Cara Kerja

Cara Keluar dari Google Classroom

Sudahkah kalian tahu cara keluar dari Google Classroom? Belakangan ini sebagian besar masyarakat terutama para pelajar selalu menggunakan aplikasi Google Classroom sekarang. Pasalnya, pandemi yang belum usai membuat para guru dan siswa harus menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online.

Tak bisa dipungkiri guru dan murid wajib terhubung melalui aplikasi maupun sarana pembelajaran daring. Google Classroom disebut sebagai salah satu media penunjang dalam proses pembelajaran di sekolah setiap hari.

Google Classroom menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang sudah diunduh lebih dari ratusan juta kali. Aplikasi ini membantu kalian dalam memberikan atau menerima tugas sesuai mata pelajaran dari setiap guru terkait.

Google Classroom bahkan bisa digunakan oleh semua siswa dari jenjang mana pun, baik SD sampai SMA/K. Tak hanya itu, kalian juga bisa menggunakannya melalui smartphone berbasis Android maupun iOS sehingga belajar dapat dilakukan lebih fleksibel dibandingkan Desktop yang hanya diakses di rumah saja.

Cara Keluar dari Google Classroom

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom merupakan layanan berbasis internet yang dihadirkan dan dikembangkan Google untuk membantu proses pembelajaran secara online (e-learning). Layanannya membantu setiap guru dalam mengelola kelas dan meningkatkan komunikasi dengan murid tanpa menggunakan kertas, bahkan tatap muka langsung.

Aplikasi ini resmi dirilis pada tahun 2014 sebagai salah satu bagian dari rangkaian Google Apps for Education. Google Classroom menjadi aplikasi gratis yang dihadirkan sebagai tools dalam membantu pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Google Classroom membantu setiap guru dalam membuat dan mengatur tugas kelas dengan efektif, memberi feedback kepada murid langsung lebih efisien, serta berkomunikasi bersama peserta didik tanpa batas ruang dan waktu.

Google Classroom menjadi aplikasi yang berpotensi menciptakan ruang kelas di jagat maya. Layanannya membantu guru dan siswa untuk melaksanaan proses pembelajaran lebih mendalam tanpa kontak fisik. Penggunaannya bersifat user friendly terhadap lingkungan pendidikan lantaran tidak memakai kertas dan dikumpulkan secara offline.

Karakteristik Google Classroom

Google Classroom akan terhubung dengan semua aplikasi maupun layanan pada Google for Education agar guru dapat memanfaatkan Google Drive, Google Mail, Google Docs, Google Calendar, Google Slides, Google Sites dan Google Sheets dengan karakteristik sebagai berikut :

  • Communication | Komunikasi
    Komunikasi antara guru dan siswa bisa berjalan lancar selama pakai Google Classroom. Kamu bisa pakai beberapa produk Google seperti YouTube dan Google Drive untuk melampirkan pengumuman dan pos beberapa konten, supaya informasi bisa tersalurkan dengan baik.
  • Time Cost | Tepat Waktu
    Guru bisa menambah murid dengan memberi kode supaya bisa mengikuti kelas sesuai mata pelajaran terkait. Guru akan mengelola beberapa kelas dan memakai lagi tugas, pengumuman atau pertanyaan di kelas lai, sehingga tenaga didik dapat menghemat waktu dengan baik.
  • Grading | Pengukuran
    Layanannya menunjang skema penilaian berbeda. Guru punya pilihan untuk melampirkan data tugas supaya siswa bisa melihat, menyunting dan memperoleh salinan personal. Murid bisa membuat file dan menempelkannya ke tugas bila salinan tidak dibuat guru pelajarannya.
  • Assignmenments | Tugas
    Tugas akan selalu disimpan dan dinilai dalam rangkaian aplikasi Google yang berpotensi menghasilkan gabungan antara guru dan murid maupun sebaliknya. Dokumen yang tersimpan pada Google Drive murid dengan guru, file milik siswa dan diberikan untuk dinilai keseluruhan.
  • Privacy | Privasi
    Google Classroom menjadi bagian dari G Suite for Educartion yang tidak pernah menampilkan iklan apa pun untuk peserta didik, sekolah, guru bahkan data pengguna yang tidak dipindai. Data tersebut tidak akan digunakan untuk periklanan agar dapat dijaga kerahasiaannya.
  • Mobile Application | Aplikasi pada Smartphone
    Aplikasi Google Classroom resmi dirilis pada bulan Januari tahun 2015 untuk smartphone Android dan iOS. Aplikasinya membantu kalian mengambil foto serta menempelkannya ke data tugas peserta didik, berbagi file dari aplikasi lain sampai menunjang akses belajar offline.

Kenapa Harus Belajar di Google Classroom?

Google Classroom memudahkan guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran lebih mendalam. Hal ini dikarenakan keduanya bisa melaksanakan kegiatan tersebut tanpa batas waktu dan jam pelajaran, Google Classroom punya fungsi dan manfaat seperti di bawah ini :

  • Hemat Kertas dan Waktu
    Guru bisa membuat kelas, memberikan tugas, mengelola sampai berkomunikasi dengan siswa secara virtual setiap hari. Guru tidak perlu menyiapkan kertas untuk memberikan tugas karena semuanya bisa dilakukan melalui Google Docs yang bisa diakses melalui satu perangkat.
  • Persiapan Kelas yang Cepat dan Mudah
    Guru bisa menyiapkan kelas dari mengajak siswa dan asisten tenaga didik. Kalian bisa bertukar informasi seperti pengumuman, pertanyaan sampai tugas untuk dibahas dan diselesaikan bersama.
  • Aman dan Murah
    Google Classroom menyediakan kelas secara gratis, lho. Kelas tidak pernah mengandung iklan dan tidak memakai konten maupun data siswa demi kepentingan iklan, sehingga kerahasiaan data tetap terjamin.
  • Fleksibel
    Google Classroom menyediakan aplikasi yang bisa diakses melalui Android dan iOS. Selain itu, kelas berfungsi dengan aplikasi produktivitas Google lainnya seperti Google Calendar, Google Document, Gmail, Google Form dan Google Drive.
  • Pengelolaan yang Baik
    Siswa bisa melihat tugas pada halaman tugas di kelas maupun kalendar kelas. Materi yang diberikan akan tersimpan ke dalam folder Google Drive secara otomatis dan tidak akan hilang bahkan terhapus.
  • Penyempurnaan Komunikasi dan Saran
    Guru bisa membuat tugas, mengirim pengumuman serta memulai diskusi kelas langsung. Siswa bisa berbagi materi satu sama lain dan berkomunikasi via email. Guru juga mampy melihat siapa saja yang telah dan belum menyeleaikan tugas dan memberi nilai dan saran.

Cara Keluar dari Google Classroom

Secara umum cara keluar dari Google Classroom tidak rumit seperti layanan produktivitas Google mana pun. Kalian bisa melakukannya melalui aplikasi maupun website resmi Google Classroom sehingga dapat mengakhiri proses pembelajaran online dengan guru dan rekan siswa lain.

Kalian bisa mengeluarkan diri melalui perangkat Android dan iOS sehingga dapat dilakukan secara fleksibel. Jika kalian belum pernah melakukannya, simaklah pembahasan selanjutnya yang bisa kalian buktikan sekarang juga.

Cara Keluar dari Google Classroom di PC

  • Kunjungi situs resmi Google Classroom via classroom.google.com melalui website browser pada PC kalian.
  • Pilih menu Lainnya di kelas yang inginkan kalian batalkan registrasinya.
  • Klik Batalkan Pendaftaran.
  • Terakhir, pilih lagi menu Batalkan Pendaftaran untuk mengonfirmasi bahwa kalian akan keluar dari Google Classroom.

Cara Keluar dari Google Classroom di HP

  • Buka aplikasi Google Classroom melalui smartphone kalian, serta pastikan kalian sudah login dengan akun yang benar.
  • Perika kembali kelas mana yang bakal kalian unenroll.
  • Apabila kelas tersebut sudah ditemukan, tekan tombol titik tiga dan klik Lainnya.
  • Pilih menu Batalkan Pendaftaran.
  • Terakhir, klik lagi Batalkan Pendaftaran untuk mengonfirmasi bahwa kalian bakal keluar dari Google Classroom.

Demikian informasi lengkap tentang cara keluar dari Google Classroom yang wajib kalian tahu. Guru dan siswa punya hak keluar dari layanan belajar ini bila sudah tidak ada kaitan dengan kegiatan terkait. Gunakan akun yang tepat supaya bisa unenroll dari kelas pilihan agar dapat menghapus data diri di sana.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago