Cara Cek

Cara Cek FUP IndiHome

Apakah kamu pelanggan setia IndiHome? Barangkali kamu belum tahu cara cek FUP IndiHome yang mana semua penggunanya akan selalu diberikan batas pemakaiannya. IndiHome memang tidak pernah berhenti memanjakan semua pelangganya dengan internet unlimited sungguhan.

IndiHome menjadi salah satu yang masih menerapkan sistem batas pemakaian normal alias FUP. Oleh karena itu, penggunanya tidak boleh melampaui batas yang sudah ditentukan demi mencegah denda atau sanksi di kemudian hari.

Tak sedikit pengguna IndiHome bahkan kamu sendiri belum tahu berapa banyak FUP paket IndiHome yang sudah dimiliki. Selain itu, orang-orang sering berasumsi bahwa IndiHome sedang dalam perbaikan ketika kecepatannya menurun.

Kamu tidak bisa asal tebak begitu saja, sedangkan pihak IndiHome biasanya akan memberikan batas akhir kepada pengguna yang sudah mencapai FUP dalam nilai tertentu. Jika batasnya sudah berakhir, jangan heran kecepatan jaringan internet akan menurun bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Cara Cek FUP IndiHome

Apa itu FUP IndiHome?

FUP (Fair Usage Policy) merupakan batas kebijakan pemakaian normal saat memakai layanan internet. Sistem ini dipakai untuk memastikan bahwa pengguna tidak memakai internet melampaui batas wajar.

Selain itu, penerapannya tergantung jenis paket yang dipakai sehingga pengguna dapat menikmati jaringan internet dengan normal. Secara umum kecepatan internet bakal menurun bila sudah melebihi batas pemakaian tertentu walaupun paket internet IndiHome yang dipilih bersifat unlimited.

Paket FUP IndiHome 10Mbps

Paket ini memberikan batas pemakaian internet yang mana kamu bisa menerima paket data sampai 300 GB. Apabila penggunaannya sudah mencapai 300 GB, kecepatannya bakal diturunkan menjadi 75% atau setara dengan 7,5Mbps.

Jika pemakaiannya telah menyentuh angka 400 GB, kecepatan internet bisa diturunkan lagi menjadi 40% atau sekitar 4Mbps. Oleh karena itu, kamu perlu batasi diri selama berselancar di internet sehingga dapat menjaga kecepatan dan kualitas internet tetap kencang.

Paket FUP IndiHome 20Mbps

Paket ini menawarkan kuota FUP lebih besar. Pasalnya, kamu bisa menikmati kuota internet mencapai 500 GB, sedangkan kecepatannya diturunkan menjadi 75%. Namun, kamu bakal menerima potongan kualitas jaringan internet menjadi 40% jika penggunaan paketnya sudah menyentuh angka 800 GB.

Apabila kamu konsisten menggunakan paket internet sebesar 500 GB, kamu berhak menikmati kecepatan jaringan mencapai 15Mbps. Jika ternyata melampaui angka tersebut, kamu hanya mampu menikmatinya sampai 8Mbps.

Paket FUP IndiHome 30Mbps

Paket ini memberikan dua batasan FUP sekaligus kepada penggunanya. Kamu bakal mengalami penurunan kecepatan jaringan bila telah mencapai angka penggunaan sebesar 700 GB. Selain itu, kecepatan internetnya bahkan diturunkan lagi jika sudah melampaui angka 1,200 GB.

Apabila kamu masih menggunakan paket data sebesar 700 GB, kamu bisa mengakses jejaring sosial sampai 22,5Mbps (75%). Namun, kamu justru harus mengalami penurunan dengan pemakaian data sekitar 1,200 GB dengan kecepatan sebessar 12Mbps.

Paket FUP IndiHome 40Mbps

Apabila kamu sudah memasang WiFi IndiHome paket berlangganan 40Mbps, kamu biasanya bakal diberikan batas FUP pertama sebesar 900 GB. Selain itu, kecepatan internetnya juga mencapai 30Mbps yang mana angka tersebut terbilang cepat untuk berselancar di dunia maya setiap hari.

Tak hanya itu, pihak IndiHome akan menurunkan kecepatan internet mencapai 16Mbps atau sekitar 40%. Angka ini hanya berlaku untuk pengguna yang sudah menggunakan jejaring sosial dengan pemakaian lebih dari 1,600 GB.

Paket FUP IndiHome 50Mbps

Jika kamu selalu menggunakan internet bahkan tidak bisa lepas dari penggunaan jejaring sosial setiap hari, kamu harus menggunakan FUP IndiHome 50Mbps. Secara umum kamu bakal diberikan batas pemakaian pertama mencapai 1,200 Gb dengan kecepatan jaringan mencapai 37,5Mbps.

Apabila penggunaannya sudah melampaui batas, kamu bakal diberikan kekurangan yang mana kecepatan internetnya akan dikurangi. Kondisi ini berlaku untuk pengguna yang memakai internet mencapai 2,000 GB dengan aksesibilitas sampai 20Mbps.

Paket FUP IndiHome 100Mbps

Paket IndiHome 100Mbps memang menawarkan kecepatan jaringan paling cepat dibandingkan semua layanan sebelumnya. Namun, kamu harus tahu bahwa pihak IndiHome hanya memberikan batas maksimum penggunaan internet sekali saja.

Kamu tidak boleh melampaui batas yang sudah ditentukan agar kamu dapat menikmati kuota data dengan nyaman. IndiHome biasanya memberi kecepatan internet mencapai 50Mbps. Selain itu, kamu hanya bisa menikmati paket data sebesar 2,000 GB.

Cara Cek FUP IndiHome

IndiHome tidak berbeda dengan operator seluler mana pun yang memberikan batas maksimum penggunaan internet kepada semua penggunanya. Maka dari itu, kamu tidak bisa mengakses internet sesuka hati. Kamu harus tahu cara cek FUP IndiHome agar memastikan penggunaannya dapat dilakukan secara wajar.

Hal ini dikarenakan banyak penggunanya yang tidak tahu bahkan acuh terhadap FUP. Di samping itu, informasinya sangat penting diketahui sehingga kamu dapat membeli paket berlangganan internet untuk diri sendiri maupun seluruh anggota keluarga.

FUP IndiHome bahkan disebut sebagai salah satu pendeteksi agar pengguna tidak dapat memakai internet secara berlebihan. Pasalnya, segalanya tergantung jenis paket yang sudah digunakan. Kamu harus patuh terhadap kebijakannya demi mencegah sanksi atau hal-hal tidak diinginkan selama berlangganan IndiHome.

Tak bisa dipungkiri pengguna paket berlangganan unlimited bahkan tetap diberikan FUP. Gunanya agar kamu dapat terhindar dari penyalahgunaan internet secara tidak wajar yang menimbulkan kerugian suatu saat nanti. Kamu bisa bebas mengakses dunia maya untuk memenuhi kebutuhan apa pun dengan menggunakan gadget masing-masing.

Cara Cek FUP IndiHome Lewat Web Browser

  • Kunjungi situs resmi IndiHome via indihome.co.id.
  • Silakan masuk dengan akun yang sudah terdaftar.
  • Pilih menu Lihat Rincian pada paket IndiHome yang sedang dipakai.

Cara Cek FUP IndiHome Lewat SMS

  • Silakan buka Message atau Pesan dari smartphone.
  • Klik Buat Pesan Baru.
  • Kemudian, tulis pesan dengan format ISP(spasi)IH(spasi)Kode Area + Nomor Telepon IndiHome.
  • Kirim ke nomor 98108.

Cara Cek FUP IndiHome Lewat Aplikasi MyIndiHome

  • Unduh aplikasi MyIndiHome via Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi MyIndiHome.
  • Kemudian, masuk dengan akun yang sudah terdaftar.
  • Klik icon titik tiga pada bagian internet.
  • Pilih menu Lihat Penggunaan.
  • Silakan lihat jumlah pemakaian FUP paket IndiHome yang sedang digunakan.

Cara Reset FUP IndiHome

  • Silakan buka aplikasi MyIndiHome.
  • Login dengan akun yang sudah didaftarkan.
  • Klik icon titik tiga pada bagian internet.
  • Pilih menu Lihat Penggunaan.
  • Kemudian, tekan rombol Renew Speed.
  • Silakan pilih paket internet yang dibutuhkan.
  • Klik Beli.

FUP IndiHome menjadi kebijakan yang tidak boleh dilanggar semua penggunanya. Kamu harus menerima konsekuensi selama berlangganan paket internet IndiHome. Jika pemakaiannya sudah melampaui batas maksimum, kamu akan merasa jaringan agak lambat dengan penurunan signifikan.

Demikian informasi mengenai cara cek FUP IndiHome yang harus kamu tahu. Apabila kamu melanggar kebijakan yang sudah ditetapkan IndiHome, kamu tidak akan menikmati penggunaan internet yang selalu kencang dan stabil. Oleh karena itu, bijaklah selama menggunakan layanannya untuk tetap mengakses jejaring sosial dengan cepat setiap hari.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago