Cara Endorse Selebgram

Cara Endorse Selebgram

Tak sedikit orang belum tahu cara endorse selebgram supaya bisa memasarkan barang dagangannya demi menyita perhatian konsumen dan meraup cuan lebih banyak. Selebgram biasanya punya andil dalam mempromosikan produk jualan klien mereka untuk diunggah ke Instagram.

Meski begitu, seorang selebgram tidak mustahil akan mengunggah foto barang daganganmu ke platform pribadi mereka lainnya seperti Facebook, Tiktok dan Twitter. Pasalnya, mereka juga ingin mendapat bayaran lebih banyak bila memasarkan barang ke media sosial mana pun.

Selebgram biasanya memberikan tarif berbeda untuk setiap produk yang mereka promosikan. Apabila kamu memberanikan diri melibatkan seorang selebgram dengan jumlah followers yang banyak, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar kinerja mereka.

Pasalnya, angka followers yang dimiliki selebgram biasanya mencerminkan popularitas di media sosial. Seandainya jumlah pengikut media sosial mereka sudah mencapai angka jutaan orang, biasanya tarif yang dikeluarkan untuk setiap brand akan lebih tinggi demi mendongkrak keuntungan terhadap barang daganganmu nanti.

Cara Endorse Selebgram
Cara Endorse Selebgram

Kelebihan dan Kekurangan Endorse Selebgram

Bagi kalian yang berminat endorse selebgram atau tokoh publik tertentu biasanya bakal mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

  • Kepercayaan konsumen bisa didapatkan lebih mudah.
  • Potensi membangun Brand Awareness dan Brand Love dengan cepat.
  • Tarif murah dengan omset besar.
  • Rate harga variatif.

Walaupun keuntungannya menarik, tapi kalian bakal menerima kekurangan saat endorse selebgram sebagai berikut :

  • Susah dimonitor.
  • Iklan tidak bertahan lama sesudah diunggah ke media sosial terkait.

Cara Endorse Selebgram

Barangkali kamu belum tahu bahwa cara endorse selebgram sebenarnya tidak terlalu rumit seperti bayangan orang lain. Pasalnya, kamu harus menentukan salah satu selebgram yang bakal diajak kerja sama untuk berbisnis dengan mempromosikan produk tertentu ke media sosial pribadi mereka.

Terkait:  Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Tak hanya itu, dirimu sebagai klien harus mengikuti tarif endorsement yang sudah ditetapkan agar mereka dapat memposting foto produk jualanmu ke media sosialnya. Kamu biasanya harus merogoh kocek mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah untuk satu produknya.

Kamu juga perlu menentukan produk mana yang bakal dipromosikan oleh selebgram pilihanmu. Tak hanya itu, kamu harus mempunyai marketing plan sehingga dapat memastikan rencana pemasaran bisa berjalan efektif dan sesuai dengan rencanamu.

Jangan pernah melupakan tarif endorsement dengan pihak selebgram agar kamu dapat memastikan budget sudah memadai. Jika budget yang disiapkan tidak sesuai dengan tarif kinerja mereka, kamu harus mencari selebgram lain dimana mereka menawarkan tarif endorse lebih rendah.

Siapkan Akun Media Sosial

Kamu harus menyiapkan akun media sosial yang bakal digunakan untuk endorsement selebgram. Kamu perlu mempunyai akun Instagram dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu (bila belum punya). Apabila kamu sudah memiliki akun Instagram maka bisa langsung menentukan produk yang bakal dipromosikan seorang selebgram.

Secara umum produk fashion masih menjadi salah satu item yang diminati banyak orang. Selain itu, kamu bisa menggunakan akun Instagram dan Tiktok yang sangat mendominasi endorse fashion oleh para selebgram.

Budget Endorse yang Tepat

Secara umum kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengandalkan endorsement selebgram. Pasalnya, setiap pebisnis bisa siapkan budget mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah sesuai eksistensi dan jumlah followers selebgram pilihanmu.

Tak sedikit selebgram yang telah meraup followers sampai jutaan orang sering mematok budget endorse sampai puluhan juta rupiah. Apabila budgetmu terbatas dan produk yang dipromosikan tidak banyak, gunakan jasa endorsement selebgram yang budgetnya berkisar ratusan ribu rupiah terlebih dulu.

Terkait:  Bagaimana Cara Cek Nomor Telkomsel: 5 Metode Praktis dan Termudah

Tentukan Target Endorsement

Kamu harus menentukan target endorsement selama mengandalkan selebgram. Seperti kamu tahu bahwa target endorsement bervariasi seperti Brand Awareness yang mengenalkan detail produk atau brand tersebut, serta Consideration (Evaluation) yang promosikan brand kamu lewat kampanye.

Tak hanya itu, Promo (Decide) juga bertujuan membuat konten endorsement untuk menekan calon konsumen untuk beli barang jualanmu. Event yang mana kamu harus engage calon pembeli lebih banyak demi meraup cuan berlimpah dari hasil endorse selebgram.

Hubungi Pihak Selebgram

Apabila kamu sudah menentukan target endorsement, kamu bisa hubungi pihak selebgram yang bakal mempromosikan barang jualanmu. Secara umum mereka akan menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk jalin kerja sama, baik nomor pribadi sampai manager.

Tak bisa dipungkiri endorse selebgram punya keutamaan yang mana harganya lebih rendah dibandingkan mengandalkan pihak agensi atau manajemen. Namun, kamu tidak boleh berharap chat atau panggilan langsung dibalas karena selebgram pilihanmu biasanya akan menerima banyak kontak untuk jasa endorsement.

Analisa Akun Selebgram

Langkah selanjutnya adalah menganalisa akun selebgram yang bakal mempromosikan barang jualanmu. Kamu bukan hanya mengetahui namanyaa saja, namun perhatikan jumlah followers dan eksistensinya di media sosial.

Secara umum seseorang bisa disebut sebagai selebgram bila pengikut Instagram, Tiktok dan akun lainnya sudah menyentuh angka 10,000 orang dan sudah menerima tawaran endorsement. Jika kamu mengandalkan seorang selebgram yang followersnya sedikit, peluang meraup keuntungan dari daya minat beli masyarakat bisa lebih rendah.

Pilih Produk yang Dipromosikan

Jika kamu sudah menganalisa akun selebgram dan sepakat dengan kebijakan yang mereka tetapkan, kamu harus memilih dan menentukan produk mana saja yang bakal dipromosikan. Jangan pernah memaksa seorang selebgram untuk mempromosikan barang diluar basic atau keahlian mereka.

Terkait:  Cara Cek E Money di iPhone Lewat NFC sampai M-Banking

Jika kamu bergerak dalam sektor kecantikan, jangan mencoba memaksa selebgram dengan basic endorse makanan untuk melakukannya. Pasalnya, mereka tidak akan tahu apa saja yang harus diucapkan dan trik marketing online untuk menarik simpati calon konsumen belum tentu dikuasai.

Berikan Sample Produk

Kamu wajib memberikan sample produk endorsement kepada selebgram sebelum dipromosikan dan diunggah ke media sosial. Gunanya supaya pihak selebgram bisa mencoba dan mengetahui detail barang yang hendak mereka pasarkan ke akun Instagram resmi mereka.

Apabila mereka menemukan sesuatu yang aneh bahkan rusak, mereka akan mengembalikannya untuk diganti dengan yang baru. Oleh karena itu, kamu harus siapkan barangnya dengan baik dan rapi mulai dari pengemasan sampai isinya sehingga mereka dapat endorse produk bisnismu lebih leluasa.

Briefing Endorsement

Kamu harus paham bahwa seorang selebgram harus menerima informasi singkat mengenai waktu posting produk ke media sosial. Kamu bisa melakukan short briefing dengan mereka secara langsung untuk menekankan waktu terbaik mengunggah barang jualanmu ke Instagram.

Jangan pernah unggah atau endorse produknya pada malam hari, karena daya minat masyarakat rendah dan calon konsumen jarang update sosial media karena sedang tidur. Kamu bisa meminta mereka untuk memposting barangnya pada siang sampai sore hari dengan resolusi gambar dan video yang jelas.

Apabila kamu sampai menemukan selebgram yang melanggar ketentuan endorsement atas kesepakatan, kamu berhak melayangkan complain terhadap kebijakan mereka. Kamu bisa meminta return sampai repost produk ke media sosial sesuai keinginanmu lantaran mereka sudah dibayar.

Similar Posts