Home » Biaya » Biaya Bongkar Rumah

Biaya Bongkar Rumah

Apakah kamu sedang berencana merobohkan rumah, namun tidak tahu biaya bongkar rumah? Secara umum membongkar rumah adalah suatu kewajibkan saat ingin melakukan renovasi maupun memulai rancangan dari awal.

Kendati demikian, banyak hal harus diketahui dan dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum kamu membongkar rumah yang sedang dihuni saat ini. Hal ini dikarenakan merobohkan rumah harus mempertimbangkan aspek tertentu demi mencegah pengeluaran fantastis.

Seperti kalian ketahui siapa saja yang berencana membongkar rumah pasti ingin melakukan renovasi pada ruangan tertentu, bahkan merobohkannya secara total. Tak bisa dipungkiri bila satu sama lain mempunyai pengeluaran berbeda sesuai pengerjaan masing-masing.

Meski begitu, asumsi mengenai membongkar rumah membutuhkan budget besar tidak selalu benar. Pasalnya, segalanya bergantung pada luas tanah maupun bangunan yang digunakan untuk membangun rumah kalian.

Untuk menjawab rasa penasaran kalian, maka kami bakal menjelaskan semuanya secara ringkas pada pembahasan ini. Kami akan memberikan contoh Rincian Anggaran Biaya (RAB) membongkar rumah terbaru per meter perseginya.

Selain itu, setiap wilayah pasti mempunyai harga berbeda sedangkan informasi ini hanya bayangan saja yang bisa digunakan sebagai acuan. Di sisi lain kamu bisa tahu berapa harga membongkar rumah berdasarkan bagiannya masing-masing.

Biaya Bongkar Rumah

Biaya Bongkar Rumah

Biaya Bongkar Rumah

Kami tegaskan membongkar rumah harus dilakukan dengan baik dan benar. Kamu bisa mengandalkan tukang bangunan profesional yang berpengalaman untuk merobohkan setiap sudut rumah secara berkala.

Di samping itu, pengerjaannya selalu mempertimbangkan hal-hal yang harus dipikirkan dan didiskusikan secara seksama. Apabila salah satu aspek tidak diperhatikan, maka bisa menimbulkan kerugian bahkan kamu akan menghabiskan uang lebih banyak.

Bagi sebagian orang mungkin membongkar rumah hanya merobohkan tembok dan seluruh ornament yang menempel di dindingnya saja. Akan tetapi, aksi tersebut harus melewati pertimbangan matang antara diri kalian sebagai pemilik rumah dengan tukang bangunan terkait.

Maka dari itu, ikuti ulasan ini sampai akhir agar kamu dapat tahu apa saja poin penting yang dimaksud. Kami akan menjabarkannya mulai dari lokasi sampai luas bangunan yang harus dihitung.

Biaya Bongkar Rumah, Berikut Contoh RAB Terbarunya

Untuk mengetahui rancangan anggaran pembiayaan membongkar rumah, silakan simak pembahasan ini sampai selesai. Kami akan mengulas semuanya secara singkat soal berapa uang yang harus kamu keluarkan, serta hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangan utama sebelum membongkar rumah dimulai.

Pastikan kamu sudah menganalisa semuanya dengan benar sehingga terhindar dari hal-hal tidak diinginkan, informasi lengkapnya sebagai berikut :

Contoh RAB Bongkar Rumah Ukuran 80 m2

  • Pembongkaran Rangka Atap Kayu : Rp.25,000 per m2.
  • Bongkar Atap : Rp.37,500 per m2.
  • Pembongkaran Dinding : Rp.23,000 per m2.
  • Bongkar Plafon : Rp.20,000 per m2.
  • Pembongkaran Jendela / Pintu (10 unit) : Rp.150,000 per unit.
  • Bongkar Keramik : Rp.30,000 per m2.
  • Pembersihan Sisa Bongkaran : Rp.17,000 per m2.

Faktor yang Mempengaruhi RAB Bongkar Rumah

Secara umum RAB bongkar rumah tidak mungkin menghasilkan perhitungan angka secara detail seperti informasi di atas. Pasalnya, pemilik rumah maupun tukang bangunan terpercaya akan berdiskusi terlebih dahulu soal hal-hal yang harus diperhitungkan dari objek terkecil sampai terbesar sekalipun.

Biasanya bahan-bahan pertimbangan tersebut tidak terlalu banyak dan dianggap sebagai acuan utama dalam menentukan harga bongkar rumah sampai sekarang.

Pertama, tukang bangunan akan mempertimbangkan lokasi rumah yang harus ditempuh. Hal ini dikarenakan penyedia jasa tidak mungkin memasang harga sembarangan tanpa melihat kondisi perjalanan dari awal hingga tempat tujuan.

Apabila rumah kalian berada di wilayah sempit, dipastikan biaya membongkar rumah semakin besar. Pastikan akses perjalanannya tidak sulit supaya penyedia jasa bongkar rumah bisa menghemat waktu untuk menuntaskan pekerjaannya.

Aspek selanjutnya adalah luas bangunan. Hitungan per meter yang digunakan sebagian besar penyedia jasa tukang bangunan akan setara dengan luas bangunan rumah kalian. Tak hanya itu, luas bangunannya pasti berdampak terhadap estimasi waktu pengerjaan yang dibutuhkan.

Seandainya rumah kamu berukuran besar bahkan dua lantai atau lebih, kami yakini budget yang dipasang tukang bangunan semakin besar menyesuaikan dengan luas bangunan tersebut.

Tak bisa dipungkiri bahwa harga membongkar rumah bukan didasari lokasi dan luas bangunan saja, namun juga bahan material bangunan yang kalian gunakan. Pada dasarnya tingkat kesulitan merobohkan semua rumah akan didasari pada material yang dipakai oleh tukang bangunan atau arsitek.

Meski begitu, sebuah rumah yang usianya lebih tua masih diklaim mampu dihancurkan lebih cepat dan mudah dengan RAB murah daripada bangunan baru.

Terakhir adalah mengurangi harga jasa bongkar bangunan. Seandainya kalian memutuskan untuk tidak memakai bahan material tersisa dari hasil pembongkarannya, maka bisa diambil dan dinilai agar dapat meminimalisir biaya membongkar rumah dari RAB sebelumnya.

Kami memberi ilustrasi bila hasil perhitungan akhir sebelumnya adalah Rp.8 juta, kamu pasti cukup menghabiskan budget sekitar Rp.5 juta s/d Rp.6 juta lantaran sisa bahan bangunan sudah dikurangi.

Tips dan Trik Cari Jasa Bongkar Rumah Terbaik

Langkah awal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mencari informasi secara jelas dan lengkap. Walaupun penyedia jasa hanya sekedar menghancurkan bangunan saja, tetapi kalian harus mempertimbangkan beberapa hal dengan baik dan benar.

Alangkah baiknya kalian mencari referensi lengkap dan terpercaya yang diinginkan melalui internet, namun juga bisa bertanya kepada kerabat atau teman terdekat yang sudah pernah mengandalkan jasa bongkar rumah terpercaya.

Di samping itu, kamu juga perlu melihat dan menganalisa setiap testimoni jasa penyedia bongkar rumah dari setiap kliennya. Apabila hasil testimoni memberikan persentase positif mencapai 80%, maka kamu bisa memilihnya dan mengandalkan jasa bongkar rumah tersebut.

Secara umum penyedia jasa bakal melampirkan portofolio dari setiap pelanggannya. Tujuannya agar calon klien selanjutnya dapat percaya terhadap hasil kinerja yang mereka lakukan.

Terakhir, kamu bisa meminta saran dari orang lain seperti keluarga soal penyedia jasa bongkar rumah terpercaya. Biasanya situasi ini terjadi lantaran kamu bingung bahkan sulit memilih beberapa jasa bongkar rumah yang beredar luas di dunia maya.

Pastikan jasa bongkar rumah terpilih memasang harga sesuai dengan budget kalian saat ini. Kamu sendiri perlu mempertimbangkan harga akhir yang ditawarkan sebelum benar-benar mengandalkan kinerja mereka.

Bagaimana Cara Menghemat Biaya Bongkar Rumah?

Untuk meminimalisir biaya membongkar rumah maka kalian bisa menentukan titik mana saja yang bakal dihancurkan, apakah sebagian atau total. Seandainya kalian hanya ingin melakukan renovasi pada ruangan tertentu, silakan pilih bagian yang memang harus dihancurkan tanpa merusak ruang lain.

Apabila kamu ingin membongkar semua ruangan, pastikan kondisi rumah berlokasi strategi yang aksesibilitasnya tinggi agar dapat mengurangi harga akhir bongkar rumah.

Demikian informasi tentang biaya bongkar rumah beserta contoh RAB yang bisa kalian gunakan sebagai bayangan. Di samping itu kami juga memberikan sedikit ulasan mengenai tips dan trik memilih jasa penyedia bongkar rumah berkualitas.

Jangan lupa memperhatikan kondisi rumah beserta lokasinya. Tujuannya supaya kamu bisa menyiapkan anggaran keseluruhan sejak awal dengan memperhatikan lokasi, luas bangunan sampai struktur bangunan yang bakal dihancurkan.