Home » Biaya » Biaya Akta Cerai

Biaya Akta Cerai

Hingga saat ini, Biaya Akta Cerai masih menjadi polemik lantaran bisa berbeda pada setiap kasus. Semua tergantung dari banyaknya sidang, penggunaan advokat, serta beberapa poin lain yang akan kami jelaskan pada artikel dibawah ini.

Meski menjadi jalan terakhir yang harus ditempuh, namun untuk sebagian pasangan suami istri. Bercerai merupakan keputusan yang sangat berat untuk diambil. Apalagi masih ada anak yang menjadi tanggung jawab kedua belah pihak.

Dengan menganggap cerai sebagai keputusan terbaik, tentu sudah melewati perhitungan yang matang. Namun sebelumnya kamu harus paham juga informasi yang kami rangkum berikut ini.

Nah, saat kamu hendak mengurus perceraian, ada beberapa dokumen pendukung yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bahkan harus dipahami juga rincian biaya yang nantinya perlu dibayar.

Ketika kamu sudah mengetahui semua informasi yang dibutuhkan, tentu akan mempermudah proses perceraian yang sedang berlangsung. Sekaligus tidak akan memakan waktu yang cukup lama dalam menjalani prosesnya.

Biaya Akta Cerai

Biaya Akta Cerai

Dengan mengetahui rincian biaya cerai, maka kamu akan terbantu dalam memperkirakan seberapa bear uang yang akan dikeluarkan hingga proses berakhir.

Maka dari itu, bagi kamu yang memang sudah mantab untuk berpisah dari pasangan, bahkan sudah menjadi kesepakatan bersama. Berikut kami rangkum informasi mengenai tahap melakukan gugatan cerai beserta dengan kisaran biaya yang diperlukan.

Tahap dan Langkah Pengajuan Gugatan Cerai

Seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut tata cara yang harus dipersiapkan, serta dilakukan oleh pasangan suami istri yang berniat untuk cerai. Apa saja?

1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Terdapat beberapa dokumen yang menjadi persyaratan saat mengajukan gugatan cerai di pengadilan. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Surat / Buku nikah asli dan fotokopi
  • Fotokopi Kartu Tanda Pendudukan (KTP) penggugat.
  • Salinan Kartu Keluarga (KK)
  • Surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa
  • Fotokopi akte kelahiran anak (untuk yang sudah mempunyai anak)
  • Materai 6000

Syarat lain yang harus dipersiapkan, khusus jika adan niat untuk mengurus harta milik bersama atau harga gono gini, ada dokumen lain sebagai pendukung.

Dokumen yang dimaksud bisa berupa surat sertifikat tanah, surat kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB dan STNK), atau dokumen harta lainnya.

2. Daftar Gugatan Cerai di Pengadilan

Apabila semua dokumen atau berkas yang sudah kami sebutkan diatas lengkap, maka kamu bisa langsung mendaftar gugatan cerai ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri terdekat.

Penting untuk diketahui, mendaftar atau mengajukan gugatan cerai harus di pengadilan yang berada di wilayah kediaman pihak tergugat.

Sebagai contoh, jika istri yang menggugat cerai suami, maka istri diharuskan mengajukan gugatan cerai di pengadilan tempat suami. Begitu pun sebaliknya.

3. Membuat Surat Gugatan

Saat sudah tiba atau berada di pengadilan, maka langsung saja menuju pada pusat bantuan hukum di pengadilan guna pembuatan surat gugatan cerai.

Pada poin ini, kamu harus mencantumkan alasan menggugat cerai. Cari atau gunakan alasan yang memang bisa diterima oleh pihak pengadilan. Usahakan menggunakan alasan yang memang benar adanya.

4. Menyiapkan Biaya Gugatan Cerai

Secara umum, biaya perceraian mencakup beberapa hal, seperti biaya pendaftaran, materai, proses (ATK), redaksi, serta panggilan sidang.

Total dari biaya tersebut, wajib dibayar oleh pihak yang mengajukan gugatan cerai. Namun untuk jumlah yang harus dikeluarkan, tergantung dengan kedua belah pihak yang akan bercerai.

Jika salah satu pasangan (khususnya tergugat) tidak pernah menanggapi surat panggilan persidangan. Maka pihak pengadilan mempunyai hak untuk membebankan biaya yang lebih besar.

Akan tetapi, kembali seperti poin diatas, besaran biaya tersebut menyesuaikan dengan jumlah ketidakhadiran pihak yang bercerai.

5. Memahami Tata Cara dan Proses Persidangan

Saat proses persidangan tengah berjalan, kedua belaah pihak (penggugat dan tergugat) harus hadir pada persidangan untuk mengikuti mediasi.

Tujuan dari mediasi ini supaya kedua belah pihak bisa berdamai serta menarik gugatan yang sudah didaftarkan.

Akan tetapi, jika keputusan untuk bercerai memang sudah bulat dan keduanya menolak untuk berdamai, maka proses akan dilanjutkan dengan pembacaan surat gugatan cerai.

Selanjutnya, apabila pihak tergugat tidak pernah datang serta mengikuti sidang, maka pihak pengadilan bisa membuat perintah putusan yang berisi pemutusan sah antara suami dan istri.

Perintah atau amar putusan, selanjutnya akan dikirim pada pihak tergugat sebagai bukti bahwa pernikahan sudah berakhir.

Sedangkan jika pihak tergugat memang sama sekali tidak memberikan tanggapan terkait surat putusan tersebut, maka pihak pengadilan mempunyai hak untuk membuat surat akta cerai.

6. Menyiapkan Saksi

Saksi mempunyai peranan penting dalam hal gugatan perceraian di pengadilan. Pasalnya, alasan gugatan cerai yang disampaikan pada awal proses, akan disampaikan di pengadilan serta diperkuat dengan adanya saksi.

Umumnya, penggugat membutuhkan dua saksi dan bukan dari anggota keluarga. Bisa dari pihak tetangga, atau orang yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal kamu.

Nantinya, saksi tersebut akan dihadirkan saat sidang cerai berlangsung.

Kisaran Biaya Cerai yang Dibutuhkan

Mungkin saja ada biaya tambahan yang tidak terduga saat kamu mengurus gugatan perceraian. Untuk lebih jelasnya, yuk simak uraian berikut :

Tarif Jasa Pengacara atau Advokat

Biaya akta cerai nyatanya ikut terpengaruh jika kamu menggunakan jasa advokat. Masuk pada salah satu yang perlu diperhatikan saat menyiapkan dana perceraian, yakni tarif jasa pengacara perceraian.

Pada dasarnya, profesi pengacara tidak mengenal standar baku harga. Akan tetapi, secara umum setiap pengacara mempunyai standar yang berbeda serta disesuaikan dengan berbagai faktor.

Contoh faktor paling sederhana, khususnya yang sering dijadikan bahan pertimbangan ialah tingkat kompleksitas atau kerumitan khusus.

Semakin kompleks kasus yang dihadapi, maka umumnya akan semakin tinggi tarif yang ditetapkan oleh pihak pengacara tersebut.

Wilayah pengurusan gugatan cerai juga berpengaruh dengan harga jasa advokat. Semakin jauh wilayah yang diproses, maka semakin besar pula biaya yang ditetapkan.

Untuk rata-rata biaya jasa pengacara di pedesaan atau wilayah terpencil. Yakni berada di kisaran harga Rp 3 juta hingga Rp 7 juta. Namun kembali lagi pada poin di atas, semua tergantung dengan tingkat kerumitan.

Beda lagi jasa pengacara perceraian di Jakarta, berada di kisaran Rp 10 juta hingga Rp 60 juta. Harga tersebut sudah termasuk semua proses, mulai dari daftar hingga terbit akta cerai.

Sedangkan untuk kasus yang berlanjut ke tingkat banding di Pengadilan Tinggi dan tingkat kasasi di Mahkamah Agung. Akan ada biaya tambahan yang ditetapkan.

Rincian Biaya Akta Cerai Talak

Besaran biaya ini berlaku jika kamu mendaftarkan gugatan cerai secara pribadi tanpa menggunakan jasa adokat. Tarif ini terbagi menjadi beberapa poin, yakni pendaftaran, proses, panggilan pemohon, panggilan termohon, redaksi, dan materai.

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000,-
  • Tarif proses sebesar Rp 50.000,-
  • Panggilan pemohon sebesar Rp 80.000,- (x3) = Rp. 240.000,-
  • Panggilan termohon sebesar Rp 80.000,- (x3) = Rp 320.000,-
  • Biaya redaksi sebesar Rp 5.000,-
  • Biaya Materai sebesar Rp. 6.000,-

Jika di total, keseluruhan biaya sebesar Rp 651.000,-

Meski sudah diketahui rincian biaya seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Akan tetapi masih bisa berbeda pada setiap wilayah. Pasalnya besaran biaya tersebut menyesuaikan dengan keputusan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing Pengadilan Agama.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami sampaikan tentang tata cara pengajuan gugatan serta biaya akta cerai. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi kamu yang sudah benar-benar mantab untuk berpisah dengan pasangan.