Home » Biaya » Biaya Bersihin AC

Biaya Bersihin AC

AC (Air Conditioner) adalah salah satu benda elektronik yang semakin dibutuhkan banyak orang. Penggunaan AC bukan hanya untuk rumah pribadi namun kantor sampai lokasi tertentu yang punya suhu udara panas.

Akan tetapi, pemakaian AC berkepanjangan juga tidak diwajibkan lantaran kebersihannya harus diperhatikan. Kamu harus tahu biaya bersihin AC berdasarkan merek dan kendala yang dialami komponen mesinnya agar dapat menghasilkan udara bersih dan segar.

Kalian tidak perlu membeli unit baru andaikan mesinnya rusak, namun memperbaikinya ke tukang service berpengalaman. Hal ini dikarenakan tukang service bukan sekadar memperbaiki, tetapi membersihkan AC yang kalian gunakan sampai sekarang.

Pasalnya, harganya lebih murah daripada membeli satu unit AC baru senilai 5 s/d 6 juta. Seiring berjalan waktu ternyata AC mulai diandalkan beberapa orang untuk melembabkan suhu udara di lokasi sekitarnya.

Secara umum AC adalah sebuah perangkat yang memakai siklus refrigerator, tetapi terkadang mengandalkan penguapan dan ditujukan untuk kenyamanan siapa saja yang berada di dalam ruangan pendinginnya.

Kami hadir membantu kalian soal rincian biaya perbaikan maupun membersihkan AC, serta sejarah singkat munculnya perangkat pendingin suhu ruangan tersebut. Kami pastikan kamu belum tahu informasinya sama sekali hingga saat ini.

Biaya Bersihin AC

Biaya Bersihin AC

Biaya Bersihin AC

Sejarah AC berawal pada abad ke-19. Kala itu, pendingin udara berskala besar pertama kali ditemukan dan dipakai oleh Willis Haviland Carrier pada tahun 1902 silam. Seiring berjalan waktu rupanya beberapa perusahaan elektronik mulai menciptakan inovasi berupa mesin pendingin udara berteknologi canggih dan modern.

Bagaimana tidak, AC bukan hanya dipakai sebagai pendingin suhu ruangan namun membunuh bakteri maupun virus yang menghemat biaya listrik. Di samping lain beberapa perusahaan elektronik bukan hanya memproduksi satu model AC, namun juga berbagai macam teknologi mesin pendingin ruangan sesuai kebutuhan setiap penggunanya.

Kendati demikian, AC plasma cluster masih menjadi andalan beberapa orang karena bermanfaat membunuh bakteri dan kuman yang berada di suatu ruangan. Selain itu, perangkatnya pun mampu menghemat listrik mencapai 10% dibandingkan mesin AC lainnya.

Biaya Bersihin AC, Jenis dan Ragam Kerusakannya

Kami akan memberitahu kalian soal rincian biaya membersihkan dan perbaikan AC. Kami pun mempunyai informasi lengkap seputar jenis-jenis perangkat pendingin ruangan beserta berbagai macam kerusakan umum yang sering dialami beberapa orang. Oleh karena itu, kamu hanya perlu mengikuti pembahasan ini sampai akhir. Kami pastikan siapa saja hanya sekadar memakai tanpa memperhatikan kesehatan mesinnya, informasinya antara lain :

Berapa Biaya Perbaikan AC?

  • Cuci AC Split : Rp.70,000 (1/2 – 1) dan Rp.80,000 (1,5 – 2).
  • Harga Tambah Freon R22 0,5 s/d 1 PK : Rp.175,000.
  • Cuci AC Cassette : Rp.80,000/PK.
  • Harga Tambah Freon R22 1,5 s/d 2 PK : Rp.225,000/PK.
  • Cuci AC Standing : Rp.80,000/PK.
  • Harga Tambah Freon R32/R410 1,5 s/d 2 PK : Rp.275,000.
  • Isi Freon R22 1,5 s/d 2 PK : Rp.350,000.
  • Harga Isi Freon R32/R410 1,5 s/d 2 PK : Rp.450,000.
  • Isi Freon R32/R410 0,5 s/d 1 PK : Rp.350,000.
  • Bongkar AC Split ½ s/d 1 PK : Rp.200,000/unit.
  • Pasang AC Split ½ s/d 1 PK : Rp.350,000/unit.
  • Bongkar Pasang AC Split : Rp.375,000/unit (1/2 – 1 PK) dan Rp.450,000 (1,5 s/d 2 PK).

Apa Saja Jenis AC di Indonesia?

AC Split merupakan mesin pendingin ruangan yang punya dua bagian, yakni indoor dan outdoor. Perangkat ini punya kompresor pada bagian luar dan kipas AC untuk menghilangkan suhu panas yang terletak di pipa kondensor.

Kedua, AC Window adalah perangkat yang punya bentuk berbeda daripada komponen lain. Hal ini dikarenakan bagian indoor dan outdoor nya saling menyatu.

Ketiga, AC Floor Standing mempunyai ukuran besar pada bagian indoor maupun outdoor. Pemasangan bagian indoor nya terletak di lantai dasar ruangan, sedangkan AC ini bisa menembus suhu terenah mencapai < 10 derajat celcius. Keempat, AC Central adalah komponen yang nyaris sama dengan AC Floor Standing, namun AC Central diletakkan pada bagian atas di dekat plafon.

Ragam Kerusakan Umum pada AC

Siapa saja pasti pernah mengalami kondisi dimana AC sulit menyala, bukan? Hal ini disebabkan oleh masalah pada koneksi power. Kamu bisa memeriksa tombol power AC maupun saklar listriknya. Tak hanya itu, AC sulit dikendalikan dengan remote menjadi salah satu kerusakan umum yang sering terjadi.

Kemungkinan besar remote control rusak atau baterainya habis, bahkan sensor AC rusak. Kalian bisa hubungi teknisi AC untuk memperbaiki masalah tersebut.

AC tak kunjung dingin menjadi kendala umum selanjutnya yang cukup sering terjadi. Apabila kamu sudah mengatur suhu sampai titik terdingin, namun temperatur tidak mengalami perubahan biasanya disebabkan freon AC bocor.

Kamu bisa mengencangkannya dengan sekrup. AC berisik juga disebabkan pengecekan terus menerus untuk mencegah pipa dan cover AC tidak menyentuh satu sama lain.

Terakhir adalah AC mengeluarkan es berukuran kecil yang disebabkan evaporator AC terlalu kotor. Kondisi ini terjadi bila es keluar dari pipa besar, namun jika berasal dari pipa kecil maka kami pastikan sumber masalahnya adalah AC kekurangan gas freon. Segera hubungi teknisi AC sebelum freonnya diganti untuk mencegah kompressornya rusak.

Jenis-jenis Layanan Service AC

Layanan service AC pertama adalah cuci komponen dan perangkat AC. Tujuannya supaya tampilan luar dan dalam AC bisa lebih bersih dan menghasilkan udara lebih sehat. Tak hanya itu, kegiatan ini ditujukan agar komponen bagian dalam dapat terhindar dari debu yang menumpuk.

Teknisi AC tidak segan menambah freon untuk menstabilkan suhu udara yang dihasilkan sehingga tetap dingin meski dipakai berulang kali. Penambahan freon pun hanya dilakukan setahun sekali. Sementara itu, pengisian freon dilakukan lantaran timbul kebocoran saat instalasi AC, sedangkan jenisnya beraneka ragam mulai dari R22, R32 serta R410A.

Service AC selanjutnya adalah bongkar pasang. Apabila perangkatnya hanya dibongkar, maka teknisi AC hanya sekadar melihat bagian dalam untuk mencari tahu sumber masalah tanpa dipasang seperti semula. Kondisi ini berbeda dengan bongkar pasang dimana teknisi AC melakukannya untuk memindahkan perangkat ke ruangan berbeda.

Apakah Pengecekan AC Harus Dilakukan Secara Berkala?

Kami beritahukan bahwa pengecekan AC tidak selalu dilakukan terus menerus. Kamu juga harus menyiapkan uang untuk memeriksa kondisi bagian dalam dan luar AC dengan bantuan teknisi AC berpengalaman.

Teknisi AC akan langsung memberitahu kalian apabila terdapat masalah pada salah satu komponen mesin untuk segera diperbaiki. Selain itu, perhatikan freon dan pipa-pipa yang terhubung agar suhunya dapat keluar lebih dingin sesuai pengaturan di remote control.

Demikian informasi seputar biaya bersihin AC beserta berbagai macam jenis dan kerusakan umumnya. Kami sarankan kamu harus mengandalkan teknisi AC profesional pada saat pemasangan pada ruang tertentu, maupun bongkar pasang seandainya ingin dipindahkan ke titik lebih panas di dalam rumah.

Kami tegaskan informasi harga di atas akan berbeda sesuai wilayah kalian masing-masing, serta harga AC bakal berubah sesuai merek dan model di pasaran. Kamu juga bisa bertanya soal merek AC berkualitas pada saat pembeliannya atau mencarinya via www.Google.com.