Biaya Buat Website

Belakangan ini mempunyai sebuah website sudah menjadi kebutuhan beberapa orang. Selain itu, seseorang menggunakannya untuk blog pribadi sampai toko online. Akan tetapi, sebagian besar kalangan seperti kamu pasti belum tahu berapa biaya buat website yang masih berlaku sampai sekarang.

Hal ini masih menjadi misteri dan dipertanyakan banyak orang yang ingin sekali membuat website untuk keperluan pribadinya, terutama pada sektor bisnis yang sedang digeluti.

Tak sedikit orang mengklaim bahwa biaya pembuatan website mampu menembus angka jutaan rupiah. Asumsi tersebut memang benar, bahkan banyak orang rela merogoh kocek sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk mendapatkan sebuah website dengan domain dan tampilan berbeda dengan portal serupa.

Oleh sebab itu, segalanya bergantung pada keinginan kalian sebagai pemilik website yang bakal mengelola dan mengembangkan semua kontennya dalam jangka panjang.

Untuk menjawab rasa penasaran kalian, silakan ikuti dan simak pembahasan ini sampai akhir. Kami akan mengulasnya secara jelas dan lengkap. Pastikan kamu sudah menyiapkan budget sesuai konsep website yang bakal dibuat.

Di samping itu, sebuah website memiliki beragam hal yang harus diperhatikan. Kalian tetap harus menyewanya dengan membayarnya setiap bulan agar URL dapat diakses semua orang, serta berdampak terhadap trafik yang semakin meningkat.

Biaya Buat Website

Biaya Buat Website
Biaya Buat Website

Untuk memaksimalkan potensi dari kebutuhan pribadi, bisnis sampai usaha yang sedang berjalan bahwa seseorang pasti memerlukan website sebagai penunjangnya. Maka dari itu, seseorang akan menghubungi jasa pembuat website dengan menerapkan desain, konsep sampai domain sesuai keinginan calon pemiliknya.

Di samping itu, biaya bikin website menyesuaikan dengan estimasi waktu dan tingkat kesulitan yang dialami ahli dalam menciptakannya. Kalian pasti mempunyai pertanyaan dalam pembuatan website. Banyak orang selalu berpikir apakah sebuah website butuh pengelolaan database khusus sampai situsnya perlu terintegrasi dengan layanan lain atau tidak.

Oleh karena itu, kalian pun harus memilih jasa pembuat website profesional yang berpengalaman. Tujuannya supaya kamu bisa mendapat harga kompetitif, serta website nya mempunyai desain dan domain bagus yang bisa dikelola terus menerus.

Biaya Buat Website, Mahal atau Murah?

Seandainya kamu ingin membuat website tanpa menguras kantong terlalu dalam, pastikan domain yang digunakan punya aksesibilitas tinggi. Biasanya website familiar dengan jumlah audience tinggi memiliki domain seperti .com, .net, .org dan lainnya.

Jangan lupa terapkan konsep menarik sesuai budget agar kamu dapat memaksimalkan anggaran dalam membayar harga sewa bulanannya. Berikut merupakan informasi tentang pembuatan website, antara lain :

Biaya Pembelian Domain

Domain adalah bagian penting dalam pembuatan website. Nama domain akan selalu dibutuhkan untuk memudahkan semua orang yang ingin mengakses website kalian tanpa harus menuliskan IP Address. Kalian cukup menghabiskan dana mulai dari Rp.20,000 s/d Rp.350,000 untuk membeli domain selama setahun.

Jumlahnya bergantung pada ekstensi domain yang kamu pilih. Gunakan domain populer seperti .com, .co.id, .id atau .net sehingga website dapat SEO Friendly di mata setiap pengunjung.

Biaya Menyewa Hosting

Harga bikin website akan meningkat drastis bila pemiliknya ingin web hosting dengan performa sempurna. Biasanya seseorang akan menemukan berbagai macam paket hosting di internet dengan harga bersaing.

Meski begitu, kalian tidak perlu habiskan uang banyak lantaran menyewa hosting bisa diwujudkan hanya dengan membayar dana sebesar Rp.30 per bulan. Jumlah tersebut berbeda dengan paket hosting menengah, hosting bisnis sampai dedicated server untuk akomodir website yang trafiknya besar.

Biaya Sertifikat SSL

Sertifikat SSL adalah komponen yang memberikan perlindungan keamanan data pribadi terhadap siapapun yang mengunjungi sebuah website. Sertifikat SSL juga bisa didapatkan lewat Let’s Encrypt secara gratis, namun peningkatan jaminan keamanan dan dukungan teknologi selalu dianjurkan bagi pemakaian Sertifikat SSL berbayar.

Kalian harus membayar dana sekitar Rp.150,000 hingga Rp.4 juta per tahun, sedangkan perbedaannya terletak pada jumlah domain sampai teknologi yang diterapkan.

Biaya Plugin

Apa itu Plugin? Plugin adalah tools add-on seperti template yang bisa dipasang atau lepas sesuai kebutuhan kalian. Tak bisa dipungkiri penggunaannya selalu dibutuhkan untuk meningkatkan fitur website.

Kalian tidak perlu melakukan instalasi semuanya, kamu bisa memasang Plugin tambahan yang dianggap perlu. Plugin terdiri dari berbagai macam seperti SEO, cache sampai statistik untuk memantai kunjungan para pengunjung terhadap website kalian.

Biaya Template

Template mempunyai keterkaitan dengan desain website. Apabila kalian adalah seorang blogger maupun web developer, kalian mampu merancang template website sesuai keinginan secara gratis. Namun, web developer pemula akan selalu dianjurkan menggunakan template versi gratis.

Pemakaian template juga bisa menghemat waktu dalam pembuatan website. Keberadaan template masih dianggap penting lantaran mampu meningkatkan tampilan website apapun yang kamu miliki.

Harga Buat Website Pribadi

Untuk membuat website pribadi rupanya seorang ahli akan meminta bayaran sekitar Rp.500 ribu sampai Rp.4 juta. Harga ini bergantung pada rangkuman data dari mayoritas perusahaan pembuatan website di Indonesia.

Setelah pembayaran selesai, maka kamu bisa memperoleh sebuah website dengan nama domain .com sekaligus hosting selama setahun. Di samping itu, segala hal mengenai spesifikasi hosting biasanya tergantung pada harga maupun pihak pengembang.

Harga Buat Website E-Commerce

Aplikasi belanja online yang semakin menjamur ternyata mempunyai website resmi masing-masing. Dalam pembuatannya ternyata membutuhkan budget cukup tinggi dibandingkan website pribadi. Pasalnya, sistemnya lebih kompleks agar konsumennya dapat memesan barang apapun sampai checkout.

Untuk membuat website e-commerce harus merogoh kocek paling sedikit sebesar Rp.10 juta sampai ratusan juta rupiah. Biaya tersebut meliputi domain, sewa programmer sampai web hosting.

Harga Buat Website Company Profile

Website company profile cenderung dimanfaatkan beberaoa orang dalam memaksimalkan citra profesional dalam dunia bisnis. Website ini mampu menaikkan popularitas sebuah perusahaan, serta mampu mempopulerkan sebuah brand.

Untuk mempunyai website tersebut kalian harus merogoh kocek sebesar Rp.5 juta. Biaya ini sudah termasuk ke dalam hosting HPCH, domain .com dan juga sertifikat SSL. Kalian cukup mengelolanya sesuai budget yang ditentukan.

Tips dan Trik Buat Website Sendiri

  • Tentukan jenis website yang bakal dibuat.
  • Pakai CMS (Content Management System).
  • Beli Hosting sesuai kebutuhan.
  • Gunakan Plugin dan theme gratis.
  • Lihat tutorial via YouTube.
  • Pelajari cara riset keyword.
  • Siapkan budget artikel.

Apakah Punya Website Menguntungkan?

Bagi siapa saja yang mempunyai pekerjaan tertentu bahkan mobilitasnya tinggi, silakan buat website pribadi sampai bisnis sesuai kebutuhan masing-masing. Era digital seperti sekarang membuat semua orang tidak bisa lepas dari penggunaan internet.

Keberadaan website bisa kamu manfaat untuk menyimpan beragam informasi penting mengenai dirimu sendiri sampai usaha yang sedang dikembangkan. Tak mustahil semua orang bisa mengakses dan mengunjungi website selama promosinya bagus.

Demikian informasi tentang biaya buat website beserta rincian harga sesuai jenisnya masing-masing. Kamu bisa membuat website dari harga Rp.500 ribu sampai ratusan juta rupiah sesuai kebutuhan saat ini.

Di samping itu, kalian harus memperhatikan setiap poin yang kami sampaikan di atas bila ingin membuat website mandiri. Pastikan anggaran website sudah disiapkan agar kamu dapat menghubungi developer terpercaya supaya mereka bisa memproses pembuatan website nya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...