Biaya Buat Kolam Ikan

  • Whatsapp

Bagi sebagian orang mungkin perhitungan biaya buat kolam ikan bakal mencapai jutaan rupiah. Namun, tak sedikit orang mampu mengembangkan imajinasi dalam menghadirkan sebuah nuansa berbeda di rumahnya melalui pembuatan kolam ikan, sedangkan rincian anggaran pembangunannya terbilang murah.

Hal ini dikarenakan setiap orang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membuat kolam ikan, lantaran modal utamanya juga cukup Rp.2 juta saja.

Read More

Walaupun terdengar aneh, tetapi semua orang bisa membangun kolam ikan dengan modal sangat minim. Pasalnya, kalian tidak perlu mempunyai lahan luas sampai puluhan meter persegi untuk menghasilkan tempat penyimpanan ikan yang masih dikoleksi.

Hal ini dikarenakan kolam ikan tidak selamanya berukuran besar dimana ukurannya harus menyesuaikan dengan desain dan struktur rumah masing-masing untuk menghasilkan keselarasan satu sama lain.

Tak bisa dipungkiri kalian bisa membuat kolam ikan minimalis yang mampu menghadirkan sentuhan alam yang menenangkan. Biasanya kolam ikan ini tidak akan menghabiskan budget, serta mempunyai tampilan sederhana dan elegan.

Kamu tidak harus menggali kubangan air terlalu dalam lantaran kolam ikan minimalis bisa dibentuk sesuai konsep lebih modern. Kalian bisa menggunakan ornamen kaca maupun keramik sebagai lapisan dasar pada bagian luarnya.

Biaya Buat Kolam Ikan

Biaya Buat Kolam Ikan
Biaya Buat Kolam Ikan

Kalian pasti selalu menemukan tantangan dalam perencanaan pembangunan kolam ikan, terutama soal budget. Bagaimana tidak, modal adalah bagian penting yang harus diperhatikan karena kamu harus mempunyai rincian perhitungan anggaran secara jelas dan lengkap.

Tak hanya itu, bagian apa saja yang kamu gunakan dalam pembuatan kolam ikan juga harus dimasukkan ke dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk memastikan budget final cukup ekonomis.

Terkait:  Biaya Layanan Shopee

Kolam ikan bisa kalian manfaatkan dalam menambah sentuhan alam di rumah. Di samping itu, kami sarankan kalian meletakkan kolam ikan dekat taman minimalis lantaran dua objek tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Taman minimalis akan semakin asri dan cantik dengan kehadiran kolam ikan yang menghadirkan suara aliran air dengan keberadaan ikan-ikan hias nan menarik, sedangkan desainnya yang elegan bakal membuat rumah kamu semakin indah.

Biaya Buat Kolam Ikan, Bagaimana Bikin Konsep yang Minimalis?

Untuk membuat kolam ikan minimalis, maka kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami akan selalu hadir dan membantu kalian dalam menghitung dan menyusun anggaran budget dalam pembuatan kolam ikan.

Di sisi lain kami akan memberitahu apa saja poin penting yang harus diperhatikan, serta disiapkan dalam perancangan membangun kolam ikan. Berikut merupakan hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu, antara lain :

Desain dan Konsep

Biasanya desain kolam ikan mempunyai berbagai macam konsep seperti jalur pemipaan harus jelas dan jalur backwash harus dekat dengan pembuangan saluran air. Tak hanya itu, desain dinding kolam juga harus berdekatan bersama permukaan lantai.

Tujuannya supaya pembuangan puing alias kotorannya bisa berjalan dengan sempurna. Di sisi lain penerapan desain yang tepat juga berdampak pada suhu kolam sehingga ikan kesayangan kalian dapat bergerak bebas dan bertahan hidup lebih lama.

Penerapan konsep dan desain kolam ikan juga harus memperhatikan bahan material yang digunakan. Hal ini dikarenakan seluruh permukaan dinding maupun lantai kolam tidak boleh retak bahkan hancur akibat pemilihan material yang tidak tepat.

Oleh karena itu, risiko yang bakal ditimbulkan adalah tampilan kolam ikan bakal semakin aneh bahkan rusak lebih cepat. Kondisi tersebut juga berdampak terhadap keberlangsungan hidup seluruh ikan hias yang kalian pelihara.

Terkait:  Cara Menggunakan 2 Whatsapp Sekaligus

Tipe Kolam

Seperti kalian ketahui kolam ikan minimalis mempunyai dua tipe berbeda, yakni indoor dan outdoor. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dengan menyesuaikan bersama konsep rumah masing-masing.

Apabila kamu memilih tipe indoor, pastikan penempatan kolam ikan tidak berdekatan dengan septic tank alias saluran pembuangan kotoran dari kamar mandi (toilet). Hal ini dikarenakan saluran air ke kolam ikan bakal tercemar dan mengakibatkan ikan cepat mati.

Di sisi lain kolam ikan minimalis juga bisa mengusung tipe outdoor. Biasanya kolam ikan outdoor tidak boleh berdekatan dengan pepohonan rindang berukuran besar, sedangkan posisinya harus berdekatan dengan sumber pencahayaan yang cerah.

Kalian bisa meletakkan kolam ikan di dekat lampu taman sehingga kamu tidak perlu menambah lampu di dalamnya. Penempatannya juga tidak boleh bersentuhan dengan sumber pembuangan air dari kamar mandi yang membuang kotoran manusia.

Pekerja

Kalian perlu memperhatikan para pekerja yang terlibat dalam pembuatan kolam ikan. Kamu harus memastikan mereka adalah spesialis atau ahli terhadap perancangan dan pembangunan kolam ikan.

Pasalnya, siapa saja yang tidak bisa memilih tukang bangunan yang piawai dalam membuat kolam ikan, dipastikan hasil rancangannya bakal asal-asalan bahkan jauh dari ekspektasi kalian. Oleh sebab itu, kamu bisa bertanya kepada kerabat yang pernah membangun kolam ikan.

Sementara itu, kamu harus memastikan apakah para pekerja tersebut menerapkan sistem harian atau borongan. Hal ini dikarenakan sistem pekerjaan yang diterapkan berdampak terhadap upah pekerjanya.

Apabila kamu mempunyai budget cukup tinggi, maka kalian bisa mengandalkan sistem harian. Namun, seandainya budget sangat terbatas disarankan pilih pekerja yang menerapkan kerja borongan karena gajinya lebih murah dan estimasi waktu pengerjaannya juga cepat.

Terkait:  Biaya Bikin Kolam Ikan

Contoh RAB Buat Kolam Ikan

  • Semen = 2 sak x Rp.40,000 = Rp.80,000.
  • Batu Bata Merah = 100 x Rp.400 = Rp.40,000.
  • Pipa Keni L = 7 x Rp.4,000 = Rp.28,000.
  • Pipa ¾ Inci = 5 x Rp.6,000 = Rp.30,000.
  • Lem Pipa PVC Isarplas = 1 x Rp.6,500 = Rp.6,500.
  • Pipa Keni T = 2 x Rp.3,750 = Rp.7,500.
  • Keramik Batu (30 x 30 cm) = 2 dus x Rp.55,000 = Rp.110,000.
  • Kuas Cat = 1 x Rp.5,000 = Rp.5,000.
  • Kaca 100 mm (80 x 40 cm) = 1 lembar x Rp.125,000 = Rp.125,000.
  • Damdex Pelapis Anti Bocor = 1 botol x Rp.58,000.
  • Lampu LED = 3 x Rp.40,000 = Rp.120,000.
  • Gaji Pekerja = 1 hari x Rp.150,000 = Rp.150,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.760,000.

Hal Penting Setelah Buat Kolam Ikan yang Harus Diketahui

Kami sarankan pembuatan kolam ikan memakai pasir putih, walaupun harganya lebih mahal namun kualitasnya lebih bagus dan mampu mempertahankan struktur dinding dan lantai sehingga tidak dapat rusak. Kalian juga harus membersihkan kolam ikan secara berkala tanpa menggunakan obat apapun.

Tujuannya supaya ikan-ikan bisa bertahan hidup lebih lama, sedangkan kualitas air nya semakin baik tanpa terindikasi bahan kimia yang mengancam keselamatan ikan maupun tanaman di sekitarnya.

Demikian informasi tentang biaya buat kolam ikan beserta contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang bisa kalian gunakan sebagai bayangan. Walaupun hasil perhitungan di atas terbilang minim, namun kalian harus menambah sedikit biaya untuk menutupi anggaran tidak terduga untuk memaksimalkan fungsi dan tampilan kolam ikan di rumah.

Kamu bisa menyiapkan budget mulai dari Rp.1 juta s/d Rp.2 juta demi mempunyai kolam ikan minimalis di pekarangan rumah. Pastikan pemilihan lokasi pembangunannya sesuai dan tidak merusak komponen lain terhadap estetika rumah kalian.

Related posts