Cara Cek

Cara Cek OJK

Secara umum cara cek OJK bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya melalui SLIK OJK yang menjadi layanan resmi dan dikeluarkan langsung oleh OJK. Namun, kamu harus tahu bahwa Bank Indonesia (BI) sudah tidak melayani kegiatan pengecekan data sesudah muncul layanan itu.

Kami beritahukan pula bahwa SLIK OJK sudah bukan menjadi tanggung jawab Bank Indonesia. Hal ini dikarenakan semua kegiatan dan layanannya telah dilimpahkan kepada OJK. Maka dari itu, semuanya akan berada di bawah pengawasan OJK.

Kini, pemeriksaan BI checking bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. SLIK OJK bisa diperiksa secara efektif dan efisien tanpa harus mendatangi kantor pusatnya. Kamu juga dapat melakukannya dari rumah. Layanan ini menjadi terobosan baru agar masyarakat dapat tahu kegiatan finansial yang dilakukan oknum tertentu.

Pasalnya, OJK mempunyai andil besar terhadap segalanya yang berkaitan dengan aktivitas keuangan oleh oknum tertentu. SLIK OJK menjadi inovasi yang patut diperhitungkan agar masyarakat dapat turut andil di dalamnya.

Cara Cek OJK

Apa itu BI Checking?

BI Checking merupakan hasil keluaran alias output yang dibuat oleh Sistem Informasi Debitur dan menampilkan riwayat seseorang dalam menjalankan kredit maupun peminjaman uang. Layanan ini bakal mengeluarkan informasi debitur individual yang punya data tentang semua penyedia dana seorang debitur, apakah lancar atau sedang dalam proses perjalanannya.

Secara umum informasi yang dimuat juga terdapat riwayat pembayaran yang dilakukan seorang debitur dalam kurun waktu selama 2 tahun terakhir. Sementara itu, informasi tersebut juga memuat data-data seperti calon debitur, pemilik, pengurus dan fasilitas penyediaan dana yang bakal atau sudah diterimanya.

Jika kamu ingin memastikan layanan peminjaman uang dan kredit tetap berjalan normal, BI Checking telah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) per 1 Januari tahun 2018. Gunanya supaya kamu bisa meminjam uang lebih aman dan terpercaya. Selain itu, SLIK sekarang sudah dikelola oleh OJK untuk memastikan bahwa tidak ada unsur pemalsuan bahkan penipuan di dalamnya.

Nilai Kredit dalam BI Checking

  • 1 : kredit lancar, debitur sudah memenuhi kewajiban untuk menyetorkan cicilan dan tidak pernah menunggak.
  • 2 : Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK), debitur tercatat pernah menunggak cicilan selama 1-90 hari.
  • 3 : kredit tidak lancar, debitur tercatat pernah menunggak cicilan selama 90-120 hari.
  • 4 : kredit diragukan, debitur tercatat pernah menunggak selama 121-180 hari.
  • 5 : kredit macet, debitur tercatat pernah menunggak cicilan lebih dari 180 hari.

Cara Supaya Lolos BI Checking Online

Layaknya saat kamu meminjam uang, jika kamu tertarik untuk membeli suatu property secara cicilan tentunya harus melewati tahap BI Checking. Kamu tidak perlu risau bila prosesnya ditolak. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu mematuhi segalanya yang dibutuhkan oleh pihak terkait.

Kamu harus memastikan semua berkas yang dilampirkan sesuai bahkan atas nama dirimu sendiri. Jangan pernah memberi data palsu, karena pihak OJK akan langsung menolak permintaanmu untuk masuk ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap untuk memastikan dirimu layak masuk tahap berikutnya.

Daftar Kredit yang Mempengaruhi SLIK OJK

  • Kartu Kredit.
  • KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).
  • Kredit Tanpa Agunan (KTA).
  • Kredit Kepemilkan Motor atau Mobil (KPM).

Keutamaan SLIK OJK untuk BI Checking

SLIK hadir dalam versi aplikasi dan website. Kamu bisa mengaksesnya dengan cepat dan mudah tanpa batas. SLIK bertujuan untuk memperluas SID, sedangkan jumlah datang yang dikumpulkan juga lebih besar dan lebih aktual.

Domain SLIK biasanya mencakup lembaga keuangan bank, pengadilan sampai non bank. SLIK juga selalu memberikan para pelaku UMKM berupa pilihan pinjaman yang lebih baik dan luas, serta memudahkan pihak tertentu dalam meminjam uang untuk memajukan bisnis atau usaha yang sedang dikembangkan.

Cara Menjaga BI Checking Tetap Aman

Untuk menjaga BI Checking tetap aman dan terkendali maka kamu bisa memantau pinjaman yang sudah diambil maupun sedang dalam proses pelunasan. Selain itu, lengkapi semua cicilan sebelum batas tempo yang sudah ditentukan.

Kamu juga harus memahami batasan pemakaian kartu kredit demi mencegah over limit. Sebaiknya kamu perlu menghindari pembayaran tagihan kartu kredit pada nominal minimum. Jangan lupa simpan bukti transaksi untuk pemantauan laporan kredit dengan mengambil cicilan sesuai kemampuan finansial masing-masing.

Jangan pernah memaksakan diri untuk mengambil kredit melampaui batasan dirimu saat ini. Seseorang yang berani melakukannya bisa dipastikan bakal menerima nilai kredit rendah dalam BI Checking. Kamu bahkan akan sulit mengambil pinjaman atau kredit akibat selalu menunggak melampaui batas tempo yang sudah ditentukan.

Cara Cek OJK

SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) menjadi sistem informasi buatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berguna untuk melakukan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan menggantikan peran BI Checking.

Peralihan peran dan fungsi ini sudah tertulis dalam Undang-undang Nomor 21 tahun 2011 yang menegaskan peralihan layanan sistem informasi debitur (SID) dari BI ke OJK. Bank Indonesia sebelumnya memang punya peran pengaturan, pengelolaan dan pengembangan sistem informasi antar bank.

Sejak 31 Desember tahun 2013 sampai 31 Desember tahun 2017 bahwa tugas dan fungsi tersebut sudah menjadi tanggung jawab OJK. Kini, SLIK OJK tetap menghubungkan BI serta LPS untuk memudahkan pertukaran informasi via aplikasi.

Secara umum informasi yang bisa kamu akses adalah laporan keuangan bank, informasi bank, laporan hasil pemeriksaan bank serta informasi lainnya yang berhubungan dengan OJK. Maka dari itu, kamu bisa ambil peran untuk tahu kegiatan mereka untuk memahami neraca keuangan negara.

Cara Cek OJK via SLIK

  • Silakan akses situs resmi OJK via konsumen.ojk.go.id/MinisteDPLK/registrasi untuk meminta informasi debitur.
  • Kemudian, siapkan berkas pendukung seperti fotokopi KTP (WNI) atau paspor (WNA) beserta surat kuasa dari pemberi kuasa (jika dikuasakan), akta pendirian perusahaan, NPWP serta perubahan anggaran dasar akhir yang memuat semua susunan dan kewenangan pengurus dengan identitas asli pengurus maupun badan usaha.
  • Apabila semua berkas sudah disiapkan, isi formulir antrian BI Checking Online.
  • Jika formulir telah diisi, pastikan kamu memilih jam antrian online yang sudah ditetapkan mulai dari pkl.08:00 s/d 09:00 WIB, pkl.09:00 s/d 10:00 WIB, pkl.10:00 s/d 11:00 WIB, pkl.11:00 s/d 12:00 WIB, pkl.13:00 s/d 14:00 WIB serta pkl.14:00 s/d 15:00 WIB.
  • Berikutnya, tunggu beberapa saat sampai kamu menerima persetujuan via email sesudah mengisi formulir antrian online.
  • Apabila kamu mengalami masalah bahkan tidak mengerti cara membacanya, kamu bisa mengakses detailnya melalui situs resmi OJK.

Demikian pembahasan mengenai cara cek OJK dengan baik dan benar. OJK punya andil besar dalam menganalisa segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan finansial pihak tertentu. Apabila kamu termasuk salah satu pihak yang mengajukan kredit sesuai daftar di atas, pengaruh SLIK OJK sangat besar dan langsung ikuti prosedur di atas untuk mengetahui semuanya lebih lanjut.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago