Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Cara Jaringan Telkomsel Lancar
Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Apakah kalian menggunakan kartu Telkomsel? Tak sedikit penggunanya bahkan kalian mungkin pernah mengalami masalah jaringan yang lemot. Selain itu, kalian tidak boleh menyalahkan pihak operator begitu saja tanpa mencari tahu cara jaringan Telkomsel lancar dengan benar.

Secara umum salah satu masalah jaringan seluler tidak lancar apalagi hilang bisa saja disebabkan kuota habis. Apabila paket internet benar-benar habis tanpa sisa, kalian harus segera mengisi ulang agar dapat berkomunikasi melalui media sosial dan mengakses dunia mata lebih nyaman.

Read More

Kalian juga perlu mengetahui bahwa salah satu faktor penyebab jaringan Telkomsel lemot adalah APN yang belum diatur dengan benar. Pengguna Telkomsel bahkan semua smartphone hampir tidak tahu seputar APN.

Kalian harus paham bahwa APN punya andil besar dalam menentukan jaringan seluler tetap lancar dan stabil untuk berkomunikasi setiap hari. Apabila APN tidak sesuai dengan sistem SIM card dan smartphone kalian, jaringan SIM card seperti Telkomsel pasti akan sulit menangkap jaringan 4G bahkan 5G sesuai tipe ponsel yang digunakan.

Cara Jaringan Telkomsel Lancar
Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Pengertian APN

APN (Access Point Name) adalah jembatan penghubung antara jaringan internet dengan semua jenis smartphone. APN punya andil besar dalam membantu smartphone mengakses koneksi internet dengan memakai jaringan operator seluler yang terdiri dari GSM, 3G, 4G bahkan 5G, lho. APN punya beberapa fungsi penting yang harus kalian tahu sebagai berikut :

  • Pelapor pengaturan APN yang baru.
  • Pencarian untuk APN kartu SIM secara otomatis.
  • Widget yang mengawasi pemakaian data seluler.
  • Pemeriksa status jaringan.
  • Pencari dan penentu APN default dari kartu ponsel yang dipakai.
  • Pengaturan terbaik dari aplikasi tertentu, contohnya game mobile.
Terkait:  Cara Cek LCD iPhone Asli atau Palsu (4 Metode Mudah)

Apabila kalian memasang APN tidak sesuai dengan jaringan internet smartphone atau jenis SIM card, koneksi internet bakal bermasalah, termasuk semua jenis operator yang beredar luas sekarang. Selain itu, setiap operator seluler biasanya mempunyai setting APN berbeda. Smartphone kalian bakal mengatur APN default dengan menggunakan APN internet.

Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot?

  • Kurangi Penyimpanan Ruang
    Secara umum jaringan Telkomsel bermasalah mungkin disebabkan kapasitas penyimpanan sudah melampaui batas, bahkan hampir habis. Kalian bisa menguranginya dengan menghapus media seperti foto dan video yang mana keduanya punya ukuran file cukup besar.
  • Hapus Aplikasi Tidak Penting
    Kalian pasti mengunduh aplikasi tertentu ke dalam HP, bukan? Jika aplikasinya tidak penting, sebaiknya segera hapus untuk menambah ruang memori supaya perform HP lebih kencang. Selain itu, jaringan Telkomsel bisa lebih lancar dan stabil untuk akses internet setiap hari.
  • Bersihkan Cache dan Memori
    Kalian bisa membersihkan cache dan memori secara manua dengan mengunduh aplikasi pembersih (cleaner) seperti CleanMaster, NoxCleaner, CCleaner dan lainnya. Gunakan agar ruang memori dapat terhapus untuk data tidak penting dan jaringan Telkomsel tetap lancar.
  • Restart
    Kalian perlu melakukan restart alias mematikan dan menghidupkan kembali smartphone bila jaringan Telkomsel benar-benar lemot bahkan hilang. Kalian bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja selama koneksi internet tidak tersambung bahkan sulit akses dunia maya.
  • Tempat Terlalu Tertutup
    Kalian harus tahu bahwa tempat terlalu tertutup berpotensi menyebabkan jaringan internet tidak stabil bahkan lemot. Oleh karena itu, kalian bisa pergi ke tempat terbuka seperti jalan raya atau halaman rumah untuk mendapatkan jaringan Telkomsel lebih kencang dan stabil.
  • Cek Kuota
    Jika kalian merasa jaringan Telkomsel tidak sebagus biasanya mungkin paket internet sudah habis. Kalian juga bisa memeriksanya melalui aplikasi MyTelkomsel yang diunduh melalui Google Play Store atau Play Store. Kamu dapat beli paket data di minimarket atau counter.
  • Jaringan Bermasalah
    Apabila semua kendala di atas telah ditangani dan koneksi Telkomsel tak kunjung normal, maka bisa dipastikan jaringannya sedang bermasalah. Kondisi ini biasanya disebabkan titik BTS yang sedang dipakai setiap pengguna tengah meningkat alias naik lalu lintas datanya.
Terkait:  Cara Berbagi Paket Data Telkomsel, Biaya dan Syaratnya

Cara Mengatur APN Telkomsel Default

Secara umum setiap pengguna Telkomsel harus tahu cara mengatur APN Telkomsel default untuk setting jaringan internet smartphone masing-masing. Apabila kalian ingin kembali ke setting awalnya, tentu saja ada tutorialnya dengan ringkasan sebagai berikut :

Format Pengaturan APN Telkomsel Default
Name Internet
APN Internet
Port Not Set
Proxy Not Set
Username Not Set
Password Not Set
MMS Port Not Set
MMS Proxy Not Set
MMSC Not Set
Server Not Set Not Set
MNC 10
MCC 510
Authentication Type Not Set
APN Protocol IPV4
APN Type Default
APN Roaming Protocol IPV4
Enable/Disable APN APN Enable
Bearer Unspecified
MVNO Value Not Set
MVNO Type None

Cara Mengatur APN Telkomsel 4G

Apabila kalian berdomisili di kawasan kota, jaringan internet Telkomsel yang kalian dapatkan pasti telah didukung jaringan 4G LTE. Kecepatan jaringannya bakal sia-sia bila smartphone kalian tidak bisa terhubung dengan internet. Kalian bisa tahu cara mengatur APN Telkomsel 4G sebagai berikut :

Format Pengaturan APN Telkomsel Default
Name Telkomsel 4G
APN Internet
Port Not Set
Proxy Not Set
Username Not Set
Password Not Set
MMS Port Not Set
MMS Proxy Not Set
MMSC Not Set
Server Not Set Not Set
MNC 10
MCC 510
Authentication Type Not Set
APN Protocol IPV4
APN Type Default
APN Roaming Protocol IPV4
Enable/Disable APN APN Enable
Bearer Unspecified
MVNO Value Not Set
MVNO Type None

Cara Mengatur APN Telkomsel 3G

Tak sedikit pengguna Telkomsel belum bisa menikmati kecepatan jaringan internet 4G LTE. Kalian mungkin masih mengandalkan jaringan 3G untuk mengakses dunia maya. Jika ingin mengatur APN Telkomsel 3G, simak ulasannya sebagai berikut :

Terkait:  Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar, Coba 12 Metode Ini!
Format Pengaturan APN Telkomsel Default
Name Telkomsel
APN Telkomsel
Port Not Set
Proxy Not Set
Username Wap
Password Wap123
MMS Port Not Set
MMS Proxy Not Set
MMSC Not Set
Server Not Set Not Set
MNC 10
MCC 510
Authentication Type PAP
APN Protocol IPV4
APN Type Default, Supl
APN Roaming Protocol IPV4
Enable/Disable APN APN Enable
Bearer Unspecified
MVNO Value Not Set
MVNO Type None

Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Secara umum cara jaringan Telkomsel lancar bisa kalian lakukan dengan cepat dan mudah, lho. Sebab, segalanya berkaitam dengan APN yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Jika kalian tidak bisa atur pengaturannya dengan baik, maka kalian tidak bakal menikmati akses internet lebih kencang.

Kalian cukup otak atik pengaturan ponsel dan ikuti panduannya sesuai jenis smartphone yang digunakan. Kami akan beritahu semuanya yang bisa kalian praktikkan langsung untuk mengembalikan jaringan Telkomsel lebih lancar dan stabil.

Cara Jaringan Telkomsel Lancar di Android

  • Buka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Klik Network and Internet.
  • Pilih menu Mobile Network.
  • Kemudian, klik Advanced.
  • Pilih menu Access Point Name (APN).
  • Apabila kalian melihat halaman APN, klik tanda + untuk menambah pengaturan APN Telkomsel yang baru.
  • Berikutnya, atur APN sesuai daftar pengaturan yang kalian pilih.
  • Terakhir, klik icon titik tiga di atas dan pilih menu Save.

Cara Jaringan Telkomsel Lancar di iPhone

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone kalian.
  • Pilih menu
  • Klik Cellular Data Network untuk mengatur pengaturan APN pada iPhone.

Demikian pembahasan tentang cara jaringan Telkomsel lancar yang perlu kalian tahu. Apabila jaringan seluler lemot bahkan hilang, jangan panik dan pastikan masalahnya disebabkan salah satu poin di atas. Kalian bisa ikuti panduan kami untuk mengatur APN agar koneksi internet dapat lebih kencang dan stabil.

Related posts