Biaya Cabut Berkas Motor

Biaya Cabut Berkas Motor
Biaya Cabut Berkas Motor

Biasanya seseorang yang punya kendaraan bermotor akan pindah alamat antar kota maupun provinsi harus melakukan cabut berkas alias mutasi keluar. Tak bisa dipungkiri banyak orang bahkan kamu mungkin belum tahu berapa biaya cabut berkas motor yang harus disiapkan untuk mengurus semuanya.

Di sisi lain aktivitas tersebut bukan hanya mengesahkan sepeda motor yang kamu miliki sudah tidak berlokasi di wilayah sebelumnya, tetapi ada maksud tertentu lainnya.

Secara umum cabut berkas ini dilakukan bila terjadi transaksi jual beli kendaraan bekas dengan kendaraan serupa yang jauh dari wilayah domisili pembelinya, sedangkan informasi alamat kota atau provinsinya selalu tercantum pada Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kegiatan ini harus dilakukan supaya pemilik kendaraan baru bisa berkendara tanpa risiko tilang bahkan razia akibat memakai plat sampai dokumen diluar wilayah lain.

Beberapa orang pasti menilai mengurus mutasi kendaraan adalah sebuah hal rumit dan menghabiskan biaya bahkan waktu banyak. Kendati demikian, tidak sedikit orang selalu menyerahkan semua pengurusan dokumen kepada biro jasa berpengalaman demi mencegah masalah tertentu seperti pungli, calo dan sejenisnya.

Kalian juga harus mengeluarkan uang lebih banyak agar dokumen kendaraan dapat diurus sehingga kamu dapat memakai sepeda motor lebih nyaman.

Biaya Cabut Berkas Motor

Biaya Cabut Berkas Motor
Biaya Cabut Berkas Motor

Seseorang yang belum tahu semua persyaratan dan prosedur cabut berkas motor akan berpikir segalanya butuh biaya dan tenaga ekstra. Padahal, seandainya kamu tahu semuanya bahwa pengurusannya tidak serumit yang kalian bayangkan.

Terkait:  Biaya Masuk Ancol

Di samping itu, kamu pun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membayar tenaga biro jasa. Hal ini dikarenakan salah satu modal utama yang perlu kamu miliki dalam menyelesaikan semua proses cabut berkas motor adalah kesabaran.

Siapa saja harus sabar menunggu beberapa saat selama mengantre dengan orang lain. Di sisi lain kalian sebagai pemohon juga harus menyiapkan semua dokumen persyaratan, serta membawa sejumlah uang yang dibutuhkan bila harus membayar iuran tertentu.

Selain itu, kamu harus punya waktu luang dalam menyelesaikan semua proses cabut motor. Tak sedikit orang mengklaim sebagian dari mereka selalu resah akibat kurang sabar saat antre sehingga mengulang lagi dari awal.

Biaya Cabut Berkas Motor, Bagaimana Prosedur Lengkapnya?

Untuk memulai prosedur cabut berkas motor sejak awal sampai akhir memang butuh waktu ekstra. Hal ini dikarenakan setiap pemohon seperti kalian harus mengantre selama beberapa menit bahkan jam untuk mengurus, sekaligus menyelesaikan semuanya.

Jangan pernah meninggalkan salah satu dokumen persyaratan yang diminta pihak Samsat. Pastikan kamu sudah menyiapkan budget sesuai nominal yang dibutuhkan. Berikut adalah ulasan soal cabut berkas motor, yaitu :

Persyaratan Cabut Berkas Motor

  • E-KTP pemilik baru.
  • BPKB.
  • STNK.
  • Kwitansi pembelian kendaraan bermotor bermaterai Rp.6,000.
  • Apabila dilakukan instansi pemerintah, siapkan surat tugas asli bermaterai Rp.6,000 yang ditandatangani pimpinan, serta stempel asli instansi terkait.
  • Apabila dilakukan badan hukum, siapkan salinan akte pendirian, keterangan domisili dan surat kuasa bermaterai Rp.6,000 yang ditandatangani pimpinan dengan stempel asli badan hukum terkait.

Cara Cabut Berkas Motor

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah mendatangi Kantor Samsat. Petugas bakal menggesek nomor rangka dan mesin motor kalian.

Hasil gesekannya akan diserahkan kepada loket dengan berkas yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai nama kamu dipanggil, sedangkan petugas bakal mengembalikan semua berkasnya.

Terkait:  Biaya Transfer dari OVO ke Bank

Apabila semua berkas sudah dikembalikan, mulailah proses mutasi dengan mengunjungi bagian pelayanan mutasi kendaraan. Kamu bisa datang ke loket pendaftaran untuk meminta formulir mutasi dan balik nama.

Petugas akan meminta semua berkas yang sudah dilegalisir, serta diperiksa keseluruhan. Jika semuanya benar, maka kamu bisa mengisi formulir yang sudah diberikan.

Seandainya formulir sudah diisi, berikan kepada petugas untuk diperiksa ulang. Apabila semua sudah kamu isi, maka petugas bisa memberi tanda terima pembyaran registrasi mutasi motor. Kalian harus membayarnya dan mengambil tanda terima tersebut untuk mengambil berkas yang paling telat diagendakan selama lima hari ke depan.

Pada hari yang sudah ditentukan, silakan datang ke Kantor Samsat dengan membawa tanda terima pembayaran mutasi motor untuk mengambil semua berkas.

Kunjungi tempat pelayanan mutasi, berikan tanda terima dan tunggu beberapa saat hingga namamu dipanggil petugas. Begitu nama kamu dipanggil dan berkas diberikan, kamu akan diarahkan ke lokel fiskal untuk mengurus metode selanjutnya.

Jika kamu punya waktu lebih banyak, silakan datang ke Kantor Samsat bagian mutasi motor. Akan tetapi, kamu tidak harus memaksa diri bila sibuk dan kamu bisa mengurusnya pada hari berikutnya.

Kamu bisa datang ke bagian loket cek fiskal di kantor tersebut untuk melegalisir semua bekas yang sudah diambil dari kantor Samsat sebelumnya. Simpan bekasnya sampai nama kalian dipanggil petugas.

Apabila namamu sudah dipanggil, ambil berkasnya dan buat salinannya (fotokopi). Silakan bawa berkasnya ke loket mutasi dan berikan semuanya yang sudah kamu bawa termasuk BPKB asli. Petugas akan memerika berkas secara keseluruhan, sedangkan petugas akan mengembalikan BPKB asli dan lembaran kertas berupa tanda pembayaran STNK.

Terkait:  Biaya Ganti Oli Mobil

Cara Cabut Berkas Motor untuk Buat BPKB Baru

Kamu bisa datang pada hari yang sudah ditentukan dengan membawa tanda bukti pembayaran STNK. Di sisi lain kamu harus mengurus pembuatan BPKB baru atas nama diri kalian sendiri. Siapkan semua berkas yang dibutuhkan mulai dari salinan BPKB, salinan STNK baru, KTP, BPKB asli, salinan legalisir cek fisik sampai salinan kwitansi pembelian motor.

Kamu harus mengurus BPKB baru ke kantor polisi terdekat, sedangkan kamu pasti akan diminta datang lagi pada hari berikutnya untuk mengambil BPKB dengan persyaratannya berupa salinan KTP dan tanda terima. Jika nama kamu dipanggil, berikan tanda bukti dan fotokopi KTP, petugas akan menyesuaikan semua data sekaligus memberikan BPKB baru.

Berapa Biaya Cabut Berkas Motor?

Secara umum jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mengurus biaya cabut berkas motor masih berpacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Biasanya biaya cabut berkas motor membutuhkan biaya senilai Rp.150,000 dan biaya cabut berkas mobil sekitar Rp.250,000.

Berapa Biaya Mutasi Motor?

Kamu harus tahu bahwa biaya mutasi motor akan berbeda sesuai komponennya masing-masing, yakni SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (Rp.35,000), Penerbitan TNKB (Rp.60,000), Penerbutan STNK (Rp.100,000), Penerbitan BPKB (Rp.225,000), Penerbitan Surat Mutasi (Rp.150,000).

Selain itu, kamu perlu membayar Pajak Motor Kendaraan atau PKB yang menyesuaikan dengan jenis sepeda motor setiap pemohon, terutama bergantung pada tingkat kecepatannya.

Demikian pembahasan seputar biaya cabut berkas motor beserta prosedur dan persyaratan lengkap yang belum kamu tahu. Seandainya kamu berencana ingin mengubah domisili bahkan membalik nama layaknya mutasi kendaraan bermotor, maka kamu bisa mencatat atau menyimpan pembahasan yang kami berikan.

Pastikan kamu menyiapkan anggaran sesuai rincian di atas dengan memperhatikan jenis sepeda motor yang masih dimiliki sampai sekarang.

Related posts

Leave a Reply