Cara Cek Mbps IndiHome Kita

Cara Cek Mbps IndiHome Kita (9 Metode) Terbaru Dijamin Berhasil

Bagaimana cara cek Mbps WiFi IndiHome lewat aplikasi atau speedtest hingga cek kapasitas WiFi IndiHome? Ikuti tutorial berikut

Kecepatan koneksi WiFi menjadi faktor penting untuk memastikan pengalaman internet yang optimal. Bagi pengguna IndiHome, penting untuk mengetahui berapa kecepatan Mbps internet yang digunakan. Cara cek Mbps WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jika kamu ingin mengecek kecepatan Mbps WiFi IndiHome di rumah atau lainnya, simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Cek Mbps IndiHome Kita

Cara Cek Mbps IndiHome Kita
Cara Cek Mbps IndiHome Kita

IndiHome adalah sebuah layanan telekomunikasi dan internet yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). Sebagai penyedia layanan telekomunikasi dan internet terkemuka di Indonesia, IndiHome telah menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan koneksi internet yang handal dan berkualitas

Memiliki kecepatan internet yang cepat dan stabil tentu menjadi keinginan banyak orang untuk memudahkan berbagai pekerjaan yang membutuhkan koneksi.

Mbps sendiri merupakan singkatan dari Megabit per detik. Mbps umum digunakan sebagai satuan pengukuran kecepatan transfer data atau koneksi internet. Kecepatan transfer data yang diukur dalam Mbps menunjukkan berapa banyak bit data yang bisa ditransfer atau diterima setiap detiknya. Semakin besar ukuran Mbps, maka kecepatan transfer data pun semakin tinggi.

Kecepatan internet yang kerap disebutkan dalam Mbps mengacu pada dua hal utama, yakni kecepatan unduh (download) dan kecepatan unggah (upload). Kecepatan unduh merujuk pada aktivitas, seperti mendownload file atau menonton video online. Sementara kecepatan unggah adalah kecepatan transfer data dari perangkat lalu diunggah ke internet, seperti saat mengunggah file atau mengirim email dengan lampiran.

Terkait:  Cara Cek Speed IndiHome yang Akurat dan Cepat

Lantas, bagaimana cara cek Mbps IndiHome kita? cara mengecek kecepatan internet dapat dilakukan dengan mudah, yaitu lewat aplikasi atau tanpa aplikasi. Berikut ulasan selengkapnya:

1. SpeedTest

Cara yang banyak digunakan orang untuk menguji kecepatan koneksi internet adalah dengan mengakses laman Speedtest. Platform yang dikembangkan oleh Ookla ini terbilang paling populer. Speedtest dapat digunakan untuk mengukur kecepatan unduh (download) maupun unggah (upload) pada koneksi internet WiFi atau lainnya.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Ikuti panduannya di bawah ini.

  • Kunjungi situs web resmi SpeedTest di alamat https://www.speedtest.net/id lewat browser HP. Kamu bisa mencari Speedtest lewat Google.
  • Selanjutnya, tekan tombol Mulai pada beranda website SpeedTest.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan kecepatan internet Indihome kamu selesai.
  • Nantinya akan muncul hasil kecepatan WiFi IndiHome kamu untuk keperluan unduh (download) maupun unggah (upload) dalam Mbps.

Informasi yang ditampilkan oleh Speedtest tidak hanya kecepatan WiFi IndiHome, tapi juga informasi operator (ISP), PING, hingga IP Address.

2. Fast.com

Cara lain untuk mengetahui Mbps IndiHome kamu adalah melalui Fast. Sama seperti Speedtest, Fast.com juga dapat diakses untuk mengetahui kecepatan internet baik WiFi atau mobile data. Platform Fast dikembangkan oleh Netflix. Fast dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengukur kecepatan jaringan internet dengan cepat.

Kamu dapat mengakses Fast lewat Hp maupun laptop. Caranya sangat mudah karena hanya perlu mengakses website resmi Fast untuk mengecek kecepatan internet secara otomatis. Untuk mengetahui langkah-langkah lebih detailnya, simak panduan berikut.

  • Akses website Fast atau kamu bisa langsung klik link ini https://fast.com/id/ lewat browser di laptop atau HP.
  • Laman Fast akan secara otomatis melakukan pengecekan kecepatan internet yang digunakan setelah situs tersebut terbuka.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan kecepatan internet WiFi IndiHome kamu selesai.
  • Kemudian, pada layar akan ditampilkan informasi kecepatan WiFi IndiHome yang digunakan dalam satuan Mbps.
  • Kamu juga bisa mengklik tombol Informasi selengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai kecepatan WiFi IndiHome.
Terkait:  Terbaru! Cara Bayar Indihome BCA (ATM BCA, Klik BCA, M Banking BCA)

3. Speedcheck

Speedcheck merupakan situs web yang fungsinya sama seperti Speedtest dan Fast. Kamu bisa menggunakan laman satu ini untuk mengetahui berapa Mbps WiFi atau kecepatan koneksi internet yang digunakan. Adapun langkah-langkah mengecek Mbps WiFi IndiHome dengan Speedcheck adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi situs web Speedcheck atau langsung klik laman ini https://www.speedcheck.org/ lewat browser laptop atau HP.
  • Tekan tombol Start Test untuk memulai proses cek Mbps WiFi IndiHome.
  • Tunggu hingga proses mengecek kecepatan internet IndiHome hingga selesai.
  • Setelah itu, pada layar akan ditampilkan informasi mengenai kecepatan WiFi IndiHome dalam Mbps, termasuk kecepatan Upload, Download, Latency, dan lainnya.

4. Bandwidthplace

Website untuk mengecek kecepatan internet lainnya adalah Bandwidthplace. Situs ini akan menampilkan informasi kecepatan internet dalam Mbps yang ingin kamu ketahui. Berikut panduannya:

  • Pertama, kunjungi situs web https://www.bandwidthplace.com lewat browser laptop atau HP.
  • Tekan tombol Start pada beranda utama website.
  • Tunggu hingga proses mengecek kecepatan internet IndiHome hingga selesai.
  • Setelah itu, pada layar akan ditampilkan informasi mengenai kecepatan WiFi IndiHome dalam Mbps, termasuk kecepatan Upload, Download, Ping, Server, IP, dan provider.

5. Meter.net

Cara kerja Meter.net juga sama seperti beberapa website sebelumnya. Kamu dapat mengetahui kecepatan internet WiFi IndiHome yang digunakan untuk upload, download, ping, dan lainnya. Kamu hanya perlu klik Start pada interface dan menunggu beberapa saat hingga proses mendeteksi kecepatan koneksi internet selesai.

6. Speedsmart

Platform mengecek kecepatan koneksi internet Speedsmart bisa diakses lewat aplikasi maupun situs web. Ini bisa jadi alternatif menguji kecepatan internet apabila tidak berhasil dengan situs speed test lain.

Selain menyediakan aplikasi, Speed Smart juga hadir dalam tampilan website. Sama seperti kebanyakan speed test website lainnya, kamu akan mendapat laporan kecepatan upload, download, ping, provider, dan IP server. Beberapa pengguna menganggap situs ini memberikan hasil yang cepat dan akurat karena menggunakan HTML5 dibanding website sistem Flash atau Java.

Terkait:  Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP

Rekomendasi 3 Aplikasi Cek Kecepatan Wifi IndiHome

Selain website, ada juga aplikasi untuk mengukur kecepatan WiFi IndiHome di rumah atau tempat kamu bekerja, diantaranya adalah:

7. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis di App Store maupun Play Store. Cara menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite sangat mudah, hanya perlu menginstalnya terlebih dahulu. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasinya. Aplikasi akan secara otomatis mengukur kecepatan internet IndiHome yang digunakan.

8. Speed Test App

Aplikasi cek kecepatan wifi IndiHome lainnya adalah Internet Speed Test App. Instal aplikasinya terlebih dahulu, lalu tekan tombol Test pada beranda. Aplikasi ini juga bisa diinstal di Google Play Store maupun App Store.

9. Speed Test WiFi Analyzer by Analiti 

Terakhir, ada aplikasi bernama Speed Test WiFi Analyzer by Analiti yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kecepatan WiFi IndiHome dalam Mbps. Aplikasi Speed Test WiFi Analyzer by Analiti juga bisa diinstal dan digunakan dengan mudah. Untuk pengguna ANdroid bisa menginstalnya di Play Store dan iPhone di app Store.

Demikian informasi cara cek Mbps IndiHome kita tanpa instal aplikasi maupun lewat aplikasi dengan mudah. Semoga membantu!

Similar Posts