Cara Cek

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Seperti kamu tahu bahwa Bahasa Inggris sudah menjadi Bahasa Internasional dan digunakan semua orang di seluruh dunia. Maka dari itu, kamu harus tahu cara efektif belajar Bahasa Inggris supaya bisa berkomunikasi dengan lancar dan fasih saat bertemu orang asing.

Pasalnya, kamu tidak mungkin menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengunjungi negeri orang. Mereka akan tetap berbicara dalam Bahasa Inggris saat bertemu dengan orang dari luar negeri. Alhasil, kamu dituntut untuk bisa berkomunikasi saat singgah di negara lain untuk bekerja atau keperluan lain.

Bahasa Inggris bisa dibilang sebagai bahasa kedua sesudah Bahasa Indonesia. Bagaimana tidak, sebagian besar pelajar dan pekerja akan selalu menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri siapa saja yang sedang mencari kerja akan dituntut bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Sebab, mayoritas perusahaan negeri maupun swasta akan mengutamakan calon karyawan mereka yang mampu berbicara Bahasa Inggris secara fasih. Tak heran seseorang yang mampu bercakap Bahasa Inggris akan dipandang “lebih spesial” dibandingkan orang lain.

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Kenapa Semua Orang Harus Bisa Berbahasa Inggris?

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang mana sebagian besar negara di seluruh dunia memakainya sebagai bahasa kedua. Bagaimana tidak, kalian saat mengunjungi suatu negara pasti akan menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Jangan heran era globalisasi seperti sekarang membuat seluruh lapisan masyarakat wajib bisa berbahasa Inggris agar dapat bersaing dengan orang asing saat ini.

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Secara umum Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang mana sebagian besar negara di dunia akan tetap menggunakannya sebagai Bahasa kedua sesudah bahasa nasionalnya masing-masing. Di Indonesia, Bahasa Inggris sudah menjadi sesuatu yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu mungkin akan bertemu dengan seseorang entah orang asing atau bukan yang bisa berbicara Bahasa Inggris dengan fasih. Tak heran berkomunikasi dengan bahasa asing telah dianggap sebagai suatu kebiasaan dan kewajiban yang perlu dibiasakan dari sekarang.

Barangkali kamu sudah tahu bahwa era digital seperti sekarang memang menuntut siapa saja untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa asing, paling tidak Bahasa Inggris. Bagaimana tidak, kamu akan sulit berbicara dengan orang lain bila dia bukan orang Indonesia asli.

Tak sedikit orang yang sudah jago berbahasa Inggris mengklaim bahwa bahasa asing ini tidak sulit seperti bayanganmu. Kamu hanya perlu menghafal dan menguasai paling tidak 500 kosa kata yang 70% digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alhasil, Bahasa Inggris masih terbilang lebih mudah dibandingkan bahasa asing lainnya.

Niat dan Komitmen

Bukan rahasia umum bahwa seseorang yang sudah mahir berkomunikasi dalam Bahasa Inggris memang benar-benar niat ingin menguasainya dengan cepat dan mudah. Pasalnya, segalanya berawal dari niat dan ketekunanmu selama mempelajari.

Jangan heran seseorang yang tidak pernah niat memahami dan mempelajari Bahasa Inggris pasti akan selalu menemukan kesulitan atas hal itu. Oleh sebab itu, ubah mindsetmu seolah Bahasa Inggris adalah sesuatu yang sulit. Kamu akan menemukan kemudahan dan kenyamanan bila tanamkan niat untuk bisa menguasainya dari sekarang.

Dengarkan Musik Bahasa Inggris

Apabila kamu bingung dari mana awal belajar Bahasa Inggris, cobalah mendengar beberapa lagu kesukaanmu yang liriknya berbahasa Inggris. Kemudian, dengarkan dengan seksama dan bila perlu catat setiap lirik antar bait lagunya.

Kamu juga perlu mencatat judul lagunya untuk diubah artinya ke dalam Bahasa Indonesia. Apabila kamu membiasakan aktivitas ini, kamu akan tahu makna dari judul lagu favorit dan kosakata semakin bertambah secara otomatis. Kegiatan ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak, namun orang dewasa juga.

Baca Buku Bahasa Inggris

Apabila kamu berprofesi sebagai seorang penulis, mulailah rutinitas sederhana dengan membaca buku Bahasa Inggris setiap hari. Carilah buku-buku berbahasa Inggris disertai gambar supaya kamu bisa membacanya dengan semangat.

Walaupun bukunya untuk anak-anak, kamu tetap bisa membaca dan memahaminya dengan seksama. Pasalnya, setiap buku antar judul dan tema pasti memiliki kosa kata berbeda yang mana satu sama lain perlu diketahui dan dikuasai. Lakukan kegiatan ini paling tidak sekali atau dua kali seminggu untuk menambah vocabularies Bahasa Inggris kamu.

Menonton Film Tanpa Subtitle

Apakah kamu gemar menonton film melalui TV atau aplikasi streaming online? Kamu bisa manfaatkan hobi ini untuk belajar Bahasa Inggris. Jika kamu selalu menonton film dengan subjudul, sebaiknya kamu ubah kebiasaan tersebut dengan menghilangkan terjemahannya.

Gunanya supaya kamu bisa terlatih menyimak setiap percakapan antar pemeran filmnya dengan baik. Tantanglah dirimu sendiri untuk memahami dan menguasai Bahasa Inggris hanya dengan menonton film. Carilah judul film kesukaanu sehingga dapat menyimak kosa kata yang diucapkan sejak awal sampai selesai.

Rajin Menulis dalam Bahasa Inggris

Jangan pernah bosan membaca buku catatan kosong dimana saja dan kapan saja. Pasalnya, kamu akan mencari dan menemukan kosakata baru yang menurutmu menarik untuk dipelajari. Kamu harus mencatatnya ke dalam buku tersebut untuk diingat dan dikuasai.

Kamu bisa menulisnya antar paragraph setiap hari. Jangan segan menemukannya dalam tema atau topik apapun asalkan kata dan kalimatnya belum pernah kamu dengar sebelumnya. Kamu juga bisa meminta bantuan kerabat yang mahir untuk membantu mengartikan setiap kosakata baru yang sudah dicatat.

Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya gampang dan tidak ribet. Namun, seseorang terkadang sering membuatnya semakin rumit sehingga enggan melakukannya dan menilai susah dipelajari. Kamu bisa mengunduh berbagai macam aplikasi belajar bahasa asing via Google Play Store atau App Store.

Kamu mungkin perlu download salah satu aplikasi terpopuler bernama Duolingo. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta orang untuk membantumu belajar Bahasa Inggris dengan seru. Kamu bahkan tidak sekadar belajar Bahasa Inggris, tapi Jepang, Cina, Korea, Prancis, Jerman sampai Indonesia juga.

Siapkan Kamus

Kamus bisa disebut sebagai “pusat” kosakata dan grammar (tata Bahasa) atas Bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. Apabila kamu kerepotan membawa dan menyiapkan kamus berbentuk buku, unduh kamus online melalui Google Play Store atau App Store secara gratis.

Apabila kamu enggan download kamus online tersebut, gunakan Google Translate untuk mengartikan berbagai macam kosakata baru yang belum kamu ketahui. Kami beritahu bahwa Google Translate akan memberi jawaban akurat sehingga kamu dapat menulis artinya ke buku catatan.

Displin

Kedisiplinan kamu selama belajar Bahasa Inggris akan menentukan hasil yang didapatkan nanti. Jangan menyerah dan putus di tengah jalan bila kamu benar-benar ingin menguasainya. Kamu harus tetap berlatih setiap hari dan tentukan waktu belajar agar menjadi kebiasaan setiap hari.

Kamu juga perlu menentukan tujuanmu belajar Bahasa Inggris, apakah sebagai sarana untuk meraih nilai TOEFL supaya bisa kuliah di luar negeri atau demi jenjang karir yang cerah. Jika kamu disiplin dan sudah menentukan tujuannya, Bahasa Inggris pasti bisa dikuasai dengan cepat.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago