Home » Biaya » Biaya Cor Dak per meter

Biaya Cor Dak per meter

Membangun atau merenovasi rumah, ternyata tidak semata-mata mengeluarkan biaya dalam jumlah yang cukup besar. Namun, ada kalanya sang pemilik rumah menginginkan model tertentu supaya dirinya merasa nyaman. Tahukah kalian berapa biaya cor dak per meter?

Kali ini pembahasannya mengarah ke biaya cor dak. Dak sendiri, merupakan pemisah yang diaplikasikan ke dalam sebuah bangunan untuk memisahkan antara lantai satu dengan lainnya. Singkatnya, dak kerap digunakan pada bangunan bertingkat.

Terlepas dari berapa banyak tingkatan yang akan dibangun pada sebuah bangunan, semuanya menggunakan cor dak tersebut. Secara umum, cor dak dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari teknik pembuatannya.

Sebelum mulai membahas jenis dan biaya cor dak per meter yang sekiranya perlu dipersiapkan, mari ketahui terlebih dahulu apa itu cor dak per meter serta berapa biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan pengecoran dak. Penjelasan selengkapnya, simak dibawah ini!

Biaya Cor Dak per meter

Biaya cor dak per meter

Biaya cor dak per meter

Pengertian cor dak per meter dan biayanya

Cor dak per meter, merupakan metode pengerjaan dak dengan cara mengecor bagian lantainya berdasarkan hitungan kubikasi. Kontraktor, nantinya akan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebelum mulai menjalankan pengecoran.

Salah satunya, adalah menghitung bagian atap bangunan atau lokasi dimana tempat pembuatan cor dak akan dilakukan. Selain luas dimensinya, perhitungan juga dilakukan pada ketebalan area guna mengetahui kubikasi beton yang dibutuhkan.

Supaya lebih mudah memahaminya, anggaplah rumah tempat tinggal Anda memiliki atap dengan panjang 8 meter, lebarnya 10 meter, serta ketebalan yang dimilikinya 10 cm. Oleh karena itu, kubikasi yang dibutuhkan yaitu sebesar 8 x 10 x 0,1 = 8 m3.

Langkah berikutnya, melakukan pemesanan material bahan coran sesuai dengan teknik yang telah disepakati bersama dengan pemilik rumah. Supaya Anda lebih memahami jenis-jenis dari cor dak rumah, simak penjelasannya berikut ini.

1. Cor dak lantai beton per meter

Setiap daerah, pastinya memiliki patokan atau standar harga pengerjaan cor dak lantainya masing-masing. Hal tersebut, dipengaruhi oleh harga bahan material yang ada di daerah tempat pembuatan cor berlangusng. Selain itu, ongkos upah pekerjanya juga berbeda.

Misalnya saja, pekerjaan dilakukan di kota Jakarta akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan daerah Purwokerto dan sekitarnya. Mengapa demikian? Karena biaya hidup serta upah minimum regional atau singkatan dari UMRnya juga tidaklah sama.

UMR di Jakarta jauh lebih tinggi dari UMR yang diterapkan di daerah Purwokerto. Oleh karena itu, segala macam kebutuhan hidup sampai dengan bahan-bahan bangunan dijual di pasaran dalam nominal yang cukup mahal dibanding daerah yang masih tergolong pedesaan.

Pembahasan anggaran kali ini, akan dianggap dilakukan di daerah perkotaan khususnya di Ibu Kota Jakarta.anggap beton yang digunakan adalah jenis K300 atau bisa juga K225. Anda yang bingung arti dari jenis beton yang disebutkan, penjelasannya ada di biaya cor dak per m2.

Kisaran harga untuk pembelian beton K 300 per meter kubiknya, dikenakan biaya sebesar Rp 880.000,- . Sedangkan untuk beton kelas K225, dibandrol dengan harga yang lebih murah yakni Rp 840.000,- untuk satuan meter kubiknya.

Berikutnya, ada biaya bekisting serta pembelian besi untuk pengecoran dak lantai beton menggunakan kelas K225, dapat mencapai angka sebesar Rp 418.000,-. Lalu, bila dijumlahkan dengan upah pekerjanya, setiap meternya butuh uang hingga Rp 748.000,-.

Selanjutnya masih dalam pengerjaan cor dak lantai beton dengan varian kelas K300, upah pekerja dan kondektur per meternya dikenakan Rp 250.000,-. Kemudian, biaya bekisting plus besinya ada di angka Rp 418.000,-. Sehingga, totalnya menjadi Rp 753.000,-.

Biaya beton K300 seperti yang telah disebutkan diatas, berlaku untuk slump 12 ± 2 cm. Sama halnya dengan slump untuk beton kelas K225. Biaya keseluruhan dari pembuatan cor dak lantai beton ini, tergantung dari kualitas material yang dipakai selama proses pengerjaan.

2. Cor dak hebel per meter

Jenis cro dak hebel, dapat dengan mudah Anda temukan di aplikasi belanja online ataupun langsung bisa mendatangi kantor penyedia layanan pembangunan cor dak lantai. Sebagai contoh, biaya yang ditawarkan untuk daerah Malang, yaitu Rp 465.000,-.

Angka tersebut berlaku untuk pemasangan panel lantai citicon. Daerah Purwokerto, ditawarkan dengan harga Rp 510.000,-. Kemudian, Jakarta Pusatnya, biaya material hebel saja dikenakan tarif mencapai Rp 424.999,- belum termasuk ongkir dan upah pekerja.

Terlihat bukan, perbedaan harganya? Lanjut lagi ke daerah Jakarta Timur untuk hebel atau bata ringan yang telah mendapatkan sertifikasi SNI Multicon ini, dibandrol dengan harga Rp 485.000,-. Pengirimannya sendiri, berasal dari daerah Tangerang.

Bagi Anda yang berdomisili di area Tangerang, maka ada penawaran atau harga khusus yang bisa didapatkan karena pengirimannya tidak jauh masih berada di area yang sama dengan penjual hebel, yaitu Rp 430.000,- saja. Selain murah, pengantaran barangnya juga lebih cepat.

Pane lantai AAC yang dimaksud, merupakan sebuah reinforced beton berbahan ringan yang tersusun dari bahan-bahan baku bermutu tinggi melalui proses produksi yang didasarkan oleh teknologi Jerman. Keunggulannya juga sangat banyak, diantaranya ada:

  • Pengerjaan yang mudah
  • Tidak memerlukan bekisting
  • Memiliki daya tekan tinggi tapi ringan
  • Kerangka besinya dilindungi dengan coating anti karat
  • Memiliki insulasi suara yang bagus
  • Memiliki insulasi panas yang baik
  • Standar mutunya terpenuhi
  • Mudah dipindahkan atau dimobilisasi pada bagian tuangan yang terbatas
  • Pemasangan keramiknya dapat dilakukan diatas panel lantai

Akan tetapi, untuk model cor dak hebel ini, sebaiknya Anda memilih pekerja ahli karena banyak sekali bahan hebel yang dijual dengan kode-kode tertentu. Bila pekerjanya masih belum terlalu memahami hal tersebut, kemungkinan besar pengerjaan menjadi terhambat.

Biaya borongan dak beton per meter
Upah untuk pengambilan model borongan, memang terkesan jauh lebih mahal karena biaya yang dikeluarkan di awal pastilah sangat banyak. Tapi, sebenarnya hal tersebut jauh lebih hemat karena pihak pekerjalah yang akan mengatur uang tersebut supaya cukup hingga akhir.

Terlebih, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengatur konsumsi atau masalah makan para pekerja setiap harinya. Umumnya, dengan jumlah tertentu yang telah disepakati diawal, sudah termasuk dengan biaya makan. Jadi lebih praktis dan tidak perlu repot lagi.

Anda bisa mengungsi terlebih dahulu ke rumah sanak saudara atau tetap tinggal di rumah tersebut selama proses pengerjaan berlangsung. Itupun, bila pemilik rumah tidak merasa terganggu ataupun ruangan yang dikerjakan bukan kamar tidur.

Secara keseluruhan biaya borongan untuk upah per meter cor dak beton, dikenakan biaya sebesar Rp 250.000,- per meter perseginya. Anda dapat juga memberikan upah sebesar Rp 300.000,-. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya konsumsi pekerja.

Setelah membahas gambaran biaya cor dak per meter, cor dak lantai per meter, cor dak hebel per meter, dan biaya borongan dak beton per meter, Anda dapat memperkirakan biaya keseluruhan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan renovasi. Semoga bermanfaat.