangkan biaya jasa tukang bangunan sebesar Rp.80,000 per hari.

Kamu juga bisa melibatkan dua orang lantaran desain rumahnya tidak terlalu besar. Maka dari itu, rincian biaya yang harus dikeluarkan adalah 30 hari x Rp.80,000 x 2 = Rp.4,800,000. Akan tetapi, kalian juga bisa membantu tukang bangunan dalam mengerjakan proses pembangunan, sedangkan batas waktu yang dibutuhkan pun dapat dikurangi.

Kalian bisa mengasumsikannya menjadi lima hari dalam seminggu. Hitungannya adalah 25 x Rp.80,000 x 2 = Rp.4,000,000. Tak bisa dipungkiri bahwa bermodal niat dan tekad untuk mempunyai hunian sederhana nan minimalis, maka kalian dapat menghemat anggaran hingga Rp.800 ribu. Tertarik, bukan?

Untuk bahan material seperti pasir, semen, batu bata dan lainnya kalian bisa menghabiskan dana mencapai Rp.10 juta. Bahan ini bakal dipakai untuk membuat pondari rumah, WC, lantai, bak mandi dan lainnya.

Di samping itu untuk atap seperti genteng, kayu, seng dan lainnya cukup sebesar Rp.5 juta. Sementara itu, paku hingga jendela dan kusen sebesar Rp.2 juta, sedangkan air dan listrik senilai Rp.3 juta.

Apabila diakumulasikan, jumlah anggaran pembangunan rumah sederhana adalah sebesar Rp.4,000,000 + Rp.10,000,000 + Rp.5,000,000 + Rp.2,000,000 + Rp.3,000,000 = Rp.24 juta. Bagaimana dengan rincian anggaran pembangunan rumahnya? Kamu pasti berminat menyusun dan menyisihkan dananya dari sekarang, bukan?

Tips dan Trik Bangun Rumah Sederhana

Demikian ulasan mengenai biaya bangun rumah sederhana terlengkap dan terupdate. Kami berikan tips dan trik singkat agar kamu dapat mewujudkan pembangunan hunian idaman yang minimalis.

Kami sarankan kamu tidak mencari tanah yang berlokasi sangat strategis lantaran berdampak terhadap harga final yang ditawarkan. Kamu bisa mencari lokasi yang tidak terlalu dekat dengan jalan raya, serta luasnya tidak terlalu besar agar dapat membangun rumah minimalis dengan petak tanah yang pas.