Home » Biaya » Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Kalian pasti mengira biaya bikin rumah 2 lantai membutuhkan anggaran fantastis. Meski begitu, asumsi publik mengenai sudut pandang tersebut tidak selalu benar dan menyesuaikan dengan luas lahan maupun konsep dari bangunan yang bakal dirancang.

Selain itu, rumah 2 lantai biasanya mempunyai jumlah ruangan lebih banyak dan memiliki panjang maupun lebar berbeda satu sama lain. Wajar saja ruangan yang dirancang juga berdampak terhadap budget yang harus kamu siapkan.

Kami tegaskan pembangunan rumah 2 lantai berbeda dengan menciptakan rumah biasa alias berkonsep standar. Bagaimana tidak, semakin luas lahan maupun bangunan yang ingin kamu ciptakan maka kalian bisa merogoh kocek lebih dalam untuk mewujudkannya.

Oleh sebab itu, anggarannya bisa diminimalisir sehingga tidak dapat jebol bahkan habis percuma dengan mengakumulasi Rincian Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah 2 lantai secara dinamis dan efektif.

Biasanya orang-orang akan menemukan kesulitan pada saat menghitung anggaran pembangunan rumah dua lantai, namun sebenarnya rumus perhitungannya terbilang cepat dan sederhana.

Kalian hanya perlu menambah hasil perhitungan biaya konstruksi dan luas bangunan dari rumah dua lantai tersebut. Hal ini dikarenakan keduanya adalah faktor utama yang bakal menentukan berapa anggaran perancangannya supaya kamu bisa menyiapkan semuanya dari sekarang.

Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Biaya Bikin Rumah 2 Lantai

Kalian tidak perlu khawatir jika belum tahu sistem perhitungan pembangunan rumah dua lantai. Bagaimana tidak, siapa saja hanya perlu mengakumulasi anggarannya seperti membangun rumah sederhana bahkan satu lantai.

Kami tegaskan bahwa hasil perhitungan ini hanya bersifat bayangan alias estimasi biayanya semata. Maka dari itu, kami sarankan kamu harus terlibat alias terjun langsung ke lapangan untuk tahu rincian anggaran yang sebenarnya.

Apabila kamu menambah beberapa objek ke dalam rumahnya, maka kamu harus menyiapkan anggaran lebih besar. Andaikan budget pembangunan rumah dua lantai masih terbatas, alangkah baiknya kalian tetap fokus terhadap hal-hal primer atau objek terpenting saja.

Kami akan membantu kalian dalam menjabarkan informasi perhitungannya secara jelas dan rinci, serta memastikan hasil perhitungan estimasi biaya pembuatan rumahnya tidak jauh dengan jumlah budget yang dikeluarkan saat berada di lapangan.

Biaya Bikin Rumah 2 Lantai, Inilah Rincian Estimasi Anggarannya

Untuk memulai perhitungan estimasi biaya pembangunan rumah dua lantai, maka kamu bisa menganalisa luas lahan lantai dasar sampai pondasi terlebih dahulu. Pasalnya, setiap hasil perhitungannya bakal selalu berbeda sesuai luas bangunan yang ingin kamu terapkan.

Situasi tersebut bergantung pada jumlah ruangan yang ingin dibangun pada rumah dua lantai kalian nanti. Berikut adalah informasi soal estimasi biaya pembangunan rumah dua lantai, yakni :

Contoh Perhitungan Luas Tanah dan Pondasi

  • Atap : 100 m2 (setengah dari total bangunan).
  • Lantai : 200 m2 (kotor).
  • Pondasi : 100 m2 (setengah dari total bangunan).
  • Lantai Dasar : 200 m2 (kotor).

Secara umum atap dan pondasi mempunyai jumlah luas berbeda. Akan tetapi, kami sudah memberi ilustrasi mengenai gambaran perhitungannya yang mencapai dua kali lipat dari luas sebenarnya dimana kondisinya paling sering digunakan masyarakat.

Rincian Biaya Kontruksi Bangunan

  • Harga Satuan Konstruksi Mentah : Rp.1,800,000 s/d Rp.2,000,000 per meter persegi.
  • Total Biaya Konstruksi : Rp.2,700,000 s/d Rp.4,200,000 per meter persegi.

Jumlah Perhitungan Biaya Konstruksi dan Luas Bangunan

  • Biaya Konstruksi Mentah : (100 + 200 + 100 + 200) x Rp.1,800,000 = Rp.1,08 miliar.
  • Biaya Paket Konstruksi : (100 + 200 + 100 + 200) x Rp.2,700,000 = Rp.1,62 miliar.

Kami pastikan hasil perhitungan estimasi biaya pembangunan rumah di atas bakal berbeda sesuai kebutuhan maupun budget kamu sendiri. Untuk meminimalisir penggunaan anggaran tidak penting, silakan ikut serta ke dalam proses perancangan sampai pembangunan agar kamu tidak dapat menghabiskan dana lebih besar.

Berapa Biaya Jasa Tukang Bangunan?

Pada dasarnya kalian boleh melibatkan jasa tukang bangunan profesional yang akan membangun dan merancang rumah dua lantai. Namun, kami beritahu bahwa siapa saja harus memilih sistem pekerjaannya terlebih dahulu.

Biasanya tukang bangunan punya waktu kerja berbeda sesuai kemampuan masing-masing, yakni harian dan borongan. Kamu harus menentukan sistem kerjanya sesuai budget yang dimiliki sehingga dapat memakai anggaran sesuai rencana.

Apabila kamu mengandalkan tukang bangunan bersistem harian, maka kamu bisa memberi upah kepada mereka mulai dari Rp.100,000 hingga Rp.200,000 per hari untuk satu orang, sedangkan tukang bangunan terbagi ke dalam beberapa kelompok mulai dari mandor, tukang sampai asisten tukang.

Di sisi lain, andaikan kamu memilih sistem borongan perlu menggaji mereka sekitar Rp.800,000 sampai Rp.1,000,000 per meter persegi sesuai kompleksitas bangunannya. Pastikan struktur bangunan bersifat dinamis dan minimalis agar jasa tukang bangunan dapat merancang dan membangunnya lebih cepat.

Contoh Perhitungan Umum Rumah Dua Lantai

Untuk membangun rumah dua lantai seluas 100 m2 rupanya anda bisa mengambil contoh anggaran umum sebesar Rp.300 juta s/d Rp.350 juta. Apabila kamu ingin menambah jumlah ruangan dengan luas lahan mencapai 101 s/d 300 m2, maka kalian bisa menyiapkan dana senilai Rp.325 juta s/d Rp.375 juta.

Di samping itu pula luas lahannya berhak ditambah menjadi 301 m2 atau lebih yang budgetnya akan semakin besar, yakni mencapai Rp.350 juta s/d Rp.400 juta.

Hal yang Dilakukan dalam Menghitung Harga Satuan

  • Cari daftar harga material bangunan dan upah tukang bangunan terbaru.
  • Buat denah rumah dua lantai minimalis sesuai keinginan kalian.
  • Ciptakan flow kerja pembuatan rumah dua lantai.
  • Buat jumlah harga keseluruhan.
  • Buat rincian material yang dibutuhkan sesuai luas bangunan.

Contoh Perhitungan Biaya Kasar

Kamu bisa mengambil contoh membangun rumah dua lantai bakal menghabiskan budget sebesar Rp.7 juta per meter persegi, sedangkan kalian ingin membuat rumah berkonsep minimalis dengan ukuran 50 m2 (bawah) dan 40 m2 (atas) dengan akumulasi luas bangunan sekitar 90 m2.

Kalian cukup mengalikan budget senilai Rp.7 juta dengan luas bangunannya saja, yakni Rp.7 juta x 90 m2 = Rp.630 juta. Apabila kamu sudah tahu biaya pembuatan rumahnya, maka kamu bisa menambahkannya dengan rincian anggaran lainnya yang telah dihitung secara detail sebelumnya.

Rahasia Bangun Rumah Dua Lantai Murah

Kamu ingin membangun rumah dua lantai dengan budget minim, bukan? Oleh sebab itu, kamu cukup meminimalisirnya dengan menentukan tipe rumah yang kalian inginkan terlebih dahulu. Jangan lupa mempunyai rincian jelas soal jumlah biaya keseluruhan yang akan kalian butuhkan.

Rahasia terakhir adalah carilah beberapa bahan bangunan pada tempat yang menjualnya dengan harga bersaing dan kompetitif, sehingga kamu dapat menghemat dana pembangunannya. Tak mustahil jumlah budget yang bakal dihabiskan lebih murah daripada estimasi anggaran pembangunan sebelumnya.

Demikian pembahasan tentang biaya bikin rumah 2 lantai beserta rincian estimasi anggarannya secara lengkap. Di samping itu pembangunan rumah dua lantai punya batas waktu berbeda sesuai jumlah tukang bangunan yang diandalkan.

Kendati demikian, sebagian besar pemilik rumah dua lantai mengklaim bahwa hunian pribadinya dibangun dengan membutuhkan estimasi waktu selama dua sampai tiga bulan, sedangkan tukang bangunan yang dilibatkan mencapai 4-5 orang. Kamu bisa tahu informasinya lebih lanjut pada ulasan sebelumnya di https:///www.pindahlubang.com/.