Home » Biaya » Biaya Admin ATM Bersama

Biaya Admin ATM Bersama

Berapa sih Biaya Admin ATM Bersama? Bagi kamu yang penasaran dengan tarif yang ditetapkan. Maka bisa mendapatkan infonya secara lengkap disini.

Dengan hadirnya ATM Bersama, tentu memberikan manfaat sekaligus kemudahan bagi orang yang mempunyai rekening tabungan.

Salah satu manfaat yang paling menonjol ialah, saat kami hendak melakukan transaksi serta tidak menemukan mesin ATM sesuai dengan bank yang dimiliki. Maka transaksi bisa dilakukan melalui ATM Bersama.

Sebagai contoh, kamu mempunyai kartu ATM BNI, namun didaerah tersebut tidak menemukan ATM BNI. Dengan memanfaatkan ATM bersama, kamu tetap bisa melakukan transaksi.

Meski dikenakan biaya pada setiap transaksi, namun hal tersebut tidak menjadi masalah. Yang terpenting transaksi lancar dan tidak terjadi kendala.

Secara umum, lembaga perbankan mempunyai beberapa fasilitas delivery channel untuk para nasabahnya. Termasuk juga berupa mesin ATM yang posisinya tersebar pada beberapa tempat. Tujuannya agar lebih mudah dalam melakukan transaksi secara mandiri.

Akan tetapi, bagi nasabah yang mempunyai tempat tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota, atau memang sedang dalam bepergian. Terkadang merasa sulit untuk menemukan mesin ATM yang sama dengan yang dimiliki.

Meski begitu, kamu tidak harus khawatir. Sebab kamu tetap bisa menggunakan jaringan switching ATM Bersama. Yakni jaringan koneksi antar bank yang sangat memungkinkan untuk melakukan beberapa transaksi.

Seperti halnya pengecekan saldo, penarikan tunai, sekaligus bisa transfer antar bank yang berbeda melalui mesin ATM yang tergabung dalam anggota jaringan ATM Bersama.

Poin yang terpenting hanyalah, kamu perlu memastikan bahwa kartu ATM dari bank yang kamu pakai, merupakan anggota dari jaringan ATM Bersama tersebut.

Biaya Admin ATM Bersama

Biaya Admin ATM Bersama

Untuk bisa melakukan transaksi di ATM Bersama, kamu tidak harus melakukan registrasi ataupun mendaftar terlebih dahulu.

Sebab ATM Bersama sudah terhubung dengan semua jaringan layanan bank. Sehingga secara otomatis kami pun bisa langsung transaksi di ATM Bersama menggunakan kartu yang dimiliki.

Berbicara mengenai biaya administrasi pada setiap transaksi yang dilakukan di ATM Bersama. Besaran nilainya bervariasi. Semua tergantung dengan kebijakan bank yang kamu gunakan.

Bahkan ada pula bank yang tidak menarik biaya pada nasabah saat mereka melakukan transaksi di ATM Bersama. Akan tetapi, kebanyakan bank menarik biaya saat transaksi di ATM Bersama. Seperti halnya BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan yang lainnya.

Keuntungan Menggunakan Layanan ATM Bersama

Pada era yang sudah serba cepat seperti sekarang ini, kita dituntut untuk selalu menerapkan fleksibilitas dalam beberapa hal. Termasuk juga dalam transaksi perbankan.

Maka dari itu, ATM Bersama hadir untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan tersebut. Sehingga kamu bisa tetap melakukan transaksi dengan lancar.

Selain bisa melakukan transaksi antar bank, keuntungan lainnya ialah proses bisa dilakukan secara real time melalui jaringan online.

Penting pula diketahui, ATM Bersama tidak hanya memberikan pelayanan transaksi yang terkait dengan mesin ATM. Namun juga bisa mencakup semua kegiatan transaksi yang bersifat online. Terkhusus melalui bank atau instansi lain yang sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Transaksi online yang kami maksud ialah, termasuk pada jaringan mesin ATM, Debit EDC, internet banking, mobile banking, hingga E-wallet.

Nah, bagi kami yang sudah mempunyai usaha atau memang sering melakukan transaksi antar bank. Pastinya ATM Bersama bisa menjadi solusi yang memudahkan untuk bertransaksi.

Maka dari itu, kamu perlu paham apa bank yang kami gunakan sudah termasuk dalam jaringan ATM Bersama atau tidak. Sehingga tidak terjadi kesalahan atau kegagalan transaksi.

Cara Mengetahui Bank Anggota ATM Bersama

Pada dasarnya, cara mengetahui apa bank yang kamu gunakan merupakan anggota jaringan ATM bersama sangatlah mudah.

Pasalnya, kamu cukup memeriksanya di bagian belakang kartu ATM. Apabila memang terdaat logo ATM Bersama, maka bank yang kamu gunakan sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Sedangkan untuk poin selanjutnya, pastikan logo ATM Bersama tercantum pada mesin ATM yang dituju. Jika ada logo ATM Bersama pada kartu dan mesin ATM, maka bisa langsung melakukan transaksi sesuai yang dibutuhkan.

Tarif Biaya Admin ATM Bersama

Agar kamu bisa melakukan atau bisa menggunakan layanan jaringan switching ATM Bersama. Cukup memastikan terlebih dahulu bahwa kartu atau mesin ATM mempunyai logo ATM Bersama.

Untuk melakukan transaksi, cukup memasukkan kartu ATM seperti saat hendak melakukan transaksi di ATM Bank yang kamu miliki.

Pasalnya, ATM Bersama merupakan jaringan switching yang bisa mengubungkan beberapa transaksi dari bank yang tergabung sebagai anggota, antara bank yang satu dan yang lainnya.

Dengan memanfaatkan jaringan ATM Bersama, kamu bisa menggunakan beberapa layanan sekaligus. Seperti halnya menarik uang tunai, pengecekan saldo, transfer uang, sekaligus perubahan kode PIN.

Akan tetapi, kamu juga perlu memahami bahwa ada biaya yang ditetapkan pada setiap kamu melakukan transaksi antar bank. Khususnya saat menggunakan layanan ATM Bersama.

Tarif yang dikenakan pun bervariasi, semua tergantung dari kebijakan yang ditetapkan oleh bank masing-masing. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebab tarif tersebut masih terjangkau.

Pertanyaannya, berapa besaran biaya yang harus dibayar saat melakukan transaksi di ATM Bersama? Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip jumlah maksimal tarif dari transaksi ATM Bersama.

  1. Untuk biaya transaksi transfer dikenakan tarif sebesar Rp 7.500,-
  2. Penarikan tunai, akan dikenakan biaya sebesar Rp 8.000,-
  3. Transaksi pengecekan saldo dikenakan tarif sebesar Rp 4.000,-
  4. Untuk melakukan perubahan PIN, dikenakan tarif sebesar Rp 4.000,-
  5. Apabila saldo tidak cukup besar, tarif yang dikenakan Rp 3.000,-

Informasi Tambahan

Penting pula kamu ketahui, besaran tarif yang sudah kami sebutkan diatas, akan selalu dikenakan setiap kali kamu menggunakan layanan dari jaringan switching ATM Bersama.

Sebagai contoh, misal kami melakukan penarikan uang tunai serta setelah itu melakukan transaksi cek saldo. Maka besaran biaya yang akan dikenakan sebesar Rp 8.000,- dan Rp 4.000,-.

Sehingga, secara otomatis saldo yang ada dalam rekening kamu, akan berkurang sebesar Rp 12.000,-. Tentu tarif tersebut sudah terbilang murah. Pasalnya kamu tetap bisa melakukan transaksi meski tidak menemukan ATM Bank yang kamu gunakan.

Beberapa keutnungan dari memiliki kartu ATm Bersama ialah, kamu bisa melakukan transaksi melalui jaringan switching ATM Bersama ke bank lain yang terdaftar sebagai anggota.

Dari segi cara penggunaan dan juga fungsi, kartu ini tidak ada perbedaan yang signifikan. Pasalnya, kami tetap bisa mengakses beberapa fitur transaksi dengan mudah, yakni melalui instruksi yang ditampilkan.

Sampai pada poin ini, kamu pastinya sudah tahu cara melakukan transaksi melalui jaringan switching ATM Bersama. Sekaligus, paham juga dengan keuntungan dan juga tarif yang ditetapkan.

Dengan karti ATM Bersama, kami bisa melalukan berbagai transaksi menjadi lebih mudah. Bahkan bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.

Sekian ulasan singkat yang bisa kami lampirkan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.