Home » Biaya » Biaya Custom Motor Japstyle

Biaya Custom Motor Japstyle

Custom  motor, sudah bukan menjadi hal yang asing lagi di dunia otomotif. Keunikan yang dihasilkan dari rancangan buatan tangan ini, membuat motor terlihat semakin berbeda dibandingkan sebelum dimodifikasi. Tahukah Anda berapa biaya costum motor japstyle?

Secara harfiah, custom berawal dari kata customize yang memiliki arti menyesuaikan.Oleh karena itu, custom dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau suatu hal penyesuaian dari adanya keinginan, karakter, atau juga fungsi tertentu.

Secara garis besar, custom merupakan keadaan dimana seseorang akan membuat dan mangubah sesuatu hingga sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan dari sang pembeli, pengguna, serta spesifikasi yang dipesan oleh individu tertentu. Itulah custom. Berikut biaya custom motor japstylenya.

Biaya Custom Motor Japstyle

Biaya custom motor japstyle

Biaya custom motor japstyle

Biaya custom motor japstyle

Modifikasi japstyle adalah suatu aliran yang terfokus pada modifikasi atau merubah sepeda motor yang diadaptasi dari negara Jepang atau kerap disebut sebagai negara sakura. Oleh sebab itu, dinamakan dengan japstyle, karena singkatan dari Japannese style.

Keunikan yang terpancar dari model japstyle ini, terletak pada bagian tangki motor yang tampak seperti semi trail. Kemudian, model joknya secara umum diperuntukkan bagi para single driver.Karena, rancangan dari bentuk jok tidak pas jika digunakan untuk berboncengan.

Selain karena jok yang kurang tebal atau cenderung sengaja dibuat tipis ini, posisinya juga berada di bawah tangki motor. bila digunakan untuk dua orang, maka otomatis orang yang berada di belakang pengendara akan merasa tidak nyaman.

Kisaran harga bagi para pecinta modifikasi motor aliran japstyle, biaya yang perlu dipersiapkan kurang lebih mulai dari Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 15.000.000,-. Semakin detail hasil modifikasinya, maka harga yang dikeluarkan tentu akan semakin besar.

Harga yang telah disebutkan, belum termasuk dengan jasa mekanik yang mengcustom motor Anda. Sehingga, bila dijumlahkan dengan jasa modifikasinya dapat mencapai nominal Rp 25.000.000,- atau bahkan lebih. Contoh motor yang kerap dimodif japstyle, yakni Honda CB.

Biaya modif japstyle Megapro

Tarif modifikasi japstyle terbaru untuk motor megapro ini, ditawarkan dalam bentuk paketan. Beberapa paketan tersebut diantaranya, paket body japstyle full set dengan kisaran harganya mencapai Rp 2.700.000,-. Lalu, paket hematnya sendiri berkisar Rp 2.184.000,-.

Berikutnya, hadir paket japstyle Honda new Megapro monoshock dan verza dengan penawaran yang terbilang cukup murah, yaitu Rp 3.833.000,-. Toko yang menawarkannya, berada di daerah Yogyakarta. Berbeda lagi tawaran harga yang ada di daerah Jakarta Selatan.

Toko yang berlokasi di Jakarta Selatan, menawarkan paket modifikasi full set japstyle custom TRIUMH untuk GL, Megapro, dan Thunder 125. Harga yang ditawarkan oleh pihak pengelola tokonya adalah Rp 7.410.000,-. Belum termasuk dengan biaya perakitan.

Ada harga paketan murah yang berasal dari toko berlokasi di daerah Sidoarjo. Paket custom Rep XSR japstyle klasik Byson scorpio Tiger Megapro dan cocok juga untuk jenis motor lainnya ini, ditawarkan sebesar Rp 1. 599.000,-. Hanya saja, stock di toko tidak selalu ready.

Perlu dilakukan pre-order terlebih dahulu ketika memesan spare part perlengkapan modifikasi aliran japstyle satu ini. Disamping karena harganya yang sangat miring, kualitas barangnya juga sudah terjamin. Jadi tidak heran, banyak peminatnya.

Biaya custom motor japstyle Thunder 125

Motor basis Thunder 125 cc ini, bila dimodifikasi umumnya akan menggunakan aliran japstyle. Seorang pemilik D garage custom, menjelaskan bahwa kisaran harga untuk mengganti model motor Thunder 125 mulai dari Rp 8.000.000,- hingga Rp 10.000.000,-.

Kisaran angka tersebut, sudah termasuk bersahabat bagi para muda mudi yang masih berstatus sebagai pelajar. Oleh karena itu, D garage custom biasanya tetap menggunakan pelek asli bawaan dari Thunder 125. Mengapa? Supaya budgetnya tidak melonjak tinggi.

Harga bahannya sendiri, ditaksir hanya berkisar Rp 3.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-. Mesin kendaraan juga masih bagus dan layak untuk dikendarai di jalan raya. Bentuk mesin Suzuki Thunder ini sangat khas. Selain klasik, modelnya menyerupai motor-motor keluaran Inggris.

Akan tetapi, motor Thunder tidak cocok digunakan bagi para pengendara yang senang melaju dalam kecepatan tinggi. Hal tersebut, dikarenakan mesin kendaraan yang kurang prima tidak seperti motor ninja ataupun jenis motor sport lainnya yang kerap digunakna untuk mengebut.

Mesin Thunder 125, memang tergolong sebagai motor dengan mesin yang tidak terlalu bertenaga. Sehingga, pengguna sering memanfaatkannya untuk sekedar menikmati pemandangan ataupun santai bersama orang-orang dari klub Thunder lainnya.

Biaya custom motor scorpio

Bila dihitung secara menyeluruh, kemungkinan estimasi biaya yang perlu dipersiapkan untuk memodifikasi motor scorpio menjadi japstyle, kurang lebih senilai Rp 2.400.000,-. Bila mengincar paket body japstylenya saja, biayanya hanya sebesar Rp 221.000,-.

Tampilan yang sangat menyiratkan kesan klasik dari scorpio ini, bisa Anda dapatkan dengan modal Rp 8.000.000,- sudah termasuk dengan biaya mekaniknya. Motor CB berbahan mesin Yamaha scorpio 223 cc, dapat Anda jual kembali dengan harga Rp 10.000.000,-.

Itupun, berlaku untuk motor dengan keluaran tahun 2006 disertai dengan kelengkapan berkas yang dibutuhkan oleh pengendara motor. Mulai dari stnk sampai dengan bpkb kendaraan juga akan diberikan nantinya kepada pembeli. Pastikan juga mesin bekerja secara maksimal.

 

Pengecekan sebelum dijual setelah dilakukan modifikasi ini, bertujuan agar pembeli tidak melakukan penawaran harga yang terlalu rendah apalagi sampai dirasa tidak masuk akal. Sehingga, kedua belah pihak tidak akan merasa ada yang dirugikan.

Mesin dari motor Yamaha Scorpio, ternyata cukup tangguh. Cara modifikasi ke japstylenya juga tidak terlalu rumit. Hal yang pertama kali diperhatikan adalah pemotongan pada bagian rangka belakang kendaraan. Tangkinya sendiri, harus diganti dengan tangki custom.

Tangki custom yang kerap digunakan yaitu model Triumph. Tangki model ini, merupakan keluaran pabrik Italia dengan konsep vintage atau lebih condong ke motor di jaman peperangan.Setelah tangki, modifikasi dilakukan pada bagian depan kendaraan.

Head lamp bawaan motor Scorpio juga perlu digantikan dengan model baru head lamp dengan bentuknya yang bundar. Cara ini, dilakukan untuk membuat kesan klasik semakin menguat di motor modifikasi Anda.

Dalam rangka meningkatkan kenyaman pengendara ketika melalui track-track ekstrim, pengendara juga dapat menambahkan spare part shockbreaker Yamaha Byson PNP Honda. Posisi pemasangan dari shockbreaker, dapat dipasang di bagian depan dan belakang motor.

Ukuran shockbreaker klasik yang cocok digunakan untuk custom japstyle, umumnya menggunakan ukuran 340. Bagian jok ataupun tempat duduknya, disarankan dimodifikasi dengan menggunakan busa empuk serta dibalut dengan kulit tebal.

Varian warnanya bisa disesuaikan dengan warna body motor ataupun keinginan dari sang pemilik kendaraan. Ban belakangnya, sebaiknya menggunakan ukuran SB135 400-450-17. Gas buang yang umumnya dikeluarkan melalui knalpot, dapat dicustom dengan suara besar.

Budget modifikasi Scorpio ini, minimalnya Rp 8.000.000,-. Nominal ini, sudah termasuk dengan pembelian kebutuhan modifikasi. Mulai dari tangki custom, jok, ban, shockbreaker sampai dengan keperluan lainnya menghabiskan biaya Rp 3.500.000,- hingga Rp 5.000.000,-.

Sekian pembahasan mengenai biaya custom motor japstyle, biaya modif japstyle Megapro, biaya custom motor japstyle Thunder 125, hingga biaya custom motor Scorpio. Semoga bermanfaat dan tetap utamakan keselamatan diri Anda selama berkendara.