Cara Ekspor Chat Whatsapp Terlengkap dan Terupdate!!

Cara Ekspor Chat WhatsApp
Cara Ekspor Chat WhatsApp

Kamu bingung cara ekspor chat whatsapp? Tenang, artikel ini akan mengupas secara detail. So, simak hingga akhir ya!

Apa Itu Whatsapp?

Sosial media berbasis pesan instan menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna ponsel cerdas masa kini. Kebutuhan akan informasi dan komunikasi sangat penting untuk menunjang produktivitas dan sosial yang pastinya akan sangat dibutuhkan. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling dominan di Indonesia. Lebih dari 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai pilihan komunikasi.

Read More

Fitur dan Manfaat WhatsApp

Sebagai aplikasi chat, WhatsApp tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun telah berkembang menjadi media pendidikan, bisnis, hingga hiburan. Bahkan ke depan kemungkinan WhatsApp akan menghadirkan fitur pembayaran (payment) sehingga fungsinya menjadi lebih beragam. Untuk memahami lebih jauh mengenai aplikasi WhatsApp, simak daftarnya berikut ini;

  • Media komunikasi personal dan grup

Sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp memiliki peranan penting dalam berkomunikasi, baik untuk personal ataupun grup. Dengan WhatsApp, pengguna dapat berkirim pesan teks, foto, audio, video, dokumen, serta melakukan panggilan audio dan video.

  • Media pendidikan dan pembelajaran

Kemudahan komunikasi menjadi alasan penggunaan WhatsApp sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Banyak contoh seperti sekolah, universitas, serta lembaga kursus memanfaatkan WhatsApp sebagai tempat belajar dan berbagi informasi, baik secara personal maupun grup.

  • Berbagi informasi dan hiburan
Terkait:  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media berbagi informasi dan hiburan. Dukungan fitur forward akan mempercepat penyebaran informasi dari pengguna satu ke pengguna lain, bahkan grup. Pengguna juga dapat memanfaatkan story untuk berbagi hal-hal seru, sebagai hiburan/ refreshing.

  • Media Bisnis

WhatsApp juga telah dimanfaatkan banyak pebisnis untuk melakukan promosi, informasi, hingga pemesanan produk/ jasa. Fitur story biasanya dimanfaatkan pebisnis untuk mengiklankan produk hingga testimoni pembeli. WhatsApp juga telah menghadirkan Business version sehingga para pebisnis lebih maksimal dalam menanggapi pesan yang masuk. Di WhatsApp Business, pengguna dapat menambahkan fitur jam buka hingga auto-reply sehingga sangat sesuai untuk kebutuhan bisnis.

Cara Ekspor Chat Whatsapp

Cara Ekspor Chat WhatsApp
Cara Ekspor Chat WhatsApp

Setelah mengetahui penjelasan apa itu whatsapp dan juga fitur-fiturnya, kini sekarang akan membahas cara ekspor chat whatsapp. Kenapa? Karena mungkin bisa jadi chat kita yang ada di whatsapp penting dan sewaktu-waktu mau ganti hp ataupun hp kita hilang kita masih bisa tau chat apa saja yang ada di WhatsApp. Jadi, simak dibawah ini:

Apa itu chat ekspor di WhatsApp? Apakah ini berarti mengekspor seluruh obrolan dengan file media? Bagaimana cara mengekspor seluruh percakapan WhatsApp? Melalui panduan ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan menjelaskan bagaimana kamu dapat mengekspor obrolan WhatsApp ke PC atau perangkat lain. Kami juga akan menyentuh fakta bahwa apa yang diperlukan WhatsApp untuk mengekspor obrolan dengan media dan tanpa media. Apa trade-off antara dengan media dan tanpa pilihan media?

Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Email

Jika kamu ingin mencetak atau menyimpan ke dalam format PDF semua isi percakapan WhatsApp tersebut sebaiknya pakai Gmail karena nantinya bisa kita buka di Google Docs kemudian bisa diekspor ke PDF.

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp

 

Jika ingin ekspor Chat WA, ikuti panduan awal berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Chat yang akan diekspor
  • Tekan titik tiga yang ada di pojok kanan atas
Terkait:  Cara Backup Chat WhatsApp iPhone

Langkah 2: Pilih menu Lainnya

 

Akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Pilih saja opsi Lainnya untuk memunculkan menu yang lain.

Langkah 3: Pilih Ekspor Chat

 

Selanjutnya, pilih menu Ekspor Chat untuk mengirimkan pesan WhatsApp ke media lain.

Langkah 4: Pilih opsi Tanpa Media atau Sertakan Media

 

Pada langkah selanjutnya, jika ingin menyertakan gambar, dokumen, atau pesan suara yang ada di dalam chat, pilih Sertakan Media. Tapi opsi ini akan menambah ukuran ekspor. Jika hanya ingin mengekspor pesan teks saja, pilih Tanpa Media.

Langkah 5: Tentukan tujuan ekspor

 

Akan ada banyak opsi untuk mengekspor chat WhatsApp. Bisa mengirimkannya lewat Telegram, Facebook, Google Drive, dan lainnya. Karena ingin mengirimkan melalui email, pilih opsi Gmail.

Langkah 6: Masukkan email tujuan

 

Setelah diarahkan ke aplikasi Gmail, semua chat yang diekspor akan ditampilkan, termasuk gambar dan pesan suara. Untuk proses selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tulis alamat email tujuan ke bagian Kepada
  • Klik ikon pesawat di bagian atas untuk mengirimkan email
  • Selesai.

Catatan :

  • Cara ini hanya bisa kirim 10.000 percakapan terbaru jika memilih melampirkan media dan 40.000 pesan tanpa media.
  • Semakin banyak chat dan media yang di backup ke email maka akan semakin lama proses pengirimannya.
  • Isi percakapan WhatsApp tersebut akan dikirim sebagai lampiran dalam format txt (teks) dan jika dibuka dengan notepad biasanya akan berantakan atau sudah dibaca karena hanya satu baris, solusinya baca langsung pada email melalui fitur preview.

Bagaimana Mengekspor Seluruh Percakapan WhatsApp?

Untuk mengekspor seluruh percakapan WhatsApp yang mungkin melebihi batas 40.000 (tanpa media) atau 10.000 (dengan media), maka pendekatan yang berbeda perlu diambil. Dalam hal ini, kami memerlukan alat pihak ketiga untuk mengekspor seluruh percakapan WhatsApp dengan lebih dari 40.000 pesan.

Baca dan Ekspor Basis Data WhatsApp dari Android

Untuk perangkat Android, kami memerlukan aplikasi pengelola file untuk menemukan basis data WhatsApp yang ada di ponsel kamu sebagai cadangan lokal.

Terkait:  Cara Agar Orang Tidak Tahu Kita Online di WhatsApp dengan 7 Tips Ini

Setelah file database ditemukan, file tersebut kemudian dapat diekspor ke komputer dan pesan dapat dilihat menggunakan WhatsApp Viewer, alat yang berguna untuk melihat pesan WhatsApp di komputer. Ini adalah alat yang dikembangkan untuk melihat log obrolan WhatsApp.

Ada beberapa batasan untuk proses ini. Pertama, ini bekerja dengan Android 4.0-7.0 saja. Kedua, proses khusus ini bekerja dengan pencadangan lokal sehingga jika ada obrolan yang tidak dicadangkan secara lokal maka obrolan tersebut tidak dapat diekspor oleh proses ini. Ketiga, aplikasi ini berisi beberapa gerakan teknis sehingga mungkin sulit jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis.

Langkah-langkah untuk proses tercantum di bawah ini:

  • Unduh pengelola file apa pun pilihan Anda dari Play Store.

Menggunakan pengelola file, cari basis data WhatsApp. Jalur yang biasa untuk database adalah Penyimpanan Internal > WhatsApp > Database. kamu sekarang dapat melihat cadangan yang berbeda dan nama mereka akan sesuai dengan tanggal pembuatannya.

  • Ganti nama file cadangan pilihan kamu

Dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Transfer file ini ke komputer dengan menghubungkan telepon melalui kabel atau konektivitas Bluetooth.

  • Ekstrak kunci dan pengenal basis data dari ponsel kamu.
  • Luncurkan perangkat lunak WhatsApp Viewer di PC.

Muat file database dari direktori file masing-masing. Ini akan menampilkan obrolan di layar dan bahkan memberi kamu opsi untuk menyimpannya sebagai file .txt untuk dilihat nanti.

Bagaimana Cara Copy Chat WhatsApp ke Komputer?

Jika ingin mengcopy kemudian menyimpannya dalam format teks atau word maka caranya.

  • Select / pilih semua isi chat yang tampak dalam halaman preview tersebut lalu tekan CTRL + C.
  • Buka notepad atau Word lalu CTRL + V dengan demikian isi chat WhatsApp akan disalin ke komputer. Setelah itu save.

Bagaimana Cara Save Isi Percakapan WhatsApp Ke PDF?

Selain dicetak, bisa juga disimpan ke dalam format PDF sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dibaca lagi di komputer dan caranya adalah, setelah terbuka di Google Docs pilih menu File – Download as – PDF Document (.pdf)

Dengan menyimpan isi chat menjadi dokumen PDF maka kita lebih mudah untuk membacanya kembali tidak perlu repot copy chat ke komputer secara manual dari file text.

Demikianlah informasi mengenai cara ekspor chat whatsapp secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Related posts