Uncategorized

Cara Melihat FUP Indihome

Pada Februari 2016, Indihome resmi memberlakukan peraturan FUP (Fair Usage Policy) pada penggunaan layanan paket internetnya. Para pelanggan Indihome bisa memeriksa FUP pemakaian internet untuk mengetahui kuota tersisa yang masih bisa digunakan dengan lancar. Lalu, bagaimana cara melihat FUP Indihome tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu FUP Indihome

Sebelum lebih jauh mengulas tutorial cara cek FUP Indihome, sebenarnya apa itu FUP Indihome? Jadi, FUP atau Fair Usage Policy adalah kebijakan dalam penggunaan batasan internet pada layanan paket unlimited.

Jika ditelisik lebih lanjut, meskipun dalam paket tersebut tertera unlimited atau tidak terbatas tapi tetap ada batasan penggunaan dalam jumlah yang wajar. Istilah penggunaan batas wajar dalam paket unlimited ini disebut dengan FUP.

Bagaimana jika sudah melampaui batas wajar penggunaan internet atau FUP Indihome? Apakah internet tidak bisa digunakan lagi meskipun belum habis masa aktifnya? Kamu tetap bisa menggunakan layanan internet tapi tidak secepat biasanya.

Penggunaan layanan internet yang telah melebihi ketentuan FUP akan membuat kecepatannya berkurang. Untuk batas pengurangan tergantung dari penggunaan layanan internet oleh pelanggan. Bahkan, pengurangan kecepatannya bisa mencapai 40% lebih dari biasanya ketika sudah terlalu jauh melewati batas FUP.

Kecepatan internet yang turun tersebut berlangsung dalam pemakaian layanan internet melebihi batas FUP dalam jangka 1 bulan. Sedangkan perhitungan FUP sendiri tergantung dari paket layanan yang diambil, namun sebagian besar berdasarkan bulanan. Pada awal bulan, perhitungan internet akan dimulai dari 0 GB.

Peraturan FUP yang diberlakukan PT Telkom Indonesia bertujuan agar seluruh layanan internet atau paket lainnya tetap terjamin dan terjaga untuk semua pengguna Indihome di seluruh daerah di Indonesia.

Kebijakan FUP Indihome diperuntukkan untuk seluruh konsumen IndiHome PT Telkom yang menggunakan layanan paket internet dengan minimum kecepatan 10 Mbps.

Semetara itu, kebijakan FUP ini tidak berlaku untuk pelanggan UseeTV yang berlangganan paket internet Indihome. Jadi, internet mereka tidak akan terpengaruh oleh adanya peraturan FUP Indihome saat mengakses UseeTV.

Jenis-Jenis Besaran FUP IndiHome

Berikut daftar besaran layanan paket internet dan FUP Indihome, antara lain:

1. Paket Internet IndiHome 10 Mbps

Untuk paket internet 10 Mbps, batas pemakaian wajarnya (FUP) adalah 300 GB dalam satu bulan. Jika melebihi dari batas penggunaan, kecepatan internet akan diturunkan hingga 75% atau mencapai 7.5 Mbps. Kemudian, jika penggunaan internet telah mencapai 400 GB, maka kecepatan internetnya hanya sampai 4 Mbps.

2. Paket Internet IndiHome 20 Mbps

Sedangkan layanan paket internet 20 Mbps memiliki batas pemakaian wajar mencapai 500 GB. Jika kamu menggunakannya melebihi dari batas wajar, maka kecepatan internet akan diturunkan hingga 75% atau menjadi 15 Mbps. Lalu, setelah penggunaan internet telah mencapai 800 GB, maka kecepatan internetnya akan semakin menurun hanya sampai 8 Mbps.

3. Paket Internet IndiHome 30 Mbps

Untuk layanan paket internet Indihome 30 Mbps, batas pemakaian wajarnya adalah 700 GB. Jika melebihi dari batas penggunaan, maka kecepatan internet akan diturunkan hingga 75% atau menjadi 22.5 Mbps. Kemudian, jika penggunaan internetmu telah mencapai 1200 GB, maka kecepatan internetnya akan menurun hingga 12 Mbps.

4. Paket Internet IndiHome 40 Mbps

Selanjutnya adalah layanan paket internet Indihome 40 Mbps yang memiliki FUP hingga 900 GB. Setelah penggunaan melebihi batas wajar, maka kecepatan internetnya akan turun 75% atau menjadi 30 Mbps. Kemudian, saat penggunaan internet telah mencapai 1600 GB, kecepatan internetnya akan diturunkan hingga 16 Mbps.

5. Paket Internet IndiHome 50 Mbps

Sementara untuk layanan paket internet 50 Mbps, batas pemakaian wajarnya hingga 1200 GB. Setelah penggunaan melebihi batas wajar, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 37.5 Mbps. Namun, jika penggunaan internet kamu telah melebihi 2.000 GB, maka kecepatan internetnya hanya sampai 20 Mbps.

6. Paket Internet IndiHome 100 Mbps

Daftar yang terakhir adalah layanan paket internet 100 Mbps yang hanya memiliki 1 kebijakan pemakaian batas wajar internet atau FUP tidak seperti paket-paket lainnya. Penggunaan batas wajar untuk paket ini adalah 2000 GB dan jika melebihi batas pemakainan maka kecepatannya akan turun menjadi 50 Mbps.

Cara Melihat FUP Indihome

Cara Melihat FUP Indihome

Untuk kelancaran pemakaian internet harian kamu, disarankan agar memeriksa FUP secara berkala. Nah, bagi pengguna layanan internet Indihome, berikut 3 cara cek FUP Indihome kamu, yaitu:

1. Cara Melihat FUP Indihome melalui SMS

Untuk memeriksa FUP internet Indihome bisa dilakukan dengan mengirim format SMS. Format SMS yang akan kamu kirimkan ke operator Indihome ini dikenai biaya sebesar Rp350 per SMS.

Berikut format SMS FUP Indihome:

  • Ketik ISP(spasi)IH(spasi)Kode Area+Nomor Telepon rumah yg didaftarkan di Indihome, contohnya adalah: ISP IH 0247666777 kirim ke 98108.
  • Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan dari Indihome tentang informasi berapa FUP Internet Indihome kamu.

2. Cara Melihat FUP Indihome melalui Website

Jika terjadi kesalahan saat mengirimkan SMS, kamu bisa mencoba cara lain, yaitu mengunjungi laman resmi Indihome. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website Indihome http://www.indihome.co.id, dan pilih layanan menu Usage Info.
  • Selanjutnya, akan ditampilkan form yang harus dilengkapi untuk memeriksa layanan internet Indihome milikmu.
  • Lengkapi semua informasi yang sesuai saat kamu mendaftar layanan, seperti nomor telepon rumah dan pengisian internet jangan sampai salah.
  • Untuk nama, alamat email, serta nomor HP bisa diisi sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai, silakan klik opsi Usage Info dan akan muncul informasi lengkap besaran FUP layanan paket internet yang kamu gunakan.

3. Cara Melihat FUP Indihome Lewat Aplikasi

Cara cek FUP Indihome yang ketiga adalah melalui aplikasi bernama MyIndiHome. Supaya dapat mengakses aplikasi ini tentunya harus diinstal terlebih dahulu di smartphone. Cara instalnya sama seperti aplikasi lain pada umumnya, yaitu diunduh terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Kemudian, silakan ikuti langkah-langkah untuk mengecek berapa FUP paket Indihome berikut.

  • Buka MyIndiHome, dan regristasi akun terlebih dahulu jika ini adalah pertama kalinya kamu mengakses aplikasinya.
  • Jika sudah berhasil registrasi, sekarang tekan ikon titik tiga yang terletak di menu Internet.
  • Kemudian, klik opsi Lihat Penggunaan dan akan ditampilkan pada layar terkait  informasi besaran penggunaan FUP layanan internet.
  • Selanjutnya, kamu lakukan perbandingan antara jumlah pemakaian internet selama ini dan batas FUP paket internet.
  • Dari sinilah kamu bisa dilihat bahwa jumlah penggunaan internet telah melewati batas FUP atau masih aman.

Selain bisa digunakan untuk melihat FUP, aplikasi myIndiHomejuga juga banyak manfaatnya. Contohnya seperti kamu bisa gunakan untuk memperoleh promo khusus, mengajukan komplain, membayar tagihan, dan banyak lainnya.

Cara Reset FUP Layanan Paket IndiHome

Kamu tentunya tidak ingin mengalami buffering saat sedang asik menikmati film di Netflix atau aktivitas browsing yang terganggu saat tengah belajar karena paket internet yang nyaris habis. Bagi yang batas pemakaian internet wajarnya tinggal sedikit, bisa ikuti cara reset FUP Indihome berikut.

Langkah pertama, buka aplikasi MyIndiHome dan login akun.

Selanjutnya, pilih opsi ikon titik tiga di layanan Internet dan klik menu Lihat Penggunaan.

Pilih menu Renew Speed kemudian pilih paket mana yang kamu inginkan, dan klik Beli.

Demikian informasi 3 cara melihat FUP Indihome untuk menjaga agar internet kamu tetap aman dan stabil kecepatannya. Semoga bermanfaat!

Luluk Nafisah

Suka kopi dan menyendiri

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago