Cara Cek

Cara Dapat Token Listrik

Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan kabar baik untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Kamu bisa menerima fasilitas subsidi listrik dalam jangka waktu tertentu. Namun, bagaimana cara dapat token gratis? Tak bisa dipungkiri orang-orang masih belum tahu tentang itu.

Pemerintah memberikan layanan ini agar masyarakat khususnya menengah ke bawah dapat menikmati fasilitas listrik tanpa tagihan membengkak. Pasalnya, kamu bakal diberikan diskon sesuai jumlah tegangan yang sedang digunakan di rumah sekarang.

Kamu tidak perlu membuang uang dan waktu supaya bisa menerima token gratis sehingga tagihan listrik dapat dipangkas untuk menghemat budget. Pasalnya, siapapun cukup memanfaatkan aplikasi atau website resmi PLN agar kamu dapat mendapatkan listrik secara cuma-cuma.

Di samping itu, kamu juga bisa menghubungi pihak terkait melalui WhatsApp tentang apa saja ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Seperti kamu tahu tidak semua kalangan berhak menerimanya yang mana satu sama lain pasti punya kapasitas listrik berbeda di rumah masing-masing.

Cara Dapat Token Listrik

Ketentuan dan Syarat Dapat Token Listrik Gratis

PLN tidak memberikan subsidi listrik kepada semua golongan masyarakat. Pasalnya, mereka hanya bisa memberikannya kepada masyarakat yang menggunakan listrik bertegangan 450 VA untuk rumah tangga, bisnis atau industri kecil. Kebijakan ini berlaku untuk non usaha alias kebutuhan rumah tangga agar tetap menikmati fasilitas negara tersebut setiap hari.

Kamu bakal dikenakan diskon sebesar 100% dalam jangka waktu tertentu. Apabila kamu menggunakan listrik pascabayar bertegangan 900 VA, maka kamu bisa mendapat diskon 50% atau bayar setengah dari jumlah tagihan bulanannya. Meski begitu, jumlah tagihan belum termasuk PPJ yang mana kebijakan ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pahami Batas Penggunaan Token Listrik Gratis

Seperti kamu tahu bahwa masyarakat yang menggunakan listrik bertegangan 450 VA dan 900 VA harus mengikuti kebijakan berlaku seperti informasi sebelumnya. Secara umum pelanggan 450 VA bakal menerima token listrik gratis senilai stimulus tahun lalu.

Untuk pelanggan 900 VA bakal dikenakan diskon sebesar 50%, sedangkan potongannya bakal diberikan saat kamu hendak membayar listrik. Tak hanya itu, kondisi ini berbeda dengan pemberian subsidi tahun lalu yang mana diskon sebesar 50% diberikan kepada golongan masyarakat dimana pemakaiannya cukup tinggi pada tahun lalu.

Tindakan ini dilakukan PLN supaya kamu bisa memanfaatkan listrik subsidi dan tidak menggunakannya secara berlebihan. PLN juga bakal monitoring besaran penggunaan listrik dari konsumen yang menerima bantuan ini.

Kebijakan ini sudah menjadi anjuran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) supaya bantuan subdisi listrik bisa berjalan normal. Di samping itu, PLN ingin penerimanya tepat sasaran sesuai tujuan mereka dengan hak konsumen masing-masing.

Berapa Besaran Subsidi Listrik dari PLN?

PLN memberikan besaran subsidi untuk seluruh lapisan masyarakat agar dapat menikmati pemakaian listrik setiap hari, khususnya selama pandemi. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, maka kamu bisa mengulas rinciannya sebagai berikut :

  • Diskon 100% untuk pengguna listrik bertegangan 450 VA.
  • Diskon 50% untuk pengguna listrik bertegangan 900 VA.
  • Pelanggan bisnis maupun industri bertegangan 450 VA bakal diberikan diskon 100% atas tagihan listrik.

Cara Atur Uang Meski Dapat Token Listrik Gratis

  • Siapkan Anggaran Bulanan
    Kamu harus menyiapkan anggaran bulanan dari sekarang. Kamu bisa membuat berbagai macam pos pengeluaran dengan dananya masing-masing. Sebaiknya kamu menerima penghasilan untuk memenuhi anggaran tersebut, sehingga pengeluaran tidak dapat terganggu.
  • Bayar Tagihan
    Jangan pernah menyepelekan tagihan atau utang sesudah kamu menerima penghasilan dari tempat kerja. Walaupun terkesan sepele, sebaiknya kamu langsung bayar utang kepada pihak yang merasa diutangi. Dengan demikian, finansialmu bisa terjaga tanpa terganggu siapapun.
  • Sisihkan dan Tabungkan
    Tak sedikit orang menyepelekan soal ini. Apabila kamu sudah menerima penghasilan dan bayar semua utang, hitunglah sisa uang yang tersedia. Apabila jumlahnya mencukupi, kamu bisa memisahkan sebagian untuk disisihkan sebagai tabungan yang disimpan jangka panjang, sedangkan anggaran masa depan tetap aman dan terjaga.
  • Bikin Laporan Keuangan Harian
    Barangkali kamu harus tahu bahwa laporan keuangan punya andil besar dalam membantu finansial seseorang. Apabila kamu berhasil menerima subsidi listrik dari PLN, maka kamu bisa langsung catat laporan keuangan harian untuk tahu segalanya yang dibutuhkan atau tidak.

Cara Dapat Token Gratis

Kamu juga harus memahami dan mengetahui pembatasan penggunaan listrik secara gratis yang merupakan cara dapat token gratis dari PLN. Pemerintah akhirnya memberikan batasan tentang penggunaan listrik gratis yang diberikan kepada masyarakat.

Gunanya supaya subsidi bisa lebih tepat sasaran sesuai golongannya masing-masing. Secara umum pembatasannya berlaku untuk masyarakat yang menggunakan listrik bertegangan 450 VA dan 900 VA dengan mendapatkan diskon alias potongan sebesar 100% serta 50% per KK.

Kami beritahu bahwa masyarakat yang menggunakan listrik bertegangan 450 VA hanya bisa menikmati listrik gratis pascabayar untuk penggunaan selama 720 jam atau sekitar 324 kWh. Apabila penggunaan melampaui batas ini, maka kamu bisa dikenakan tarif normal sebesar 450 VA.

Untuk masyarakat yang mengandalkan listrik bertegangan 900 VA, maka kamu bisa menikmati layanan subsidi selama 720 jam atau setara dengan 648 kWh. Jika kamu melampaui batas pemakaian tersebut, kamu bakal dikenakan tarif normal yang telah disubsidi.

Cara Dapat Token Listrik Gratis Lewat Website

  • Kunjungi situs resmi PLN via pln.co.id melalui website browser.
  • Untuk mendapatkan token listrik gratis, klik Stimulus COVID-19.
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meter listrik di rumah.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai token listrik gratis kamu.
  • Silakan masukkan token listrik gratis untuk diketik ke meteran sesuai dengan ID konsumen.

Cara Dapat Token Listrik Gratis Lewat WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp melalui smartphone kamu.
  • Klik Buat Pesan Baru.
  • Kemudian, masukkan chat ke nomor 0812-212-3123.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan, termasuk memasukkan ID pelanggan.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai token listrik gratis kamu.
  • Silakan masukkan token listrik gratis untuk diketikkan ke meteran sesuai dengan ID konsumen.

Cara Dapat Token Listrik Gratis Lewat Aplikasi PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi PLN Mobile.
  • Apabila muncul laman utama, pilih menu Info & Promo.
  • Klik PLN Peduli COVID-19.
  • Kemudian, masukkan ID pelanggan atau nomor meter.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai token listrik gratis kamu.
  • Silakan masukkan token listrik gratis untuk diketikkan ke meteran sesuai dengan ID konsumen.

Walaupun kamu sudah mendapatkan subsidi listrik dari PLN, kamu juga perlu bijak dan cermat dalam pemakaian kartu kredit (bila ada). Gunanya supaya kamu tidak menghabiskan uang secara berlebihan dan terhindar dari tagihan yang menumpuk, serta meminimalisir segalanya yang sama sekali tidak perlu.

Demikian ulasan lengkap tentang cara dapat token listrik yang belum kamu tahu. Jangan berpikir bahwa kebijakan ini hanya ditujukan untuk kalangan tidak mampu. Sebab, orang-orang bisa mendapatkannya sesuai jumlah tegangan listrik yang digunakan di setiap rumah atau tempat usaha masing-masing.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago