Biaya BBN Motor

Biaya BBN Motor
Biaya BBN Motor

Apabila kamu berencana membeli motor bekas, maka kamu harus tahu biaya BBN motor sebelum menggaetnya dari penjual. Hal ini dikarenakan motor yang bakal kamu miliki punya berbagai macam dokumen yang kepemilikannya masih berada di bawah pemilik pertama.

Oleh sebab itu, kamu harus mengubah alias membalik nama semua dokumen seperti BPKB sampai STNK agar kalian dapat berkendara dengan aman, serta terhindar dari unsur kriminalitas.

Read More

Kenapa balik nama harus dilakukan? Seperti kalian tahu bahwa mengubah kepemilikan sebuah dokumen kendaraan memang wajib dilakukan, khususnya motor yang dibeli adalah produk bekas.

Oleh karena itu, kalian harus melakukannya setelah memberikan uang pembelian kepada pemilik sebelumnya dengan datang langsung ke Kantor Samsat terdekat di wilayah masing-masing. Kamu juga harus berkunjung ke kantor polisi setempat untuk mengurus dokumen tertentu.

Di samping itu pula kamu harus tahu bahwa mengalihkan kepemilikan kendaraan bermotor menjadi atas nama sendiri biasanya butuh budget berbeda. Kami tegaskan setiap wilayah punya batas nominal sesuai peraturan yang disahkan pemerintah setempat.

Meski begitu, pengalihan kepemilikan nama pemilik kendaraan bermotor tidak pernah menghabiskan uang cukup banyak. Kamu cukup menyisihkan uang ratusan ribu rupiah untuk mengurus dan menyelesaikan semua prosedurnya.

Biaya BBN Motor

Biaya BBN Motor
Biaya BBN Motor

Tak bisa dipungkiri bahwa biaya balik nama motor meliputi pembayaran pajak lanjutan. Selain itu, kalian juga perlu melunasi anggaran lainnya yang akan dijelaskan petugas yang bekerja di Kantor Samsat.

Terkait:  Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

Kamu harus mengikuti arahan petugas soal pengurusan balik nama kendaraan bermotor, lantaran satu sama lain berpacu terhadap perintah dari pihak Samsat maupun kepolisian. Kamu juga perlu mengambil nomor antrean untuk mengklaim pelayanan balik nama tersebut.

Jika kamu baru saja mengklaim bahkan belum pernah melakukan balik nama kendaraan bermotor, maka kalian harus mengikuti dan menyimak pembahasan ini dengan seksama.

Kamu akan tahu informasinya secara jelas dan lengkap, serta memahami jumlah anggaran yang harus disiapkan untuk mengurus dokumen maupun persyaratan keseluruhan. Kami pastikan kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman usai menyelesaikan prosedur secara menyeluruh.

Biaya BBN Motor, Apa Saja Anggaran yang Harus Dibayarkan?

Untuk mengetahui layanan balik nama kendaraan bermotor, biasanya seseorang harus menyiapkan beberapa hal sebagai persyaratan utama agar dapat mengklaim semua dokumen kepemilikan motor menjadi atas nama dirinya sendiri.

Maka dari itu, kamu bisa mengubah nama pemilik sebelumnya menjadi nama kalian sesuai arahan yang diberikan petugas Samsat. Berikut merupakan informasi lengkap soal BBN kendaraan bermotor, yaitu :

Dokumen Persyaratan BBN Motor

  • Materai Rp.6,000.
  • BPKB asli dan fotokopi.
  • Kuitansi jual beli motor asli.
  • KTP pemilik motor lama dan baru (asli dan fotokopi).
  • STNK asli dan fotokopi.
  • Berkas cek fisik motor dari Samsat.

Berapa Biaya Pajak BBN Motor dan Perpanjang STNK?

  • Biaya Pendaftaran : Rp.80,000.
  • Biaya PKB (Terlampir di STNK) : Rp.300,000.
  • BBN KB (PKB x 2/3) : Rp.200,000.
  • Biaya Administrasi STNK : Rp.30,000.
  • Administrasi TNKB : Rp.70,000.
  • Biaya SWDKLLJ : Rp.40,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.720,000.

Berapa Bea Cukai BBN Diluar Pajak?

  • Tip Petugas Cek Fisik : Rp.15,000 (minimal).
  • Biaya Pengesahan Hasil Cek Fisik : Rp.35,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.50,000.

Prosedur Biaya Balik Nama Motor

  • Datangi Kantor Samsat terdekat.
  • Silakan lakukan tes fisik bersama petugas Samsat.
  • Daftarkan balik nama STNK motor kamu.
  • Petugas bakal memberikan waktu pengambilan STNK baru pada hari berbeda.
  • Apabila sudah sampai hari H, silakan datang lagi ke Kantor Samsat.
  • Berikan formulir pendaftaran beserta dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Petugas akan memberi tanda terima bila berkasmu sedang dalam proses.
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu diarahkan ke tahap berikutnya berdasarkan waktu yang telah ditentukan.
  • Langkah selanjutnya adalah melunasi biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  • Tunggu beberapa saat sampai STNK balik nama sudah diproses.
  • Apabila kamu sudah menerima STNK balik nama, periksa semua data yang tercantum dengan seksama.
  • Kemudian, datangi Kantor Polisi untuk mengurus PKB.
  • Silakan bayar BBN kendaraan bermotor kalian.
  • Polisi bakal memberi BPKB terbaru untuk motor kamu.
  • Selesai.
Terkait:  Biaya Kirim Lion Parcel

Berapa Biaya Penerbitan STNK Motor Baru?

Kamu bisa mengambil ilustrasi seperti mempunyai motor Honda Mio dengan 125 cc seharga Rp.14 juta. Lantas, berapa biaya penerbitan STNK motor baru nya? Rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Biaya BBN-KB : 10% x Rp.14,000,000 = Rp.1,400,000.
  • SWDKLLJ : Rp.40,000

Jumlah Keseluruhan : Rp.1,440,000.

Apakah Cek Fisik Kendaraan Gratis?

Benar. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengecek kondisi fisik kendaraan. Hal ini dikarenakan setiap Samsat punya peraturan dan wewenang berbeda. Meski begitu, pihak kepolisian bakal mengurus identifikasi dan registrasi kendaraan.

Pemerintah Daerah (Pemda) bakal mengurus pajak kendaraan motor, sedangkan Jasa Raharja akan dilibatkan dalam mengurus asuransi kendaraan motor bila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Apa Itu SWDKLLJ?

SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) adalah pembayaran yang harus dilakukan oleh semua pemilik kendaraan maupun alat transportasi lalu lintas di jalan raya.

Berapa nominalnya? Kamu bisa mengetahui jumlahnya pada STNK ketika membayar pajak kendaraan lantaran termasuk ke dalam anggaran asuransi kecelakaan. Selain itu, besaran SWDKLLJ bergantung pada tipe kendaraan yang digunakan selama berkendara di jalan.

Bagaimana Melindungi Kendaraan Pasca Bayar BBN Motor?

Untuk melindungi kendaraan bermotor yang kamu miliki saat ini, kami sarankan kamu mengajukan asuransi kepada Jasa Raharja maupun instansi serupa lainnya. Pasalnya, siapa saja bahkan kamu sendiri tidak bisa menebak bahkan tahu kondisi jalan raya, apakah aman dilewati atau tidak.

Di samping itu pula risiko kecelakaan bisa saja terjadi akibat kontur jalanan yang licin atau berlubang. Kamu bisa mengklaim asuransi untuk dirimu sendiri maupun kendaraan yang digunakan. Asuransi biasanya dapat diklaim pasca kecelakaan, serta menyesuaikan dengan kondisi fisiknya.

Terkait:  Biaya Ganti BPKB Motor

Tujuannya agar kamu dapat berkendara kemana saja sesuai kebutuhan dengan perbaikan mesin, sedangkan kamu juga bakal menerima intensif untuk menjalani perawatan di rumah sakit andaikan kondisi tubuh cukup parah lantaran kecelakaan tersebut.

Apakah BBN Motor Aman dan Transparan?

Pada dasarnya, BBN motor punya sistematika yang sama dengan mobil. Hal ini dikarenakan setiap pelanggan yang datang langsung ke Kantor Samsat untuk mengklaim balik nama kendaraan motor bekas juga berhak menerima pelayanan aman dan transparan.

Kalian berhak meminta bukti pembayaran untuk mengetahui arus transaksi yang sudah dilakukan satu sama lain. Aktivitas ini bertujuan supaya kamu bisa tahu kemana aliran dana tersebut mengalir.

Demikian ulasan seputar biaya BBN motor beserta rincian anggaran tambahannya secara jelas dan lengkap. Sementara itu, kamu tidak boleh lengah selama melakukan pengecekan dan pembayaran di Kantor Samsat.

Kalian bisa memaksa petugas Samsat untuk menyerahkan bukti transaksi berisi data-data rahasia seperti jumlah uang yang sudah kalian setorkan kepada mereka. Apabila kamu tidak tahu kemana uangnya pergi, maka kamu bisa mengklaim terus menerus demi mencegah kerugian.

Related posts

Leave a Reply