Home » Biaya » Biaya Bongkar Pasang AC

Biaya Bongkar Pasang AC

AC (Air Conditioner) sudah dianggap sebagai kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat perkotaan. Akan tetapi, peralatan elektronik ini tidak menjamin tetap berfungsi jangka panjang alias bisa saja mengalami kerusakan.

Alhasil biaya bongkar pasang AC harus dipersiapkan untuk memperbaiki komponen indoor maupun outdoor perangkatnya. Tak bisa dipungkiri semua model dan tipe AC mempunyai tingkat kualitas berbeda dengan harga tertentu.

Kalian harus tahu biaya membongkar pasang AC tidak pernah menghabiskan dana hingga jutaan rupiah. Pasalnya, semuanya bergantung pada wilayah kalian masing-masing. Teknisi akan memasang harga sesuai tingkat kesulitan pengerjaannya.

Apabila mereka cukup sulit menemukan sumber masalah dalam membongkar dan memasang komponennya, maka kamu bisa menyiapkan budget lebih besar dibandingkan persiapan awal sesuai perkiraan sebelumnya.

Seandainya kamu belum tahu informasi mengenai rincian biaya membongkar pasang AC, maka kalian bisa menganalisa ulasan ini sampai akhir. Kami sudah merangkum semuanya secara jelas dan ringkas agar kamu dapat menyiapkan budget service AC sesuai data harga terbarunya.

Kendati demikian, setiap wilayah mempunyai tarif berbeda dan mungkin saja rincian informasi yang kami sampaikan memiliki nilai serupa, bahkan lebih besar atau lebih kecil.

Biaya Bongkar Pasang AC

Biaya Bongkar Pasang AC

Biaya Bongkar Pasang AC

AC sudah dirancang secara dinamis untuk mendinginkan suhu ruangan. Di samping itu AC juga bekerja sebagai alat canggih yang melembabkan sebuah ruangan berdasarkan sifat udara pada kondisi tertentu.

Pada dasarnya, AC memakai siklus refrigerator namun terkadang mengandalkan penguapan. Biasanya AC kerap dimanfaatkan beberapa orang untuk meningkatkan kenyamanan pendingin pada gedung-gedung besar maupun kendaraan roda dua atau empat.

Kalian pasti belum tahu bahwa pendingin udara dan ruangan modern sudah hadir sejak abad ke-19. Seiring berjalan waktu beberapa negara bersaing menciptakan alat pendingin udara canggih dengan berbagai macam merek, model dan tipe sesuai kualitasnya masing-masing.

Di samping itu, kerusakan kecil atau besar bisa saja terjadi dan perangkatnya harus dibongkar pasang untuk tahu sumber masalahnya. Tarifnya berbeda sesuai masalah dan tingkat kesulitan yang dialami setiap teknisi.

Biaya Bongkar Pasang AC, Apa Saja Kerusakan Umum AC?

Kami beritahu setiap AC mempunyai masalah umum berbeda, sedangkan perangkatnya memiliki beberapa jenis sesuai model dan tipe nya masing-masing. Kami pastikan kamu belum tahu berbagai macam kerusakan umum yang sering dialami mesin AC di rumah sampai sekarang. Di sisi lain, harga bongkar pasang AC akan berbeda sesuai wilayah kalian masing-masing. Berikut merupakan informasinya yang sudah kami rangkum seperti di bawah ini :

Kerusakan Umum pada AC

Secara umum AC adalah perangkat elektronik yang tidak selamanya berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kalian harus tahu beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada perangkatnya.

Pertama, AC tidak bisa menyala dengan cepat dan mudah lantaran disebabkan pada koneksi power nya. Di sisi lain, kalian harus memeriksa remote controlnya dan pastikan lampu indikator menyala yang membuktikan sensornya sudah terdeteksi satu sama lain.

Kendala selanjutnya adalah munculnya butiran es berukuran kecil, sedangkan kondisi ini disebabkan evaporator AC sudah benar-benar kotor dan harus segera dibersihkan.

Di samping itu, butiran es juga bisa saja diakibatkan oleh perangkat yang kekurangan gas freon dan biasanya masalahnya berasal dari pipa kecil. Kalian bisa menghubungi teknisi untuk mengetahui sumber masalahnya dengan membongkar perangkatnya yang bisa dipasang kembali.

Kamu perlu menghubungi teknisi bila menemukan kendala selanjutnya seperti AC tidak bisa dioperasikan dengan remote control. Hal ini dikarenakan remote control bisa saja sudah rusak atau habis baterai, namun juga sensor AC bermasalah bahkan telah rusak.

Untuk mengatasinya, maka kalian harus membeli remote control baru di toko elektronik, serta menghubungi teknisi AC dalam mengatasi sensor yang rusak agar dapat diperbaiki secepat mungkin.

Selanjutnya adalah AC tidak mengeluarkan udara dingin. Seandainya kamu sudah mengatur suhu semaksimal mungkin, tetapi tak kunjung memberi hasil sesuai ekspektasi maka kamu bisa menghubungi teknisi AC untuk membongkar perangkatnya.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh freon AC mengalami kebocoran, sedangkan freon bocor pun berasal dari sambungan pipa kendur. Maka dari itu, kalian hanya perlu mengencangkannya menggunakan sebuah sekrup.

Biaya Bongkar dan Pasang AC

  • Bongkar AC (1/2 – 1 PK) : Rp.225,000 per unit.
  • Pasang AC (1/2 – 1 PK) : Rp.300,000 per unit.
  • Bongkar Pasang AC (1/2 – 1 PK) : Rp.Rp.325,000 per unit.
  • Bongkar Pasang AC (1,5 – 2 PK) : Rp.400,000 per unit.

Tak bisa dipungkiri bahwa informasi biaya membongkar pasang AC selalu mengalami perubahan secara berkala. Bagaimana tidak, belakangan ini banyak orang mengklaim harga bongkar pasang AC mulai menurun cukup signifikan.

Harga di atas masih dianggap murah daripada beberapa tahun sebelumnya. Meski begitu, setiap teknisi AC akan memasang tarif berbeda sesuai kondisi yang mereka alami selama membongkar AC untuk memasang perangkat seperti semula.

Jenis-jenis AC

AC Split merupakan salah satu model perangkat yang cukup banyak dipakai masyarakat. AC ini mempunyai dua bagian berbeda, yakni outdoor dan indoor. Selain itu, perangkat ini punya kompresor di luar dengan kipas sebagai alat pendingin pada pipa kondensornya.

AC Split juga memiliki pipa evaporator serta motor listrik yang berguna memutar blower, dikeluarkan pada ruangan yang sudah ditentukan agar suhu udara lebih dingin dari sebelumnya.

Berikutnya adalah AC Window yang memiliki bentuk unik dibandingkan perangkat lain. Kamu harus tahu bahwa bagian outdoor maupun indoor mempunyai tempat serupa agar tidak dapat membutuhkan pipa bagi kedua ruang tersebut.

Untuk memasang perangkatnya bisa melubangi tembok ruangan dengan pembatas sehingga suhu panas dari luar tidak masuk ke dalam. Hal ini dikarenakan suh panas dari luar lebih cepat masuk ke dalam ruangan di seluruh sudut rumah.

Terakhir adalah AC Floor Standing yang mempunyai ukuran lebih besar, sedangkan pemasangan indoor perangkat ditempatkan pada lantai dasar ruangan yang dilengkapi dudukan.

Ruangan cukup lapang biasanya dinilai sebagai lokasi terbaik dalam memasang perangkat tersebut supaya kamu bisa merasakan suhu terendah mencapai kurang dari 10 derajat celcius.

Bagaimana Merawat AC yang Benar?

Untuk merawat AC maka kamu bisa membersihkannya dalam jangka waktu tertentu. Apabila kamu tidak punya budget mumpuni untuk mengandalkan tenaga teknisi AC, maka kalian dapat membersihkannya secara mandiri.

Gunakan alat pembersih seperti kemoceng atau alat elektronik khusus dalam menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Pastikan kamu tidak menggunakan cairan atau benda tertentu agar tidak dapat masuk ke dalam bagian mesinnya.

Demikian pembahasan seputar biaya bongkar pasang AC beserta macam-macam AC sampai kerusakan umum yang paling sering dialami perangkat elektronik tersebut. Di sisi lain, teknisi AC akan selalu menyarankanmu untuk tidak membersihkan bahkan membongkar AC secara berkala.

Tujuannya supaya perangkat bisa bertahan lebih lama, serta mesinnya mampu bekerja dengan baik dalam menghasilkan udara dingin pada ruangan yang rentan terkena suhu panas dari luar.