Home » Biaya » Biaya Administrasi Jenius

Biaya Administrasi Jenius

Secara dasar, saat ini Biaya Administrasi Jenius bukan suatu hal yang spesial. Sebab sudah banyak orang tahu dengan besaran biaya admin yang harus dibayar setiap bulan.

Setidaknya, ada banyak orang yang merasa tergiur dengan keuntungan yang diperoleh dari tabungan Jenius BTPN. Sehingga mereka pun mencoba atau mendaftarkan diri sebagai nasabah.

Dalam hal ini, hadirnya tabungan Jenius memang terbilang fenomenal. Bahkan dikenal sebagai tabungan yang bebas biaya admin, bebas biaya transfer antar bank, serta tidak dikenai biaya tarik tunai di ATM Prima atau Bersama.

Tidak hanya berhenti disitu saja, adapula beberapa kelebihan lain yang bisa nasabah peroleh. Seperti halnya membuka rekening online, sehingga kamu cukup daftar adri rumah dan kartu debit akan dikirim ke alamat kamu.

Tapi itu dulu, sebab sekarang Jenius menerapkan biaya sebesar Rp 10 ribu per bulan sejak Januari 2021. Besaran biaya tersebut ialah untuk biaya langganan serta mendapat semua fitur yang sudah ada.

Fitur yang dimaksud ialah bebas biaya transfer antar bank, bebas tarik tunai, aplikasi pencatat uang, bisniskit, akun bisnis, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Meski nasabah harus membayar Rp 10 ribu per bulan, namun masih terbilang pantas. Sebab sudah sepadan dengan semua fitur yang ditawarkan.

Biaya Administrasi Jenius

Biaya Administrasi Jenius

Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, adapula nomor rekening yang bisa diganti dengan $Cashtag. Sebagai contoh ialah $namasendiri yang akan mempermudah dalam melakukan transfer.

Beberapa jenis kartu yang bisa kamu buat, setidaknya ada 4 buah serta bisa diatur peruntukan dan saldonya. Terlebih lagi, ada beberapa jenis tabungan yang sangat menarik dari sisi return yang ditawarkan.

Akan tetapi, banyak pula yang menggunakan tabungan Jenius lantaran kartu ajaibnya. Yakni sebuah kartu debit yang bisa berfungsi seperti halnya kartu kredit.

Nama kartu tersebut dikenal dengan e-Card yang bisa dipergunakan untuk pembayaran transaksi yang membutuhkan kartu kredit.

Keuntungan Biaya Administrasi Tabungan Jenius

Masih terkait dengan Biaya Administrasi Jenius, ada beberapa keuntungan yang bisa diperleh dari sisi fitur. Untuk membuat semuanya lebih mudah, berikut kami memberikan ulasannya khusus untuk kamu.

Beberapa fitur ini akan memberikan keuntungan yang diperlukan. Khususnya ketika kamu menggunakan tabungan Jenius BTPN yang mungkin tidak diberikan oleh bank lain.

Beberapa keuntungan tersebut mencakup : Jenis kartu m-Card, e-Card, x-Card, jenis tabungan, bebas biaya transfer, pembukaan rekening secara online, serta bebas biaya administrasi.

Cara memperoleh semua keuntungan tersebut ialah dengan mengunduh aplikasi Jenius di Play Store atau App Store. Kemudian melakukan pendaftaran sesuai panduan yang ada. Cukup dengan menyiapkan KTP sebagai syarat utaama.

Dalam hal ini, kamu jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan sampel tanda tangan di atas kertas. Dan yang terakhir, ialah melakukan aktivasi melalui video call atau bisa datang ke cabang bank BTPN.

Untuk lebih mempermudah, akan lebih baik memilih video call yang bisa dilakukan melalui aplikasi Jenius. Sebab kamu tidak harus antre atau menunggu lama hingga proses selesai.

Jenis Kartu Jenius BTPN

Ada tiga jenis kartu dalam tabungan Jenius. Kesemua kartu tersebut mempunyai peranan tersendiri. Untuk info lebih lengkap, silahkan simak ulasan dibawah ini.

1. m-Card : Rekening / Akun Utama

Pada aplikasi Jenius, terdapat beberapa penyebutan yang berbeda. Namun kesemuanya tetap merujuk pada kartu yang sama.

Dalam hal ini, kamu tidak harus bingung. Penyebutan tersebut dikenal sebagai m-card, saldo aktif, saldo atau rekening utama, atau active account. Semua hal tersebut sama.

Yang nantinya berbeda, ialah sebuah kartu debit fisik yang nantinya dikirimkan pertama kali oleh pihak Jenius.

Nah saldo pada m-Card ini, nantinya bisa kamu pindahkan ke e-Card atau x-Card. Atau bisa juga sebaliknya, yakni mengembalikan dana dari e-Card / x-Card, atau bisa juga melakukan transfer antar bank, penarikan tunai, pembayaran merchant, serta lain sebagainya. Fungsinya sama seperti kartu debit pada umumnya.

2. x-Card : Kartu Debit Tambahan

Sejatinya, kartu ini sama denga m-Card, sehingga kamu bisa memakainya untuk bertransaksi ataupun tarik tunai. Yang menjadi pembeda ialah, x-Card bisa diatur limit belanja harian atau penarikan tunai harian.

Semua pengaturan tersebut bisa kamu lakukan dalam aplikasi Jenius. Sebagai contoh, apabila seseorang ingin memberikan jatah uang bulanan pada orang lain.

Setelah kamu berhasil membuatnya dalam aplikasi, Jenius akan mengirimkan kartu debit fisiknya. Kemudian, berikan kartu tersebut pada orang yang dikehendaki. Kamu cukup mengatur limit serta melakukan top up kartu tersebut.

Pada poin ini, kamu bisa membuat hingga 3 kartu x-Card yang terdiri dari warna ungu, biru, dan hijau. Sedangkan yang terakhir, lakukan pengaktifan kartu melalui aplikasi.

3. e-Card : Kartu Virtual Rasa Kartu Kredit

Fitur ini yang paling banyak disukai nasabah. Yakni mempunyai kartu debit namun terasa sebagai kartu kredit. Karena fungsinya hampir sama.

Jika sudah sering menggunakan kartu kredit, serta sudah menutup kartu tersebut. Maka mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam melakukan transaksi.

Dan nyatanya, Jenius memberi kamu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam tabungan Jenius, kartu ini lebih dikenal dengan sebutan e-Card.

Yang merupakan sebuah kartu virtual lengkap. Yakni dengan nomor kartu, valid thru, dan kode cvv. Bahkan sangat jelas bahwa kartu ini merupakan kartu debit dengan fungsi ganda.

Cara Menggunakan e-Card Sebagai Kartu Kredit

Nah yang menjadi pertanyaan disini ialah, bagaimana cara menggunakan kartu e-Card sebagai kartu kredit? Simak dulu ulasan dibawah sebelum berkomentar.

Secara dasar, fungsi dari kartu ini memang sama persis dengan kartu kredit. Salah satunya ialah untuk melakukan transaksi internasional.

Ketika kamu melakukan pembayaran, maka cukup dengan hanya memasukkan beberapa data yang diperlukan. Sebagai contoh, lihat transaksi di bawah ini.

Langkah yang harus dilakukan ialah :

  • Kamu harus tahu dulu berapa tagihan yang akan dibayarkan. Apabila berbeda mata uang, maka cukup kalikan dengan nilai kurs.
  • Lakukan top up e-Card melalui m-Card sesuai jumlah yang akan kamu bayarkan.
  • Lakukan pembayaran transaksi yang dibutuhkan.
  • Dan transaksi pun berjalan lancar.

Pada menu e-Card, terdapat pilihan :

  • Top Up : Yakni untuk menambah saldo e-Card/
  • Blokir : Bisa dipergunakan untuk memblokir e-Card.
  • Refund : Fitur yang bisa dipakai untuk memindah dana e-Card ke m-Card.

Dengan cara tersebut, maka kamu bisa mengontrol diri sebab penggunaan kartu kredit mewajibkan untuk melakukan top up terlebih dahulu.

Jika melihat dari begitu banyak pengguna yang sudah memberikan testimoni. Ada banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan kartu Jenius.

Seperti halnya pembelian tiket pesawat, pembayaran tagihan, pembalian atau belanja online. Atau bahkan beberapa keperluan lain yang kamu butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa disebut jika e-Card menjadi solusi bagi kamu yang mempunyai masalah atau kesulitan transaksi. Khususnya untuk menahan diri berbelanja dengan kartu kredit.