Home » Biaya » Biaya Cuci AC

Biaya Cuci AC

AC atau Air Conditioner merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengatur suhu serta kelembapan didalam ruangan agar terasa lebih sejuk dan dingin. Pengaturan didasarkan pada kebutuhan penggunanya. Tahukah Anda berapa biaya cuci AC secara umum?

Sebelum menuju ke pembahasan biaya, ada sejarah yang perlu diketahui dibalik keberadaan AC di jaman modern saat ini.Ternyata, AC sudah mulai dikenal sejak masih  abad pertengahan. Tepatnya, ketika Romawi Kuno dan Persia sedang di masa keemasannya.

Lalu, muncullah seorang insinyur berkebangsaan Amerika bernama Willis Haviland Carrier yang memperkenalkan kepada seluruh dunia di tahun 1902 mengenai AC skala modern. Daya atau sumber energi untuk dapat mengoperasikan mesin AC Wills, membutuhkan aliran listrik. Berikut biaya cuci ACnya!

Biaya Cuci AC

Biaya Cuci AC

Biaya Cuci AC

Biaya cuci AC rumah

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa cuci AC, memberikan penawaran service terbaiknya. Tidak hanya membersihkan AC saja, mulai dari perbaikan, pengecekan freon AC, bongkar pasang, hingga jual-beli AC baru maupun bekas.

Pengerjaan seluruh layanan yang telah disebutkan, dilakukan oleh orang-orang atau teknisi yang berpengalaman di bidangnya. Oleh karena itu, pelanggan dapat merasa aman tidak perlu khawatir AC rumah Anda akan semakin tidak beres ataupun rusak.

Selain memberikan kualitas pelayanan, ada perusahaan yang secara gratis memberikan garansi kepada para pelanggannya. Mengapa garansi ini ditawarkan? Dengan adanya garansi, maka secara tidak langsung hubungan diantara kedua belah pihak dapat terjalin lebih erat lagi.

Terlebih, hubungan kepercayaan. Lama waktu garansi yang diberikan oleh perusahaan, umumnya akan berbeda-beda. Mulai dari 7 hari sampai dengan 30 hari tergantung dari kebijakan perusahaan yang memberikan pelayanan. Biaya cuci AC ini, ternyata cukup murah.

Kisaran harganya mencapai Rp 60.000,- sampai dengan paling mahalnya Rp 80.000,-. AC rumah Anda yang tadinya sangat kotor, akibat kotoran maupun debu yang menempel sudah tebal akan dibuat kembali bersih layaknya ketika membeli AC baru.

Sirkulasi udara di rumah Anda, dapat terasa kembali lebih segar dan tentunya tidak perlu kahwatir akan mengganggu sistem pernafasan. Karena AC sudah kembali bersih, jadi dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selanjutnya, mari bahas satu merek AC yang terkenal.

Ya, merek tersebut adalah Sharp. Selain terkenal di Indonesia, merek satu ini sudah banyak digunakan oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia. Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh AC dengan merek Sharp, bisa Anda simak penjelasannya dibawah ini:

  • LED yang tercantum di mesin ACnya besar, sehingga penunjuk suhu dapat terlihat dengan jelas
  • Garansi untuk kompresornya sendiri, oleh pihak pengelola Sharp ditawarkan dalam kurun waktu yang lama, yaitu 10 tahun
  • Bagian kompresor dilengkapi dengan adanya penutup atau cover kabel yang lebih aman karena sistem perlindungannya ekstra
  • Daya listrik hemat, sebesar 350 watt setiap kali pemakaian
  • Harga beli AC jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan merek lainnya
  • Terdapat fitur tambahan turbo
  • Kipas AC akan tetap beroperasi meskipun AC sudah Anda matikan, supaya sisa air dan angin yang tertinggal didalam mesin dapat terbuang secara menyeluruh.

AC merek Sharp menerapkan teknologi Plasmacluster terbaru yang menghadirkan kualitas udara serta kinerja mesin yang semakin baik. Adapun teknologinya, berupa ion Plasmacluster. Sehingga, bakteri dan virus yang berkembang dan tumbuh di udara dapat diminimalisir.

Cara kerja dari teknologi ini, mengeluarkan semburan plasma yang didalamnya mengandung air dan oksigen untuk memenuhi udara didalam ruangan Anda. Setiap udara yang dihasilkan juga terdapat ion positif dan negatif dalam skala besar. Sehingga, ruangan terasa lebih segar.

Biaya cuci AC yang umumnya ditawarkan ke masyarakat, berkisar Rp 65.000,- sampai dengan Rp 80.000,- untuk merek Sharp. Tarif cuci untuk merek AC lainnya, tidak jauh berbeda. Kisaran nominal harga yang telah disebutkan, sudah termasuk dengan masa garansi.

Biaya Cuci AC dan Isi Freon

Tahukah Anda? bahwa tarif yang dikenakan dalam jasa layanan cuci AC akan berbeda-beda tergantung dari jenis PK ACnya. Sebagai contoh, service cuci untuk AC dengan PK 0,5 hingga 1 ditawarkan seharga Rp 65.000,-.

Kemudian, PK 1,5 sampai dengan 2, harga cucinya mencapai Rp 70.000,-. Semakin tinggi PK AC yang Anda miliki, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi Anda menggunakan bantuan dari jasa layanan cuci AC para tenaga ahli profesional.

Anda juga dapat melakukan pengisian freon, bila dirasa mesin AC sudah tidak bekerja secara maksimal. Secara umum, harga yang ditawarkan untuk tambah freon R 22 untuk 0,5 hingga 1 PK adalah Rp 150.000,-. Jika dijumlahkan dengan biaya cucinya menjadi Rp 215.000,-.

Sedangkan tarif tambah freon untuk R22 jenis PK 1,5 hingga 2, dikenakan sebesar Rp 200.000,-. Bila ditambahkan dengan biaya cucinya, maka nominal yang perlu Anda siapkan yaitu sekitar Rp 270.000,-. Tarif freon R32atau R 410 untuk 0,5 sampai 1 PK cukup mahal.

Biayanya dapat mencapai nominal Rp 200.000,-. Angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan PK AC yang dimiliki. PK 1,5 hingga 2 dikenakan tarif sebesar Rp 250.000,-, lalu biaya pengisian freon bukan tambah freonnya yakni berkisar Rp 350.000,-.

Pelanggan yang ingin menambahkan pipa freon atau las sambungan, dikenakan tarif sebesar Rp 100.000,- per titiknya. Paket layanan las perbaikan kebocoran pada pipa ditambah dengan pengisian freon, nominal yang harus dibayarkannya berkisar Rp 500.000,-.

Ada paket yang lebih lengkap lagi, yaitu pengecekan AC ++. Diberikan tanda ++ ini, bukan tanpa sebab, melankainkan pelanggan dapat leluasa menambahkan pelayanan jasa lainnya tanpa dikenakan tambahan biaya lagi. Keseluruhan tarifnya berkisar Rp 750.000,-.

Penjelasan layanan servis cuci AC

Layanan servis satu ini, termasuk kedalam jasa yang bertujuan untuk memastikan kebersihan AC dari segala kotoran yang menempel di bagian luar hingga dalam mesin AC. Jenis perawatan ini, kerap dimanfaatkan oleh mereka yang memakai AC di kantor atau rumah.

Selayaknya mesin pada umumnya, AC juga membutuhkan perawatan supaya tidak mudah rusak dan dapat bekerja hingga kurun waktu yang lama. Bila tidak dilakukan perawatan, kemungkinan besar AC yang digunakan secara terus menerus akan mudah rusak.

Debu yang menempel di AC, mengakibatkan sirkulasi udara yang dihasilkan oleh mesin terhambat. Sehingga, udara yang dikeluarkan tidak lagi terasa dingin. Jika dibiarkan berlarut-larut komponen mesin AC lainnya akan turut mengalami kerusakan.

Pemilik AC, perlu mengetahui waktu ideal yang digunakan untuk  melakukan perawatan minimalnya cuci AC. Waktu yang dimaksud adalah mulai dari 3 sampai denagn 4 bulan sekali tergantung dari tingkat intensitas penggunaan serta kadar polusi dalam ruangan.

Lalu, penambahan freon disini, dilakukan ketika udara yang dikeluarkan oleh AC dirasa tidak dingin lagi. Tambah freon dianjurkan dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Terlepas dari seringnya pemakaian AC ataupun kondisi debu yang ada dalam ruangan.

Setelah mengetahui biaya cuci AC, biaya cuci AC rumah, biaya cuci AC dan freon, hingga penjelasan layanan servis AC. Semoga pembaca dapat semakin sadar akan pentingnya melakukan perawatan AC yang Anda miliki. Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya.