Home » Biaya » Biaya Cetak Buku

Biaya Cetak Buku

Teknologi digital, mendorong berbagai macam perusahaan percetakan menghadirkan biaya cetak buku dengan harga yang terjangkau. Mulai dari cetakan kertas warna hitam putih saja, hingga berbagai macam warna atau istilah lainnya adalah full colour.

Pada dasarnya, salah satu pemicu kehadiran adanya paket biaya cetak yang cukup murah ini, berasal dari semakin canggihnya peralatan yang digunakan untuk mencetak. Otomatis, pekerjaan mencetak kini semakin terasa mudah dan cepat dilakukan.

Apa saja hal yang perlu diketahui sebelum mencetak buku?

Hal pertama adalah ukuran kertas yang biasa digunakan dalam mencetak sebuah buku. Umumnya, buku menggunakan ukuran kertas A5, B5, dan A4. Akan tetapi, sebagai pemesan, kalian juga berhak memberikan ukuran tertentu atau ukuran custom yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan diri sendiri.

Hal yang kedua, yaitu jenis kertas. Dalam hal ini, mulai dari jenis sampai dengan graman dari kertas yang dikehendaki, dapat kalian request ke tempat percetakan. Harga yang dikenakan, nantinya akan bervariasi tergantung dari jumlah cetakan serta gram dari kertas yang digunakan.

Selain itu, beberapa percetakan juga menyediakan layanan cetak online. Maksudnya, pemesan cukup mengirimkan soft file ataupun naskah yang ingin Anda print. Kemudian, isi kelengkapan biodata sesuai dengan format yang telah ditentukan.

Praktis kan? Lalu, berapa kira-kira biaya cetak buku yang perlu dikeluarkan saat ingin melakukan cetak buku sendiri, buku yasin, buku novel, atau buku- buku yang sudah berbasis ISBN? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Biaya Cetak Buku

Biaya cetak buku

Harga mencetak buku

1. Biaya cetak buku sendiri

Sistem dari cetak buku mandiri ini, salah stu contohnya adalah POD atau Print On Demand. Dimana artinya, percetakan akan melakukan produksi hanya disaat ada seseorang yang melakukan pemesanan.

Selain biaya yang dikeluarkan lebih hemat, cara ini juga dapat mengurangi penumpukan buku cetakan yang tidak terpakai di dalam gudang. Namun, buat kalian yang ingin mengadaptasikan sistem satu ini, ada ketentuan yang perlu dipenuhi.

Banyaknya eksemplar yang dicetak dengan sistem mandiri ini, minimalnya mencapai angka 100. Meskipun jumlah persyaratannya cukup besar, banyak masyarakat yang tertarik karena keuntungan dari hasil cetak buku tersebut ternyata jauh lebih unggul.

Contohnya, jika kalian mengambil pilihan biaya cetak buku sendiri, dengan jumlah 300 eksemplar. Anggap saja harga rata-rata perbukunya adalah Rp 25.000,- yang berisikan 100 halaman di setiap hasil cetakan buku dengan modal sebesar Rp 3.5000.000,-.

Maka, keuntungan bersih yang dapat kalian kantongi per bukunya sebesar Rp 15.000,-. Jika, perbukunya dijual dengan harga Rp 40.000,-. Setelah dikalkulasikan, apabila yang laris terjual di pasaran hanya sebanyak 100 buku saja, modal awal kalian sudah balik plus untung.

Nilai rupiah keuntungannya mencapai Rp1.500.000,- hanya untuk 100 buku saja. Bila yang laku setengah dari buku yang dicetak, yakni 150 eksemplar keuntungannya semakin bertambah sebesar Rp 2.250.0000,-.

Rata-rata biaya yang dihabiskan untuk mencetak buku menggunakan kertas A4 dan A5, sebagai berikut:

  • A4 HVS (regular/hitam putih) : Rp 190/ lembar
  • A4 HSSD (regular/ hitam putih) : Rp 216/lembar
  • A4 Artpaper (regular/hitam putih) : Rp 700/lembar

Sedangkan harga cetak warna untuk ukuran kertas A4, sebagai berikut:

  • A4 HVS : Rp 1.500/lembar
  • A4 HSSD : Rp 1.500/ lembar
  • A4 Artpaper : Rp 1.600/lembar

2. Informasi biaya cetak buku yasin

Beberapa kalangan masyarakat, ada yang sengaja memesan buku yasin melalui percetakan karena ingin mengcustom foto sampai dengan ucapan yang hendak disematkan ke bagian halaman depan buku. Sedangkan jika membeli, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Padahal, saat menggelar acara peringatan 100 hari ataupun 40 harian seseorang, keluarga yang ditinggalkan ingin setiap orang yang hadir merasakan ketulusan permintaan maaf ataupun mengenang beliau yang sudah berpulang dengan cara terbaik.

Sebagai upayanya, pihak keluarga akan membagikan buku yasin kepada para tamu yang turut mendoakan kepergian beliau. Nah, harga buku yasin juga bervariatif tergantung dari kualitas kertas yang digunakan, jumlah yang dicetak, serta desain yang diinginkan.

  • Buku yasin kombinasi dengan cover foto almarhum/almarhumah, dikenakan biaya paling sedikitnya Rp 48.000,- untuk hasil cetakan sebanyak 50 buku
  • Buku yasin dengan desain buludru kabulon maroon, sebanyak 192 halaman matte paper, per 50 piecesnya dibandrol sebesar Rp 55.000,-
  • Buku yasin model Beirut yaitu cover linen lengkap dengan pita pembatas buku, bagian isinya dijahit dengan benang, serta warna pada bagian sampulnya dibuat dari emas atau perak dengan jumlah halaman sebanyak 208, dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,- per 50 buku
  • Buku yasin dengan menggunakan hard cover yang berisikan bacaan tahlil arab dan latinnya, serta bagian sampulnya diprint dengan warna emas atau perak serta jumlah halamannya sebanyak 192 ini, dibandrol sebesar Rp 39.000 per 50 buku

3. Harga cetak buku novel

Novel pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis yaitu karya fiksi dan karya non fiksi. Karya fiksi menceritakan berbagai kejadian khayalan atau hasil dari imajinasi sang penulis yang dilebih-lebihkan. Sedangkan karya non fiksi, model penulisannya mirip dengan tulisan ilmiah.

Novel banyak digemari oleh kalangan remaja sampai dengan orang dewasa. Tapi, tahukah kalian novel-novel yang banyak beredar di toko-toko buku menghabiskan biaya berapa untuk sekali cetakannya? Supaya lebih jelas, berikut penjelasannya.

Biaya cetak novel secara satuan sudah termasuk jilid dan cover, dapat menghabiskan biaya sebesar Rp 13.000,- hingga Rp 16.000,- disesuaikan dengan ketebalan halaman dari novel tersebut.  Perinciannya dapat dilihat di bawah ini.

  • Ukuran kertas A5 Book Paper 57 gsm, dikenakan biaya Rp 90,- setiap halamannya.
  • A5 Book Paper dengan ketebalan kertas 72 gsm, setiap halaman dikenakan sebesar Rp 100,-.

Penulis novel yang mencetak bukunya sebanyak 20 buku dengan jumlah halaman sebanyak 80 lembar, finishingnya akan dibebankan sebesar Rp 18.200. Bila halamannya bertambah, maka biaya yang dikeluarkan juga semakin besar.

Masih dengan perumpamaan jika buku yang dicetak hanya sebanyak 20 buah saja. akan tetapi, halamannya bertambah menjadi 100 halaman, maka harganya menjadi Rp 20.100,-. Selanjutnya, jika halamannya 120 lembar, maka biayanya sebesar Rp 22.100,- .

Harga tersebuat akan semakin berkurang dengan seiring bertambahnya jumlah buku yang dicetak. Contohnya, dengan 80 halaman, tapi jumlah buku yang dicetak mencapai 30 buah, maka harganya menjadi Rp 17.800,-.

4. Harga cetak buku plus pengurusan ISBN

ISBN sendiri merupakan kepanjangan dari International Standard Book Number, dimana perannya sebagai kode unik yang berisikan identitas dari suatu buku. Umumnya, bisa terdiri dari 13 digit angka dalam satu judul buku yang telah disetujui oleh sebuah penerbit.

Legalitas ISBN dapat diurus terpisah setelah mencetak oleh sang penulis, atau langsung diurus bersamaan. Pihak percetakan biasanya menyediakan layanan tersebut bagi para penulis pemula supaya bukunya dapat segera terbit dan beredar luas di pasaran.

Biaya legalitasnya ISBN, umumnya dikenakan sebesar Rp 250.000,- terlepas dari biaya penyuntingan. Sebenarnya, biaya ISBNnya saja hanya berkisar Rp 50.000,-. Akan tetapi, harga Rp 250.000,- umumnya sudah lengkap beserta dengan percetakan serta biaya covernya.

Sekian pembahasan mengenai biaya cetak buku, mulai dari biaya cetak buku sendiri, biaya cetak buku yasin, biaya cetak buku novel, dan biaya cetak buku ISBN. Semoga bermanfaat dan jangan patah semangat untuk selalu berkarya di bidang kepenulisan.