Home » Biaya » Biaya Daftar Grab

Biaya Daftar Grab

Berbicara mengenai platform di era modern seperti saat ini. Pasti banyak hal yang terlintas. Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin canggih, semakin banyak perusahaan yang berusaha menawarkan kemudahan hanya melalui aplikasi saja. Salah satunya adalah grab. Biaya daftar grab terbilang murah.

Grab termasuk kedalam salah satu perusahaan atau platform yang bergerak di bidang pelayanan jasa masyarakat. Awal kemunculannya, oleh masyarakat dikenal dengan grabtaxi. Platform satu ini, bukan buatan anak bangsa berbeda dengan perusahaan saingannya gojek. Baca juga informasi lengkapnya di gojek.

Bermarkas di Singapura, tidak membuat kehadirannya di Indonesia menjadi redup. Bahkan, dapat dikatakan persaingan diantara kedua platform grab vs gojek sangatlah ketat. Selain memberikan pelayanan di bidang transportasi, pembayaran tagihan hingga pesan makanan.

Pihak grab juga selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru untuk memberikan kepuasan kepada para pengguna. Layanan jasa grab rent untuk kalian yang ingin menyewa kendaraan, ada juga layanan grab mart dan masih banyak lagi. Lalu, berapa biaya daftar grab?

Biaya Daftar Grab

Biaya daftar grab

Biaya daftar grab

Biaya daftar grab

Kantor grab, tidak memberikan nominal tertentu bagi masyarakat yang ingin mendaftar dan bergabung menjadi mitra ojol grab. Dapat dikatakan, biaya pendaftarannya gratis atau tidak dipungut sepeserpun. Oleh karena itu, para pendaftar jangan sampai tertipu oleh pihak lain.

Setelah mengetahui biaya pendaftaran yang gratis, mari beralih ke persyaratan yang wajib dipatuhi serta ditaati oleh para calon pendaftar. Pertama, mulai dari persiapan berkas-berkas untuk memberikan informasi kepada pihak kantor grab mengenai data diri pribadi kalian.

Apa saja berkas yang perlu kalian persiapkan dan serahkan ketika mendatangi kantor grab sebagai pelamar ojol? Berikut penjelasannya!

1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

Penting bagi seorang pelamar ojol grab, memiliki status sebagai warga negara di Indonesia. Bukan sebagai turis atau bahkan orang yang terkena deportasi dan tidak memiliki status kewarganegaraan di negara manapun. Bukannya rasis, pihak grab berniat membantu WNI.

Selain itu, persyaratan satu ini memudahkan kantor mengakses data diri karyawannya dan terikat oleh hukum yang berlaku di negara Indonesia. Sehingga, bila ada sanksi yang diberikan kepada ojol, hukumannya  disesuaikan dengan pasal dan kebijakan kantor grab.

Secara umum, batasan usia yang diperbolehkan oleh pihak grab dalam melamar pekerjaan dan menjadi mitra keluarga grab, yaitu mulai dari 21 tahun sampai dengan 55 tahun. Rentang usia tersebut, dianggap sudah bukan usia remaja dan mampu bertanggung jawab penuh.

Baik itu untuk dirinya sendiri maupun penumpang atau pemesan yang melakukan order melalui aplikasi. Disamping itu, usia maksimal 55 tahun ini, agar tidak dianggap eksploitasi tenaga kerja yang nantinya dapat melanggar peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan.

Angka 50 tahun ini juga, diketahui kondisi fisiknya sudah dapat dikatakan tidak lagi begitu prima. Oleh sebab itu, pelamar ojol dengan usia 55 tahun, perlu melampirkan surat kesehatan yang telah ditulis langsung oleh dokter. Supaya pihak grab dapat mempertimbangkan kembali.

2. Dokumen kendaraan yang lengkap

Dokumen seperti STNK sangat penting dimiliki oleh para pengemudi ojol. Hal tersebut, selain untuk menghindari terkena tilangan polisi, memastikan bahwa kendaraan yang dipakai untuk bekerja sebagai ojol, bukan hasil dari curian atau tindak kriminal lainnya.

Bila memilih mendaftar sebagai ojol grab bike, maka motor yang boleh dipergunakan harus keluaran minimalnya tahun 2008. Di bawah tahun tersebut, secara otomatis Anda akan tersingkirkan dari tahapan seleksi. Kemudian, pendaftar yang memilih layanan grab car.

Mobil yang digunakan untuk membawa penumpang, minimalnya merupakan keluaran tahun 2011. Adapun batas kapasitas paling rendahnya yaitu 1200 cc. Sedangkan pemilik mobil Ayla atau sejenisnya dengan kapasitas dibawah 1200 cc tersebut, masih dapat keringanan.

Pastikan juga ketikan menyerahkan berkas, bahwa kendaraan kalian pajaknya tidak mati atau aktif. Malahan, terkadang ada beberapa kondisi yang membuat pelamar justru mendapatkan kendaraan sementara yang diberi pinjam oleh pihak kantor grab. Tentunya, untuk mengemudi.

Akan tetapi, kalian jangan terlalu berharap demikian. Biasanya juga, kendaraan pinjaman dari pihak kantor akan dikenakan biaya sewa, sehingga hasil yang telah diperoleh secara otomatis akan dipotong dan pendapatan kalian menjadi semakin rendah.

3. Identitas diri yang masih aktif

Kartu identitas disini adalah KTP dan SIM. Keduanya sangatlah berperan penting dalam proses mendaftar sebagai mitra grab. kalian juga perlu melampirkan foto SIM dalam kondisi yang jelas dan tidak buram. Contohnya SIM C untuk driver grab bike dan SIM A grab car.

4. Surat kelakuan baik atau SKCK

Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyaman bagi para penumpang, kantor grab memberlakukan pendaftaran yang dilampirkan dengan surat keterangan catatan kriminal kepolisian atau SKCK. Sering juga oelh masyarakat disebut sebagai surat kelakuan baik.

Berikutnya, pelamar ojol juga wajib memiliki smartphone dengan minimal RAMnya sebesar 1 GB serta memiliki akun google. Setelah semuanya beres, pastikan juga kalian mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik selama menjalankan pekerjaan sebagai ojol.

Daftar grab car dan grab bike

Pelamar yang berhasil lolos seleksi pemberkasan, dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya. Adapun tahapan tersebut adalah pelatihan. Kantor grab mewajibkan kepada seluruh calon mitranya menjalani pelatihan. Biaya pelatihan ini, sebesar Rp 100.000,- per orangnya.

Mengapa perlu membayar dengan nominal Rp 100.000,-? Karena, ketika calon mitra telah menyelesaikan masa pelatihannya dan dinyatakan berhasil. Maka, dirinya akan mendapatkan helm dan jaket dengan logo khusus dari grab untuk dipakai ketika mengambil orderan.

Istilah lain dari kegiatan pelatihan yang diterapkan oleh kantor grab adalah safety riding test. Fungsinya, memastikan bahwa pengemudi akan mengemudikan kendaraannya sesuai dengan rambu-rambu lalu lintas serta dapat mengedepankan kemanan dirinya dan penumpang.

Pelatihan umumnya dillaksanakan bukan di kantor utama melainkan di kantor cabang terdekat daerah tempat kalian mendaftar diawal. Jadwal pelatihan akan diberitahukan melalui SMS. Berbeda lagi dengan tes yang dijalani oleh calon driver grab car.

Selama pelatihan, biaya yang tadinya perlu dikeluarkan sebesar Rp 100.000,- tidak berlaku untuk pengemudi grab car. Seluruh tes akan dilakukan secara online. Driver juga tidak dituntut memakai jaket berlogo grab ataupun mengecat kendaraannya dengan logo khas grab.

Kapan pendaftaran grab dibuka?

Pertanyaan ini juga sering dilontarkan oleh masyarakat yang berminat menjadi mitra grab. Perlu kalian ketahui, kantor grab membuka lowongan pekerjaan di setiap daerah hampir setiap harinya. Kalian dapat langsung bertanya ke kantor cabang grab terdekat.

Selain itu, mulai tahun 2021, Grab menggunakan layanan perlindungan dari PT Futuready Insurance Broker (FIB) untuk memberikan pelayanan asuransi kepada para mitra driver.  Syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

  • Aktif sebagai mitra dan memiliki data valid pada platform grab dalam kurun waktu 24 jam terakhir
  • Berada dalam kondisi sedang manjalankan tugas ketika insiden berlangsung
  • Menggunakan kelengkapan grab secara lengkap sesuai standar dari SNI
  • Berkas mulai dari KTP , SIM dan STNk semuanya valid serta tidak kadaluwarsa
  • Perjalanan dilengkapi dengan adanya booking code

Itulah beberapa informasi yang dapat dibahas pada kesempatan kali ini mengenai biaya daftar grab, daftar grab car dan grab bike hingga pertanyaan kapan pendaftaran grab dibuka. Semoga bermanfaat dan selalu jaga keselamatan diri kalian ketika berkendara.