Home » Bayar » Biaya Admin Shopee

Biaya Admin Shopee

Hingga saat ini, Biaya Admin Shopee masih menjadi tanda tanya. Khususnya bagi mereka yang ingin membuka toko online pada e-commerce populer tersebut.

Di jaman seperti sekarang, aktivitas belanja online sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sebab metode ini dinilai lebih hemat waktu serta produk yang dijual sangat lengkap.

Guna memenuhi semu aktivitas belanja online, semua pengguna bisa mempergunakan aplikasi atau situs belanja online. Salah satunya ialah Shopee.

Dalam hal ini, Shopee menjadi salah satu wadah belanja online yang mempunyai popularitas sangat tinggi. Tentu jika dibanding dengan Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan yang lainnya.

Dan saat ini, memang sudah banyak sekali kalangan pebisnis online shope yang beralih ke platform ini. Alasannya, selain pengguna banyak, tentu penjual juga mempunyai alasan lain yang kuat untuk bergabung di e-commerce tersebut.

Biaya Admin Shopee

Biaya Admin Shopee

Sudah banyak orang yang tahu bahwa Shopee mempunyai banyak promo yang terbilang menggiurkan bagi para pengguna. Sebagai contoh ialah Casback dan Gratis Ongkir (ongkos kirim).

Dengan penerapan promo gratis ongkir tersebut, menjadi salah satu alasan bagi para penjual untuk memasarkan produk mereka. Apalagi syarat dan ketentuan untuk mendapat fitur tersebut tidak harus memenuhi minimal belanja.

Pada setiap toko masing-masing, penjual bisa memberikan promo gratis ongkir. Akan tetapi, pihak penjual harus mengikuti program yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Program yang tersedia tersebut mencakup Gratis Ongkir XTRA dan Casback XTRA. Namun, kesemuanya mempunyai ketentuan masing-masing. Contohnya iala biaya layanan Shopee yang akan dibebankan pada penjual.

Cara Daftar Dan Berhenti Biaya Layanan Shopee (Penjual)

Agar penjual bisa lebih maksimal dalam memasarkan produk, tersedia fitur Iklan Shopee yang mana penjual bisa menggunakan fitur tersebut dengan mudah.

Dari begitu banyaknya program Shoppe yang diperuntukkan bagi penjual, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti. Termasuk ketentuan seperti biaya layanan.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan beberapa fitur yang sudah kami sebutkan di atas. Berikut kami informasikan secara lengkap untuk kamu yang belum paham.

Apa Yang Dimaksud Dengan Layanan Shopee?

Menjadi seller (penjual) di Shopee memang bisa mendatangkan keuntungan. Pasalnya Shoppe menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung sangat besar setiap harinya.

Dengan demikian, sangat besar kemungkinan bahwa hal tersebut mempunyai dampak positif bagi seller. Sebab hampir 80% pengguna (pengunjung), dipastikan akan belanja produk atau barang.

Dan nantinya, setiap seller akan mempunyai kesempatan besar untuk memperoleh program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA. Keduanya mempunyai keuntungan dan kerugian bagi setiap seller.

Sebab ada beban biaya layanan yang dikenakan per transaksi berhasil. Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan Biaya Layanan Shopee?

Biaya Layanan Shopee merupakan biaya yang dibebankan oleh Shopee untuk seller terdaftar dalam program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA.

Daftar Rincian Perhitungan Biaya

Pada setiap biaya layanan yang sudah ditetapkan Shopee, kesemuanya mempunyai ketentuan masing-masing. Bahkan semua bisa dilihat dari tipe penjual serta program yang sudah diikuti.

Untuk detail lebih lanjut terkait dengan rincian perhitungan biaya layanan. Berikut beberapa poin yang bisa kamu pelajari.

1. Program Casback XTRA

  • Penjual Non-Star Seller mempunyai rincian : Biaya Layanan = (harga asli produk – Diskon produk atau voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1,4% (diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%). Sebagai caratan, biaya layanan program casback xtra belum termasuk biaya admin seleer srta biaya layanan program gratis ongkir.
  • Penjual Star Seller mempunyai rincian : Biaya Layanan = (harga asli produk – diskon produk atau voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1,4% (diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%).
  • Penjual Shopee Mall mempunyai rincian : Biaya Layanan = (harga asli produk – diskon produk atau voucher yang ditanggung oleh pihak penjual) x 1,4% (diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%). Catatan : Biaya layanan program casback XTRA belum termasuk biaya dmin Shopee Mall 1%/2%/5% (tergantung kategori produk).

2. Program Gratis Ongkir XTRA

  • Penjual Non-Star Seller : Biaya Layanan = (Harga asli produk – diskon produk / voucher ditanggung penjual)x 4,5%. Penjual dapat memperoleh diskon special 15% dari biaya layanan apabila sudah mencapai total minimal 100 pesanan terselesaikan. Dihitung sejak bergabung dengan Shopee dengan ketentuan Penjual Non-Star Seller dari 3,5% menjadi 3,83%.
  • Penujual Star Seller : Biaya Layanan = (Harga produk asli – diskon produk / voucher ditanggung penjual) x 3,5%. Penjual bisa mendapat diskon special 15% dari biaya layanan apabila mencapai total minimal 100 pesanan terselesaikan sejak bergabung. Ketentuan penjual Star Seller 2,5% menjadi 2,98%.
  • Penjual Shopee Mall : Biaya Layanan = (harga asli produk – diskon / voucehr ditanggung penjual) x 2%.

Catatan : Biaya layanan program casback XTRA belum termasuk biaya admin seller. Dan biaya admin Shopee Mall 15/2%5% tergantung kategori produk.

Syarat dan Ketentuan Program Shopee

Apabila kamu mmepunyai niat dan minat dengan program yang disediakan oleh Shopee, maka ada beberapa poin yang perlu diketahui terlebih dahulu. Apa saja?

  • Toko setidaknya mempunyai 1 produk dengan stok tersedia 1 (minimal)
  • Toko mempunyai akumulasi poin kurang dari 3
  • Status toko aktif serta sudah menerima pesanan dalam kurun waktu 7 hari terakhir.
  • Seller mengaktifkan jasa kirim seperti Shopee Express Standart, ID Express, J&T Express, Shopee Express Instant, Ninja Xpress, Sicepat reguler, dan Anteraja.
  • Sudah terdaftar dalam program Gratis Ongkir.
  • Toko tidak mengaktifkan fitur toko libur.
  • Memstikan bahwa tidak memiliki riwayat pesanan seperti pesanan tidak wajar, penyalahgunaan program lain guna kepentingan pribadi.

Cara Daftar Biaya Layanan Shopee

  • Buka Menu Browser : Proses pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui smartphone. Jadi silahkan kamu buka browser.
  • Kunjungi Link Ini untuk pendaftar program gratis ongkir XTRA. Setelah terbuka Scan kode melalui Aplikasi Shopee. https://shopee.co.id/program/form/28?smtt=9&deep_and_deferred=1
  • Mengisi formulir : Langkah berikutnya, isi formulir dan klik centang pada bagian atas dan bawah. Lanjut dengan klik Kirim.
  • Pendaftaran Berhasil : Proses daftar sudah berhasil, dan proses pengajuan akan ditarik oleh Shopee pada setiap hari Senin jam 10 pagi.

Cara Berhenti Biaya Layanan Shopee

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah terinstall di smartphone. Pemberhentian (pengajuan) biaya layanan Shopee hanya bisa dilakukan melalui smartphone. Jadi, langsung saja kamu buka browser.
  • Kunjungi Link Berikut : https://shopee.co.id/universal-link/program/form/25?smtt=9&deep_and_deferred=1. Untuk tahap selanjutnya, cukup scan dan baca ketentuan yang berlaku. Sehingga kamu bisa berhenti program Gratis Ongkir XTRA.
  • Lakukan pengisian formulir dengan melampirkan alasan yang sesuai. Langkah ini dengan mencentang dan memberikan deskripsi alasan kenapa kamu ingin berhenti dari program Gratis Ongkir XTRA.
  • Pengajuan Berhenti Berhasil. Dalam hal ini, proses pengajuan berhenti dari program Gratis Ongkir XTRA sudah berhasil. Proses pengajuan ini akan ditarik oleh Shopee setiap hari Senin jam 10 pagi.

Selaku penyedia layanan, Shopee mempunyai hak penuh atas semua ketentuan yang berlaku. Agar proses berjalan lancar, ikuti semua prosedur dengan baik dan benar.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Biaya Admin Shopee. Semoga bisa membantu dan menjadi salah satu referensi yang memang benar dibutuhkan.