Home » Biaya » Biaya Buat Rumah Sederhana

Biaya Buat Rumah Sederhana

Berbicara mengenai perhitungan biaya buat rumah sederhana, pasti kalian selalu mengikuti pembahasan kami sebelumnya dalam mengakumulasi anggaran bangun rumah. Bagaimana tidak, pembangunan sebuah hunian pribadi sebenarnya tidak selalu menghabiskan dana ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Hal ini dikarenakan setiap orang harus menentukan luas bangunan dan tanah, serta bahan baku apa saja yang bakal digunakan sejak perancangan awal sampai akhir.

Rumah sudah menjadi bagian penting yang dibutuhkan semua orang. Pasalnya, seseorang pasti membutuhkan tempat beristirahat dan kebutuhan lainnya setiap hari. Oleh sebab itu, kamu harus mempunyai rencana kepemilikan rumah dari sekarang.

Seseorang juga harus menentukan besarnya anggaran yang bakal disiapkan dalam merancang hunian idamannya masing-masing. Tak mustahil siapa saja bisa menghabiskan dana puluhan juta sampai miliaran rupiah.

Walaupun budget masih terbatas, ternyata kalian bisa membangun sebuah hunian idaman dengan tampilan sederhana. Kalian boleh membuat rumah satu lantai yang mempunyai satu atau dua kamar.

Selain itu, kamu tidak perlu membutuhkan bahan material terlalu banyak lantaran rumah sederhana jarang memakan anggaran besar. Beberapa orang penasaran dalam membuktikannya dimana kami pastikan kamu cukup habiskan dana puluhan juta untuk mewujudkannya.

Biaya Buat Rumah Sederhana

Biaya Buat Rumah Sederhana

Biaya Buat Rumah Sederhana

Jangan pernah berpendapat pembuatan rumah sederhana butuh anggaran besar. Kami akan menepis anggapan tersebut pada pembahasan ini. Bagaimana tidak, sebagian besar orang yang sudah mengikuti kami sejak awal sudah membuktikan pembangunan rumah biasa tidak pernah menguras kantong terlalu dalam.

Di samping itu, kamu bahkan berpeluang memiliki hunian idaman hanya dengan menyiapkan dana sebesar Rp.50 juta yang dianggap standar.

Kami tegaskan sebelum membangun rumah sederhana alangkah baiknya kamu menganalisa beragam aspek tertentu. Biasanya pemeriksaan bagian eksterior dan interior merupakan aspek utama dalam menentukan nominal akhir pembuatan rumah sederhana.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir lantaran anggaran akan tetap rendah sesuai ekspektasi. Di sisi lain setiap wilayah punya harga bahan material berbeda yang bisa saja lebih murah bahkan lebih mahal.

Biaya Buat Rumah Sederhana, Apakah Cukup dengan Uang Rp.50 Juta?

Berbicara seputar pembuatan rumah sederhana sebenarnya siapa saja punya peluang yang sama untuk memberikan hunian terbagi bagi setiap keluarganya. Kamu bisa mewujudkan punya rumah impian hanya dengan budget sebesar Rp.50 juta.

Terkadang pemikiran ini sangat aneh bahkan mustahil, tetapi kalian bisa menekan anggaran tidak penting supaya bisa buat rumah sederhana dengan biaya minim. Berikut merupakan informasi yang harus kamu tahu, antara lain :

Lokasi Lahan

Aspek utama dalam membangun rumah sederhana yang harus diperhatikan adalah lahan dan lokasinya. Hal ini dikarenakan calon pemilik rumah harus menyiapkan tanah sudah siap bangun dengan pembiayaan diluar RAB pembangunannya.

Oleh karena itu, kalian harus membeli nya sejak jauh hari supaya tidak mengganggu anggaran utama. Kami sarankan pilihlah lokasi lahan yang tidak terlalu strategis. Semakin bagus lokasinya, maka harga lahan bisa semakin meningkat.

Eksterior dan Interior Sederhana

Kalian ingin membuat rumah impian dengan dana rendah, bukan? Maka dari itu, aturlah perencanaan desain eksterior dan interior sederhana. Tak mustahil bahwa semakin sederhana konsep yang diusung, maka kamu bisa melihat hasil perhitungannya jauh lebih murah.

Di samping itu, kalian perlu menerapkan esensi rumah minimalis ke dalam hunian impian untuk memperoleh hasil maksimal. Jangan lupa pertimbangkan peralatan rumah dengan membeli benda penting saja.

Rencana Anggaran Cermat dan Hemat

Pastikan kalian sudah merencanakan anggaran dengan cermat dan hemat. Guna menekan biaya tidak penting, catatlah seluruh pengeluaran baik masuk atau keluar selama proses pembangunan berlangsung.

Bila rumah kalian dirancang oleh kontraktur, namun kalian dapat menyimpan catatan sendiri mengenai perkembangan bangunan hunian impian kamu. Selain itu, catatan tersebut akan berpengaruh terhadap RAB rumah sederhana yang bakal kalian perhitungkan nanti.

Upah Tukang Bangunan

Langkah awal dalam menentukan anggaran pembangunan rumah sederhana adalah melihat tukang bangunan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa seseorang harus memilih sistem kerja dari tukang bangunan yang diandalkan, yakni harian dan borongan.

Seandainya kamu memilih sistem harian, silakan sisihkan budget sebesar Rp.80 ribu s/d Rp.150 ribu. Di sisi lain pekerja borongan harus dibayar sebesar Rp.600 ribu s/d Rp.800 ribu per meter persegi.

Bahan Material

Jangan pernah melewatkan kalkulasi bahan material yang kalian gunakan. Banyak orang salah kaprah dalam menghitung anggaran bahan baku dalam pembuatan rumah sederhana.

Kamu harus tahu pembangunan rumah sederhana bertipe 21 dan 36 termasuk ke dalam golongan rendah. Hal ini dikarenakan desain dan ukurannya minimalis dan tidak terlalu besar. Kalian bisa menyiapkan uang untuk membeli bahan material secara keseluruhan sebesar Rp.20 juta.

Instalasi dan Perabotan

Kamu pasti membutuhkan pemasangan air dan listrik di rumah sederhana nanti, kan? Kamu bisa menyisihkan anggaran senilai Rp.5 juta. Kami juga menyarankan pembelian perabotan secukupnya sesuai kebutuhan.

Kalian cukup membeli peralatan rumah tangga yang bersifat primer seperti kompor, gas dan lainnya sesuai ruangannya masing-masing. Untuk akumulasi anggaran perabotan, biasanya kamu tidak akan menghabiskan budget lebih dari Rp.7 juta.

Biaya Lainnya

Tak menutup kemungkinan setiap orang seperti kalian bakal mengalami kendala atau sedang dalam kondisi darurat saat membangun rumah. Oleh sebab itu, kalian harus menyiapkan budget demi menutup biaya tidak terduga seperti berupaya menutup masalah pembangunan dan sejenisnya.

Di samping itu, anggaran tersebut bisa saja berupa peningkatan tampilan rumah seperti membangun taman, kolam sampai kebun. Untuk nilainya kalian cukup sisihkan uang sebesar Rp.3 juta.

Contoh RAB Rumah Sederhana

  • Bahan Material : Rp.20,000,000.
  • Instalasi dan Perabotan : Rp.12,000,000..
  • Upah Pekerja : Rp.100,000 x 3 = Rp.300,000 x 30 = Rp.9,000,000.
  • Biaya Lainnya : Rp.3,000,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.44,000,000.

Estimasi Waktu Buat Rumah Sederhana

Kami informasikan pembangunan rumah sederhana tidak pernah menghabiskan waktu berbulan-bulan. Pasalnya, setiap calon penghuninya harus menunggu selama satu bulan sejak perancangan awal hingga akhir.

Hal ini dikarenakan ukurannya tidak luas dengan jumlah ruangan lebih sedikit. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan matang sesuai contoh RAB yang bisa kalian gunakan sebagai bayangan dalam perencanaannya.

Manfaat Bangun Rumah Sederhana

Meski bentuk dan ukurannya berbeda dengan rumah mewah, namun hunian sederhana ternyata mempunyai manfaat besar bagi setiap pemiliknya. Bagaimana tidak, kamu bisa menempati seluruh ruangan bersama seluruh anggota keluarga kecil saat ini.

Di samping itu, rumah sederhana mampu memanfaatkan setiap sudut ruangan demi memaksimalkan aksen minimalis. Kalian bisa membangun taman sampai kolam ikan minimalis dengan budget rendah.

Demikian informasi tentang biaya buat rumah minimalis dengan perhitungan budget maksimal senilai Rp.50 juta. Kami pastikan akumulasinya sesuai dengan kebutuhan kalian tanpa harus mengeluarkan budget tambahan.

Meski begitu, setiap wilayah memasang harga bahan material berbeda dan kamu bisa bertanya kepada tukang bangunan dalam mencari toko bangunan yang menjual bahan baku berharga kompetitif. Pastikan kamu sudah memiliki catatan selama proses pembangunan berlangsung.