Cara Gandakan WhatsApp

Cara Gandakan WhatsApp di Android dengan dan Tanpa Aplikasi😭

Pindahlubang.com | WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang punya banyak pengguna dan sering digunakan untuk urusan bisnis. Tidak jarang yang perlu dua akun WhatsApp untuk memisahkan urusan pribadi dan bisnis. Karena itulah, akan diterangkan cara gandakan WhatsApp di satu perangkat. 

Kamu tidak perlu punya dua HP jika ingin membuat akun WA lain. Tidak perlu juga mengunduh aplikasi baru, karena bisa menggandakan atau menduplikasinya. Jadi, aplikasi yang sudah ada akan dikloning, sehingga Kamu bisa buat akun baru dengan nomor yang lain. 

Cara ini memang efektif dilakukan agar tidak bingung membalas chat dari konsumen atau hanya kepentingan pribadi saja. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menggandakannya. Selain itu diterangkan lebih lanjut tentang duplikasi WA dan manfaatnya. 

Apa Itu Menggandakan WhatsApp? 

Menggandakan WhatsApp yaitu membuat satu WA menjadi dua aplikasi, sehingga bisa digunakan bersamaan dalam satu perangkat. Dengan begitu, Kamu tidak perlu men-download aplikasi yang lain. WA yang dikloning juga dapat digunakan untuk buat akun dengan nomor yang berbeda. 

Memiliki dua akun WA memang penting bagi Kamu yang menjalankan usaha. Pasalnya, antara urusan pribadi dan bisnis tidak bisa dijadikan satu jika ingin lebih berkembang. Kalau akun dijadikan satu, mungkin ada chat dari customer yang tenggelam dan lupa tidak ditanggapi. 

Menggandakan WA juga jadi solusi ketika aplikasi yang sama diinstal dalam satu perangkat. Dari segi fitur dan menu yang didapatkan tidak berbeda. Adanya fitur ini tidak akan membuatmu bingung lagi mana yang harus dibalas lebih dulu tanpa ada chat yang tenggelam. 

Terkait:  Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Selain manfaat tersebut, menduplikasi WA juga meningkatkan efisiensi. Kamu tetap bisa membalas pesan dari kedua aplikasi tanpa berganti perangkat. Di samping itu juga hemat budget karena tidak usah beli HP baru kalau ingin memiliki dua akun WhatsApp. 

Tapi yang paling penting di sini adalah ketersediaan ruang penyimpanan. Kamu harus memastikan bahwa memori masih cukup untuk menginstal satu aplikasi tambahan. Minimal perangkat yang Kamu gunakan memiliki RAM 2 GB atau di atasnya. 

Jika punya dua WhatsApp, Kamu harus menggunakannya dengan bijak supaya tidak melanggar kebijakan. Gandakan aplikasi kalau memang memiliki kebutuhan mendesak, seperti urusan bisnis dan pekerjaan. Jangan memakainya untuk menjahili orang lain dengan nomor anonim. 

Cara Gandakan WhatsApp

Cara Gandakan WhatsApp
Cara Gandakan WhatsApp

Sebenarnya ada dua cara untuk menggandakan aplikasi WhatsApp. Kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi kalau HP yang digunakan menyediakan fitur clone. Kalau tidak ada, tenang saja, Kamu dapat memakai bantuan dari aplikasi tambahan. Berikut ini penjelasannya

Cara Gandakan WhatsApp Tanpa Aplikasi

Untuk cara gandakan WhatsApp berikut ini, Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan yang tersedia dalam perangkat. Beberapa HP keluaran baru sepertinya sudah menyertakan fitur tersebut. Jadi, bisa Kamu gunakan dengan mudah. 

1. Gandakan WhatsApp dengan Fitur Clone

Yang pertama yaitu menggandakan WhatsApp dengan fitur bernama Clone. Fitur tersebut memang disediakan agar Kamu dapat memasang dua aplikasi di perangkat yang sama. Tanpa perlu download dan instal ulang, WA bisa digunakan dalam dua macam. 

Tapi fitur tersebut hanya tersedia di beberapa perangkat saja. Penyebutan fitur Clone terdapat pada HP Oppo. Sedangkan kalau di HP Xiaomi dinamakan dengan Dual Apps. Meskipun dari namanya beda, tapi tetap berfungsi menggandakan aplikasi. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut sesuai perangkat yang digunakan. Atau bisa melihat langkah-langkah secara umum berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan yang ditandai dengan ikon roda gerigi. 
  • Selanjutnya ketuk menu Aplikasi. 
  • Cari dan pilih fitur Pengganda Aplikasi. 
  • Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. 
  • Kemudian ketika opsi Buat Klon Aplikasi. 
  • Coba cek di homescreen apakah ada aplikasi WhatsApp hasil kloning atau tidak. 
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Tidak Centang Biru Lewat Aplikasi Berikut!

2. Gandakan WhatsApp dengan Fitur Dual Messenger

Masih dengan cara gandakan WhatsApp tanpa aplikasi, yang kedua ini juga menggunakan fitur bawaan. Namanya adalah Dual Messenger. Kegunaannya untuk menggandakan aplikasi khusus chatting saja, contohnya yaitu WA. 

Dua Messenger merupakan fitur yang dimiliki oleh HP Samsung. Umumnya terdapat di Samsung seri baru. Jadi, Kamu bisa cek dulu ketersediaan fitur tersebut di perangkat masing-masing. Jika ingin menggandakan WA dengan Dual Messenger, caranya seperti di bawah ini:

  • Buka menu Setting di HP Samsung. 
  • Setelah itu pilih menu Advanced Features. 
  • Cari dan pilih fitur Dual Messenger. 
  • Untuk menggandakan aplikasi WhatsApp, geser toggle yang ada di sebelahnya. 
  • Sekarang Kamu sudah punya dua WA untuk membuat akun baru. 

Cara Gandakan WhatsApp dengan Aplikasi

Bagaimana kalau HP milikmu tidak ada fitur tersebut dan butuh WA baru segera? Tidak usah khawatir, karena ada solusi lain dengan menggunakan aplikasi tambahan. Untuk pengguna android, ada aplikasi yang memang khusus untuk kloning. Berikut nama aplikasi dan cara menggunakannya:

1. Dr. Clone

Aplikasi pertama yang dapat Kamu gunakan adalah Dr. Clone. Sesuai namanya, ada fitur yang disematkan untuk membuat aplikasi ganda. Untuk cara gandakan WhatsApp sangat mudah jika dilakukan lewat Dr. Clone. Coba cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Download aplikasi Dr. Clone dari Google Play Store. 
  • Buka aplikasinya setelah diinstal. 
  • Ketuk ikon tambah di halaman awal aplikasi. 
  • Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp dan tekan tanda centang. 
  • Kamu akan menerima notifikasi untuk memasang aplikasi tambahan, pilih saja Install. 
  • Jika sudah selesai, tahan ikon WA yang baru agar muncul di homescreen. 

2. Parallel Space

Yang kedua ini adalah aplikasi kloning dengan jumlah unduhan paling banyak di Google Play Store, mencapai 100 juta lebih. Itulah kenapa jadi cukup populer di kalangan pengguna android. Terlebih lagi ukurannya tidak memakan banyak ruang penyimpanan, karena hanya 15 MB saja. 

Terkait:  Cara Duplikat WA di Samsung (3 Metode), Mudah dan Terupdate

Parallel Space jadi aplikasi untuk menggandakan WA yang punya fitur lengkap. Kamu bisa membuat kunci keamanan, sehingga aman dari orang-orang kepo. Ada pula dukungan sistem instalasi incognito, yang mana membuat aplikasi duplikat hanya dipasang di dalam Parallel Space saja. 

Cara menggandakan aplikasi WhatsApp di Parallel Space sangat mudah. Semua menunya ditata dengan rapi dan jelas, sehingga memiliki User Interface sederhana dan mudah dipahami. Seperti inilah jika ingin membuat duplikat WA lewat Parallel Space:

  • Download dan instal dulu Parallel Space dari Play Store. 
  • Buka aplikasinya dan tunggu proses scanning. 
  • Kamu akan melihat daftar aplikasi yang bisa digandakan. Pilih saja WhatsApp. 
  • Kemudian ketuk fitur Tambahkan ke Parallel Space. WA duplikat sudah berhasil dibuat. 

3. Super Clone

Terakhir, Kamu bisa menggunakan Super Clone untuk menggandakan WhatsApp. Aplikasi ringan berukuran 8,4 MB tersebut sangat mudah digunakan. Bahkan WA bisa digandakan hingga lima aplikasi. Data yang ada di WA asli juga dipisahkan dengan hasil kloning. Kalau ingin mencoba, caranya seperti berikut:

  • Buka aplikasi Super Clone. 
  • Tekan ikon tambah di bawah. 
  • Kemudian cari WhatsApp. 
  • Pilih Klon dan tunggu. 
  • Seret ikon aplikasi WA ke homescreen untuk membuat shortcut. 

Itulah cara gandakan WhatsApp yang mudah dan pasti berhasil. Kamu bisa membuat dua WA dengan fitur bawaan atau aplikasi tambahan. Pastikan ruang penyimpanan masih ada untuk menggunakan dua WA bersamaan. 

Similar Posts