Home » Biaya » Biaya Bikin Septic Tank

Biaya Bikin Septic Tank

Berapa biaya bikin septic tank? Biasanya orang-orang kurang bahkan tidak memperhatikan keberadaannya di dalam rumah, namun sebenarnya septic tank punya peran besar walau fungsi utamanya terbilang jorok lantaran bersentuhan langsung dengan kotoran manusia.

Tak bisa dipungkiri kalian dan seluruh anggota keluarga yang sedang berada di dalam kamar mandi untuk Buang Air Besar (BAB) pasti bakal membutuhkan septic tank untuk menampung hasil pembuangannya.

Secara umum septic tank adalah tempat pembuangan kotoran manusia yang berasal dari closet. Kamu harus tahu bahwa semua rumah pasti mempunyai septic tank dan kalian harus memikirkan rencana pembuatan sampai anggarannya untuk rumah kalian.

Pasalnya, kalian bukan sekadar berpikir soal semua bahan yang dibutuhkan, namun kamu harus tahu berapa anggaran pembuatan septic tank di rumah mulai dari rancangan awal sampai akhir hingga dapat kalian gunakan.

Apabila kamu sudah tahu rincian biaya pembuatan septic tank, maka kalian bisa memulai rancangan dengan menerapkan semua rencana yang sudah disusun dari sekarang.

Akan tetapi, seandainya kamu belum tahu jumlah anggaran yang harus dikeluarkan secara detail tentu saja kami siap membantu kalian untuk menyelesaikan masalah ini. Kami akan selalu hadir menemani kalian dalam memecahkan masalah soal jumlah budget yang dibutuhkan dalam pembuatan septic tank.

Biaya Bikin Septic Tank

Biaya Bikin Septic Tank

Biaya Bikin Septic Tank

Apakah kamu mengira pembuatan septic tank membutuhkan budget tinggi? Kami pastikan asumsi tersebut salah, padahal budget yang dibutuhkan terbilang murah. Meski begitu, uang yang bakal kalian keluarkan bergantung pada desain, bahan sampai ukuran septic tank.

Tak hanya itu, biaya pembuatan septic tank juga ditentukan sesuai metodenya, yakni konvensional dan modern. Keduanya memiliki nominal berbeda berdasarkan kemampuanmu masing-masing.

Apabila kamu membuat septic tank secara konvensional, biasanya menggunakan batu bata sebagai material utamanya. Di sisi lain pembuatan septic tank modern cenderung memakai bahan dasar bio yang bisa kalian temukan di pasaran.

Kendati demikian, setiap metode pembuatan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pastikan kalian tidak salah memilih metode bikin septic tank agar dapat mencegah kerugian sehingga barangnya dapat tahan lebih lama.

Biaya Bikin Septic Tank, Bisakah dengan Budget Dibawah Rp.5 Juta?

Biasanya septic tank adalah salah satu komponen di dalam rumah yang tidak memberi tuntutan bagi pemilik rumah. Hal ini dikarenakan kalian tidak mungkin melakukan renovasi dan biasanya dapat digunakan jangka panjang, bahkan bertahun-tahun.

Kamu juga bahkan cukup menghabiskan budget di bawah Rp.5 juta untuk membuat septic tank agar closet dapat dipakai setiap hari. Berikut merupakan informasi soal rincian budget bikin septic tank, yaitu :

Perhitungan Ukuran Septic Tank

Kami bakal memberi sedikit ilustrasi soal ukuran septic tank yang bakal dibangun. Kamu bisa mengambil contoh seperti ukuran panjangnya sekitar 180 cm, tinggi 250 cm dan lebarnya mencapai 120 cm.

Selain itu, septic tank tidak memakai resapan lantaran permukaan dinding dalam sudah menggunakan plester dan dihaluskan menggunakan aci dan semen, serta penutup atasnya sudah disediakan baut pembuka.

Rincian Anggaran Biaya (RAB) Bikin Septic Tank

  • Batu Bata Merah : Rp.400/buah x 1,000 = Rp.400,000.
  • Semen : Rp.60,000/sak x 5 = Rp.300,000.
  • Pasir : Rp.200,000.
  • Batu Split : Rp.200,000.
  • Besi Beton : Rp.270,000.
  • Kawat Beton : Rp.20,000/kg.
  • DOP (Baut Pembuka) : Rp.23,000.
  • Upah Pekerja : Rp.50,000 x 4 = Rp.200,000.
  • Gaji Tukang : Rp.75,000 x 4 = Rp.300,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.1,913,000.

Berapa Upah Pekerja dan Tukang Bikin Septic Tank?

Kami tegaskan upah pekerja dan tukang bikin septic tank sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, banyak orang masih belum paham menentukan gaji yang harus dibayarkan kepada mereka yang melakoninya.

Kamu bisa mengetahuinya lewat kinerja hari kerjanya dalam membuat septic tank sejak rancangan awal sampai selesai. Secara umum estimasi waktu pembuatan septic tank tidak pernah lebih dari 7 (tujuh) hari alias satu minggu.

Apabila kamu sudah tahu estimasi waktu kerjanya, maka kalian bisa menentukan rincian upah yang harus dibayarkan. Untuk seorang pekerja biasanya kamu harus memberi gaji sekitar Rp.75,000 s/d Rp.125,000 per hari.

Jika mereka bekerja dalam seminggu, maka kamu bisa menghitungnya sekitar Rp.75,000 x 7 = Rp.525,000 atau Rp.100,000 x 7 = Rp.700,000. Di sisi lain untuk pekerja adalah sebesar Rp.50,000 x 7 = Rp.350,000 atau Rp.75,000 x 7 = Rp.525,000.

Akumulasi upah maksimal pekerja dan tukang bikin septic tank untuk empat orang adalah Rp.700,000 x  4 = Rp.2,800,000 dan Rp.525,000 x 4 = Rp.2,100,000. Jadi, perhitungan finalnya adalah Rp.2,800,000 + Rp.2,100,000 = Rp.4,900,000.

Apakah Septic Tank Ramah Lingkungan?

Kamu pasti tahu septic tank adalah bagian khusus yang bersentuhan langsung dengan kotoran. Walaupun kerap kali dianggap jorok bahkan menjijikkan, namun septic tank bisa berperan sebagai sebuah objek ramah lingkungan bagi rumahmu sendiri maupun lingkungan sekitar.

Situasi ini hanya berlaku untuk septic tank berbahan dasar fiber, lantaran bahan dasarnya adalah plastik dan pemasangannya lebih cepat, mudah dan efisien. Pemakaiannya juga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Sementara itu, septic tank juga bisa dibuat menggunakan besi beton yang memakan ukuran diameter mencaoai 100 cm. Berapa harganya? Kamu hanya perlu merogoh kocek hingga Rp.350,000 per pcs. Tak bisa dipungkiri bila nilai lebihnya adalah tahan tekanan dan daya serapnya lebih tinggi.

Selain itu, pengerjaannya lebih cepat dan mampu menghemat waktu dan tenaga daripada membuat septic tank menggunakan batu bata yang dianggap lebih berat. Kamu juga bisa membuat septic tank bio yang volumenya mencapai 1,000 liter dengan kapasitas hingga 4 s/d 6 orang.

Biasanya harganya mulai dari Rp.3,500,000 hingga Rp.6,000,0000 per buah. Apabila kamu ingin membelinya dengan kapasitas lebih rendah, yakni 500 liter maka kamu bisa membayar setengahnya dari nominal yang kami sebutkan sebelumnya, yaitu Rp.1,750,000 s/d Rp.3,000,000. Harga tangka septic tank juga berbeda sesuai model, volume dan ukuran yang biasanya semakin bagus maka budgetnya jauh lebih mahal.

Tips dan Trik Bikin Septic Tank

Untuk membuat septic tank secara cepat dan ekonomis, maka kamu bisa memanfaatkan bahan dasar bio (plastik) lantaran lebih ramah lingkungan dan harganya lebih murah. Pekerja maupun tukang yang mengerjakannya pun pasti bisa memasangnya lebih cepat bahkan melampaui estimasi waktu yang ditentukan.

Akan tetapi, kamu dapat menggunakan septic tank berbahan dasar beton yang dianggap lebih kuat dan kokoh supaya hasil pembuangannya bisa tetap diam alias tidak menyerap ke permukaan tanah lain. Pastikan pemilihan bahan material septic tank sesuai kontur tanah dan budgetmu masing-masing.

Demikian ulasan mengenai biaya bikin septic tank yang tidak perlu menghabiskan budget lebih dari Rp.5 juta. Siapa saja bisa mengetahui rincian biaya pembuatan septic tank setelah mengetahui estimasi waktu membangunnya terlebih dahulu.

Maka dari itu, pastikan kamu memilih jasa tukang dan pekerja profesional yang berpengalaman dalam membuat septic tank dengan benar. Jangan lupa memilih bahan material terbaik supaya tukang dan pekerja bisa menyelesaikan proyeknya sesuai rencana kalian.