Biaya Bangun Rumah Tingkat

Biaya Bangun Rumah Tingkat
Biaya Bangun Rumah Tingkat

Biasanya biaya bangun rumah tingkat akan berbeda dengan hunian biasa. Pasalnya, semakin besar dan lebar sebuah rumah, maka biaya yang dibutuhkan bisa lebih mahal. Oleh sebab itu, anggaran membangun rumah dua tingkat bisa diminimalisir dengan mengakumulasi beberapa hal yang pasti dibutuhkan selama proses pengerjaan berlangsung.

Kamu juga bisa melakukannya dengan cepat dan mudah selama mengikuti pembahasan kami sampai akhir. Kalian pasti berpikir biaya membangun rumah dua tingkat mampu mencapai angka fantastis, kan? Pada dasarnya, kalian mampu mengakumulasi estimasi anggaran pembangunan rumah dua lantai dengan menambahkan jumlah perhitungan luas bangunannya.

Read More

Jangan lupa menambah biaya konstruksi rumah untuk digabung keseluruhan. Sebenarnya membangun rumah dua lantai tidak terlalu besar selama kalian cerdas memilih bahan baku dan petak tanahnya. Secara umum menghitung anggaran bangun rumah tidak hanya ditujukan kepada calon pemilik hunian dua lantai, rumah satu lantai bahkan sederhana juga harus diperhatikan rincian biayanya.

Kendati demikian, hasil perhitungannya hanya sekadar estimasi anggaran alias bayangan terhadap jumlah modal yang harus kamu siapkan. Untuk biaya asli pembangunan maka kamu bisa melihat langsung kebutuhan saat berada di lapangan, lantaran setiap orang punya keinginan berbeda.

Biaya Bangun Rumah Tingkat

Biaya Bangun Rumah Tingkat
Biaya Bangun Rumah Tingkat

Rumah tingkat selalu diimpikan semua orang, bukan? Bagaimana tidak, rumah dua lantai biasanya mampu menampung beberapa ruangan untuk digunakan sebagai kamar tidur maupun ruang lain. Selain itu, rumah tingkat minimalis masih menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang di Indonesia.

Terkait:  Biaya Bangun Rumah Type 36

Kesan elegan dan mewah akan selalu terpancar saat kalian masuk ke dalam rumah tingkat, sedangkan luas tanah yang lebar bakal memberi rasa nyaman saat berkumpul dengan keluarga. Apabila kalian penasaran dan ingin tahu rincian biaya bangun rumah dua lantai, silakan ikuti dan simak pembahasan yang sudah kami rangkum pada poin selanjutnya.

Kami akan memberi sedikit bayangan mengenai jumlah modal yang dipastikan sesuai untuk membangun hunian pribadi yang nyaman dan tenang. Pastikan kamu menetahui aturan bangun rumah tingkat karena konsepnya berbeda dengan rumah sederhana, serta satu lantai yang dianggap lebih rendah.

Biaya Bangun Rumah Tingkat Terlengkap dan Tervalid

Tak salah bagi kalian menyiapkan budget lebih besar untuk merancang dan membangun rumah tingkat. Siapa saja pasti ingin memberi kesan berbeda bagi hunian pribadinya selain meninggalkan aksen luas dan megah. Di samping itu pula kalian harus tahu berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan sejak perancangan awal sampai tahap penyelesaian. Kalian bakal tahu semua jawabannya melalui ulasan lengkap dan singkat seperti berikut :

Hitung Luas Bangunan yang Akan Dibangun

Untuk memulai perhitungan biaya pembangunan rumah tingkat, maka kamu bisa menghitung luas bangunan yang akan dibangun terlebih dahulu. Apabila rumah tingkat yang bakal dibangun punya luas sekitar 100 meter persegi, sistem perhitungannya adalah 100 meter persegi (luas lantai dasar), 100 meter persegi (luas lantai), 50 meter persegi (luas atap) dan 50 meter persegi (luas pondasi).

Meski begitu, luas atap dan pondasi bisa saja berbeda, namun bergantung terhadap jenis desain maupun atap rumah yang ingin kalian bangun. Asumsi ini berpacu pada model atap yang paling banyak digunakan.

Terkait:  Biaya Bikin Kolam Renang

Ketahui Biaya Konstruksi Bangunan

Apabila kamu sudah menghitung luas bangunannya, silakan akumulasi biaya konstruksi bangunan tersebut. Kalian bisa tahu melalui harga satuan konstruksi bangunan rumah dan mentahnya. Andaikan kamu belum pernah melakukannya sama sekali, perhitungan biaya konstruksi mentah dilakukan lewat bentuk kontruksi rangka secara lengkap mulai dari dasar yang tidak punya detail interior maupun dekoratif.

Harga satuan konstruksi dilihat melalui hasil perhitungan kontraktor yang bekerja di lapangan. Secara umum harga konstruksi berbeda berdasarkan keinginan dan kebutuhan setiap pemilik rumah.

Untuk mengetahui hasil rata-ratanya, maka kalian bisa mengambil contoh seperti harga satuan konstruksi mentah mulai dari Rp.1,800,000 s/d Rp.2,000,000 per meter persegi. Untuk jumlah biaya konstruksi biasanya mulai dari Rp.2,700,000 s/d Rp.4,300,000 per meter persegi.

Hitung Rincian Biaya Konstruksi dan Luas Bangunan

Kalian bisa menyimpulkan bahwa biaya konstruksi mentah yang disahkan adalah sebesar Rp.1,800,000 dan biaya konstruksi bangunannya senilai Rp.2,700,000.

Jika kamu sudah tahu nominal keduanya, maka bisa menghitung rincian biaya membangun rumah tingkat mulai dari konstruksi mentah, yakni (100 + 100 + 50 + 50) x Rp.1,800,000 = Rp.540,000,000. Detail perhitungan biaya paket konstruksi adalah sebesar (100 + 100 + 50 + 50) x Rp.2,700,000 = Rp.810,000,000.

Bagaimana Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Tingkat Dua Lantai?

Untuk mengetahui perhitungan biaya bangun rumah dua lantai, pastikan kamu sudah mempunyai jasa tukang bangunan yang bisa diandalkan. Namun, kamu harus menentukan apakah mereka bakal menerapkan sistem kerja harian atau borongan.

Kami sarankan kamu memilih tukang bangunan borongan karena mereka selalu mengambil upah lebih awal, sedangkan perhitungannya berdasarkan per meter persegi. Biasanya jasa tukang borongan memasang harga upah mulai dari Rp.700 ribu sampai Rp.1 juta.

Terkait:  Cara Bermain Bibit

Jangan lupa melakukan perhitungan umum untuk rumah dua lantai yang akan dibangun. Kami berikan contoh estimasi seperti luas bangunannya sebesar 100 meter persegi seharga Rp.300 juta s/d Rp.400 juta. Selain itu, luas bangunannya mulai dari 101 s/d 300 meter persegi senilai Rp.300 juta s/d Rp.1 miliar.

Di sisi lain untuk luas bangunan lebih dari 301 meter, maka kamu bisa menyiapkan budget mencapai Rp.1 miliar ke atas. Kondisi ini pun menyesuaikan dengan tipe rumah yang kamu pilih.

Cara Mencari Harga Satuan untuk Bangun Rumah Dua Lantai

Kamu bisa mencari harga satuan untuk membangun rumah dua lantai dengan mencari daftar harga bahan materialnya dan upah tukang bangunan saat ini. Jangan lupa membuat desain rumah dua lantai sesuai luas bangunannya.

Tak hanya itu, buatlah flow kerja tukang bangunan rumah dua lantai dengan menambahkan jumlah anggaran secara menyeluruh. Jika semuanya sudah dihitung, silakan akumulasi pondasi sampai dinding lantai 1 dan 2 beserta atapnya.

Apabila rumah dua lantai yang ingin dibangun adalah tipe 60, sedangkan jumlah dana yang kalian miliki adalah sebesar Rp.6,000,000 (enam juta rupiah), serta luas bangunannya adalah 100 meter maka bisa hitung dengan rumus sebagai berikut : luas bangunan x jumlah dana.

Maka dari itu, perhitungan akhirnya adalah 100 meter x Rp.6 juta = Rp.600,000,000 (enam ratus juta rupiah). Kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp.600 juta untuk membangun rumah dua lantai tipe 60.

Apakah Biaya Bangun Rumah Tingkat Selalu Mahal?

Demikian informasi tentang biaya bangun rumah tingkat yang sudah kami ulas secara lengkap. Kami pastikan siapa saja yang ingin membangun rumah dua lantai maupun tingkat pasti harus menyiapkan dana agak besar. Jumlah budget yang dikeluarkan selalu didasari beberapa hal terlebih dahulu.

Akan tetapi, besarnya anggaran yang dikeluarkan selalu bergantung pada tipe rumah masing-masing. Apabila rumah tipe 60 menuntut kamu untuk menyiapkan budget lebih dari setengah miliar, maka sebaliknya untuk tipe 36 bisa lebih rendah dari itu.

Related posts

Leave a Reply