Cara Menggunakan Qibla Finder

Cara Menggunakan Qibla Finder

Kiblat adalah arah mata angin yang wajib dituju oleh semua umat Islam saat hendak melaksanakan sholat. Jika kamu tidak tahu arah Kiblat, alangkah baiknya memakai alat pencari Kiblat seperti Qibla Finder. Namun, bagaimana cara menggunakan Qibla Finder? Tak sedikit orang belum tahu soal itu.

Secara umum semua umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia mempunyai posisi sholat berbeda. Pasalnya, setiap wilayah mempunyai arah mata angin berbeda untuk menentukan arah Kiblat sesuai negara masing-masing.

Arah Kiblat merupakan arah yang merujuk pada bangunan Ka’bah yang terletak di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi. Umat Islam wajib menghadap ke arah Kiblat untuk melaksanakan sholat sebagai salah satu rukun sekaligus syarat utamanya.

Secara umum bahwa posisi arah Kiblat Indonesia berada antara 295,15 derajat sesuai dengan nilai azimuth Kompas. Maka dari itu, umat Islam harus menghadap ke arah mata angin barat laut ketika hendak menjalankan ibadah sholat supaya posisinya bisa sama persis menghadap Ka’bah di Kota Mekkah.

Cara Menggunakan Qibla Finder
Cara Menggunakan Qibla Finder

Apa itu Qibla Finder?

Qibla Finder adalah sebuah aplikasi atau website besutan Google yang mana penggunaannya ditujukan untuk mencari arah mata angin bagi semua umat Islam yang hendak menjalankan ibadah sholat, yakni Ka’bah.

Tak hanya itu, Qibla Finder sudah menjadi salah satu program yang digunakan untuk mencari arah Kiblat dengan tepat. Programnya bahkan selalu memberikan hasil pencarian akurat, sehingga kamu dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja bila sulit menentukan arah Kiblat untuk bisa melakukan ibadah sholat.

Terkait:  Cara Mengendarai Mobil Matic

Apakah Qibla Finder Memberikan Hasil Akurat?

Qibla Finder merupakan program buatan Google, sehingga dapat dipastikan bahwa hasil yang diberikan sangat akurat. Siapa saja pasti tidak asing dengan Google, di mana perusahaan search engine raksasa dan terbaik di dunia ini sering digunakan setiap hari.

Bagi siapa saja yang ingin memakai aplikasi Qibla Finder, Google akan selalu menyarankan untuk mengaktifkan GPS terlebih dulu. Kamu harus melakukan kalibrasi sebelum mengakses Qibla Finder, supaya hasil pencarian bisa sesuai dengan arah Kiblat yang sebenarnya.

Bisakah Qibla Finder Diakses via Android?

Qibla Finder sebenarnya bukan diluncurkan dalam bentuk aplikasi berbasis Android, melainkan aplikasi browser. Jika kamu ingin mengaksesnya, sebaiknya gunakan browser masing-masing. Kamu bisa menggunakan Google Chrome atau browser bawaan HP.

Cara menggunakan Qibla Finder juga cepat dan mudah, asalkan kamu menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang ponsel. Kamu juga wajib mengaktifkan GPS di mana Qibla Finder bakal memakai GPS untuk mencari dan menentukan arah Kiblat.

Berapa Minimum RAM untuk Akses Qibla Finder?

Apakah kamu pernah mengalami force close ketika sedang mengakses Qibla Finder? Jika benar, kemungkinan besar kamu selalu menggunakan berbagai macam aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang ponsel. Google Chrome akhirnya harus menutup semua aplikasi tersebut agar dapat membuka Qibla Finder.

Namun, kamu bisa mengatasinya dengan memakai smartphone berkapasitas cukup besar. Kami anjurkan menggunakan smartphone paling tidak mempunyai kapasitas penyimpanan lebih dari 1 GB untuk bisa mengakses Qibla Finder dengan lancar.

Mengapa Qibla Finder Meminta Akses Kamera dan Lokasi?

Qibla Finder akan selalu meminta akses kamera dan lokasi, di mana keduanya sangat berkaitan saat kamu sedang menggunakannya untuk mencari arah Kiblat. Apabila kamu ingin mendapat hasil yang akurat, sebaiknya izinkan Google menggunakan kamera dan lokasi untuk menentukan arah Kiblat secara tepat.

Terkait:  Cara Menggunakan TikTok

Informasi mengenai kamera dan lokasi pun tidak akan dibagikan untuk kebutuhan selain Qibla Finder, sedangkan datanya dapat mampu dibaca dan diketahui dirimu sendiri secara menyeluruh.

Cara Kalibrasikan Kompas Saat Akses Qibla Finder

Apabila kamu ingin memperoleh hasil akurat saat mengakses Qibla Finder, sebaiknya melalukan kalibrasi dengan kompas terlebih dulu. Jika smartphone kamu tidak menyediakan kompas bawaan, maka bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.

Kamu bisa membuat kalibrasi membentuk angka 8 (delapan) pada aplikasi kompas tersebut. Gunanya agar kamu dapat memperoleh pemahaman saat membuka drawer Qibla Finder, selanjutnya buka menu Kalibrasi Kompas untuk mendapatkan hasil pencarian kiblat yang akurat.

Cara Menggunakan Qibla Finder

Barangkali kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakan Qibla Finder dengan benar, kamu akan menemukan jawabannya melalui artikel ini. Secara umum pemakaian program tersebut bisa diakses melalui smartphone atau browser, lho.

Qibla Finder menyediakan aplikasi maupun website agar kamu dapat mengaksesnya sesuai kebutuhan. Selain itu, penggunaannya cepat dan mudah dipahami supaya kamu bisa menemukan arah kiblat dengan cepat, cocok sekali untuk kamu yang selalu berpergian ke tempat berbeda setiap hari.

Cara Menggunakan Qibla Finder via Website

Jika kamu sedang bingung mencari arah kiblat, sebaiknya ikuti cara menggunakan Qibla Finder melalui website untuk mendapatkan hasil pencarian yang akurat sebagai berikut, yakni :

  • Kunjungi website resmi Qibla Finder via qiblafinder.withgoogle.com/intl/ms/desktop melalui browser.
  • Apabila sudah masuk laman utama Qibla Finder, tentukan bahasa yang bakal digunakan dan klik Let’s Go.
  • Kemudian, program bakal meminta akses kamera dan lokasi untuk memperoleh titik arah mata angin yang akurat.
  • Jika kamu bersedia, klik Got It.
  • Apabila akses sudah diberikan, kamu akan diminta untuk melakukan kalibrasi kompas yang berada pada smartphone.
  • Klik Calibrate Compass.
  • Goyangkan HP kamu sampai membentuk angka 8 sebanyak tiga kali.
  • Jika proses kalibrasi sudah selesai, klik Done.
  • Berikutnya, kamera belakang bakal diakses dan layar akan menampilkan arah kiblat secara Augmented Reality.
  • Silakan ikuti jalur yang sudah dibuat dan menghadapkan ponsel kamu pada titik arah kiblat yang sudah ditunjuk oleh program Qibla Finder.
  • Arahkan lingkaran putih yang muncul di layar ke titik arah kiblat.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman yang menampilkan jarak lokasi ketika kamu berada dengan Ka’bah.
  • Terakhir, kamu bisa membagikan hasil titik arah kiblat pada Qibla Finder ke media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya.
Terkait:  Cara Menggunakan Google Meet di HP dan Laptop, Gampang Banget!

Cara Menggunakan Qibla Finder via Aplikasi

Jika kamu merasa tidak paham tentang penggunaan Qibla Finder via website, maka bisa menggunakan aplikasinya dengan mengunduhnya melalui Google Play Store untuk smartphone Android. Berikut adalah cara menggunakan Qibla Finder APK, yaitu :

  • Unduh aplikasi Qibla Finder melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi Qibla Finder.
  • Kemudian, izinkan smartphone Android kamu untuk mengakses fitur GPS dan kamera.
  • Klik Let’s Go.
  • Ikuti petunjuk yang muncul dan pilih menu Kompas Digital.
  • Terakhir, bila semua instruksi sudah diikuti maka kamu bisa mendapatkan hasil pencarian arah kiblat yang akurat.

Demikian informasi tentang cara menggunakan Qibla Finder yang benar dan mudah. Jika kamu selalu memanfaatkannya, maka bisa mendapatkan informasi tentang arah kiblat yang akurat dan dapat menjalankan ibadah sholat lebih khusyuk karena sesuai dengan letak Ka’bah di Kota Mekkah.

Similar Posts