Biaya cetak stiker

Biaya Cetak Stiker

Berbagai macam produk makanan dan minuman yang dijual di pasaran, pasti akan kalian temukan sebuah label yang sengaja dilekatkan pada bagian kemasan produknya. Label tersebut, berasal dari hasil proses printing. Tahukah kalian biaya cetak stiker itu berapa?

Sebelum membahas biayanya, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu kegunaan dari kehadiran cetak stiker. Cetak stiker pada dasarnya berfungsi dalam membantu menaikkan popularitas suatu merek atau brand dalam kegiatan marketing. Sasaran yang dituju, tidak lain adalah masyarakat.

Stiker juga dapat dianggap sebagai jati diri dari sebuah produk agar memiliki keunikan yang berbeda dari produk-produk serupa. Contohnya biskuit, banyak biskuit dengan segala macam rasa ditawarkan ke masyarakat. Bahkan, bentuknya dibuat semenarik mungkin.

Tapi, masyarakat dapat dengan mudah membedakan antara biskuit satu dengan biskuit lainnya meskipun memiliki kemiripan bentuk dan rasa. Hal tersebut, dikarenakan label yang melekat di kemasannya. Sudah faham kan? Lanjut ke pembahasan biaya cetak stiker.

Biaya Cetak Stiker

Biaya cetak stiker
Biaya cetak stiker

Apa yang dimaksud dengan biaya cetak stiker?

Biaya cetak stiker merupakan ongkos yang perlu dibayarkan oleh produsen barang ataupun pangan, ketika dirinya melakukan pemesanan cetak stiker untuk keperluan usaha yang dimilikinya. Pihak percetakan akan mengacu kepada 4 hal sebelum menentukan jumlah biaya.

Acuan pertamanya adalah ukuran label yang dikehendaki. Kemudian, jumlah atau kuantitas dari banyaknya permintaan percetakan stiker. Ketiga, bahan yang diinginkan. Hal yang terakhir dijadikan sebagai penentu, yaitu proses finishing.

Tambahan biaya, umumnya akan dikenakan kala adanya pengiriman hasil cetak ke daerah tertentu yang berada di luar jangkauan daerah dari tempat percetakan tersebut. Istilah mudahnya, disebut sebagai ongkos kirim. Biaya cetak label per lembarnya, ternyata murah.

Terkait:  Biaya Kirim Surat Lewat Pos

Harga cetak stiker label makanan

Proses percetakan label makanan, mirip dengan cara mencetak stiker pada umumnya. Hanya saja, material yang digunakan lebih diperhatikan serta sebisa mungkin tidak akan mempengaruhi atau ikut berinteraksi dengan makanan yang ada di dalam kemasannya.

Material-material yang digunakan untuk membuat label makanan, diantaranya ada HVS. Selain ekonomis, bahan satu ini tidak mampu menahan minyak ataupun air, seperti halnya kertas. Berikutnya, ada bahan Chromo dimana tampilannya yang mengkilap, tapi ekonomis.

Chromo mirip dengan HVS tidak terlalu tahan terhadap kandungan minyak ataupun air. Material vinyl glossy memiliki permukaan yang mengkilap dan terasa halus. Selain itu, keunggulannya yang mampu tahan terhadap kandungan minyak dan air pada makanan.

Selanjutnya, ada bahan vinyl matte dengan permukaannya yang halus namun tidak menampilkan kesan mengkilap. Bila dibandingkan bersama 3 bahan yang sebelumnya vinyl matte memiliki daya tahan lebih kuat terhadap minyak dan air.

Pemesan yang ingin menggunakan layanan cutiing sticker, tersedia dua macam pilihan, yaitu kiss cut dan die /pot cut. Potongan versi kiss cut ini, nantinya akan menyesuaikan bentuk dari stiker, namun potongan di bagian luarnya masih tersisa. Kemudian potongan jenis pond.

Pond, memberikan tampilan potongan yang sesuai dengan model atau bentuk dari stiker tanpa ada potongan di bagian luar yang tertinggal. Hasil potongan pond lebih digemari di kalangan masyarakat, pasalnya pemesan jadi tidak perlu repot-repot memotong lagi.

Harga cetak stiker per lembar

Umumnya, harga yang ditawarkan untuk cetakan stiker per lembarnya, mulai dari harga Rp 88,- Rp 8.000,- sampai yang paling mahalnya mencapai nominal Rp 14.000,- untuk ukuran stiker sebesar 45x 31 cm2. Harga Rp 800,- ini, berlaku untuk penggunaan bahan stiker kromo.

Terkait:  Biaya Kuliah S2 UGM

Rp 13.000,- bagi pemesan yang menginginkan stikernya dicetak menggunakan stiker vinyl. Lalu, bahan stiker transparan dikenakan harga sebesar Rp 14.000,- per 1 lembarnya. Tapi, kalian perlu ingat, harga yang telah disebutkan belum termasuk dengan cutting stiker.

Harga potongan, biasanya tergantung dari luas ukuran stiker dalam satuan cm2. Setiap 1 cm2 dikenakan biaya sebesar Rp 35,- rupiah saja. Oleh karena itu, ada  minimal jumlah pemesanan mencapai nominal harga Rp 75.000,-. Ukuran terkecilnya yakni 1,5 hingga 2 mm.

 

Warna-warna yang dapat ditangkap oleh mesin percetakan stiker ini, cenderung bersifat flat seperti warna biru, hijau, orange, kuning, merah, putih, dan masih banyak warna flat lainnya.

 

Harga cetak stiker logo

Logo ataupun label memiliki fungsi yang serupa, diantaranya adalah untuk meningkatkan kesasdaran masyarakat terhadap brand tertentu serta mempermudah sistem marketing suatu perusahaan. Bisa juga dijadikan sebagai penghubung dalam membangun kerjasama.

Mengingat keberadaan logo ini terasa sangat penting, banyak percetakan yang berusaha memberikan model logo terbaik yang sesuai dengan karakter yang ingin ditampilkan oleh sebuah perusahaan kepada publik.

Kini, selain banyak percetakan yang menyediakan pelayanan jasa membuat desain logo. Pemesanan juga dapat dilakukan secara online tanpa perlu mendatangi kantor percetakan secara langsung. Adapun ketentuan langkah pemesanannya dapat dilihat dibawah ini:

  1. Memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda di laman website resmi percetakan
  2. Memilih jenis dari bahan yang akan digunakan dengan stnadarisasi tertentu, Misalnya saja ceetakannya cukup memiliki kualitas standar saja atau eksklusif
  3. Langkah berikutnya, pemesan perlu melakukan upload desain. Bila tidak ada, silahkan gunakan template yang tersedia secara gratis
  4. Editing dilakukan secara online atau dapat juga menggunakan bantuan seorang editor desain supaya hasil cetakannnya semakin bagus
  5. Pembayaran dapat diproses melalui transfer bank atau via virtual account ke bank partner. Bisa menggunakan e-wallet atau memanfaatkan kartu kredit (jika tersedia).
  6. Hasil cetakan dapat langsung dikirimkan ke alamat pemesan atau dapat mengambil langsung ke tempat percetakan.
Terkait:  Biaya Cetak Emas Pegadaian

Jenis-jenis stiker label

Setelah mengetahui cara pemesanannya, berikut ada beberapa jenis stiker label yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan order. Jenis yang pertama ada stiker label segel, dimana bahan yang kerap dipakai adalah chromo, vinyl glossy, serta vinyl matte.

 

Jenis kedua hadir melalui stiker label lunch box. Harga yang dibandrol untuk jenis satu ini, mulai dari Rp 210,- dengan bahan yang digunakan yaitu chromo atau vinyl. Jenis ketiga masih terkait label makanan yakni stiker label food pail. Harganya mulai dari Rp 148,-.

Beralih ke model toples, stiker dikenakan tarif sebesar Rp 210,- dengan bahannya berbentuk persegi bisa jug menggukan ukuran custom. Selain toples, ada model cup yang dikenakan biaya mulai dari Rp 240,- terbuat dari bahan vinyl tanpa laminasi.

Pecinta kuliner pasti tidak asing lagi dengan kemasan paper bowl. Model ini, dikenakan harga sebesar Rp 148,-. Adapun pilihan bahan yang ditawarkan diantaranya chromo, HVS, hingga vinyl dengan penawaran cutting kiss atau die cut.

Model yang akan ditawarkan kali ini, cukup sering kemasannya digunakan untuk mengemas makanan sosis. Olahan daging yang dijadikan sosis ini, dipasarkan dalam keadaan siap makan atau perlu dimasak terlebih dahulu. Biaya cetak stikernya sebesar Rp 203,-.

Jenis lainnya masih banyak sekali tergantung dari pihak penyedia jasa percetakannya. Sekian informasi mengenai biaya cetak stiker, biaya cetak stiker label makanan, biaya cetak stiker per lembar sampai jenis-jenis stiker label. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Similar Posts